Air Terjun Batu Putu, Air Terjun Eksotis yang Sarat Mitos di Lampung

Air Terjun Batu Putu, Air Terjun Eksotis yang Sarat Mitos di Lampung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Wilayah Indonesia memang diketahui memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik. Wisata menarik tersebut tidak hanya sebatas wisata pantai saja ataupun wisata gunung. Melainkan juga Anda akan menemukan wisata air terjun yang memukau. Pergi ke tempat wisata berupa air terjun akan membuat Anda bisa merilekskan diri dari penat aktivitas.

Salah satu tempat wisata yang berupa air terjun yang sangat direkomendasikan bagi Anda yaitu Air Terjun Batu Putu. Air terjun ini memang memiliki penampakan alam yang begitu indah dan mempesona. Sehingga wajar saja jika tempat tersebut begitu digandrungi oleh banyak wisatawan. Jangan heran jika Anda ke sana akan banyak orang yang Anda temukan.

Lokasi dari air terjun ini berada dekat dengan wilayah pusat kota. Karena memang destinasi tersebut berada di tengah-tengah kota, tepatnya yaitu terdapat di wilayah Desa Batu putu.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Batu Putu

Daya Tarik Air TDaya Tarik Air Terjun Batu Putu Lampungerjun Batu Putu Lampung_compressed
Image Credit: Google Maps gemini indra

1. Trekking yang Menantang

Perlu untuk Anda ketahui, tracking untuk menuju ke tempat wisata Air terjun ini cukup menantang dan itu menjadi daya tarik dari tempat wisata tersebut. Sekalipun air Terjun Batu Putu terletak di area tengah kota, tapi bukan berarti akses jalan untuk Anda menuju ke tempat tersebut akan mudah dan mulus.

Nantinya Anda perlu melewati jalanan yang kecil dan merupakan jalan setapak. Beberapa bagian sudah terpasang namun beberapa lagi masih belum. Tentunya ketika Anda berjalan menuruni anak-anak tangga di tengah-tengah pohon yang rindang adalah sesuatu yang cukup menantang dan merupakan pengalaman yang seru.

Anda perlu untuk berhati-hati ketika menuruni jalanan yang ada di tempat tersebut. Jangan sampai nantinya Anda terpeleset atau salah injak. Selain itu perlu untuk diketahui sebagian tangga di tempat ini tidak ada tempat atau berpegangan sedangkan sebagian lain terhalang oleh adanya pepohonan.

Jalur tempat ini cukup terjal dan juga curam. Selain itu di sebelah kanan dan kiri dari jalur Anda akan menemukan adanya jurang yang juga cukup dalam. Sekalipun begitu nantinya Anda bisa merasakan udara yang sejuk dan masih alami. Hal itu wajar saja, karena wilayah air terjun tepat berada di area hutan lindung yang ditumbuhi oleh rimbun pepohonan hijau.

2. Panorama Alam yang Memukau

Keindahan alam atau panorama alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Batu Putu ini memang begitu memukau dan mampu membuat siapapun jadi takjub. Aliran air yang sangat deras mengalir dari atas ke bawah. Air pegunungan tersebut terasa sangat dingin dan membuat tubuh Anda seketika segar.

Deburan suara air terjun yang terdengar begitu lantang akan seketika menutupi suara di sini area perkotaan. Keindahan alam yang ada di tempat ini benar-benar bisa Anda rasakan dan menyatu di dalam diri. Ketinggian dari air terjun tersebut mencapai kurang lebih 10 meter.

Lokasinya yang berada di area tengah Kota Bandar Lampung membuat air terjun tersebut cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Karena itu, ketika Anda tengah berada di kota Bandar Lampung, maka jangan lupa menyempatkan diri berkunjung ke air terjun ini.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Batu Putu Lampung
Image Credit: Google Maps Yandigsa

3. Spot Foto

Daya tarik berikutnya yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke air terjun yaitu spot foto yang menarik. Spot foto terbaik yang dapat digunakan yaitu air terjun sebagai latar.

Para wisatawan tentu tidak akan melewatkan momen tersebut saat mereka telah berada di tempat ini. Pemandangan alamnya yang begitu memukau akan membuat hasil jepretan Anda juga begitu menarik dan layak untuk dipamerkan.

4. Area Camping

Yang berikutnya yaitu di tempat ini pun Anda juga bisa menemukan adanya area camping. Dengan tersedianya tempat perkemahan tersebut tentu Anda bersama dengan keluarga ataupun sahabat bisa berkemah di tempat ini. Bahkan tidak jarang acara sekolah ataupun komunitas mengadakan kegiatan berkemah di area tersebut.

5. Mitos

Terdapat mitos yang berkembang mengenai Air Terjun Batu Putu tersebut. Katanya dengan adanya mitos ini pun juga menjadi daya tarik lain dari tempat wisata ini. Dikatakan bahwasannya siapa saja yang melakukan hal-hal tidak baik di sekitar area wisata, maka mereka akan langsung memperoleh ganjarannya.

Terlepas dari apakah hal tersebut memang benar atau tidak, maka dengan melakukan hal yang tidak baik secara tak langsung Anda pun juga telah mengotori dan merusak alam. Jadi sebaiknya ketika berada di sana Anda menikmati keindahan alam tanpa harus berbuat hal-hal aneh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Batu Putu Lampung_compressed
Image Credit: Google Maps Ayu

Lokasi dari Air Terjun Batu Putu yaitu berada di sebuah area perbukitan. Tepatnya berada di Desa Batu, Kota Bandar Lampung. Untuk bisa mencapai tempat tersebut memang dirasa cukup mudah karena memang lokasinya berada dekat dengan area pusat kota.

