Aek Rangat Pangururan, Pesona Kolam Alami & Bukit Kapur Eksotis di Samosir

Aek Rangat Pangururan, Pesona Kolam Alami & Bukit Kapur Eksotis di Samosir
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aek Rangat, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Aek Rangat Pangururan merupakan destinasi wisata hot spring di Pangururan, Samosir. Pasti Anda tahu kan Pulau Samosir? Ya, tempat ini memang berada di sekitar danau terbesar di Indonesia yakni Danau Toba. Aek Rangkat yang berarti air panas di tempat ini memiliki sumber mata air di sekitar kaki Gunung Pusuk Buhit yang memiliki kawah aktif.

Tempat pemandian yang dikelola oleh masyarakat sekitar ini sering dikunjungi wisatawan untuk berendam. Air kolam yang berwarna putih keabu-abuan mengandung belerang. Mineral alami tersebut dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit ringan seperti gatal, kuran, kadas, dan panu.

Selain kolam air panas, tempat wisata ini juga menawarkan banyak spot foto menarik. Termasuk salah satunya adalah latar pemandangan Danau Toba yang menjadi kebanggaan masyarakat sekitar. Fasilitas di tempat pemandian ini juga cukup memadai. Wisatawan dapat menikmati liburan di Aek Rangat Pangururan dengan lebih nyaman.

Daya Tarik yang Dimiliki Aek Rangat Pangururan

Daya Tarik Aek Rangat Pangururan Samosir
Photo by Google Maps Mong Ah

1. Kolam Pemandian Air Panas

Adanya kolam air panas yang berasal dari sumber mata air alami di sekitar gunung Pusuk Buhit yang masih aktif ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Airnya panas dari atas bukit dialirkan ke bawah untuk beberapa kolam. Jadi tersedia kolam pemandian dengan tingkat panas airnya yang berbeda-beda.

Selain itu, kolam pemandian ini juga sudah dibuatkan yang lebih dangkal sehingga lebih aman untuk anak-anak. Pengunjung pun bebas memilih kolam pemandian mana yang diinginkan. Pengunjung pria dan wanita juga dipisahkan dengan kolam yang berbeda sehingga semua pengunjung bisa lebih nyaman untuk berendam.

Kolam di sini tentu tidak sebening kolam renang pada umumnya. Pengunjung akan melihat kolam pemandian dengan air yang sedikit putih dengan asap yang bisa terlihat mengepul di permukaannya. Air putih keabu-abuan di kolam ini mengandung berbagai mineral alami dan salah satunya adalah belerang yang banyak manfaatnya untuk kesehatan kulit.

2. Pemandangan Danau Toba

Salah satu pesona keindahan wisata Aek Rangat Pangururan adalah pemandangan Danau Toba yang menawan. Tempat wisata pemandian air panas ini berada di ketinggian sehingga pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan danau yang terlihat lebih jelas membentang luas mengelilingi Pulau Samosir.

Air danau yang terlihat tenang dengan warna birunya yang begitu menyegarkan. Panorama alam yang siap memukau para wisatawan yang berada di Aek Rangat. Semakin indah dengan barisan perbukitan yang ada di sekitarnya. Pemandangan jalanan dan pemukiman yang ada di bawahnya pun tidak kalah mempesona.

3. Bukit Kapur

Kawasan wisata ini memang berada di perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau dan rindang. Namun, di salah satu sisinya terlihat tebing kapur yang tidak tertutup oleh pepohonan. Bukit kapur dengan warna putih ini memberikan pemandangan yang lebih estetik untuk sebuah kolam pemandian air panas.

Bukit kapur yang tidak tertutup pepohonan memang berada dekat di kolam pemandian air panas. Jadi wisatawan dapat menikmati pemandangan tersebut saat berendam.

Daya Tarik Dimiliki Aek Rangat Pangururan Samosir
Photo by Google Maps stephen zheng

4. Spot foto

Selain indah, Aek Rangat Pangururan juga menawarkan berbagai spot foto yang menarik. Salah satunya adalah papan bertulisan Aek Rangat yang berwarna-warni. Dari papan lokasi tersebut, pemandangan Danau Toba juga masih bisa terlihat sehingga memberikan latar pemandangan yang lebih indah.

5. Sumber Mata Air Panas

Salah satu yang menarik dari tempat pemandian air panas ini adalah adanya sumber mata air panas yang bisa dilihat oleh pengunjung. Sumber mata air ini tentu berada di ketinggian sehingga wisatawan perlu naik lagi dari tempat pemandian. Air yang berasap dengan suhu sekitar 37 derajat celcius terlihat di salah satu kawah bukit ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Aek Rangat Pangururan Samosir
Photo by Google Maps stephen zheng

Lokasi wisata hot spring di Pangaruruan ini tidak jauh dari Kota Samosir, Provinsi Sumatera utara. Jaraknya hanya sekitar 10 menit perjalanan dari Samosir ke Aek Rangat Pangururan. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau naik ojek untuk mencapai lokasi ini.

Jalanan dari Samosir ke Pangururan sudah bagus dan beraspal. Namun, jalannya menanjak dan berkelok sehingga perlu berhati-hati saat melewatinya. Walaupun jalanan yang berkelok ini cukup menantang, tetapi pemandangannya sangat bagus karena posisinya yang bersebelahan dengan tebing bukit dan Danau Toba di salah satu sisinya.

