Kampung Keling Madras, Pesona Little India di Tengah Kota Medan

Kampung Keling Madras, Pesona Little India di Tengah Kota Medan
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kampung Keling dari namanya yang unik ini siapa sangka bahwa kampung ini merupakan salah satu kawasan yang lokasinya ada di Kota Medan. Luas kampung ini kurang lebih 10 hektar, yang membuatnya unik selain dari segi nama adalah karena mayoritas penduduk di kampung ini merupakan keturunan orang India yang sudah lama tinggal di Indonesia.

Nama Kampung Keling juga dikenal dengan sebutan little india atau Kampung Madras. Selain sebagai sebuah perkampungan penduduk, kampung cantik ini juga dijadikan sebagai tempat wisata oleh pemerintah. Di Kampung India ini wisatawan akan melihat pemandangan unik dimana banyak warga kampung yang wanita yang mengenakan kain sari.

Kain sari dan sorban menjadi pakaian harian warga kampung indah ini. Penasaran dengan keunikan serta keindahan kampung eksotis ini? Berikut ulasannya mengenai daya tarik, alamat & rute untuk bisa sampai ke kampung wisata, harga tiket masuk, fasilitas serta kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama berada di Kampung India ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Keling

Daya Tarik Kampung Keling Madras Medan
Image Credit: Google Maps Susanto fx

1. Sejarah keberadaanya

Kampung Keling pada mulanya dikenal dengan sebutan Patisah, seiring dengan berjalannya waktu terjadi perubahan nama menjadi Kampung Madras sebagai wujud cari cerminan bahwa kampung tersebut adalah tanah tempat tinggal keturunan Bangsa India. Namun seiring banyak yang lebih mengenal nama kampung sebagai Kampung Keling.

2. Bangunan Bercorak Khas India

Kawasan kampung India ini memiliki banyak destinasi wisata dengan corak india yang kental. Nuansa Bollywood akan begitu terasa di tempat ini. Untuk wisatawan yang ingin merasakan liburan ke India namun belum bisa pergi ke negara itu, bisa mencoba sensasi berlibur di kampung ini terlebih dahulu.

3. Kuil Hindu Tertua di Medan

Kampung cantik ini juga punya sebuah kuil Hindu yang paling tua di Kota Medan, namanya kuil Shri Mariamman yang dibangun pada tahun 1884 dengan puluhan patung di dalamnya dan ada juga Kuil Subramaniem. Kuil hindu ini dipakai warga setempat untuk melakukan kegiatan ibadah.

4. Vihara Terbesar di Medan

Selain punya kuil Hindu paling tua di Medan, di Kampung wisata ini juga punya tempat vihara terbesar di Kota Medan. Namanya Vihara Gunung Timur. Mayoritas orang Tamil yang tinggal di Kampung India ini beragama hindu jadi wisatawan akan banyak menemukan tempat ibadah seperti kulit dan vihara.

5. Bangunan Masjid Ghaudiyah

Mayoritas beragama hindu namun ada juga yang beragama islam. Jadi tidak heran bila di Kampung hits ini juga ada bangunan masjid yang bernama Masjid Ghaudiyah, desain arsitektur masjid ini begitu kental dengan nuansa India. Ketika berkunjung ke Kampung India ini wisatawan akan lupa jika mereka ada di Medan.

Daya Tarik Dimiliki Kampung Keling Madras Medan
Image Credit: Google Maps Darren Choe

6. Berbagai Kuliner Khas

Tidak hanya bangunan bercorak India yang bisa dengan mudah dijumpai, di Kampung Keling Madras juga banyak kuliner khas India yang bisa dicoba. Makanan khas yang ada diantaranya martabak, kuah kari, nasi briyani, kerang rebus sampai roti canai. Makanan khas yang jadi favorit adalah martabak telur khas disiram dengan kuah kari kental.

7. Perayaan Diwali

Kampung keren ini juga membuat acara perayaan seperti perayaan yang ada di India atau perayaan keagamaan hindu pada umumnya. Jenis perayaan yang paling terkenal adalah perayaan Diwali. Perayaan ini digelar selama 5 hari berturut-turut. Momen ini berlangsung pada bulan Oktober-November.

8. Masyarakat Hidup Rukun Berdampingan

Medan terkenal dengan beragam etnis yang hidup rukun berdampingan disana. Suku Melayu, Jawa, Cina, Batak, Tamil, dan etnis lainnya hidup rukun jadi satu. Keharmonisan masyarakat Medan ini bisa terlihat juga di kehidupan masyarakat Kampung Keling dimana umat beragama Hindu dan Islam bisa berdampingan.

9. Sari dan Sorban Dipakai Setiap Hari

Di kampung india ini masyarakat dalam menjalankan kesehariannya juga menganut kebiasaan asli orang India. Para wanita menggunakan kain sari dan pria memakai sorban khas India. Pakaian harian mereka ini digunakan hampir di semua kegiatan yang dilakukan. Hal ini jelas merupakan daya tarik tersendiri bagi kampung wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Keling Madras Medan
Image Credit: Google Maps Me Time Tube

Kampung Keling Madras berada di Provinsi Sumatera Utara tepatnya di Kota Medan. Gapura bertuliskan “Welcome to little India” Berada di Jl. Zainul Arifin. Tepatnya antara kecamatan Medan Petisah dan Medan Polonia. Kawasan dengan luas 10 hektar ini bisa diakses menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Rute menuju lokasi via Bandara Kuala Namu, wisatawan perlu melakukan perjalanan dengan kendaraan motor melewati jalan Jl. Tol Medan – Jl. Tol Belmera menuju Jl. Pangeran Diponegoro sesampainya di Jl. Zainul Arifin bisa mencari letak gapura selamat datang untuk bisa sampai ke Kampung indah ini.

