Wisata Sungai Hijau, Destinasi Wisata Alam yang Memesona di Kampar

Wisata Sungai Hijau, Destinasi Wisata Alam yang Memesona di Kampar
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangkinang, Kec. Salo, Kab. Kampar, Riau.

Wisata Sungai Hijau menjadi destinasi yang menarik untuk di kunjungi di Kampar, Riau. Berbeda dari sungai kebanyakan, destinasi ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Pengunjung akan di manjakan dengan pemandangan berupa pepohonan, bebatuan kecil serta deretan tempat istirahat yang tersedia. Jadi wisatawan dijamin akan betah selagi berkunjung.

Sungai Hijau sudah lama dikenal menjadi tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi. Anda akan di buat tidak bosan dengan nampak pemandangan alam yang ditawarkan. Apalagi di sekitar destinasi masih terjaga dengan baik keasriannya sehingga menimbulkan efek sejuk bikin betah. Beberapa pengunjung memilih datang bersama rekan atau keluarga untuk piknik seru.

Wisata alam berupa sungai menjadi pengalaman lain yang tidak biasa. Air yang jernih jelas menawarkan kesegaran. Beberapa fasilitas pun tersedia sehingga menunjang kegiatan wisatawan yang datang. Tidak bosan-bosannya wisatawan akan merasakan kesejukan di sekitar destinasi. Maka dari itu destinasi sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan.

Daya Tarik Dimiliki Wisata Sungai Hijau

Daya Tarik Sungai Hijau Kampar
Image Credit: Google Maps Muhammad Syukran

1. Memiliki 4 Tingkatan

Wisata Sungai Hijau menawarkan pesona yang menarik. Apalagi pengunjung tidak hanya di buat betah dengan satu sungai saja. Melainkan ada empat tingkatan sungai yang dapat di eksplor. Meski begitu tiap tingkatan memiliki kedalaman yang berbeda. Beberapa bahkan dikenal dangkal sehingga kurang cocok untuk aktivitas seperti berenang.

Memiliki berbagai macam tingkatan menjadi kelebihan utama sungai cantik ini. Pengunjung pun dapat lebih menyesuaikan tempat mana yang cocok untuk di pilih bermain. Setiap kedalaman berbeda menjadikan wisatawan bebas memilih. Demikian juga dengan pemandangan sekitar yang indah dengan kejernihan air disertai pepohonan rindang di sekitar.

2. Arti Penamaan yang Menarik

Penamaan Sungai Hijau menjadi daya tarik tersendiri. Namun, perlu diketahui bahwa nama tersebut bukan berarti air sungai berwarna hijau. Ada faktor lain dari penamaannya. Penamaan sungai ini di ambil mengingat pemandangan sekitar yang masih hijau. Pepohonan di sekitar masih tumbuh alami sehingga suasana hijau begitu terasa menyegarkan.

Nampak sungai itu sendiri sangat jernih. Hingga terlihat bebatuan kecil di kedalaman sungai. Apa yang menarik adalah tumbuhnya lumut hijau yang hinggap di bebatuan. Hal demikian membuat warna hijau seakan terlihat dari air. Tidak salah konsep hijau begitu terlihat bila Anda mendatangi destinasi ini. Pengunjung di jamin betah menikmati setiap momen yang ditawarkan destinasi.

3. Wisata Alam Cocok untuk Refreshing

Kesibukan di tengah padatnya pekerjaan jelas membuat siapa pun merasa pusing. Apalagi aktivitas terus berulang sehingga kepenatan begitu terasa. Mengatasi hal itu paling cocok untuk Anda berlibur. Nah sungai hijau menjadi destinasi paling tepat berkat tawaran kesejukan yang ada. Rasa penat akan hilang dengan menikmati pemandangan serta kesejukan alamnya.

Destinasi menarik ini memang paling cocok untuk menghilangkan penat. Melihat air sejuk mengalir jelas memberikan ketenangan tersendiri. Terlebih masih banyak pepohonan sekitar tumbuh rindang sehingga menyebabkan kesegaran alami begitu terasa. Duduk atau menggelar tikar di sekitar destinasi akan terasa seru untuk dilakukan apalagi jika datang bersama rekan atau keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sungai Hijau Kampar
Image Credit: Google Maps Google

Tidak semua destinasi Indah sulit untuk dijangkau. Sebab beberapa menawarkan keindahan alami yang bikin betah akan tetapi dalam akses mudah di tempuh. Misalnya Wisata Sungai Hijau yang mana berada di tempat yang strategis. Destinasi ini berada di Desa Sawo Kecil yang mana masuk ke dalam Kecamatan Sawo, Kabupaten Kampar dengan provinsi Riau. Jarak wisata alam dari pusat kota hanya 20 menit perjalanan.

Jarak demikian jelas terasa dekat apalagi bila tidak terjadi kemacetan yang terjadi. Pengunjung dapat mengakses baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun memanfaatkan alat transportasi yang ada. Manfaatkan juga Google Maps sebagai pembantu dalam menunjuk jalan. Meski beberapa penunjuk jalan tersedia untuk menuju lokasi.

