Kebun Binatang Kasang Kulim, Wisata Edukasi Favorit Liburan Keluarga di Kampar

Kebun Binatang Kasang Kulim, Wisata Edukasi Favorit Liburan Keluarga di Kampar
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

Liburan dapat menjadi ajang bagi sebagian keluarga untuk menyempatkan diri berkunjung di destinasi-destinasi wisata yang patut di lihat. Beragam macam destinasi wisata tentu kadang membuat bingung, anda dapat memilih destinasi yang juga sebagai ajang edukasi bagi keluarga.

Salah satu destinasi edukasi tersebut adalah kebun binatang. Di Kampar, Provinsi Riau terdapat satu-satunya kebun binatang yang sangat luas disertai satwa-satwa yang menarik untuk diajak berinteraksi. Kebun ini bernama Kebun Binatang Kasang Kulim, memiliki luas yang membentang.

Asal muasal penamaan kebun binatang adalah dari kata Kulim, didaerah setempat dulunya tersedia banyak pohon kulim. Kebun binatang satu ini memiliki banyak sekali satwa-satwa dari berbagai kategori mamalia, repril, karnivora maupun aves. Berikut ada beberapa ulasan menarik kenapa kebun binatang ini wajib untuk dikunjungi!

Daya Tarik Kebun Binatang Kasang Kulim

Daya Tarik Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Gerald Rian Pratama

1. Pemandangan Kebun Binatang

Kebun Binatang Kasang Kulim memiliki luas sekitar 10 hektar dengan memiliki berbagai macam satwa-satwa yang menarik. Kebun ini memiliki pemandangan yang menarik, tersedia pepohonan-pepohonan yang menghijau alami seakan berada di alam liar. Setiap satwa terdapat di dalam kurungan yang khusus.

Selain itu, pemandangan pondok-pondok juga mewarnai tempat ini, tersedia beberapa pondok seperti saung khusus pengunjung bersantai. Anda juga dapat membeli makanan di foodcourt yang tersedia di dekat pondok. Pemandangan menarik juga terlihat beberapa kolam seperti kolam renang dan kolam khusus untuk mancing.

2. Bergama Jenis Satwa

Daya tarik utama adalah terdapat banyak jenis satwa di kebun ini yang terus akan bertambah. Beberapa satwa tersebut dibagi menjadi kategori reptil, aves, karnivora dan mamalia. Diantaranya seperti beruang, singa, kuda nil, ular, landak, kuda, gajah, bangau, Orang utan, buaya, musang besar, kura-kura dan masih banyak satwa lainnya.

Pengunjung dapat berinteraksi dengan salah satu satwa seperti gajah, disediakan tempat khusus untuk menunggangi gajah dengan dipandu oleh petugas profesional yang mendampingi.

3. Panggung Hiburan

Di kawasan kebun juga tersedia panggung khusus hiburan. Biasanya setiap hari selalu ada beberapa yang menyanyi di atas panggung. Pengunjung juga diperbolehkan untuk bernyanyi karena panggung ini memang khusus hiburan untuk semua pengunjung. Terdapat juga beberapa penyanyi lokal ataupun band lokal yang mengisi panggung ini.

Di sekitar panggung hiburan, terdapat beberapa lapangan luas yang biasanya dijadikan sebagai tempat piknik. Pengunjung dapat berpiknik di lapangan sambil menikmati hiburan dan pemandangan kebun yang menghijau di sepanjang area piknik.

4. Wahana Menarik

Selain menyaksikan dan berinteraksi dengan para satwa, Kebun Binatang Kasang Mulim menyediakan wahana-wahana permainan menarik yang dapat dilakukan, seperti wahana memancing di kolam, berenang khusus anak-anak, beberapa ayunan, menaiki papan seluncur serta melakukan kegiatan outbond.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Hizred Ar-Rohuly

Objek wisata kebun binatang yang menarik ini berada di Jalan Kubang jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Kota Riau. Lokasi Kebun Binatang Kasang Kulim sangat strategis dari pusat kota.

Waktu perjalanan menuju ke lokasi wisata dari pusat kota Pekanbaru hanya menempuh waktu 30 menit di perjalanan. Rute perjalanannya yaitu dari Bandara International Sultan Syarif Kasim II pengunjung dapat melewati perjalanan ke Jalan Kaharuddin Nasution.

Teruskan perjalanan sampai ke perbatasan Pekanbaru dan Kampar dengan memilih Jalan Kubang Raya. Setelah itu lanjutkan saja perjalanan lurus sampai bertemu di pertigaan jalan, sampai di pertigaan, anda dapat memilih Jalur dengan belok kanan menuju ke Sekolah SMU. Saat sampai anda dapat menuju Jalan H. Usman.

Dari Jalan H. Usman, pengunjung dapat mengikut perjalanan selama kurang lebih 5 menit jika tidak macet sampai tiba di lokasi Kebun Binatang Kasang Kulim. Sebenarnya perjalanan ini sangat strategis dengan jalanan yang baik beraspal dan mulus memudahkan berkendara ke lokasi.

Namun sayangnya belum terdapat akses kendaraan umum yang menuju ke rute lokasi Kebun Binatang Kasang Kulim, oleh karena itu pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor dalam perjalanan.

Sebelum berpergian, sebaiknya anda telah sarapan dan membawa perlengkapan-perlengkapan liburan yang memadai. Disarankan juga untuk tetap menggunakan aplikasi google maps agar perjalanan sebagai pemandu perjalanan sehingga mengurangi kebingungan.

