Sumatra Utara

10 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Samosir, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Samosir.

Sudah tidak asing dengan Pulau Samosir bukan? Ya, pulau yang identik dengan Danau Toba ini ternyata memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata anda bersama orang tercinta. Pulau vulkanik yang terletak di tengah Danau Toba ini memiliki panorama yang menawan hati, serta merupakan tempat yang tepat bagi anda yang tertarik untuk mempelajari kebudayaan Batak di Sumatera Utara secara lebih dekat.

Terletak pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lantas, dimana saja tempat wisata di Samosir yang bisa dikunjungi saat berlibur? Berikut kami rangkumkan informasinya.

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung

Image Credit: Wisatanyasumut.blogspot.com

Tempat pertama yang wajib anda datangi adalah Bukit Holbung. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin melihat keindahan alam Danau Toba dari ketinggian. Di sana anda dapat melihat aktivitas nelayan yang mencari ikan di danau serta memandang luas eksotisme panorama alam Pulau Samosir dan sekitarnya.

Tempat ini juga dijuluki sebagai bukit teletubbies apabila rerumputan sedang menghijau menyelimuti perbukitan Holbung dan sekitarnya. Bukit ini sangat cocok bagi anda yang gemar olahraga tracking. Untuk mencapai puncak bukit hanya diperlukan waktu 10 – 15 menit, tidak terlalu lama kan? Apalagi dengan panorama alam yang indah disepanjang perjalanan menuju puncak bukit, tentu lelahnya berjalan tidak akan begitu terasa.

Lokasi: Dolok Raja, Kec. Harian, Kab. Samosir.

2. Desa Tomok

Desa Tomok

Image Credit: Wikipedia.org

Bagi anda yang ingin belajar kebudayaan Batak, desa ini merupakan salah satu destinasi wajib dalam list perjalanan anda. Adat dan kebudayaan Batak yang masih terjaga menjadikan desa ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berada pada tepian Danau Toba, desa ini memiliki panorama yang indah. Anda dapat memandang bentang luas air Danau Toba yang kebiruan sambil bercengkerama dengan partner travelling anda.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Karo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Banyak tempat yang bisa anda kunjungi Selama berada di Desa Tomok. Anda bisa berbelanja souvenir khas daerah tersebut mulai dari kain ulos, gantungan kunci maupun cinderamata yang lain. Selain itu anda juga dapat mengunjungi makan raja-raja Batak jaman dahulu serta mengunjungi museum Batak Tomok untuk lebih mengenal kebudayaan Batak.

Lokasi: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

3. Desa Lumban Suhi-Suhi

Desa Lumban Suhi-Suhi

Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Desa wisata selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Desa Lumban Suhi-Suhi. Disana anda bisa mengenal kain tenun khas Batak yang sudah mendunia, yaitu kain ulos. Terdapat banyak pengrajin kain ulos yang menjajakan kain dengan berbagai rentang harga, mulai dari 300 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Desa ini terletak 40 menit dari Desa Tomok. Ketika anda memasuki wilayah Desa Lumban Suhi-suhi, anda akan disuguhi pemandangan deretan “Jabu Bolon” rumah adat Batak di sisi kiri dan kanan.

Lokasi: Lumban Suhi Suhi Toruan, Kec. Pangururan, Kab. Samosir.

4. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo

Image Credit: Tribunnews.com

Museum Huta Bolon Simanindo merupakan rumah adat warisan Raja Sidauruk. Koleksi museum ini berupa peninggalan leluhur orang Batak Toba, antara lain terdiri atas parhalaan, pustaha laklak, tunggal panaluan, dan solu bolon. Di museum ini anda juga dapat menjumpai patung Batak yang terkenal, si gale gale.

Wisata historis di museum ini akan membuat anda terbawa ke kehidupan masa lalu masyarakat Batak Toba. Untuk mencapai museum ini anda perlu melakukan 45-50 menit perjalanan dari pusat Kabupaten Samosir. Museum ini bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Simanindo, Sangkal, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

BACA JUGA:  44 Tempat Wisata di Pulau Sumatera Andalas yang Paling Terkenal

5. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun Binangalom

Image Credit: Tripelaketoba.com

Daya tarik lain dari Pulau Samosir adalah keindahan air terjun Situmurun Binangalom yang menyejukkan mata. Air terjun ini sangat unik karena aliran airnya mengalir deras langsung turun menuju Danau Toba. Anda dapat berenang menikmati segarnya air terjun dengan menyewa kapal dengan tariff sewa mualai dari 500 ribu sapai dengan 600 ribu perkapal.

