20 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Terhits Dikunjungi

20 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Samosir, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Samosir.

Sudah tidak asing dengan Pulau Samosir bukan? Ya, pulau yang identik dengan Danau Toba ini ternyata memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata anda bersama orang tercinta. Pulau vulkanik yang terletak di tengah Danau Toba ini memiliki panorama yang menawan hati, serta merupakan tempat yang tepat bagi anda yang tertarik untuk mempelajari kebudayaan Batak di Sumatera Utara secara lebih dekat.

Terletak pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lantas, dimana saja tempat wisata di Samosir yang bisa dikunjungi saat berlibur? Berikut kami rangkumkan informasinya.

1. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat
Image Credit: Google Maps (becakap)

Bagi Anda yang hobi fotografi dengan konsep instagramable, maka perlu berkunjung ke Puncak Sidiangkat. Dari kota Medan butuh waktu tempuh sekitar 4-5 jam, tepatnya dekat dengan kawasan Danau Toba. Panorama yang dihadirkan begitu luar biasa, sehingga wisatawan tak henti berdatangan. Karena wisata ini berada di dalam hutan jadi udaranya sangat sejuk.

Ada beberapa bangunan yang dibentuk mirip sarang burung dalam ukuran raksasa. Sarang burung tersebut ada pula yang dibuat menggantung. Rumah pohon ini menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung. Dengan latar belakang perbukitan hijau dan sungai yang meliuk-liuk, dijamin hasil jepretan kamera Anda penuh dengan sisi estetik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Subulussalam – Sidikalang No.171, Sidiangkat, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

2. Bukit Holbung

Bukit Holbung
Image Credit: Wisatanyasumut.blogspot.com

Tempat pertama yang wajib anda datangi adalah Bukit Holbung. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin melihat keindahan alam Danau Toba dari ketinggian. Di sana anda dapat melihat aktivitas nelayan yang mencari ikan di danau serta memandang luas eksotisme panorama alam Pulau Samosir dan sekitarnya.

Tempat ini juga dijuluki sebagai bukit teletubbies apabila rerumputan sedang menghijau menyelimuti perbukitan Holbung dan sekitarnya. Bukit ini sangat cocok bagi anda yang gemar olahraga tracking. Untuk mencapai puncak bukit hanya diperlukan waktu 10 – 15 menit, tidak terlalu lama kan? Apalagi dengan panorama alam yang indah disepanjang perjalanan menuju puncak bukit, tentu lelahnya berjalan tidak akan begitu terasa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dolok Raja, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

3. Pusuk Buhit Samosir

Pusuk Buhit Samosir
Image Credit: Google Maps (Munanda Bernhard)

Menurut cerita warga sekitar Pusuk Buhit merupakan gunung yang disakralkan oleh masyarakat Batak. Tak heran jika di hari-hari tertentu kawasan wisata ini dijadikan sebagai tempat berdoa. Selain itu aura di sekitar lokasi wisata sangat magis, namun tidak menyurutkan minat pengunjung. Justru keunikan itulah yang dicari dan menjadi daya tarik wisata ini.

Jaraknya cukup jauh dari pusat kota, kurang lebih berkendara 4-5 jam. Letaknya tepat di pinggir barat Danau Toba, dengan ketinggian puncak sekitar 1.982 mdpl. Dari puncak Anda bisa menyaksikan keindahan alam yang menajubkan. Asyiknya lagi bisa melihat hamparan Danau Toba yang sangat luas. Di kaki bukit terdapat kebun bunga matahari yang menjadi objek favorit pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pardugul, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

4. Desa Tomok

Desa Tomok
Image Credit: Wikipedia.org

Bagi anda yang ingin belajar kebudayaan Batak, desa ini merupakan salah satu destinasi wajib dalam list perjalanan anda. Adat dan kebudayaan Batak yang masih terjaga menjadikan desa ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berada pada tepian Danau Toba, desa ini memiliki panorama yang indah. Anda dapat memandang bentang luas air Danau Toba yang kebiruan sambil bercengkerama dengan partner travelling anda.

Banyak tempat yang bisa anda kunjungi Selama berada di Desa Tomok. Anda bisa berbelanja souvenir khas daerah tersebut mulai dari kain ulos, gantungan kunci maupun cinderamata yang lain. Selain itu anda juga dapat mengunjungi makan raja-raja Batak jaman dahulu serta mengunjungi museum Batak Tomok untuk lebih mengenal kebudayaan Batak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sematera Utara.

