Bukit Senyum Mutong, Wisata Alam yang Kaya Pesona di Toba Samosir

Bukit Senyum Mutong, Wisata Alam yang Kaya Pesona di Toba Samosir

Bukit Senyum salah satu objek wisata alam yang menawan berada di tepian Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir. Keindahan bukit ini mampu memanjakan mata siapapun yang berkunjung.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Motung, Kec. Ajibata, Kab. Toba Samosir, Sumatra Utara.

Bukit Senyum dahulu dikenal dengan nama Bukit Sitanggiting. Salah satu pesona memikat di tepian Danau Toba. Konon, dilabeli sebagai Bukit Senyum karena keindahannya mampu membuat Anda tersenyum. Letaknya di Kecamatan Ajibata. Tidak jauh dari Parapat, kota wisata terkenal di Kabupaten Simalungan. Terpisah jarak 23 kilometer atau setara 45 menit perjalanan.

Anda akan disajikan pemandangan menakjubkan ketika tiba di bukit ini. Tanah lapang berhiaskan rerumputan segar. Berpotensi besar membuat Anda betah berlama-lama walau di tengah keterbatasan fasilitas.

Daya Tarik yang Dimiliki di Bukit Senyum

Daya Tarik di Bukit Senyum
Image Credit: Google Maps (Lenni LG)

1. Hamparan Danau Toba

Tidak ada yang lebih menarik daripada melihat hamparan danau yang tenang. Genangan air sedalam 505 meter, dengan lebar 30 kilometer, dan panjang mencapai 100 kilometer. Mendapat gelar sebagai danau terluas di Indonesia.

Jika Anda menyambangi Bukit Senyum, maka panorama danau vulkanik terluas di dunia ini telah menunggu. Posisinya di pertengahan Kepulauan Sumatra. Muncul dari bencana vulkanik ribuan tahun silam. Sebuah kawasan bersejarah di bumi Nusantara.

2. Suasana Sunyi dan Tenang

Anda akan disapa kesunyian begitu menginjakkan kaki di bukit nan indah ini. Memang agak disayangkan karena pesonanya justru belum terekspos secara masif. Namun, di sisi lain juga memberikan keuntungan bagi pihak-pihak tertentu.

Bagi Anda yang sedang ingin menjauh dari keramaian, inilah lokasi yang pas. Menyepi sejenak di destinasi minim pengunjung, tentu akan menciptakan ketenangan tersendiri. Segala kelelahan yang mendera karena pekerjaan, dapat sedikit terobati. Dengan kata lain, memilih relaksasi di Bukit Senyum adalah keputusan cerdas.

3. Tanah yang Lapang

Sumpek melihat potret gedung-gedung tinggi dan berbagai jenis bangunan di perkotaan? Cobalah mampir ke wisata bukit ini. Tanah lapang akan menyambut Anda. Tidak ada gedung perkantoran, aneka ruko, dan sejenisnya. Hanya nuansa serba hijau yang tampak di depan mata.

Di beberapa titik memang ada potongan kayu yang difungsikan sebagai bangku. Namun, itu tidak mengganggu karena keberadaannya semata untuk tempat duduk saja. Di tanah yang luas ini, Anda pun hanya mendapati semak-semak. Sungguh, terasa mencerminkan potret alam bebas.

Daya Tarik Bukit Senyum
Facebook.com @jahari.sidabutar.1

4. Panorama Bukit Barisan

Tidak hanya danau, dari kejauhan pun Anda akan disuguhkan pemandangan bukit berbaris. Pepohonan tampak seolah bergerak mengikuti arah angin. Segar, sejuk, dan damai, tiga kata yang seketika dapat mewakili perasaan Anda.

Bukit senyum hanyalah salah satu di antara spot memukau di sekitaran Danau Toba. Masih banyak keindahan lain yang patut Anda jajal. Jika tidak memiliki cukup waktu, maka berpuaslah dengan menatap dari jauh saja.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Binjai yang Murah & Enak

5. Fenomena Sunrise dan Sunset

Adapun untuk keindahan yang satu ini, tidak perlu lagi Anda ragukan. Pada dasarnya momen terbit dan tenggelamnya sang surya, memang menawan hati. Terlebih, ketika kemunculannya terjadi di antara perbukitan.

Saat mentari terbit di pagi hari, kilau cahayanya dapat membuat Anda terpaku. Bias kuning keemasan muncul dari ufuk timur, lalu menyebar di atas rerumputan. Kemudian, ketika sore menjelang, cahaya jingga merebak di langit dan memantul pada permukaan danau. Ini akan menjadi momen paling fenomenal. Sayang bila Anda lewatkan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Bukit Senyum

Alamat Bukit Senyum
Image Credit: Pariwisatasumut.net

Terletak di tepian Danau Toba, tepatnya di Desa Motung. Anda harus mengandalkan Google Map agar mencapai titik lokasi. Pasalnya, dibandingkan destinasi lain di kawasan yang sama, Bukit Senyum masih terbilang sepi pengunjung. Keberadaannya belum begitu dikenal masyarakat luas.