Jika disini Anda berangkat dari Bandar Lampung, maka hanya akan membutuhkan sekitar 20 menit saja. Anda perlu melalui jalan P Emir M Noer kemudian melanjutkan ke jalan Raden Imba Kusuma.

Setelah itu, nantinya Anda akan melihat adanya sebuah papan petunjuk dengan tulisan Air Terjun Batu Putu, Anda perlu mengikuti petunjuk yang ada di pinggir jalan tersebut. Kemudian Anda menemukan adanya sebuah gapura dekat Pondok Pesantren Madarijul’ulum.

Anda tinggal memasuki gapura tersebut lalu tinggal mengikuti jalan saja. Dari arah gapura setidaknya 10 meter masuk tempat tiket Anda tinggal melanjutkan dan akan menemukan area parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Tiket Air Terjun Batu Putu Lampung
Image Credit: Google Maps gemini indra

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan kesejukan air di tempat wisata Batu Putu, maka berikut ini akan kami berikan informasi tiketnya. Tiket masuk untuk tiap orangnya agar bisa menikmati keindahan air terjun yaitu sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan tiket parkir.

Untuk tiket parkirnya sendiri berbeda-beda antara motor dan juga mobil. Bagi Anda yang membawa motor, maka biaya tiket sebesar Rp 10.000 untuk tiap unitnya. Jika Anda membawa mobil, maka biaya tiket yaitu sebesar Rp 20.000.

Saat Anda hendak berkunjung ke Air Terjun Batu Putu, maka sebaiknya Anda memilih cuaca yang baik lebih dahulu. Itu agar nantinya selama di dalam perjalanan Anda aman. Karena seperti yang telah dijelaskan, jalanan cukup terjal dan juga curam. Anda perlu untuk berhati-hati ketika hendak menuruni tangga. Karena di beberapa bagian tangga terasa begitu licin.

Pastikan juga Anda tidak memakai sepatu ataupun sandal yang memiliki permukaan licin. Bawa pula perlengkapan-perlengkapan seperti pakaian ganti dan lain sebagainya. Perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan area tempat wisata. Selain itu, jangan lupa untuk mematuhi setiap peraturan yang ditetapkan oleh pihak pengelola wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Batu Putu

Aktivitas Air Terjun Batu Putu Lampung
Image Credit: Google Maps Ahyana Setia

1. Berburu Foto

Dengan panorama alam yang begitu indah di tempat ini, tentunya Anda tidak boleh melewatkan aktivitas tersebut. Berburu foto dengan latar belakang pepohonan yang tinggi serta air terjun yang begitu indah tentu akan menciptakan hasil jepretan yang luar biasa.

Karena itulah, pastikan Anda tidak lupa untuk membawa kamera ketika mengunjungi air terjun. Karena dipastikan halaman Instagram ataupun sosial media Anda akan semakin indah dengan mengabadikan momen ketika berada di tempat ini.

2. Bermainan Air

Di bawah air terjun Anda akan menemukan adanya aliran sungai yang cocok untuk digunakan bermain air. Aliran airnya cukup aman dan selain itu juga cukup deras.

Nantinya Anda bisa bermain perosotan di tempat tersebut. Merasakan kesegaran dari air terjun batu dengan cara berbeda namun Anda pun juga perlu hati-hati, sebab di tempat tersebut ada banyak sekali bebatuan.

3. Berenang

Air Terjun Batu Putu memiliki 2 kolam yang bentuknya berundak. Untuk kolam yang pertama terdapat tepat di bawah air terjun. Kedalaman dari kolam ini yaitu sekitar paha dari orang dewasa. Untuk bagian kolam yang kedua berada tepat di bawah dari kolam pertama. Kedalaman kolam kedua ini juga tidak jauh berbeda dari kolam pertama.

Ketika Anda mengunjungi air terjun, maka jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk mandi di kolam-kolam tersebut. Namun sekalipun kolam tidak terlalu dalam, tapi disini Anda masih perlu untuk waspada dan hati-hati. Jika ingin melihat kolam dalam keadaan jernih, maka Anda bisa datang ketika musim kemarau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Batu Putu Lampung_compressed
Image Credit: Google Maps Ogja Ajitio

Air Terjun Batu Putu telah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Oleh karena lokasi dari tempat wisata ini berada dekat dengan pusat kota, maka pengunjung yang datang pun juga cukup banyak. Karena itu pulalah pihak pengelola wisata mulai menambah fasilitas-fasilitas guna mendukung aktivitas para wisatawan.

Di tempat tersebut nantinya Anda bisa menemukan adanya toilet maupun musholla. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika ingin menjalankan ibadah salat. Bagi Anda yang merasa lapar, di sana juga telah berdiri warung makanan maupun minuman.

Bersantai sambil lalu menikmati kuliner lezat Dari warung dan melihat pemandangan air terjun serta pepohonan yang hijau rindang, tentu merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Air Terjun Batu Putu yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi Anda kebetulan tengah berada di kota Bandar Lampung, maka pastikan untuk menyempatkan diri mampir di tempat ini.