Bukit Lawang, Wisata Alam Seru di Langkat Bisa Bertemu Orangutan

Bukit Lawang, Wisata Alam Seru di Langkat Bisa Bertemu Orangutan

Bukit Lawang salah satu objek wisata yang memukau dan populer di Langkat, Sumatera Utara yang menarik dijelajahi saat liburan. Ekowisata ini menyuguhkan panorama alam yang menawan, mulai keindahan sungai, goa Kelelawar hingga serunya bertemu Orangutan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kec. Bahorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Indonesia, negara dengan jumlah sektor pariwisata yang tak terhitung jumlahnya. Baik dari provinsi hingga Pulau ada banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu provinsi dengan pesona alam yang tak kalah memukau adalah Sumatera. Di sini Anda akan menemukan destinasi liburan bernama Bukit Lawang yang memukau.

Bukit Lawang ini terletak di provinsi Sumatera Utara. Tempat ini masih satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Disini Anda akan diajak berpetualang menyusuri rimba. Pastinya suasana yang disajikan masih begitu asri. Ditambah dengan berbagai hewan yang hidup saling berdampingan, seolah menjadi daya tarik tersendiri.

Segala keunikan dari bukit tersebut pun berhasil memukau wisatawan. Pesona yang dimiliki oleh destinasi tersebut menjadi bukti kekayaan alam Indonesia. Kekayaan flora dan fauna yang ada di sini menjadikan wisatawan enggan cepat-cepat beranjak. Bahkan popularitasnya sudah sampai ke wisatawan mancanegara.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Lawang

Daya Tarik Bukit Lawang
Image Credit: Google Maps (Orangutan Experience)

1. Tempat Rehabilitasi Orang Utan

Ada berbagai hal menarik yang bisa dieksplore di Bukit Lawang. Namun tahukah Anda bahwa wisata ini juga menjadi tempat rehabilitasi bagi primata seperti orang utan. Tempat rehabilitasi tersebut telah ada sejak tahun 1973. Ini juga menjadi permulaan dari adanya Taman Nasional yang kini berdiri di Sumatera.

Fungsi dari rehabilitasi orang utan ini tidak lain adalah untuk menyiapkan primata tersebut agar bisa hidup di alam liar. Sebab, sebelumnya orang utan banyak dipelihara oleh masyarakat dan selalu bergantung pada pemberian manusia.

Bahkan sejak berdiri, tempat ini sudah menampung sekitar 229 ekor orang utan. Jumlah tersebut tentunya tidak main-main mengingat tempatnya yang baru saja dibuka.

2. Menyuguhkan Pesona Hutan Rimba yang Misterius

Bukit Lawang memang menyimpan banyak hal menarik. Disinilah pengunjung akan disuguhkan dengan pesona hutan rimba yang menarik untuk dijelajahi. Apalagi untuk para petualang, berkeliling hutan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tentunya berada disini membuat Anda semakin memahami alam dengan berbagai makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Memiliki jalanan terjal dengan kontur perbukitan yang siap menjadi teman Anda. Hutan lebat bersama dengan angin sepoi seolah menjadi perpaduan indah. Cocok sekali sebagai tempat menghabiskan liburan. Terutama untuk Anda yang mendambakan suasana tenang.

Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah hijaunya pepohonan. Ditambah dengan berbagai hewan hutan dan kicau burung menciptakan harmoni yang indah.

3. Sungai Bohorok nan Jernih

Selain menyuguhkan panorama alam berupa hutan dan kawasan primata, kawasan bukit nyatanya memiliki spot lain dengan hadirnya Sungai Bohorok. Airnya masih begitu jernih sebab berada di pegunungan. Deras alirannya pun cocok digunakan sebagai sarana arum jeram.

Suasanya begitu mendukung untuk melakukan aktivitas air seperti menaiki ban karet. Apalagi dengan pemandangan alam sekitar yang nampak memukau. Meski berada di satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser, bukit ini memiliki keunikannya sendiri. Tempatnya pun masih begitu alami sebab belum tersentuh maraknya pembangunan.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Lawang
Daya Tarik Dimiliki Bukit Lawang

4. Gua Kelelawar yang Eksotis

Tidak hanya indah dengan panorama alamnya saja, bukit ini menarik dengan adanya Gua Kelelawar. Tempat ini berada tidak jauh dari gerbang masuk utama.

Jadi setelah melewati pintu bukit, pengunjung akan nampak Gua Kelelawar yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Hal ini juga disebabkan oleh karakteristik hewan itu sendiri. Di mana kelelawar suka tempat gelap, lembab dan sepi untuk bertahan hidup.