Bagi yang tidak terlalu pandai berenang, anda tetap bisa menikmati panorama alam dengan duduk santai ditepian landasan yang disediakan oleh pengelola tempat wisata tersebut. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada saat senja sambil menikmati indahnya sunset. Romantis sekali.

Lokasi: Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir.

6. Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai

Image Credit: Wisatamedansyariah.com

Sumber mata air Aek Sipitu Dai ini terletak di Desa Aek Sipitu Dai. Terdapat tujuh pancuran mata air yang mempunyai rasa berbeda-beda. Mata air ini terletak dibawah pohon rindang, sehingga lokasi mata air tersebut terasa sejuk dan asri.

Asal muasal tempat ini erat dengan legenda masyarakat lokal. Banyak mitos-mitos yang berkembang di daerah tersebut, diantaranya orang-orang yang ingin mandi atau mengambil air dari mata air tersebut harus memiliki hati yang bersih, jika tidak maka dipercaya akan mendapatkan bala.

Lokasi: Aek Sipitudai, Kec. Sianjur Mulamula, Kab. Samosir.

7. Air Terjun Sampuran Efrata

Air Terjun Sampuran Efrata

Image Credit: Visitsamosir.com

Satu lagi wisata air terjun yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Samosir, yaitu air terjun Sampuran Efrata. Lokasi ini sering digunakan menjadi lokasi berkemah karena keindahan alamnya. Pengunjung dapat merasakan kesegaran pancuran air terjun sambil berenang maupun bersantai memandangi ke elokan tebing di sekitar air terjun yang seperti dipahat bersama teman perjalanan. Anda bisa mengunjungi air terjun ini setiap hari dari jam 6 pagi sampai dengan jam 7 malam.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mandailing Natal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sosor Dolok, Kec. Harian, Kab. Samosir.

8. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni

Image Credit: Ceritadisana.blogspot.com

Ada yang unik di dalam Pulau Samosir, yaitu adanya danau di dalam danau. Ya, didalam Pulau Samosir terdapat Danau Sidihoni yang terletak di wilayah Desa Sabungan Nihuta, Kecamatan Longgur Nihuta, Kabupaten Samosir. Danau ini berbentuk seperti mangkok dengan luas sekitar 5 hektar. Danau ini memiliki air yang cukup jernih dengan pemandangan padang rumput di sekitarnya yang semakin membuat daya tarik tersendiri.

Lokasi: Sabugan Nihuta, Kec. Ronggur Nihuta, Kab. Samosir.

9. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele

Image Credit: Kabersimatupang.com

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi fotografi atau sekedar ingin berselfie. Dari atas menara pandang ini anda dapat menikmati pemandangan Danau Toba dan juga Gunung Pusuk Buhit. Untuk dapat menikmati panorama indah Danau Toba dari atas menara pandang, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar dua ribu rupiah perorang. Di belakang menara terdapat warung yang menyediakan makanan ringan dan minuman untuk para pengunjung. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di menara ini adalah pada sore hari sambil menikmati sunset. Lokasi menara pandnag ini hanya berjarak 15 menit dari air terjun Sampuran Efrata.

Lokasi: Turpuk Limbong, Kec. Harian, Kab. Samosir.

10. Pemandian Air Panas Rianiate

Pemandian Air Panas Rianiate

Image Credit: Twitter.com @Danautoba_ind

Puas berkeliling menjelajah Pulau Samosir, wisatawan dapat bersantai menikmati pemandian air panas Rianiate yang dipercaya bisa memberikan efek relaksasi dan kesehatan. Pemandian ini buka dari pukul 7 pagi sampai dengan 7 malam dengan harga tiket masuk berkisar antara 10 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah.

Lokasi: Rianiate, Kec. Pangururan, Kab. Samosir.

Nah, bagaimana apakah anda sudah menentukan mau ke mana? Masih banyak tempat wisata lain di Samosir yang bisa anda kunjungi. Jangan ragu untuk mengunjungi Pulau Samosir. Liburan seru sambil balajar kebudayaan Batak Toba yang sangat menarik menambah pengetahuan Anda. Selamat liburan!