Sumatra Selatan

12 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Menawarkan keindahan alam dan berbagai destinasi wisata, Provinsi Sumatera Selatan menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Selain ada Ogan Komering Ilir, juga ada Ogan Komering Ulu yang mampu menarik wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan sampai mancanegara.

Dari berbagai karunia alam yang menawan, pengolahan manajemen pariwisata dilakukan dengan baik sehingga membuat OKU sebagai salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Berikut ulasan 12 tempat wisata di Ogan Komering Ulu yang patut Anda kunjungi.

1. Batu Berputar

Batu Berputar

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Kawasan wisata yang sarat akan cerita nenek moyang ini menjadi tujuan wisata yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke desa Batu Raja Buangin di Kecamatan Bunga Mayang. Konon ada batu yang dijatuhkan dari langit dan bisa memancarkan cahaya sangat terang, bahkan jika ada batu yang arahnya berlawanan, maka batu tersebut dapat mengeluarkan api yang cahayanya sangat terang.

Wisatawan dari berbagai daerah sudah mengunjungi batu putar karena keunikan dan cerita legenda yang membuat banyak orang penasaran.

Lokasi: Desa Batu Raja Buangin, Kec. Bunga Mayang, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

2. Air Terjun Villa Masin

Air Terjun Villa Masin

Image Credit: Tribunnews.com

Air terjun yang ada di desa Mendah Kecamatan Jayapura ini tingginya kurang dari 10 meter namun memiliki daya tarik yang sangat kuat. Pasalnya air yang jatuh Nampak begitu indah dan sangat segar bak guyuran shower dari pancuran alami.

Memang perlu usaha untuk menuju air terjun Villa Masin karena pengunjung harus berjalan kaki dari sebuah desa dengan jalanan yang cukup terjal. Namun jangan khawatir karena selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat asri dan udara segar.

Lokasi: Desa Mendah, Kec. Jayapura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

3. Bendungan Perjaya

Bendungan Perjaya

Image Credit: Wisatasia.com

Sebagai salah satu kabupaten yang cukup maju di Provinsi Sumatera Selatan, OKU sangat terkenal dengan sector pertaniannya yang berkembang pesat. Hal ini disebabkan oleh dukungan bendungan perjaya yang menjadi tempat penampungan air untuk mengaliri sungai-sungai di kawasan ini, sehingga tidak ada sawah yang mengalami kekeringan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tidak hanya sangat berguna untuk membantu system pengairan di kawasan OKU, namun juga mampu menyedot perhatian wisatawan dengan adanya fasilitas untuk berekreasi. Pengunjung bisa bersantai di tepi bendungan sambil menikmati sejuknya alam sekitar bendungan jaya. Bagi Anda yang suka memancing, juga bisa melakoni hobi Anda di tempat wisata ini.

Lokasi: Perjaya, Martapura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

4. Bukit Batu

Bukit Batu

Image Credit: Tribunnews.com

Di desa Mendah Kecamatan Jayapura juga menyajikan wisata berendam air panas sambil menikmati pemandangan indah. Pepohonan yang hijau mampu memanjakan mata sambil memendamkan diri ke air panas. Untuk mencapai bukit batu untuk berendam, Anda harus melewati jalan setapak yang cukup curam, namun justru hal tersebut jadi tantangan tersendiri untuk menantang adrenalin pengunjung.

Pengunjung harus melewati perbukitan dan menyusuri sungai kecil di kawasan bukit batu. Uniknya, dikawasan ini juga terdapat sumber air asin yang rasanya persis seperti air laut. Pengunjung yang memiliki jiwa petualang akan sangat tertantang untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Lokasi: Desa Mendah, Kec. Jayapura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

5. Jembatan Gantung Campang

Jembatan Gantung Campang

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Selfi adalah aktifitas yang tidak bisa dilepaskan bagi anak muda jaman sekarang. Salah satu tempat yang tepat untuk berselfi ria adalah jembatan gantung Campang tepatnya di desa Campang Tiga Kecamatan Cempaka.

Bagi pengujung yang memiliki hobi fotografi juga wajib datang ke jembatan Gantung Campang karena bisa mendapat spot cantik di tempat ini. Bahkan tidak perlu menggunakan model untuk mempercantik tampilan hasil foto, keindahan alam dari Jembatan Gantung Campang ini sudah menjadi objek foto yang sangat indah.

Lokasi: Desa Campang Tiga, Kec. Cempaka, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

6. Water Boom Kartika

Water Boom Kartika

Image Credit: Okutimurnews.id

Selain wisata alami, di Kabupaten OKU juga terdapat wisata buatan yang jangan sampai terlewatkan, yakni water boom kartika. Wahana wisata air ini terdri dari wisata anak yang dilengkapi dengan perosotan untuk anak-anak. Juga ada kolam dewasa yang bisa digunakan untuk berenang.

