Taman Air Percut, Taman Wisata Beragam Wahana Permainan di Deli Serdang

Taman Air Percut, Taman Wisata Beragam Wahana Permainan di Deli Serdang

Taman Air Percut salah satu objek wisata favorit di Deli Serdang yang menawarkan beragam wahana permainan untuk anak dan dewasa. Taman wisata dekat Medan yang menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kawasan Industri, Paluh Gelombang, Tanjung Rejo, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tempat wisata air pertama di Sumatera ini baru berjalan kurang lebih 3 tahun lalu. Sejak diresmikannya teman wisata air ini pada tahun 2017 lalu, tidak pernah sepi dikunjungi. Taman ini dikelilingi oleh pepohonan dan danau yang menambah keindahan taman ini. Suasana pinggir pantai dengan panorama alam pedesaan sangat menyejukkan.

Taman Air Percut ini menyediakan tempat wisata dengan tema edukasi. Dimana selain taman bermain, di lokasi ini juga terdapat kebun binatang yang dapat menjadi tempat belajar bagi anak-anak. Sangat cocok dijadikan sebagai kunjungan sekolah untuk perpisahan atau saat libur semester anak-anak.

Lokasi yang luas ini membuatnya selalu ramai dikunjungi untuk liburan keluarga, gathering atau camping bersama teman kampus atau bermain air dan outbond. Dengan banyaknya wahana dan kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini, menjadikan tempat ini selalu ramai setiap harinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Air Percut

Daya Tarik Taman Air Percut
Image Credit: Instagram.com @suherilukman

1. Restoran Terapung

Restoran terapung ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang. Anda bisa memesan makanan dengan menikmati keindahan air di tengah kolam. Menikmati berbagai menu makanan di tengah air di atas restoran terapung ini tidak pernah terlewatkan bagi setiap pengunjung yang datang.

Restoran dengan desain bambu ini menjadi daya tarik yang unik dan menarik bagi tempat ini. Karenanya berlibur ke wisata Taman Air Percut ini selalu menjadi pilihan bagi keluarga di sekitar daerah ini.

2. Spot Foto yang Unik

Ada sebuah danau yang dibuatkan jembatan dengan warna warni menjadi daya tarik bagi wisatawan yang selalu mencari spot foto. Dermaga di ujung Danau ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung.

Ada beberapa spot foto yang unik dan menarik lainnya di tempat wisata Taman Air Percut ini. Seperti berfoto di hutan mini, di pinggir danau, atau berfoto bersama hewan-hewan di kebun binatang mini yang sudah disediakan.

3. Lokasi Taman yang Luas

Lokasi taman wisata air Percut ini sangat luas, sehingga para wisatawan pun lebih senang dan tertarik di tempat yang luas dari pada tempat sempit. Pengunjung bisa menggelar karpet untuk sekedar menikmati keindahan alam sambil berbaring dan melakukan aktivitas lainnya tanpa mengganggu pengunjung lainnya.

Dengan lokasi yang luas ini pengunjung dapat dengan bebas melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan.

4. Harga Tiket Murah

Tidak hanya keindahannya yang membuat Taman Wisata Air ini ramai dikunjungi. Namun, harga tiket yang murah dan tidak akan menguras kantong ini juga menjadi daya tarik yang membuat wisatawan datang berlibur bahkan bersama keluarga dan membawa banyak rombongan.

Jangan salah, meski tarif di setiap wahana dan harga tiket murah, di tempat wisata taman air ini tidak memberikan fasilitas yang murahan. Ada beberapa fasilitas, wahana dan lainnya disediakan dengan sangat baik dan bagus.

5. Banyak Wahana Menarik

Wahana menarik yang ada di Taman Air Percut, seperti berkeliling danau atau kolam dengan menggunakan sepeda air, atau sampan romance. Bahkan ada kereta kuda yang akan membawa Anda berkeliling di sekitar danau dan di sekitar taman yang luas ini.