6. Flora dan Fauna yang Beragam

Pusat rehabilitasi orang utan memang menjadi pemandangan utama di bukit ini. Padahal destinasi wisata alam ini tidak hanya dihuni oleh orang utan saja, tapi juga berbagai flora dan fauna. Di sini juga menjadi tempat pelestarian tumbuhan dan hewan langka yang hampir punah.

Untuk melestarikan serta menyeimbangkan alam Indonesia diperlukan sebuah tempat yang bisa merawat serta melindungi populasinya. Terkenal sebagai tempat yang dipenuhi oleh hutan rimba, Bukit Lawang dihuni oleh berbagai spesies satwa.

Jadi, Anda bisa sekalian menyapa mereka saat berkunjung. Hewan seperti badak, harimau, dan gajah adalah beberapa spesies yang tinggal di bukit tersebut. Terdapat pula bunga Rafflesia yang ukurannya cukup besar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Ekowisata Bukit Lawang

Alamat Bukit Lawang
Image Credit: Idntimes.com

Menjadi tempat yang cukup populer di Sumatera, Bukit ini kerap menjadi tempat tujuan wisatawan. Bahkan pamornya sudah sampai ke mancanegara. Jika Anda tertarik berlibur ke tempat yang satu ini, bisa langsung pergi ke Provinsi Sumatera Utara. Tepatnya di Bohorok, Langkat, Sumatera Utara.

Saat berada disini Anda pasti akan terpukau dengan kealamian tempatnya. Wilayahnya yang memang sejuk membuat siapapun betah berlama-lama di tempat tersebut. Untuk bisa sampai di lokasi yang dituju, pengunjung harus menempuh rute yang cukup panjang. Terutama untuk Anda yang berada di luar provinsi. Pasalnya bukit yang satu ini berada di tengah sedikit ke utara dari Pulau Sumatera.

Jika Anda menempuh rute melalui Kota Binjai, maka jarak yang harus dilalui adalah sejauh 68 km. Sedangkan jika dialokasikan dari Kota Medan, pengunjung harus berada di perjalanan untuk menempuh jarak sejauh 80 km. Menjadi jantung hijau di Sumatera, bukit ini memang tempat terpeliharanya ekosistem hutan.

Selain itu, Bukit Lawang juga dilengkapi dengan berbagai spot unik yang membuat Anda terpukau. Jelajah alam rimba pun bisa menjadi aktivitas yang tepat saat nerada di sini. Sebagaimana tempat wisata lainnya, pengunjung harus senantiasa menjaga kelestarian alam yang ada disini.

Untuk bisa sampai disini, pengunjung harus melewati medan yang cukup sulit. Dari Kota Medan Anda harus berkendara menuju arah Langkat yang waktu tempuhnya sekitar 3 jam. Dengan kondisi jalan yang cukup berlubang memang membuat perjalanan menjadi kurang menyenangkan. Meski begitu Anda tidak akan kecewa saat sampai di tempatnya.

Harga Tiket Masuk Bukit Lawang Langkat

Harga Tiket Bukit Lawang
Image Credit: Google Maps (Lili Suheli)

Bukit ini memang bisa dibilang suguhan alam yang tiada dua. Menjadi destinasi wisata alam unggulan di Sumatera, tempat ini recomended untuk liburan keluarga. Seperti tempat wisata alam lainnya, pengelola bukit juga mematok biaya kunjungan.

Jadi untuk siapapun yang ingin eksplore segala tempat yang ada harus rela merogoh kocek sebesar Rp 3000 saja. Tarifnya memang murah jika dibandingkan dengan apa yang akan didapat saat menjelajah areanya.

Lokasinya juga dilengkapi dengan area parkir pengunjung. Untuk yang membawa kendaraan pribadi dibanderol harga Rp 20000 per mobilnya. Dengan begitu Anda bisa bebas menyusuri hutan rimba yang masih asri dan alami. Akan banyak Anda jumpai berbagai flora dan fauna yang menjadi penghuni Bukit.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Bukit Lawang

Aktivitas Seru di Bukit Lawang
Image Credit: Facebook.com @(Putri Sarita)

1. Piknik

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat epik nan alami ini. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah melakukan piknik sederhana di belantara hutan. Selain itu Anda juga bisa camping bersama rombongan di sekitar sungai yang ada di bukit.