Tidak sedikit wisatawan yang menggunakan sepeda untuk melewati tanjakan di sekitar tempat ini. Memang cukup menguras tenaga, tetapi setelah sampai di tempat pemandian akan langsung disuguhkan dengan pemandangan kolam air panas di dekat bukit kapur yang indah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Aek Rangat Pangururan Samosir
Photo by Twitter Syarifuddin Lubis

Destinasi wisata pemandian air panas di Pangururan ini termasuk salah satu tempat liburan yang cukup murah meriah. Setiap pengunjung Aek Rangat Pangururan hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 5.000,- saja untuk sekali masuk. Namun jika ingin menyewa tempat ini untuk rombongan Anda, bisa membayar tiket sekitar Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,-.

Wisatawan yang ingin ke tempat pemandian, bisa datang mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Namun tempat ini juga biasanya masih buka hingga malam karena memang tempat ini dikelola oleh masyarakat sekitar sehingga lebih leluasa untuk wisatawan datang kapan saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Aek Rangat

Aktivitas Aek Rangat Pangururan Samosir
Photo by Google Maps Van Project

1. Berendam di Kolam

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Aek Rangat Pangururan tentu untuk menikmati kolam pemandian air panasnya dengan berendam. Pengunjung bisa memilih kolam pemandian pria atau wanita yang sudah di sediakan.

Sebelum masuk ke air, sebaiknya Anda memeriksa dulu tingkat kepanasan dari kolam yang akan digunakan. Apabila panasnya cukup, Anda bisa berendam dengan santai di kolam tersebut sambil menikmati panorama bukit kapur yang begitu terang dengan warna putih bebatuan kapurnya.

Apabila kurang panas, wisatawan bisa mencoba kolam pemandian yang di atas. Kolam pemandian yang lebih dekat dengan sumber air panasnya biasanya memiliki suhu air yang lebih tinggi dibanding kolam pemandian yang lebih jauh.

Berendam dengan air hangat seperti ini bagus untuk membantu memperlancar peredaran darah dan merelaksasi otot-otot tubuh. Anda ingin awet muda? Cobalah untuk berendam di Aek Rangat yang bagus untuk memperlancar sistem peredaran darah dan menjaga kesehatan kulit agar lebih awet muda.

2. Berfoto di Aek Rangat Pangururan

Anda yang sudah selesai berendam atau hanya ingin jalan-jalan, jangan lupa untuk berfoto-foto di tempat keren ini. Beberapa spot foto di sini bisa menjadi latar swafoto Anda untuk kenang-kenangan sebelum pulang. Anda bisa menggunakan latar perbukitan hijau yang salah satu sisinya memperlihatkan bebatuan kapur.

Spot foto menarik di tempat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang berburu spot foto prewedding. Selain itu kawah atau sumber air panas di atas bukit juga bisa menjadi background yang bagus untuk berfoto. Warna kolam air panas dengan bebatuan yang terlihat hijau dan kekuningan menampilkan gradasi warna yang cantik untuk latar foto Anda.

Jangan lupa juga dengan pemandangan Danau Toba yang tidak boleh terlewat dari jepretan kamera. Mudah sekali untuk mendapatkan pemandangan danau ini di semua sisi bukit. Namun, yang paling favorit bagi para pengunjung adalah di dekat papan lokasi yang menunjukkan nama tempat Aek Rangat.

3. Mendaki Bukit

Dari tempat parkir, wisatawan biasanya langsung menuju lokasi kolam pemandian yang tidak terlalu jauh. Namun, tidak sedikit pula pengunjung Aek Rangat Pangururan yang lanjut ke atas untuk mendaki bukit lebih tinggi lagi.

Pemandangan di ketinggian tentu akan lebih indah untuk dinikmati. Ada beberapa area yang cukup aman untuk wisatawan yang ingin mendaki bukit. Melalui area bukit kapur atau yang lebih hijau, Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Aek Rangat Pangururan Samosir
Photo by Google Maps Frank Vos

Walaupun dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar, fasilitas tempat wisata pemandian air panas ini cukup lengkap. Salah satunya adalah tempat parkir untuk wisatawan yang bisa menampung kendaraan roda dua maupun roda empat cukup banyak. Area parkir yang luas ini tidak jauh dari gerbang masuk.

Fasilitas kolam pemandian juga disediakan dalam beberapa area sehingga wisatawan bisa memilihnya. Selain itu, untuk kamar mandi dan toilet juga cukup bersih dan nyaman. Setelah berendam di Aek Rangat Pangururan dengan airnya yang menenangkan otot tubuh, wisatawan bisa membilas atau berganti pakaian di kamar mandi yang sudah disediakan.

Soal tempat makan juga tidak perlu khawatir. Pasalnya beberapa fasilitas warung makan juga ada. Warung-warung sederhana yang ada di dekat loket masuk banyak menjual makanan ringan dan minuman. Pengunjung juga bisa memesan gorengan hangat di warung sekitar apabila lapar setelah berendam.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai destinasi wisata hot spring di Pangururan, Samosir. Bagi Anda yang sedang berlibur di Danau Toba, bisa luangkan jadwal untuk mengunjungi Aek Rangat Pangururan yang menyuguhkan beragam pesona keindahan. Jangan lupa untuk bawa baju ganti dan kamera.