Tersedia juga fasilitas air lainnya khas tempat wisata water boom, seperti guyuran tong besar dan papan seluncur panjang. Tempat ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga di waktu libur maupun akhir pecan.

Lokasi: BK.9, Kec. Belitang, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

7. Bukit Mencar

Bukit Mencar

Image Credit: Kimokutimur.wordpress.com

Bukit Mencar merupakan salah satu tempat wisata alami yang mampu mengalirkan sumber langsung dari bukit, maka tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang sering berkunjung ke bukit mencar.

Airnya sangat segar dan hawanya sejuk, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin terlepas sejenak dari rutinitas yang membosankan. Jika pengunjung ingin menikmati kesejukan air yang langsung dipancarkan dari sumber alami langsung saja menuju ke Dusun Bukit Batu Desa Medah Kecamatan Jayapura.

Lokasi: Dusun VI Bukit Batu Desa Mendah, Kec.Jayapura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

8. Makam Pangeran Peranpati

Makam Pangeran Peranpati

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Makam pangeran Peranpati menjadi tempat wisata yang dianggap keramat bagi masyarakat Kabupaten OKU. Hal ini disebabkan karena Pangeran Peranpati dianggap sebagai seorang yang memiliki kesaktian tak terkalahkan. Berada di Desa Muncak Kabau Kecamatan BP Bangsa Raja, tempat wisata ini memiliki keunikan karena terdapat batu yang terbuat dari dodol di areal pemakaman Pangeran Peranpati.

Lokasi: Desa Muncak Kabau, Kec. BP Bangsa Raja, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

9. Makam Ratu Bagus Baginda Ali

Makam Ratu Bagus Baginda Ali

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Ratu Bagus baginda Ali merupakan putra mahkota Lampun Way Kanan yang membuka peradapan di desa Tanjung Raya pada sekitar tahun 1800. Makam Ratu Bagus Baginda Ali menjadi destinasi wisata religi yang cukup terkenal dan banyak pengunjung. Apalagi tempat makam Ratu Bagus baginda Ali adalah desa tertua yang ada di Kabupaten Oku, yakni desa Tanjung Raya.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Palembang yang Paling Hits

Lokasi: Desa Tanjung Raya, Kec. Belitang, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

10. Prasasti Tapak Tuan Rizal

Prasasti Tapak Tuan Rizal

Image Credit: Okutimurnews.id

Prasasti Tapak Tuan Rizal merupakan tempat wisata sejarah dan budaya yang harus dijaga kelestariannya. Cerita rakyat yang mengisahkan tentang perjalanan Tuan Rizal ke Desa Brunei Mulia Kecamatan Semendawai Timur. Jika Anda ingin mendengar kisah lengkap dari sejarah Tuan Rizal ada baiknya jika bertanya pada juru kunci yang ada disana untuk menjaga tempat tersebut.

Selain itu, di tempat ini Anda juga akan merasakan ketenangan karena hawanya sangat sejuk dan dingin karena banyak pepohonan rindang. Sebagai salah satu cagar budaya, tempat ini menyimpan banyak cerita legenda yang sangat menarik.

Lokasi: Desa Brunei, Kec. Semendawai Timur, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

11. Tugu Kota Terpadu Mandiri Belitang

Tugu Kota Terpadu Mandiri Belitang

Image Credit: Mahadayaonline.com

Menjadi salah satu tempat berselfi terbaik, tempat ini sangat ikonik. Bagi masyarakat OKU, melewati tempat ini menjadi hal yang sering dilakukan, namun bagi wisatawan tentu menjadi hal yang menyenangkan terlebih bisa mengabadikan momen di tugu kota Tepadu Mandiri Belitang ini. Sambil menikmati senja dan indahnya alam sore Belitang, para pengunjung bisa merasakan atmosfir berbeda dan menarik dari tempat ini.

Lokasi: Jl. Raya Gumawang, Gumawang, Kec. Belitang, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

12. Sungai Komering

Sungai Komering

Image Credit: Globalplanet.news

Sama dengan wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang dilalui beberapa sungai, Kabupaten Ogan Komering Ulu juga demikian. Menikmati keindahan senja sungai komering sambil menaiki perahu motor maupun kayu, rasanya sangat damai lengkap dengan keindahan matahari terbenam. Wisatawan bisa menyewa perahu dari nelayan yang ada di sekitar sungai komering.

Selain itu, tentunya para pengunjung bisa memancing di sungai komering, baik di atas perahu maupun dari tepi sungai. Di malam hari, gemerlap lampu dari kabupaten Ogan Komering Ulu juga akan menambah ketenangan hati jika disusuri dari sungai komering.

Lokasi: Sungai Komering, Kab. Ogan Komering Ilir.

Itulah 12 rekomendasi tempat wisata di Ogan Komering Ulu yang menarik dan wajib Anda kunjungi pada liburan selanjutnya. Semoga bermanfaat!