Selain itu Ada kegiatan menarik lainnya yaitu bermain air dengan masuk ke bola air di tengah kolam. Berkeliling kolam dengan perahu karet atau bermain bebek air. Hal ini selalu menjadi daya tarik yang unik bagi para pengunjung.

Daya Tarik Taman Air Percut Serdang
Image Credit: Instagram.com @suherilukman

6. Banyak Kolam Renang

Dengan luas area 15 hektar, taman Wisata Air Percut ini memiliki 12 kolam renang yang dapat Anda pilih sesuai kesukaan dan keinginan hati. Banyaknya kolam renang di tempat ini juga sebagai daya tarik yang keren bagi pengunjung.

Sehingga pengunjung tidak perlu antri dan menunggu pengunjung lainnya saat ingin berenang. Karena banyaknya pilihan, sehingga dapat bermain sampai puas.

7. Menikmati Sunset

Selain menghabiskan waktu bermain air, mengunjungi kebun binatang mini dan berjalan-jalan keliling taman. Pada sore hari, Anda dapat menikmati matahari tenggelam sembari duduk dan menikmati makanan atau minuman Anda.

8. Dekat dengan Pantai

Karena letaknya yang strategis dan dekat pantai, panorama alam yang disediakan di taman air menjadi semakin banyak pengunjungnya. Dengan suasana pinggir pantai ini membuat wisatawan memberikan perhatian kepada tempat wisata ini.

9. Tempat Memancing

Tidak haya hits di kalangan muda mudi, tempat wisata air ini juga ramai dikunjungi Bapak-Bapak. Bapak-Bapak yang hobi memancing juga meramaikan tempat ini. Memancing adalah hal yang menarik bagi kalangan Bapak-Bapak.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Taman Air Percut

Image Credit: Instagram.com @suherilukman

Lokasi taman wisata air ini yaitu di Sumatera Utara, tepatnya di Deli Serdang, Kawasan Industri, jalan Paluh Gelombang di Percut. Untuk sampai ke lokasi Anda butuh menyewa kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang mengantar sampai ke lokasi ini. Dari kota hanya berjarak 20 Km saja menuju ke lokasi ini dan akan menghabiskan waktu kurang lebih 20 menit.

Untuk masuk ke Taman Air Pecut ini Anda tidak harus menunggu tabungan banyak. Karena di tempat ini Anda hanya akan membayar tiket Rp 10.000 per orang. Dimana setiap tiket yang Anda dapatkan, bisa ditukarkan dengan minuman gratis di loket.

Selain tiket masuk, Anda perlu menyediakan beberapa lembar uang untuk menyewa beberapa alat untuk bermain air di Taman Air Percut nantinya.

Alat-alat bermain seperti sewa Rakit karet, bebek air, dan kereta dapat Anda sewa dengan tarif Rp 10.000 untuk masing-masing alat tersebut. Ada flying fox dengan tarif Rp 20.000. Ada sampan romance dengan tarif Rp 5000 saja. Penyewaan Sepeda ontel Rp 15.000. menggunakan Bola air Rp 40.000 per Bola, Kuda Rp 30.000

Selain itu penyewaan alat dan tempat memancing dikenakan tarif Rp 100.000 per orang. Untuk parkir motor sebesar Rp 3.000 dan parkir mobil sebesar Rp 5.000.

Tempat wisata ini buka setiap hari pada pagi hari sampai sore hari. Namun, bagi yang ingin melakukan camping di sekitar area harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Air Percut

Kegiatan di Taman Air Percut
Image Credit: Instagram.com @fairelarfathanrizki

1. Jalan-Jalan Sekitar Taman

Jalan-jalan dan berkeliling taman dapat menjadi aktivitas yang menarik untuk dilakukan di taman ini. Selain itu Anda juga bisa menyewa sepeda ontel untuk berjalan-jalan berkeliling di sekitar taman luas yang indah ini jika tidak ingin lelah berjalan kaki.

Jika Anda malas mengayuh sepeda, di sini juga ada kereta yang akan membawa Anda untuk berkeliling di taman ini. Di kereta Anda hanya akan duduk saja menikmati keindahan taman wisata air percut dengan area yang luas akan membuat terpesona.

