Bukit Pangonan Pringsewu, Spot Instagramable dengan View Alam yang Memukau

Bukit Pangonan Pringsewu, Spot Instagramable dengan View Alam yang Memukau
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu, Lampung.

Bukit Pangonan merupakan salah satu objek wisata alam di Pringsewu yang sayang sekali apabila dilewatkan. Tempat tersebut sering disebut sebagai hasil kreasi dari tangan manusia dan dipadukan dengan pemandangan yang sangat mempesona. Selain itu, tempat wisata tersebut juga tergolong kekinian sehingga banyak digemari oleh kalangan anak muda.

Tempat yang satu ini pun sangat recommended Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga saat akhir pekan. Berbagai macam hal istimewa yang disuguhkan di sana membuat pengunjung yang datang cukup ramai. Bahkan tidak hanya pengunjung lokal saja, melainkan pengunjung dari luar negeri juga.

Berbagai pengalaman seru dan menarik tentu saja bisa Anda dapatkan saat ada di sana. Jadi, jangan pernah sia-siakan apabila ada kesempatan untuk mengunjungi wisata tersebut. Akan tetapi, walaupun sudah cukup terkenal, ternyata masih banyak orang yang kurang mengetahui berbagai hal mengenai wisata ini. Berikut ini beberapa hal yang berhubungan dengan Bukit Pangonan.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Pangonan

Daya Tarik Bukit Pangonan
Image Credit: Google Maps kakak Zack

1. Wahana Payung

Daya tarik yang pertama dari tempat tersebut yaitu adanya wahana payung yang cantik. Begitu pengunjung menginjakkan kakinya di depan pintu masuk wisata ini, maka akan langsung disambut oleh banyaknya payung cantik dan berwarna-warni.

Payung-payung tersebut diletakkan di atas sebelah kanan dan kiri. Adanya payung warna-warni ini juga mampu meningkatkan mood pengunjung sehingga wisata semakin terasa menyenangkan.

2. Rumah Hobbit

Jika Anda ingin merasakan sensasi melihat secara langsung bentuk dari rumah hobbit, maka tidak perlu jauh-jauh pergi ke Australia. Pasalnya, di Bukit Pangonan ini juga terdapat spot unik berupa rumah hobbit.

Spot rumah hobbit yang ada di sini dibuat dengan memakai bahan kayu. Ukurannya pun tentu saja kecil dan hanya bisa muat dimasuki oleh anak kecil. Jumlah rumah hobbit yang tersedia ada dua buah saja.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Pangonan
Image Credit: Google Maps Reza Maha

3. Spot Foto yang Instagramable

Setiap tingkatan yang ada di bukit ini mempunyai berbagai spot foto yang beda-beda. Pastinya juga akan menyajikan latar pemandangan alam yang cukup berbeda. Berbagai spot foto yang dimaksud antara lain seperti jembatan warna-warni, TV klasik, perahu, jam dan love, sepeda onthel. Sebenarnya masih terdapat banyak lagi spot foto instagramable yang lainnya.

Spot foto berupa TV klasik bukan hanya sebuah tv replika saja, melainkan tv asli yang sudah pernah terkenal pada tahun 70 hingga 90-an silam. Untuk Anda yang saat ini berusia lebih dari 40 tahun, mungkin saja pernah merasakan masa menggunakan tv klasik ini.

Hal yang paling penting adalah senantiasa mengutamakan keselamatan selama berwisata di sana. Jangan sampai hanya untuk kebutuhan konten, Anda rela mengabaikan segala aspek keselamatan.

4. Wisata Alam Keluarga

Bukit Pangonan Pringsewu menjadi wisata alam yang cocok sekali sebagai objek wisata keluarga karena memiliki nilai edukatif yang dibalut dengan berbagai keseruan. Walaupun tempat wisata ini berupa bukit, tetapi untuk bisa tiba di setiap tingkatannya pun mudah. Hal itu karena jalurnya sendiri telah dibuat menyerupai tangga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Bukit Pangonan
Image Credit: Google Maps Reza Maha

Lokasi dari Bukit Pangonan ini berada di wisata Talang Air. Untuk alamatnya sendiri terletak di Desa Fajaresuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. Wisata ini juga tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung, kurang lebih perjalanan 1 jam saja.

Rute untuk menuju ke bukit ini, apabila memulai perjalanan dari Bandar Lampung maka arahkan saja kendaraan Anda menuju ke Kab Pringsewu dengan melalui jalur Lintas Barat Sumatera. Sesudah tiba di pasar Pringsewu, maka jalan lagi kisaran 2 km ke arah Kota Agung atau Tanggamus, hingga melihat belokan yang ekstrim.

Sekitar 300 m dari belokan tersebut, lihatlah sisi kanan, dimana akan terdapat jalanan aspal masuk sebelum ada kuburan. Silahkan masuk melalui jalan tersebut dan memarkirkan kendaraan Anda di lapangan Hutan Kota Pringsewu yang ada di sampingnya Talang Air Pringsewu. Mudah sekali karena masuknya pun tidak jauh dan hanya beberapa meter saja.

Jika Anda ingin menaiki transportasi umum pun terbilang sangat gampang. Cukup dengan menaiki bus yang jurusan Rajabasa-Kota Agung dan minta saja untuk turun di jalanan masuk ke Talang Air Pringsewu yang ada di sebelum kuburan. Kemudian hanya tinggal berjalan kaki sebentar. Nah, dari Talang Air Pringsewu itu, Anda dapat menyebrangi jembatannya kemudian naik sedikit hingga sampai di tujuan.

