Air Terjun Putri Malu, Panorama Alam yang Menakjubkan di Way Kanan

Air Terjun Putri Malu, Panorama Alam yang Menakjubkan di Way Kanan

Air Terjun Putri Malu salah satu objek wisata alam yang menakjubkan di Banjit, Way Kanan, Lampung. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini menyuguhkan pemandangan yang hijau, air yang menyegarkan dan suasana yang sejuk menarik dieskplor saat liburan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan, Lampung.

Provinsi Lampung memiliki kekayaan yang disuguhkan dalam bentuk terindah. Mulai dari pegunungan, lautan, hutan, dan masih banyak lagi. Sejauh ini air terjun masih menjadi wisata yang paling banyak diminati wisatawan, khususnya di sekitar Lampung. Keindahan air yang jatuh diantara tebing menjadi sangat menarik. Hal itu juga dimiliki oleh Air Terjun Putri Malu.

Air terjun tersebut termasuk ke dalam jenis pariwisata dengan keindahan alam yang menakjubkan. Indonesia sendiri memiliki banyak lokasi air terjun yang bisa dijadikan objek wisata. Tempat wisata air terjun memiliki kemiripan dengan pantai yaitu selalu ramai pengunjung. tidak hanya di hari libur, tetapi pengunjung juga datang di hari aktif.

Panorama yang ada di sekitar air terjun menjadikan view air terjun lebih menakjubkan. Bagi pengunjung, mengunjungi wisata Air Terjun Putri Malu sama halnya seperti kembali ke alam. Pepohonan asri dengan semilir angin yang sejuk menjadikan tempat pariwisata ini menjadi favorit wisatawan. Tebing tinggi dengan bebatuan besar memberikan bingkai yang indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Putri Malu

Daya Tarik Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Twitter.com @adventurose_

Lokasi wisata ini kerap menjadi prioritas utama ketika berlibur. Banyak orang yang lelah dengan masalah pekerjaan dan perkotaan yang bising.. Gemuruh air terjun berbalut dengan kecantikan alam telah menyihir wisatawan untuk terus menikmatinya. Berikut ini merupakan daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun Putri Malu.

1. Air yang Jernih dan Menyegarkan

Pengunjung selalu ingin menikmati sensasi menyegarkan dari berendam di air terjun. Air terjun ini memiliki air dengan suhu yang tidak terlalu dingin. Sehingga apabila digunakan untuk berendam, tidak akan membuat kedinginan terlalu cepat. Menariknya lagi, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Dengan ketinggian tersebut, air yang terjatuh akan memberikan view yang sangat menarik.

Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Karena berasal dari alam yang melalui bebatuan dan tebing. Air terjun ini sebenarnya bertingkat. Melalui berbagai tebing bertingkat sebelum akhirnya jatuh. Karena lumayan tinggi, percikan air yang ditimbulkan hampir menyerupai kabut yang tebal. Hal tersebut banyak membuat wisatawan terhibur dan merasakan ketentraman tersendiri.

2. Bebatuan Tempat Pengamatan Air Terjun

Bagi pengunjung yang berkunjung ke lokasi ini, tidak perlu khawatir. Karena telah tersedia bebatuan dengan permukaan datar yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menikmati keindahan air terjun. Bebatuan tersebut bukanlah buatan manusia, melainkan buatan alam. Wisatawan kerap menjadikan bebatuan dengan latar belakang air terjun untuk mengabadikan momen terindah.

Tidak hanya air terjun, melalui bebatuan, pengunjung bisa menikmati keindahan tebing yang tinggi dan terlihat curam. Tebing dan air terjun memberikan kombinasi pemandangan yang menarik. Terlebih lagi di sekeliling ada pepohonan rimbun yang asri. Kekayaan alam yang indah sangat mudah untuk dinikmati apabila wisatawan berkunjung ke Air Terjun Putri Malu.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Google Maps (Bli Mertha)

3. Panorama Alam yang Menakjubkan

Tidak hanya air terjun yang menjadi pusat perhatian. Panorama yang ada di sekitar air terjun turut mencuri fokus wisatawan. Keadaan hutan yang masih asri dilengkapi dengan tumbuhan yang hijau sejauh mata memandang.

Menjadikan wisatawan tertarik untuk mengeksplore dan melakukan pengamatan lebih lanjut. Banyak pula wisatawan yang mengabadikan berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Putri Malu

Alamat Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Facebook.com @Yarman1304

Bagi penduduk Lampung dan Sumatera Selatan tentunya sudah tidak asing dengan air terjun ini. Wisata ini terletak di daerah Way Kanan tepatnya pada hutan register 24, Lampung. Lebih mudahnya, letak air terjun berada pada perbatasan Sum-sel dan Lampung. Walaupun lokasi dari wisata ini bisa dibilang terpencil. Tetapi akses dari jalan besar lumayan mudah untuk dijangkau.

Banyak rute yang bisa diakses untuk menuju wisata ini. Misalkan pengunjung datang dari arah Bandar Lampung, maka bisa melalui Sukabumi ke Bukit Kemuning. Akan ditemui petunjuk arah yang mengarah ke lokasi wisata ini.

Apabila pengunjung menggunakan kendaraan roda empat, maka harus berhenti di Juku Batu. Hal tersebut dikarenakan medan selanjutnya hanya bisa ditempuh menggunakan roda dua. Waktu tempuh sampai lokasi Juku Batu sekitar 4 jam.

Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan menaiki ojek. Di area sana telah terdapat ojek khusus jalanan gunung. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir atau harus membawa motor sendiri. Karena jalanan gunung sedikit curam dan licin, sehingga bagi yang belum berpengalaman, pastinya akan sulut untuk melaluinya.