5. Bukit Simarjarunjung

Bukit Simarjarunjung
Image Credit: Instagram.com @rahmadziady

Tempat ini merupakan lokasi paling ideal untuk melihat keseluruhan lanskap dari Danau Toba. Pengunjung akan disuguhkan oleh hutan pinus yang rimbun seluas 4.000 meter persegi. Bukit Simarjarunjung sudah dilengkapi dengan beberapa wahana rekreasi. Tidak ketinggalan fasilitas umum seperti kamar mandi dan tempat ibadah, jadi wisatawan dijamin nyaman disini.

Pengelola wisata menyediakan area camping ground, khusus untuk para wisatawan yang ingin menikmati keelokannya lebih lama. Tidak perlu bingung tenda karena pihak pengelola sudah menyiapkan tenda dalam posisi berdiri tegak. Saat sore hari suasana puncak dikelilingi oleh semilir angin sejuk. Sambil menanti momen sunset yang semburat senjanya sangat menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

6. Desa Lumban Suhi-Suhi

Desa Lumban Suhi-Suhi
Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Desa wisata selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Desa Lumban Suhi-Suhi. Disana anda bisa mengenal kain tenun khas Batak yang sudah mendunia, yaitu kain ulos. Terdapat banyak pengrajin kain ulos yang menjajakan kain dengan berbagai rentang harga, mulai dari 300 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Desa ini terletak 40 menit dari Desa Tomok. Ketika anda memasuki wilayah Desa Lumban Suhi-suhi, anda akan disuguhi pemandangan deretan “Jabu Bolon” rumah adat Batak di sisi kiri dan kanan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumban Suhi Suhi Toruan, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sematera Utara.

7. Museum Batak

Museum Batak
Image Credit: Google Maps (Karljo Manlosa)

Pergi liburan tidak harus berkunjung ke wisata alam, jelajahi situs bersejarah bisa jadi opsi agar tak bosan. Salah satunya mengunjungi Museum Batak yang di dalamnya terdapat koleksi peninggalan budaya Batak. Anda tidak hanya mendapat waktu untuk refreshing, tapi sekaligus memeroleh pengetahuan baru. Ada pula relief yang menceritakan tentang perjuangan pahlawan Batak untuk merdeka.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

8. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo
Image Credit: Tribunnews.com

Museum Huta Bolon Simanindo merupakan rumah adat warisan Raja Sidauruk. Koleksi museum ini berupa peninggalan leluhur orang Batak Toba, antara lain terdiri atas parhalaan, pustaha laklak, tunggal panaluan, dan solu bolon. Di museum ini anda juga dapat menjumpai patung Batak yang terkenal, si gale gale.

Wisata historis di museum ini akan membuat anda terbawa ke kehidupan masa lalu masyarakat Batak Toba. Untuk mencapai museum ini anda perlu melakukan 45-50 menit perjalanan dari pusat Kabupaten Samosir. Museum ini bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pelabuhan Simanindo, Simanindo Sangkal, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

9. Pantai Tanjung Unta

Pantai Tanjung Unta
Image Credit: Google Maps (WISA VAHLEVI)

Untuk menuju wisata ini Anda perlu menempuh jarak sekitar 109 kilometer. Dari kota Medan ambil jalur ke arah Pematang Siantar, barulah sampai di kawasan Tanjung Unta. Selanjutnya Anda harus berjalan kaki agar sampai di area pantai, melalui jalan setapak yang tidak terlalu ekstrim. Setelah tiba Anda dibuat berdecak kagum dengan lanskap alam yang mengagumkan.

Sesuai dengan namanya, bentuk pulau jika dilihat dari jauh tampak seperti hewan unta. Bagian tepi pantainya diselimuti oleh hamparan pasir putih yang halus. Tepi pantainya berjajar pohon-pohon yang menambah kesan teduh. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas disini mulai dari keliling naik perahu, water ski, snorkeling, hingga memacing ikan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. St. H.H. Damanik, Tambun Raya, Pamatang, Tigaras, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

10. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun Binangalom
Image Credit: Tripelaketoba.com

Daya tarik lain dari Pulau Samosir adalah keindahan air terjun Situmurun Binangalom yang menyejukkan mata. Air terjun ini sangat unik karena aliran airnya mengalir deras langsung turun menuju Danau Toba. Anda dapat berenang menikmati segarnya air terjun dengan menyewa kapal dengan tariff sewa mualai dari 500 ribu sapai dengan 600 ribu perkapal.