Sedangkan rute dari pusat Kota Medan wisatawan bisa mengikuti Jalan Guru Patimpus ke arah Jl. Gatot Subroto, kemudian dilakukan ke arah Jl. Kapten Maulana Lubis menuju Jl. Imam Bonjol, sesampai di Jl. Cut Nyak Dien lalu ke arah jalan Jl. Pangeran Diponegoro untuk bisa sampai ke little india.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Kampung Keling Madras Medan
Image Credit: Facebook Alkadry Darmawan (AL)

Harga tiket masuk wisata ini Gratis wisatawan tidak akan dikenakan biaya retribusi untuk bisa memasuki kawasan kampung wisata ini. Sejumlah fasilitas pun bisa dimanfaatkan.

Wisatawan hanya perlu membayar biaya untuk parkir yang besarnya Rp 2.000,- untuk roda dua dan Rp 5.000,- untuk roda empat. Biaya parkir ini bisa saja berbeda sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Karena biasanya pada saat ada event perayaan akan banyak wisatawan yang datang.

Jam buka kampung wisata ini setiap hari dan selama 24 jam non stop. Wisatawan bisa datang di jam jam pagi, siang, sore dan malam untuk mendapat sensasi berlibur sembari melihat aktivitas penduduk yang menyenangkan.

Jika ingin menyaksikan berbagai perayaan tradisi india pengunjung bisa datang di waktu-waktu khusus. Pantai tanggal pasti perayaannya supaya ketika datang tidak kecewa. Pada saat perayaan akan semakin banyak kemeriahan yang dirasakan di kampung little india ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Keling

Aktivitas Kampung Keling Madras Medan
Image Credit: Twitter India In Medan

1. Jalan-Jalan

Kegiatan jalan-jalan jadi agenda wajib dilakukan ketika berkunjung ke suatu perkampungan unik little india ini. Pasalnya indra penglihatan kita akan seolah-olah dimanjakan dengan keindahan tradisi india yang ada. Mulai dari bangunannya, pakaian penduduk, toko-toko, sampai kedai warung yang ada.

2. Hunting Foto

Selain jalan-jalan santai kegiatan yang mesti dilakukan selanjutnya adalah berfoto. Abadikan beragam keunikan dari kampung india yang ada dalam balutan bingkai film foto. Tidak hanya sebagai kenang-kenangan foto ini juga bisa juga dipakai untuk meningkatkan eksistensi Anda di sosial media.

3. Wisata Kuliner

Makanan yang dijual di Kampung Keling ini berbeda dengan makanan yang biasa kita temui di tempat wisata lain. Hampir semua makanan yang disajikan merupakan makanan khas India seperti roti canai, nasi briyani, kari, martabak telur dan lainnya. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan kuliner ala India ini ketika berkunjung.

Aktivitas Seru Kampung Keling Madras Medan
Image Credit: Google Maps BALA MURUGAN Sinnathamby

4. Menghadiri Perayaan Diwali

Untuk bisa merasakan keseruan perayaan diwali wisata sebaiknya datang di bulan Oktober atau November atau pada saat hari diwali. Akan ada perayaan besar dan meriah yang bisa disaksikan. Banyak ornamen lampu dan lilin yang dipasang sebagai simbol kebaikan menang atas keburukan.

5. Menginap Merasakan Menjadi Orang India

Penginapan juga tersedia di Kampung Keling Madras ini. Wisatawan bisa memilih berbagai fasilitas penginapan yang telah disediakan, tentunya nuansa india khas siap menyambut wisatawan yang menginap. Sensasi berlibur di India akan menjadi pengalaman unik tentunya.

6. Beribadah

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan adalah beribadah. Untuk umat hindu berwisata ke kampung ini sekaligus menjadi wisata religi untuk bisa melakukan ibadah di kulit dan vihara tertua di Kota Medan. Bagi umat islam juga bisa beribadah di Masjid dengan arsitektur india yang kental ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kampung Keling Madras Medan
Image Credit: Google Maps vanca florist medan

Kampung wisata Keling ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat langsung keberadaan orang India di Indonesia. Sejumlah fasilitas telah disediakan oleh pihak pengelola untuk menambah kenyamanan wisatawan diantaranya lahan parkir, tempat makan, tempat ibadah, toilet umum dan penginapan.

Fasilitas lahan parkir tersedia cukup luas di area perkampungan ini ada penjaganya juga sehingga wisatawan bisa tenang meninggalkan kendaraannya. Area ibadah untuk umat hindu dan islam bisa dengan mudah ditemui karena lokasinya bersebelahan. Selain itu fasilitas yang tidak kalah penting adalah tempat kuliner.

Tempat kuliner di kampung unik ini sudah dikelola dengan baik, banyak menu makanan khas India yang bisa wisatawan cicipi. Selain rasanya enak harganya pun masih sangat terjangkau. Salah satu rekomendasi makanan untuk dicoba adalah martabak telur khas yang rasanya enak dibuat langsung oleh orang asli india.

Demikian ulasan tentang Kampung Keling Madras little india yang ada di Kota Medan. Tempat wisata ini bisa dijadikan salah satu rekomendasi ketika sedang berlibur ke Medan dan ingin merasakan liburan ala di Negeri India. Sebaiknya pengujung datang siang, sore dan malam hari.