Tempatnya yang masih asri akan memberi kesan tersendiri bagi pengunjung. Tidak heran banyak yang puas berlibur saat mengunjungi wisata alam ini. Untuk tenda atau tikar Anda bisa menyewa di tempat persewaan terdekat atau membawa dari rumah ya. Untuk yang ingin melakukan sewa, satu tenda dibanderol dengan harga Rp 100.000.

2. Trekking Menyusuri Hutan Rimba

Bukit Lawang memang terkenal akan pesona hutan rimba yang dimiliki. Bagaimana tidak, pepohonan yang ada di sini tumbuh subur dan alami. Tidak heran suasananya pun masih begitu asri. Pengunjung oun dapat merilekskan diri menyatu dengan alam. Melupakan sejenak hiruk pikuk aktivitas yang memakan energi dan pikiran.

Oleh sebab itu, trekking menyusuri indahnya hutan bisa menjadi aktivitas yang tepat. Apalagi dengan  suasana pegunungan yang sejuk membuat lelah seolah menguap. Apalagi dengan struktur tanah berbukit yang pastinya semakin menarik untuk dilalui. Namun Anda harus tetap berhati-hati ketika melewati jalurnya ya.

Aktivitas trekking akan sangat menantang, apalagi jika dilakukan dengan teman dekat. Mungkin lelab akan melanda, namun Anda akan puas melihat keindahan alam dari bukit yang menjadi tempat lestarinya ekosistem hutan. Sungguh akan menjadi pengalaman tidak terlupakan saat liburan.

3. Melihat Satwa Liar

Menjadi tempat hidup alami dari berbagai satwa, bukit ini menyuguhkan aktivitas alam yang tidak biasa. Disinilah Anda bisa puas melihat berbagai satwa langka yang belum pernah ditemui sebelumnya. Beberapa satwa berhasil hidup damai di alam liar. Jadi, pengunjung harus senantiasa berhati-hati saat menjelajah areanya.

Trekking sekaligus melihat satwa akan menjadi pengalaman tidak terlupakan saat liburan. Apalagi bukit ini memang terkenal sebagai tempat rehabilitasi orang utan. Bahkan disini juga menjadi tempat hidup dari beruang madu dan hewan langka seperti Harimau Sumatera. Tetaplah perhatikan langkah Anda, hewan liar di bukit tidak akan menjadi agresif jika tidak diganggu.

Aktivitas di Bukit Lawang
Image Credit: Google Maps (Awk Malhotra TV)

4. River Tubing

Aktivitas lain yang bisa dilajukan saat mengunjungi tempat ini adalah tubing. Seperti yang sudah diulas sebelumnya, Bukit Lawang memiliki aliran sungai yang cukup deras dan jernih. Oleh sebab itu menyusuri air sungai jua akan menjadi kegiatan yang menarik.

Namun untuk bisa mencapai lokasi, Anda harus rela trekking menyusuri belantara. Disini Anda bisa menyewa ban karet untuk merasakan sensasi terombang-ambing di sungai Bahorok.

5. Menyusuri Goa Kelelawar

Menjadi tempat atau habitat asli dari kelelawar, Goa Kelelawar memang tempat epik untuk dikunjungi. Dari gerbang masuk bukit, pengunjung harus berjalan sekitar 15 menit untuk sampai di tempat ini. Di dalam goa, Anda akan menyaksikan puluhan kelelawar yang bergelantungan di atap goa. Bagaimana tidak, karakteristik dari hewan tersebut memang menyukai tempat gelap dan lembab.

Meski begitu Anda tetap harus tenang saat mengunjunginya. Sebab jika berisik gerombolan kelelawar akan berterbangan keluar dan malah mengganggu pengunjung lainnya. Selain pemandangan gerombolan kelelawar, di dalam goa juga terdapat ornamen alami yaitu berupa jajaran stalagmit yang besar nan eksotis.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Lawang Langkat

Fasilitas di Bukit Lawang Langkat
Image Credit: Google Maps (Danilo Papi)

Untuk fasilitas ekowisata ini telah memiliki beberapa area publik seperti tempat parkir dan juga restoran. Di sini juga sudah difasilitasi dengan feeding site. Tersedia pula beberapa penginapan yang menarik untuk digunakan oleh para pengunjung.

Nah, itu tadi berbagai hal mengenai Bukit Lawang di Langkat yang mulanya hanya menjadi tempat rehabilitasi orang utan. Seiring berkembangnya waktu tempatnya mulai dikenal sebagai kawasan wisata yang menarik. Bahkan disebut-sebut sebagai jantung hijau pulau Sumatera. Untuk Anda yang penasaran bisa langsung menuju lokasi seperti yang tersebut sebelumnya.