Bagi yang tidak terlalu pandai berenang, anda tetap bisa menikmati panorama alam dengan duduk santai ditepian landasan yang disediakan oleh pengelola tempat wisata tersebut. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada saat senja sambil menikmati indahnya sunset. Romantis sekali.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

11. Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat Pangururan
Image Credit: Instagram.com @heberhebrewibrani___sitanggang

Wisata ini jaraknya kira-kira 3 kilometer dari pusat kota Samosir, tidak terlalu jauh bila ditempuh dengan berkendara. Lokasinya tepat berada di lereng Gunung Pusuk Buhit yang masih aktif. Pengunjung dapat menikmati pemandian air panas yang berada di area terbuka. Ada beberapa kolam yang tersedia dengan masing-masing tingkat panas yang berbeda.

Sumber air panas tersebut berasal dari batuan kapur yang berada di atas bukit. Bagian aliran air yang paling panas terdapat di atas dekat dengan sumber air panas. Anda akan merasakan relaksasi paling ampuh setelah berendam disini. Tidak perlu khawatir kotor, karena kolam-kolam ini dibuat lebih modern layaknya kolam renang di hotel dan dikelola warga setempat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aek Rangat, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

12. Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai
Image Credit: Wisatamedansyariah.com

Sumber mata air Aek Sipitu Dai ini terletak di Desa Aek Sipitu Dai. Terdapat tujuh pancuran mata air yang mempunyai rasa berbeda-beda. Mata air ini terletak dibawah pohon rindang, sehingga lokasi mata air tersebut terasa sejuk dan asri.

Asal muasal tempat ini erat dengan legenda masyarakat lokal. Banyak mitos-mitos yang berkembang di daerah tersebut, diantaranya orang-orang yang ingin mandi atau mengambil air dari mata air tersebut harus memiliki hati yang bersih, jika tidak maka dipercaya akan mendapatkan bala.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aek Sipitudai, Kec. Sianjur Mula mula, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

13. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara
Image Credit: Instagram.com @nusatrip

Wisatawan sering menyamakan panorama wisata ini dengan Lembah Stryn di Norwegia. Hal ini karena lanskap alamnya sama-sama indah dan berhasil menarik perhatian masyarakat. Di balik sunyinya lembah, ternyata tempat ini menyimpan sebuah sejarah. Dimana rupanya Lembah Bakkara merupakan tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini butuh perjuangan yang cukup esktra. Pasalnya medan yang perlu Anda lewati sedikit curam dan naik turun. Ditambah akses jalannya berupa tanah berlumut dan bebatuan, jadi harus waspada tinggi. Namun lelah Anda akan terbayar setelah tiba di kawasan lembah. Pemandangan alam yang indah dikelilingi rimbunnya hutan bak permadani hijau.

Dari Lembah Bakkara Anda dapat melihat betapa megahnya Danau Toba. Apalagi saat waktu sunset, semburat senja yang memantul di Danau Toba tampak begitu memesona. Anda juga bisa mampir ke Menara Pandang Tele, untuk mencari spot dengan lanskap langit biru. Tak ketinggalan mata air Aek Sipangolu yang dibuat oleh Sang Raja, konon air tersebut dipercaya mampu sembuhkan berbagai penyakit.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Siunong Unong Julu, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

14. Air Terjun Sampuran Efrata

Air Terjun Sampuran Efrata
Image Credit: Visitsamosir.com

Satu lagi wisata air terjun yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Samosir, yaitu air terjun Sampuran Efrata. Lokasi ini sering digunakan menjadi lokasi berkemah karena keindahan alamnya. Pengunjung dapat merasakan kesegaran pancuran air terjun sambil berenang maupun bersantai memandangi ke elokan tebing di sekitar air terjun yang seperti dipahat bersama teman perjalanan. Anda bisa mengunjungi air terjun ini setiap hari dari jam 6 pagi sampai dengan jam 7 malam.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sosor Dolok, Harian, Sosor Dolok, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

15. Bukit Beta

Bukit Beta
Image Credit: Instagram.com @chukiang.xu

Letak wisata berada di desa Tutuk Siadong dan trek menuju lokasi terbilang biasa saja. Anda akan mendapati view hamparan rumput hijau yang sangat luas. Panorama air terjun bisa Anda temui di sisi utara. Tidak ketinggalan paduan langit biru serta pepohonan hijau menambah poin plus wisata ini. Tak ayal mengapa Bukit Beta menjadi salah satu destinasi yang paling dicari.