Karena kondisi pandemic covid yang masih merajalela di Indonesia khususnya di Kota Riau, anda juga disarankan untuk tetap menjaga jarak selama di lokasi wisata serta tetap patuh pada protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Kasang Kulim

Tiket Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Bayu Satria Mandala

Untuk dapat menikmati keindahan Kebun Binatang Kasang Kulim pengunjung hanya membayar retribusi tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak dibanderol harga tiket sebesar Rp 10.000 per anak. Untuk biaya lainnya juga dibebankan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

Parkir kendaraan mobil dengan biaya sebesar Rp 10.000 per unit, sedangkan untuk parkir kendaraan motor dengan biaya sebesar Rp 5.000 per unit. Area tempat parkir sangat luas disertai juga beberapa penjagaan yang ketat.

Adapun untuk waktu operasionalnya, Kebun Binatang ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu pada pukul 08.00 WIB pagi sampai dengan pukul 17.00 WIB sore hari. Selain itu ada beberapa aktivitas yang berbayar di kebun, seperti berenang, bermain papan seluncur, memancing dan lain-lain dibayar dengan harga Rp 10.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kasang Kulim Zoo

Aktivitas Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Hotlan Aja

1. Mengelilingi Kebun Binatang

Kegiatan menarik yang wajib dilakukan adalah mengelilingi kebun binatang sambil berinteraksi langsung dengan beberapa satwa. Ada beberapa macam koleksi satwa yang tersedia di kebun ini seperti monyet, singa, orang utan, tapir asia, landak, burung kasuari, beruang, ular, kuda nil, buaya dan masih banyak satwa lainnya.

2. Bermain Papan Seluncur

Uniknya, walaupun kebun binatang, kegiatan pengunjung tidak hanya bertemu binatang tetapi juga bisa bermain. Tersedia papan seluncur yang dapat digunakan khusus untuk semua wisatawan. Bermain bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan, terlebih dengan bermain dapat melepas lelah dari aktivitas kerja.

3. Berenang

Kebun Binatang Kasang Kulim juga menyediakan kolam renang khusus untuk anak-anak. Pengunjung yang datang bersama anak dapat berenang di kolam ini. Bermain bersama dengan menikmati dinginnya air kolam. Kolam ini memiliki air yang berwarna biru jernih dan bersih.

4. Piknik

Khusus yang datang bersama rombongan seperti keluarga, anda dapat piknik di sekitar kebun binatang. Spot pemandangan kebun ini sangat menarik dengan hamparan pepohonan yang menghijau. Banyak pengunjung datang untuk berpiknik dipinggir-pinggir jalan ataupun di lapangan rerumputan yang luas.

Image Credit:

5. Outbond

Kebun Binatang Kasang Kulim juga menyediakan beberapa wahana khas outbond yang dapat dimainkan oleh semua wisatawan. Anda dapat bermain outbond dengan rombongan, merasakan sensasi bermain ditemani dengan satwa-satwa kebun yang menarik.

6. Memancing

Bagi yang gemar mencari ikan dapat melakukan kegiatan ini. Kebun binatang menyediakan kolam khusus bagi yang ingin memancing. Ikan-ikan di kolam pun bermacam-macam ada mujair, ikan lele dan masih banyak ikan lainnya yang menarik untuk di lakukan.

Sayangnya, anda harus bersabar duduk di atas kolam memancing sambil memandangi alat pancing. Di sekitar tempat menyediakan beberapa alat pancing sewaan tetapi lebih menariknya lagi jika membawa alat pancing dari rumah bukan?

7. Menaiki Gajah

Bagi yang ingin berinteraksi khusus dengan satwa satu ini hanya dapat dilakukan di kebun binatang karena satwa ini tidak tersedia di daerah tempat tinggal. pengunjung dapat merasakan sensasi di atas gajah sambil berjalan-jalan bersama gajah. Di sekitar area juga terdapat pemandu khusus gajah yang profesional mendampingi anda.

8. Mengayuh Bebek Kayuh

Kebun yang indah ini juga menyediakan beberapa perahu bebek yang dikhususkan untuk pengunjung. Anda dapat menikmati mengapung di permukaan air dengan perahu ini sambi mengayuhnya. Sambil berkayuh juga dapat merasakan pemandangan alami kebun dengan pepohonan rindang yang rimbun.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Kebun Binatang

Fasilitas Kebun Binatang Kasang KulimFasilitas Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Edi Sutoto

Berkunjung ke Kebun Binatang Kasang Kulim tentu tidak akan rugi karena selain menampilkan koleksi satwa-satwa unik dengan pemandangan yang menarik, kebun ini juga memiliki fasilitas-fasilitas yang cukup memadai diperuntukkan untuk semua wisatawan.

Beberapa diantaranya, kebun ini memiliki beberapa pondok-pondok yang tersedia tersebar di sepanjang kawasan kebun. Pondok ini dapat menjadi tempat istirahat dan tempat pengunjung untuk bersantai sambil menikmati keindahan kebun binatang, selain itu juga dapat dijadikan sarana tempat menyantap makanan.

Selain pondok, tersedia juga beberapa toilet yang bersih bagi pria dan wanita. Sebelum memasuki kebun terdapat area parkir kendaraan yang luas dijaga ketat oleh petugas. Selain itu tersedia juga Musholla untuk pengunjung muslim yang menjalankan kewajibannya serta terdapat foodcourt yang menyajikan beberapa makan dan minum.

Kebun Binatang Kasang Kulim adalah satu-satunya kebun binatang yang ada di Kampar, Riau. Sebagai objek wisata edukasi, kebun ini memiliki pesona yang layak untuk dikunjungi. Pengunjung dapat berinteraksi dengan satwa sekaligus dapat menikmati wahana permainan yang menarik. Karena itu objek wisata ini wajib untuk dikunjungi!