Indahnya Danau Ranau, Danau Eksotis yang Membelah Sumsel dan Lampung

Indahnya Danau Ranau, Danau Eksotis yang Membelah Sumsel dan Lampung

Danau Ranau salah satu tempat wisata unggulan Ogan Komering Ulu Selatan yang menarik diekplor. Danau vulkanik yang membelah Sumsel dan Lampung ini menawarkan pesona alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Agung Ranau, Kec. Banding Agung, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Danau Ranau destinasi wisata yang menyimpan banyak pesona alami. Berlokasi di tanah subur daerah Ulu Selatan, menjadi satu daya tarik yang dimiliki oleh pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Berbagai macam keindahan alam bisa ditemukan dan dinikmati saat singgah di sana.

Sebagai salah satu kebanggaan masyarakat Ulu Selatan, keindahan yang dimilikinya sudah terkenal semenjak awal kali dibuka untuk kunjungan wisata umum. Namun, sayang sekali untuk akses jalan yang dilalui akan sedikit terjal dan tidak ramah pada kendaraan pribadi.

Walaupun rute dengan akses terjal, namun semangat para wisatawan untuk menikmati secara langsung cantiknya panorama alam yang disuguhkan tidak juga luntur. Bagi Anda yang merasa penasaran terkait apa saja daya tarik serta kegiatan yang bisa dilakukan di sana, simak penjabarannya di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Ranau

Daya Tarik Danau Ranau
Image Credit: Twitter.com @Bagus82098318

1. Pemandangan Gunung Semuning

Penting untuk diketahui bersama bahwa terdapat satu keindahan yang menjadi daya tarik utama pada Danau Ranau yaitu pemandangan kokoh dan gagahnya gunung Semuning. Keberadaannya yang menjulang dan membatasi wilayah perairan di danau ini menjadi satu keistimewaan atas kemegahan pemandangan yang dimilikinya.

Anda bisa menikmati kesan menakjubkan tersebut, dengan pesona gunung Semuning yang tiada duanya. Berfoto adalah cara yang paling tepat untuk mengabadikan pesonanya.

2. Spot Foto

Anda adalah seorang yang memiliki hobi fotografi atau berbagi cerita di sosial media? datang ke Danau Ranau karena akan banyak sekali spot foto menarik yang bisa ditemukan. Seperti pemandangan gunung Semuning, beningnya air danau hingga perbukitan hijau yang menawan untuk diabadikan dalam sebuah jepretan foto.

Selain itu, kegiatan nelayan di pinggir pantai dekat danau juga menjadi satu spot lain yang mungkin bisa Anda temukan saat berkunjung. Pulau Marisa juga tidak ketinggalan pentingnya untuk diabadikan dalam foto kenangan liburan bersama keluarga di danau cantik ini.

3. Danau Terbesar Kedua Setelah Danau Toba

Selain memiliki pemandangan alam yang menawan, satu fakta yang harus Anda ketahui yaitu Danau Ranau merupakan terbesar nomor dua di daerah Sumatera setelah Danau Toba. Luas yang dimilikinya sekitar 125,9 kilometer persegi. Sedangkan untuk kedalamannya yaitu mencapai 229 meter, dengan ketinggian permukaan sekitar 540 meter.

Terbentuk karena sebuah peristiwa alam yaitu gempa besar dan efek semburan vulkanik dari gunung berapi di dekatnya. Sehingga terbentuklah sebuah cekungan besar yang menjadi danau.

Daya Tarik Danau Ranau Sumsel
Image Credit: Instagram.com @tammiadi_

4. Pulau Marisa

Jika ada Pulau Samosir sebagai ikon Danau Toba, maka di sini juga terdapat sebuah Pulau yang tidak kalah bagusnya yaitu Pulau Marisa. Berada tepat di tengah Danau Ranau, keberadaannya menjadi daya pikat utama pengunjung yang datang berwisata.

Sebagai salah satu spot menarik yang ada, dia area nya terdapat sebuah sumber mata air panas, yang banyak digunakan untuk berendam oleh warga sekitar dan juga wisatawan yang datang. Jika tertarik berkunjung, Anda bisa menyebranginya dengan menyewa kapan nelayan yang ada di sekitarnya.

5. Udaranya Sejuk

Lokasi yang berupa perbukitan hijau dan tinggi menjadikan udara sekitarnya terasa sangat sejuk dan menenangkan. Alasan inilah yang menjadikan banyak sekali pengunjung berdatangan setiap tahunnya. Walaupun diketahui bersama bahwa akses jalan untuk menuju lokasi sangat terjal dan tidak nyaman untuk dilalui oleh kendaraan pribadi sekalipun.