2. Bermain Air

Dengan keindahan taman yang luas dan menarik untuk dijelajah, Taman Air Percut juga menyediakan beberapa lokasi untuk menikmati wahana air. Bermain ini di sini menyediakan banyak alat bermain dan wahana yang disediakan.

Ada beberapa alat bermain air yang bisa Anda gunakan. Atau bisa Anda sewakan untuk anak-anak seperti bebek air atau menaiki perahu karet dan mengelilingi kolam. Selain itu juga ada bermain bola air, dimana bermain bola air ini Anda bisa masuk ke dalam bola raksasa dan berjalan di atas air kolam tanpa basah.

3. Sampan Romance

Sampan romance ini bisa Anda sewa dengan tarif murah. Dengan sampan romance yang bisa muat untuk dua orang. Umumnya sampan romance ini dinaiki oleh muda-mudi bersama kekasihnya. Dengan mengelilingi danau yang luas, Anda bisa menikmati tengah danau tanpa basah.

Selain itu, Anda bisa berfoto ria di tengah danau dengan pemandangan yang tidak kalah menariknya. Anda akan dapat view pepohonan hijau yang asri di tengah air.

4. Mini Zoo

Taman air ini menyediakan sebuah kebun binatang mini di area ini. Kebun binatang yang mengangkat tema pendidikan ini menyediakan beberapa jenis hewan di zoo ini. Ada kecantikan burung merak India dan beberapa jenis burung lainnya, ada Ular, monyet dan hewan-hewan lainnya.

Anda bisa mengenalkan beberapa macam hewan dengan habitatnya atau bisa mengajarkan anak-anak untuk mengenali makanan dari hewan-hewan yang terdapat di zoo. Selain itu Anda juga dapat berfoto bersama di kebun binatang ini bersama anak-anak.

5. Spot Foto

Di setiap tempat wisata dimana pun berada selalu menyajikan spot foto menarik dan unik yang memiliki daya tarik tersendiri. Di taman air percut ini memiliki banyak spot foto yang tidak boleh terlewatkan. Spot foto dengan penataan yang baik dan desain menarik.

Berfot di tepi danau dekat taman adalah tempat teramai dan selalu menjadi rebutan untuk berfoto. Ada jembatan yang dicat dengan warna yang unik dan cantik. Selalu ramai untuk sekedar menikmati pemandangan atau berfoto dengan latar danau dan hutan mini di belakang.

6. Berkemah

Menikmati semua kegiatan di taman ini belum cukup bagi pecinta alam. Menikmati keindahan taman di malam hari di dekat danau akan semakin seru dengan mendirikan tenda bersama teman-teman.

Di taman ini tersedia area khusus untuk camping buat Anda yang ingin bermalam di taman ini. Jika ingin menjelajahi taman untuk keesokan harinya, Anda bisa bermalam dan melanjutkan besok lagi.

7. Flying Fox

Anda yang suka dengan ketinggian, bermain flying fox ini harus Anda coba. Flying fox ini akan membawa Anda pada ketinggian 7 meter. Anda hanya akan diberikan tarif sebesar Rp 20.000 saja untuk sekali terjun. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain di sini.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Air Deli Serdang

Fasilitas di Taman Air Deli Serdang
Image Credit: Instagram.com @suherilukman

Fasilitas yang disediakan Taman Air Percut terbilang cukup lengkap. Pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas diantara:

  • Tempat pakir
  • Penyewaan wahana-wahana menarik
  • Penyewaan alat memancing
  • Restoran
  • Toilet dan tempat ibadah
  • Toko souvenir
  • Guest House
  • Danau
  • Miniatur Dana Toba dan Dermaga Boat
  • Lokasi camping

Pengunjung pada week days di taman wisata air percut ini bisa mencapai sekitar 500 orang atau lebih, apalagi saat weekend. Sehingga Anda bisa memprediksikan hari apa baiknya berkunjung dan datang ke taman wisata air ini. Supaya saat datang Anda bisa bebas untuk berkeliling bersama keluarga di tempat terhits di Deli Serdang.