Sangat disarankan untuk menyewa ojek. Pasalnya, ojek tersebut bisa menjadi petunjuk arah juga. Jadi, pengunjung tidak perlu repot bertanya.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Putri Malu

Harga Tiket Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Google Maps (Ristanial S)

Setelah mengetahui keindahan yang menakjubkan dari Air Terjun Putri Malu, pastinya banyak yang berpikir berapa biayanya. Pihak pengelola menetapkan biaya yang terjangkau. Setiap orang hanya perlu membayar sebesar 20 ribu rupiah. Dengan harga tersebut sudah bisa menikmati keindahan air terjun yang luar biasa dan sepuasnya.

Apabila pengunjung membawa motor sendiri, maka bisa menuju lokasi langsung secara gratis. Sedangkan jika menggunakan ojek gunung maka harus mengeluarkan biaya sebesar 100 ribu rupiah untuk sekali perjalanan. Memang sedikit mahal, karena memang medan yang dilalui tidaklah semudah jalan aspal. Namun, hal itu akan terbayar dengan keindahan yang diberikan air terjun ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Putri Malu

Kegiatan di Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Google Maps (Kang Usup)

Air Terjun Putri Malu memiliki lokasi yang eksotis. Keindahannya tidak hanya terletak pada air terjun saja, tetapi juga tebing tinggi dan pepohonan di sekitarnya. Meskipun melalui jarak tempuh yang panjang dan medan yang tidak mudah, banyak orang yang tetap mengunjunginya. Karena keindahan alam yang ditampilkan memang tidak memberikan kebosanan.

1. Berendam di Sekitar Air Terjun

Kegiatan ini banyak dilakukan oleh wisatawan. Ada yang percaya bahwa berenda di air terjun dapat menghilangkan penyakit rematik. Ada pula yang hanya sekedar untuk melepas rasa lelah dan menikmati kesegaran air terjun.

Berendam ini diperbolehkan selam tidak di bawah air terjun langsung. Kemudian pengunjung juga harus berhati-hati. Karena pada musim dan cuaca tertentu, air terjun bisa sangat dingin.

2. Menjelajah Hutan

Bagi pecinta alam tentunya kegiatan menjelajah merupakan hal yang menyenangkan. Bisa menyatu dan berinteraksi dengan alam secara langsung. air terjun ini terletak di hutan register milik pemerintah.

Di sekitar lokasi air terjun masih banyak terdapat pepohonan rindang dan tanaman langka yang bisa ditemui. Tidak jarang wisatawan melakukan pengamatan dan mengabadikan momen tersebut dengan cara berswafoto

Kegiatan Menarik di Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Google Maps (Kukuh 58)

3. Bersantai di Bebatuan

Bebatuan datar yang berada di sekitar air terjun menjadi tempat yang bisa digunakan untuk bersantai. Bersantai sambil menikmati camilan dan menikmati pemandangan air terjun. Kegiatan ini juga bisa digunakan untuk melepas lelah pikiran dan penat. Selain itu juga bisa menjadi obat stress yang paling ampuh.

Bebatuan yang memiliki permukaan datar membuat pengunjung lebih mudah untuk merelakskan badannya. Lokasi ini sangat cocok untuk Anda yang stress akan kehidupan perkotaan.

4. Berfoto Ria

Kegiatan yang satu ini pasti tidak akan pernah dilupakan oleh setiap wisatawan. Berfoto menjadi hal yang wajib. Karena bisa digunakan untuk mengabadikan momen terbaik ketika berlibur. Banyak sekali spot instagrammable yang bisa digunakan sebagai latar belakang. Uniknya lagi spot tersebut tidak dibuat oleh tangan manusia, melainkan dibuat oleh alam.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Putri Malu Lampung

Fasilitas di Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Google Maps (Fahrizal DP)

Pihak pengelola melakukan pengembangan lokasi yang sangat bagus. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, membuat lokasi wisata ini sangat mengerti kebutuhan wisatawan. Meskipun lokasinya terpencil di hutan, akan tetapi fasilitas yang disediakan bisa digunakan dengan baik. Perawatan juga tetap dilakukan meskipun saat ada pengunjung atau tidak.

Adanya toilet umum kemudian tempat pembuangan sampah, menjadikan tempat ini selalu bersih meskipun dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap harinya. Hanya saja, pengunjung harus membawa makanan sendiri karena tidak akan terdapat warung makan atau pun outlet yang tersedia di sekitar Air Terjun Putri Malu ini.

Fasilitas ojek gunung juga menjadi daya tarik pengunjung. Ada pengunjung yang menikmati perjalanan dengan ojek gunung. Dikarenakan jalanan yang licin dan terjal menjadi kesenangan dan tantangan tersendiri. Bagi yang ingin berhemat, biasanya menggunakan satu ojek gunung untuk dua orang penumpang.

Hal yang perlu dipahami oleh para pengunjung adalah meskipun mereka sudah membayar, akan tetapi menjaga kelestarian alam tetap menjadi prioritas. Sehingga sangat dilarang untuk membuang sampah sembarangan atau mengotori area sekitar air terjun. Hal tersebut bisa merusak pemandangan dan menjadikan lokasi wisata kotor.

Air Terjun Putri Malu memang menjadi spot wisata kekinian yang dekat dengan alam. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini terdiri dari wisatawan lokan dan juga asing. Meskipun jarak untuk menuju lokasi sangat jauh dan penuh perjuangan. Akan tetapi pengunjung tetap menikmatinya. Bahkan ada pula yang melakukan tracking ketika menuju lokasi air terjun.