Kondisi ini juga sangat cocok bagi Anda yang sengaja mencari lokasi untuk menenangkan fikiran dan membuang semua beban yang menumpuk di kepala. Angin sepoi-sepoi, perbukitan hijau, dan beningnya air danau menjadi satu perpaduan serasi yang tiada duanya.

6. Spot Gardu Pandang

Saat Anda berada di lokasi wisata ini tentu akan sangat menyenangkan jika bisa memandang seluruh keindahan yangdimilikinya melalui satu spot yang menjangkau semuanya. Inilah daya tarik utamanya, terdapat sebuah spot untuk melihat keseluruhan bagian dan hiasan alam yang membentang sepanjang Danau Ranau, yang disebut dengan gardu padang.

Bentuknya beragam, ada yang berupa Sasebik hill, jembatan yang terletak di atas sebuah pohon, hingga yang berupa menara pantau. Semuanya tersedia untuk Anda yang sangat ingin menikmati pesona alam menawan dan alami yang ada di sana. Pasti akan terbayangkan bersantai di atas sebuah gardu pandang sembari menikmati lukisan indah Tuhan dalam wujud danau yang eksotis.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Danau Ranau

Alamat Danau Ranau
Image Credit: Google Maps (irma aprilia)

Lokasi Danau Ranau berada di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan juga Lampung, tepatnya di daerah Ogan Komering Ulu. Sehingga ketika Anda berencana untuk melakukan kunjungan wisata pada lokasi tersebut bisa dilakukan melalui jalur daerah Lampung.

Rute yang bisa ditempuh dari Lampung yaitu dengan mengambil jalan menuju wilayah Kota Bumi. Sesampainya di sana lanjutkan menuju arah Bukit Kemuning. Perjalanan Anda masih belum selesai, setelah itu lanjutkan menuju Liwa, kemudian ambil jalan yang mengarah ke kota Batu. Dari sana pilih rute yang menunjukkan arah ke Sukamarga, lalu sampailah ke lokasi dengan lama 6-7 jam.

Ingin datang berkunjung tapi belum tahu berapa dana yang perlu dipersiapkan untuk perjalanan dan juga biaya tiket masuknya? ini dia informasinya. Pertama Anda harus tahu kapan jam layanan kunjungan dibuka, yaitu setiap hari dengan waktu 8 pagi hingga 5 sore. Sedangkan untuk biaya masuknya yaitu sebesar Rp 10.000,- per kepala atau orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Ranau

Kegiatan di Danau Ranau
Image Credit: Google Maps (Erwin Syah)

1. Duduk di Pinggir Danau

Adakah yang bertanya, apa hal yang bisa dilakukan ketika berada di danau ranau? tentu jawabannya banyak sekali. Pemandangan dan juga bentuk topografinya yang luas dan hijau, memungkinkan untuk Anda melakukan segala bentuk aktivitas menarik dan juga menantang. Salah satunya yaitu dengan duduk santai di pinggir Danau.

Mungkin ini akan terdengar terlalu sederhana, namun Anda bisa membayangkan bagaimana tenang dan bahagianya ketika apa yang di depan mata adalah hamparan luas air danau bening dengan dihiasi berbagai macam pemandangan alam yang alami. Gunung Semuning, hamparan hijau pepohonan, dan juga udara yang menyentuh lembut pada tubuh Anda, tentu ini akan menyenangkan.

2. Berfoto Ria

Mungkinkah Anda hanya bisa duduk-duduk santai di pinggir pantai tanpa bisa melakukan kegiatan lainnya? tentu tidak, karena panorama alamnya begitu indah, maka jangan lupa mengabadikan atau membagikan dalam feed sosial media. Benar sekali Anda bisa berswafoto bersama orang terkasih untuk mengabadikan setiap titip indah yang ada di sana.

Seperti halnya berfoto dengan latar belakang danau, atau bergaya dengan perahu dan masih banyak lagi opsi lainnya yang bisa dilakukan. Pastikan juga untuk mengunggahnya dalam feed instagram Anda, bagikan keseruan bersama orang-orang yang dikenal, dan kenang kembali keindahannya saat sampai di rumah.