Tenang saja karena sepanjang perjalanan yang nantinya Anda lakukan untuk menuju ke Bukit Pangonan tergolong cukup lancar. Hal itu karena jalanannya memiliki kondisi yang cukup bagus dan tidak akan terjadi kemacetan. Sehingga, sepanjang perjalanan Anda tidak akan menemukan jalan yang berlubang, alias tanpa hambatan. Bila nanti masih bingung dengan rutenya, jangan malu bertanya ke warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Pangonan
Image Credit: Facebook Nawang Sari

Setiap pengunjung yang akan memasuki area dari Bukit Pangonan Pringsewu ini akan dikenakan tiket masuk terlebih dahulu. Jangan cemas karena tiket masuknya sendiri tergolong sangat terjangkau, yaitu 10 ribu rupiah saja. Dengan membayar harga tiket yang termasuk murah tersebut, maka Anda sudah bisa menikmati seluruh ragam spot foto yang tersedia di lokasi itu.

Untuk jam bukanya sendiri yaitu dimulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Paling pas untuk berkunjung ke sana yaitu saat matahari tidak terik seperti sore atau pagi hari. Sehingga, suasana yang dihabiskan di sana tentu terasa lebih nyaman dan segar. Akan tetapi, sebetulnya ada banyak pepohonan rindang yang bisa digunakan untuk berteduh bila datang ke sana pada saat siang hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Pangonan

Kegiatan Menarik Bukit Pangonan
Image Credit: Google Maps sugi hariyanto

1. Bermain Ayunan

Selain spot foto yang menarik, di bukit kekinian Pringsewu juga terdapat spot ayunan yang dapat digunakan oleh seluruh pengunjung. Menariknya, ayunan yang ada di sana lokasinya berada di atas bukit. Sehingga, bermain ayunan di tempat ini bisa menciptakan sensasi baru yang belum pernah dialami sebelumnya. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat bermain ayunan tersebut.

2. Menikmati Kuliner

Kegiatan menarik yang berikutnya adalah menikmati berbagai macam kuliner yang ada di kawasan Bukit Pangonan. Kulineran merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh ketinggalan saat Anda sedang berlibur di suatu tempat. Pasalnya, kegiatan ini bisa membuat liburan terasa semakin menyenangkan. Tenang saja karena di wisata yang satu ini juga terdapat banyak sekali warung yang menjual makanan dan minuman.

Mulai dari cemilan hingga makanan dan minuman berat bisa Anda beli di warung-warung tersebut. Untuk harganya pun pastinya bervariasi dan dapat disesuaikan dengan uang yang Anda miliki. Dijamin kuliner yang Anda temukan di sana mampu memanjakan dan menggoyangkan lidah. Bahkan, beberapa warung yang ada di sana juga menjual kurma, walaupun tidak sedang Bulan Ramadhan.

3. Menyelenggarakan Acara

Siapa saja juga bisa menyelenggarakan suatu acara di Bukit Pangonan tersebut. Namun, tentu saja acara yang dimaksudkan merupakan acara yang dapat dilakukan di ruangan terbuka atau outdoor. Sebelum menyelenggarakan sebuah acara di sini, maka terlebih dahulu harus meminta izin atau konfirmasi kepada pihak pengelola wisata.

Apabila memang diizinkan oleh pihak pengelola, barulah Anda bisa mengadakan suatu acara. Akan tetapi, tetap harus mematuhi segala aturan yang ada di sana.. Pastinya menyelenggarakan acara di tempat tersebut sangat menarik karena memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas yang Tersedia Bukit Pangonan
Image Credit: Google Maps Singgih jiit arkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata Bukit Pangonan tersebut terbilang cukup lengkap dan juga memadai. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh sekali dengan nyaman maupun keamanan bagi seluruh pengunjung di sana. Hal ini cukup membanggakan karena lokasinya sendiri sebenarnya ada di atas perbukitan.

Apabila pengunjung sudah lelah setelah berjalan-jalan menyusuri seluruh sudut dari tempat wisata tersebut, maka bisa beristirahat sejenak. Pasalnya, terdapat fasilitas berupa gazebo atau saung yang khusus disediakan untuk pengunjung yang ingin beristirahat maupun bersantai. Jangan khawatir karena jumlah gazebo atau saung yang disediakan juga cukup banyak.

Tidak ketinggalan juga fasilitas berupa toilet juga sudah disediakan oleh pihak pengelolanya. Sehingga, pengunjung tidak akan kebingungan apabila merasa ingin ke kamar mandi. Untuk kebersihan dan kerapian dari toilet tersebut pun tidak perlu lagi diragukan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan toilet tersebut dengan nyaman.

Nah, itu tadi berbagai macam hal penting yang berkaitan dengan pesona Bukit Pangonan di Pringsewu yang menjadi wisata andalan untuk Provinsi Lampung. Segala keindahan maupun keunikan yang dapat ditemukan di sana dijamin akan membuat siapa saja semakin betah untuk menghabiskan waktu liburnya. Oleh karena itu, sayang sekali bila Anda tidak ada niat untuk berkunjung ke bukit cantik tersebut.