Ada beberapa rute yang dapat Anda lalui, di antaranya berangkat dari Kota Medan. Perjalanan ini biasanya menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau empat. Ada baiknya Anda tidak bepergian sendiri demi kenyamanan dan keamanan.

Setidaknya Anda butuh waktu 5 jam atau setara dengan 185 jarak tempuh. Tentu, ini menggunakan asumsi lalu lintas normal. Kondisi jalannya cukup berkelok-kelok.

Bermula di Kantor Walikota, ambil arah tenggara ke Jalan Kapten Maulana Lubis. Belok kiri ke Jalan Balai Kota, lalu teruskan hingga tiba di Jalan Kereta Api. Kurang lebih terpaut 140 meter, ada Kantor Kelurahan Pasar Baru di sebelah kanan. Sampai Anda melihat Dolok Margu, ambil lajur kanan ke arah Jalan Cirebon.

Ikuti arus Jalan sejauh 25,7 kilometer, lalu belok kiri sesaat ke Jalan Pantai Cermin. Terus bergerak ke arah Kota Pematang Siantar sampai Anda tiba di Jalan Pangeran Diponegoro. Sejauh 100 meter dari sini, Anda akan menemukan bundaran. Ambil lajur keluar kedua, lalu lanjutkan perjalanan melewati Jalan Lintas Sumatra.

Setelah 45 kilometer, belok kanan ke Jalan Kolonel TPR Sinaga, melewati Jalan Bukit Barisan. Sepanjang 7,8 kilometer, Anda akan menempuh kawasan perhutanan. Setiba di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Anda akan memasuki area Bukit Senyum.

Alternatif lain, Anda bisa berkunjung ke sini lewat gerbang Bukit Gibeon, tempat pemandian alam. Sebelum itu, Anda harus melalui kawasan Bandar Udara Sibisa.

Perjalanan Anda sudah tentu melelahkan. Namun, semuanya akan terbayar kontan begitu Anda menjelajahi perbukitan. Dijamin tidak akan membuat Anda menyesal.

Tiket masuk per orang dipatok sebesar Rp 5.000. Harga yang sepadan bila mengingat fasilitas belum memadai. Namun, agaknya terlalu murah untuk ukuran panorama seindah lukisan alam. Jika Anda datang dengan niat berkemah, maka akan dikenai biaya tambahan Rp 10.000.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Medan yang Paling Enak

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Senyum

KegiatanMenarik di Bukit Senyum
Image Credit: Facebook.com @pitrook

1. Bersosialisasi Dengan Masyarakat Setempat

Danau Toba, namanya sering disebut-sebut dalam buku geografi bahkan cerita dongeng masa kanak-kanak. Anda tentu ingat kisah mengenai Pulau Samosir yang dahulu kerap mengisi laman mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Selain itu, pernah pula diadaptasi dalam bentuk film di stasiun televisi nasional.

Dengan berkunjung ke sini, Anda memiliki kesempatan untuk bertanya langsung kepada warga lokal. Tentu, tindakan ini bertujuan untuk menambah wawasan. Tanyakan hal-hal yang mungkin menarik rasa penasaran Anda. Menyesuaikan waktu dan peluang, lebih bagus lagi jika Anda mencoba menyeberangi langsung Danau Toba.

2. Bermain Layangan

Berlokasi di atas dataran tinggi, embusan angin di sini pasti lumayan kencang. Minimnya pohon-pohon tinggi dan kondisi area yang luas, bagus untuk difungsikan sebagai tempat bermain layangan. Ajaklah teman Anda untuk melakukannya. Hitung-hitung, nostalgia masa kecil.

3. Kencan Bersama Pasangan

Bayangkan, Anda dan pasangan duduk di tepian bukit. Berbincang sambil menikmati semilir angin. Biarkan obrolan mengalir sebagaimana mestinya. Sebaiknya siapkan kudapan untuk menambah keharmonisan.

Hubungan Anda dijamin semakin lekat. Bahkan, jika Anda masalah yang belum terselesaikan, gunakanlah momen ini untuk bicara dari hati ke hati. Suasananya amat mendukung, terasa romantis dan hangat.

Di sisi lain, tidak perlu risau jika Anda belum memiliki pasangan. Ajaklah sahabat karib Anda. Ciptakan harmoni yang mungkin mulai memudar. Jadikan kedatangan Anda di sini sebagai quality time.