Jika pagi hari biasanya akses jalan dimanfaatkan para traveler untuk trek jogging. Sebagian besar berkeliling kawasan Tutuk baru naik ke puncak bukit. Healing emosi dan pikiran bisa Anda terapkan selama berlibur di tempat ini. Suasananya tenang dengan udara sejuk cocok untuk melepas penat. Belum lagi suguhan alamnya cukup instagramable, apalagi spot puncak yang paling keren.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tuk Tuk Danau, Toba, Kec. Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

16. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni
Image Credit: Ceritadisana.blogspot.com

Ada yang unik di dalam Pulau Samosir, yaitu adanya danau di dalam danau. Ya, didalam Pulau Samosir terdapat Danau Sidihoni yang terletak di wilayah Desa Sabungan Nihuta, Kecamatan Longgur Nihuta, Kabupaten Samosir. Danau ini berbentuk seperti mangkok dengan luas sekitar 5 hektar. Danau ini memiliki air yang cukup jernih dengan pemandangan padang rumput di sekitarnya yang semakin membuat daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Salaon Toba, Kec. Ronggur Nihuta, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

17. Tano Ponggol

Tano Ponggol
Image Credit: Instagram.com @heberhebrewibrani___sitanggang

Tano Ponggol dibangun atas keringat para pekerja rodi saat pemerintahan Belanda. Selain itu fasilitas ini guna mengurangi kapal yang beroperasi di Danau Toba. Kini kawasan tersebut menjadi objek wisata yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Dari area Tano Ponggol Anda dapat melihat luasnya Danau Toba yang sangat memukau, semakin menarik jika Anda berkunjung saat sore hari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

18. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele
Image Credit: Kabersimatupang.com

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi fotografi atau sekedar ingin berselfie. Dari atas menara pandang ini anda dapat menikmati pemandangan Danau Toba dan juga Gunung Pusuk Buhit. Untuk dapat menikmati panorama indah Danau Toba dari atas menara pandang, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar dua ribu rupiah perorang. Di belakang menara terdapat warung yang menyediakan makanan ringan dan minuman untuk para pengunjung. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di menara ini adalah pada sore hari sambil menikmati sunset. Lokasi menara pandnag ini hanya berjarak 15 menit dari air terjun Sampuran Efrata.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Turpuk Limbong, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

19. Panatapan Parhallow View Point

Panatapan Parhallow View Point
Image Credit: Google Maps (Cman Finn)

Berjarak 30 menit dari Desa Tombok, Anda bisa menempuhnya dengan berkendara. Objek wisata ini cocok untuk tempat liburan bersama keluarga saat akhir pekan. Pemandangan bukit-bukit hijau menjadikan Panatapan Parhallow View Point ramai dikunjungi wisatawan. Kombinasi alamnya benar-benar spesial, bahkan setiap sudutnya menghadirkan spot foto yang instagenic.

Anda semakin dibuat takjub dengan hamparan pasir yang lembut dan bersih. Area pantainya sangat luas sehingga Anda dijamin puas menghabiskan waktu disini. Serunya lagi masuk ke tempat wisata ini tidak dikenakan tiket masuk. Hanya saja wisatawan perlu membeli makanan dan minuman di dalam Panatapan Parhallow View Point, tentunya dengan harga yang ramah kantong.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

20. Pemandian Air Panas Rianiate

Pemandian Air Panas Rianiate
Image Credit: Twitter.com @Danautoba_ind

Puas berkeliling menjelajah Pulau Samosir, wisatawan dapat bersantai menikmati pemandian air panas Rianiate yang dipercaya bisa memberikan efek relaksasi dan kesehatan. Pemandian ini buka dari pukul 7 pagi sampai dengan 7 malam dengan harga tiket masuk berkisar antara 10 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rianiate, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Nah, bagaimana apakah anda sudah menentukan mau ke mana? Masih banyak tempat wisata lain di Samosir yang bisa anda kunjungi. Jangan ragu untuk mengunjungi Pulau Samosir. Liburan seru sambil balajar kebudayaan Batak Toba yang sangat menarik menambah pengetahuan Anda. Selamat liburan!