3. Bermain Jetski

Mungkin atau tidak bermain Jetski di Danau Ranau? tentu saja mungkin, karena di sana terdapat penyewaan yang sudah siap memfasilitasi hasrat bermain air Anda. Tidak hanya di pantai bahkan di tempat ini juga bisa melakukan kegiatan menantang lainnya seperti arum jeram, dan banyak lagi.

Tentu ini tidak terbayang sama sekali saat Anda merencanakan liburan ke sebuah danau bukan pantai. Namun, kenyataannya Anda benar-benar bisa melakukannya, dan inilah kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan selama berada di danau Ranau.

4. Menyewa Perahu Motor

Air danau yang tenang dan bening, tentu akan membuat Anda ingin menyelaminya atau berada di atasnya dan mengeksplor setiap sudut yang ada. Jika demikian, jangan khawatir karena nelayan yang tinggal di sekitar sana menyediakan penyewaan untuk perahu motornya.

Mengarungi danau, menikmati sekitarnya dan berlabuh di pulau yang berada di tengahnya. Itulah hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan perahu motor. Harga yang ditawarkan juga termasuk murah jika dibandingkan dengan pengalaman yang diberikan.

5. Berendam di Air Panas Pulau Marisa

Sudah tahukan kalau di Danau Ranau terdapat sebuah pulau yang menjadi satu ikon ternamanya yaitu Pulau Marisa. Keberadaannya menambah satu keunikan yang menjadi daya tarik utama untuk memikat pengunjung datang berkunjung. Lebih mengejutkan lagi di tempat yang notabene adalah sebuah perbukitan dan cenderung sejuk, terdapat sebuah sumber air panas di dalamnya.

Hal ini terjadi karena proses pembentukannya yang alami oleh letusan vulkanik gunung berapi. Memanfaatkan keadaan alam yang ada, Anda kemudian bisa menghabiskan waktu di sana dengan berendam di sumber air panas di Pulau Marisa. Jangan khawatir soal keamanannya, karena warga sekitar sudah biasa menggunakannya, begitupun wisatawan yang lain.

6. Wisata Kulineran

Berwisata dengan perut kosong tentu akan sangat tidak nyaman. Bagaimana bisa Anda menikmati kegiatan dan membuat momen yang bagus jika badan tidak terisi tenaga, tentu itu akan sangat menyulitkan. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba kuliner hasil laut yang ada di sekitar lokasi. Terutama bagi Anda pecinta makanan laut, ini bisa menjadi surganya olahan seafood.

Anda bisa menikmati ikan bakar, dan juga berbagai macam bentuk olahan lainnya. Tentu rasa dan kesan yang ditawarkan akan berbeda dibandingkan ketika menyantapnya di restoran dengan kursi dan juga pemandangan gedung. Untuk menikmati semuanya, jangan lupa sediakan budget lebih agar tidak bingung saat uang sudah menipis, karena letak mesin ATM tentunya akan sangat jauh.

7. Menghadiri Festival Danau Ranau

Informasi penting bagi Anda bahwa setiap tahun di sana akan diselenggarakan sebuah festival Danau Ranau atas kolaborasi warga dan juga pemerintah. Akan banyak sekali pertunjukan dan pameran kreasi karya seni asli daerah. Bahkan tidak ketinggalan juga terdapat sebuah pentas seni yang menampilkan keragaman budaya masyarakat sekitar.

Berbagai macam ikon daerah dalam bentuk syair lagu ataupun tarian disajikan dengan apik. Informasi terkait pariwisata juga turut di hadirkan. Jika tidak ingin ketinggalan, Anda bisa memantaunya dari pengumuman resmi yang ada di portal pemerintah terkait.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Danau Ranau

Fasilitas di Danau Ranau
Image Credit: Google Maps (Yody Saputra)

Terkait dengan fasilitas umum yang ada terus mengalami pengembangan oleh pihak pengelola yaitu pemerintah dan warga sekitar. Pembangunan sarana prasarana tambahan merupakan bentuk respon terkait semakin banyaknya antusias kunjungan setiap harinya. Berbagai wahana dan juga fasilitas umum sudah tersedia seperti toilet dan sejenisnya.

Demikian beberapa ulasan terkait daya tarik dan segala hal diperlukan untuk melakukan kunjungan ke Danau Ranau. Jika Anda ingin merasakannya secara nyata, datang langsung ke lokasi adalah solusi. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan dan juga segala kebutuhan yang dibutuhkan terutama bagi Anda yang berasal dari luar daerah.