4. Mampir ke Pasar Tradisional Ajibata

Apabila Anda termasuk orang yang keberatan menyiapkan perbekalan sedari rumah, alangkah baiknya mampir ke Pasar Tradisional Ajibata. Hanya teroput sejauh 7 kilometer dengan Bukit Senyum. Selain membeli kebutuhan dasar, Anda juga bisa mencoba berburu kuliner lokal. Aneka jajanan telah menanti untuk dibawa pulang.

5. Piknik

Bingung akhir pekan mau ke mana? Jenuh berdiam diri di rumah saja? Cobalah untuk menyambangi areal perbukitan di Kecamatan Ajibata. Jangan lupa siapkan perlengkapan dari rumah. Tikar, perbekalan, dan sejenisnya.

Cari lokasi yang rata dan agak jauh dari semak-semak. Ini bertujuan untuk mengamankan Anda dari kemungkinan serangan serangga. Disarankan untuk mengajak keluarga agar semakin seru.

Kegiatan di Bukit Senyum
Image Credit: Google Maps (HFC Goodlife)

6. Berkemah

Bila piknik umumnya dilakukan pada siang hari, maka berbeda dengan perkemahan. Anda akan menginap di sini. Tidur di bawah naungan langit, di tengah perbukitan. Mengingat keterbatasan fasilitas, pastikan menyiapkan segalanya serapi mungkin.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Binjai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apabila Anda masih usia sekolah atau kuliah, lantas mengikuti ekstrakurikuler pramuka, tidak ada salahnya memilih Bukit Senyum untuk berkemah. Areanya cukup luas dan jauh dari keramaian. Cocok untuk mempraktikkan simulasi bertahan hidup di alam bebas.

Namun demikian, Anda sekalian harus berhati-hati. Jangan sampai berjalan terlalu dekat ke arah tepian bukit. Pasalnya, belum ada pagar pembatas yang menghalangi bukit dengan danau. Dikhawatirkan, Anda akan tercebur jika tidak waspada.

7. Melukis

Bosan mengabadikan momen dalam bentuk digital? Jika Anda termasuk kreatif, cobalah manfaatkan panorama Bukit Senyum. Ciptakan lukisan semi realis yang mampu memukau setiap mata.

Selain untuk menuangkan daya kreativitas, Anda juga dapat membantu melakukan promosi. Tak ada salahnya memublikasikan karya Anda lewat kanal media sosial. Mungkin saja, lewat perantara Anda destinasi ini mendapatkan pamor. Harapannya, keramaian pengunjung mendorong pembenahan fasilitas pada masa yang akan datang.

8. Bersantai Sembari Menatap Langit

Siapkan sunblock terlebih dahulu karena Anda akan berjemur di bawah pancaran sang surya langsung. Jangan lupakan atribut seperti kacamata hitam dan earphone. Pilihlah musik-musik yang lembut. Jika Anda seorang content creator, suasana demikian dapat membantu proses pencarian inspirasi.

9. Olahraga Ringan

Apabila tertarik, Anda bahkan bisa berolahraga di sini. Sebelum itu, lakukan pemanasan dahulu. Pilihlah olahraga ringan yang menyenangkan. Misalnya, workout dengan berpedoman pada aplikasi smartphone. Alternatif lainnya, bisa jadi adalah meditasi.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Senyum Mutong

Fasilitas di Bukit Senyum Mutong
Image Credit: Facebook.com @peterchandra.alam

Pada dasarnya, objek wisata satu ini masih dikelola oleh warga pemilik area pertanahan. Pemerintah setempat belum turun tangan dalam rangka memajukan Bukit Senyum. Tak heran, bila ketersediaan fasilitas di sini sangat minim.

Anda mungkin akan menemukan sebuah bangku panjang dan gazebo di tepian bukit. Namun, sebatas itu saja, memanfaatkan potongan kayu seadanya. Jumlahnya pun tidak seberapa. Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan dasar seperti makan, ibadah, dan sebagainya, maka disarankan untuk turun ke kawasan perkampungan.

Bahkan, kontur jalanan ke sini cukup menyulitkan pengunjung. Ukurannya tidak terlalu luas, ditambah belum tersedia pagar pengaman di setiap sisinya. Jika dua kendaraan berpapasan, maka salah satunya perlu mengalah. Harus ada pengemudi yang berhenti terlebih dahulu.

Bagi Anda yang terbiasa melalui jalanan mulus dan beraspal, harus serba hati-hati ketika melintas di daerah Ajibata. Pastikan Anda tidak ugal-ugalan. Itu bisa berbahaya untuk keselamatan.

Bukit Senyum menyimpan berbagai potensi tersembunyi. Tanah yang lapang, dilapisi rerumputan subur. Pesonanya tidak dapat diabaikan. Akan sangat disayangkan bila objek wisata sekeren ini tidak dikelola secara maksimal. Oleh karena itu, kunjungan Anda dapat berperan sebagai kontribusi nyata dalam memajukan pariwisata.