Jika pun masih bingung, Anda dapat menanyakan ke warga sekitar. Jalur menuju destinasi ada beberapa macam. Namun, paling strategis jika datang melalui jalan lingkar Bangkinang yang kemudian menuju ke Tugu Batu Belah. Tak lama berselang pengunjung akan sampai ke kantor pemerintahan Kabupaten Kampar. Dari situ destinasi hanya berjarak beberapa meter saja menuju pintu masuk wisata alam.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Sungai Hijau Kampar
Image Credit: Twitter Jalan Wisata

Pertimbangan sebelum berkunjung ke destinasi salah satunya ialah soal harga tiket masuk. Melihat tarif menjadi pertimbangan wisatawan pula untuk menyiapkan budget yang pas selama berkunjung ke destinasi. Untungnya Wisata Sungai Hijau menerapkan harga tiket masuk yang terbilang mudah. Dengan hanya merogoh kocek Rp 10.000, pengunjung dapat dengan bebas mengakses setiap keindahan alam.

Tarif yang di patok demikian jelas sangat bersahabat. Adapun tidak sebanding dengan pesona alam yang ditawarkan. Datang bersama rekan atau keluarga akan menjadi pengalaman lain yang memanjakan.

Tambahan biaya masih dapat terjadi khususnya bila Anda menggunakan fasilitas seperti sewa pelampung ataupun terkait tarif parkir untuk kendaraan yang di bawa. Meski begitu perlu di ingat bahwa harga tiket masuk dapat sewaktu-waktu berubah. Perubahan bergantung dari kebijakan yang di ambil pihak terkait.

Maka tak salah jika Anda menanyakan terlebih dahulu ke pihak penyelenggara setempat. Atau bisa dengan menghubungi hotline yang tersedia. Memastikan tarif masuk dapat menjadi pedoman budget yang perlu wisatawan siapkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sungai Hijau

Aktivitas Seru Sungai Hijau Kampar
Image Credit: Google Maps alex eraglobal

1. Melihat Pemandangan Indah Menyegarkan

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan sewaktu datang ke Wisata Sungai Hijau. Aktivitas seperti bersantai saja sudah sangat bikin betah. Apalagi pemandangan mempesona menjadi tawaran yang memanjakan mata. Adapun pengunjung dapat bersantai di beberapa wtempat duduk yang telah di sediakan. Setiap detail keindahan jelas memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

Semilir angin begitu terasa ketika di destinasi. Masih banyak tanaman tumbuh subur menjadi penyebab destinasi masih begitu sejuk. Tak salah bila destinasi cantik ini cocok untuk self healing. Rasa penat yang hinggap akan hilang seketika dengan keindahan sungai yang bikin betah pengunjung.

2. Bermain Air atau Berenang

Datang ke wisata berupa sungai maka kurang lengkap jika tidak bermain air atau berenang. Apalagi destinasi menawarkan tempat pemandian yang nyaman. Air begitu jernih dan tenang sehingga akan sangat nyaman untuk berendam selama berkunjung.

Mengingat ada empat tingkatan sungai menjadikan wisatawan tidak perlu lagi bingung untuk memilih mana yang tepat untuk berenang. Setiap tingkatan memiliki kedalaman yang berbeda. Jadi Anda dapat menyesuaikan dengan baik.

Bila ingin semakin seru dalam berenang, pengunjung dapat memanfaatkan sewa pelampung yang tersedia. Pengalaman berkunjung pun akan kian seru tak terlupakan. Kesegaran air akan membuat siapa pun menjadi lupa waktu. Menjadi sensasi nyaman untuk berlama-lama di destinasi.

3. Piknik Bersama Rekan atau Keluarga

Momen berlibur akan kian seru bila Anda datang dengan rombongan. Apalagi wisata alam Sungai Hijau ini menjadi tempat yang pas untuk berbagai macam aktivitas. Tidak salah beberapa memilih untuk beramai-ramai datang ke destinasi.

Bersantai menikmati pemandangan yang ada sembari mengobrol menjadi momen yang semakin bikin betah. Nuansa kesegaran semakin bikin nyaman untuk di nikmati. Pengunjung dapat bebas untuk beristirahat di sekitar destinasi.

Beberapa bahkan menggelar tikar atau membawa tenda pribadi. Jangan lupa untuk menikmati bekal bersama untuk semakin menikmati kebersamaan bersama rekan. Jika memang tidak sempat membawa bekal maka tidak salah pula memilih beberapa warung terdekat yang menawarkan banyak menu masakan.

Aktivitas Sungai Hijau Kampar
Image Credit: Google Maps Pendi Plaza

4. Hunting Foto Berkualias

Bila Anda gemar dalam fotografi paling cocok untuk datang ke Wisata Sungai Hijau. Sebab terdapat berbagai macam spot foto berkualitas yang bisa di nikmati. Pengunjung tidak akan di buat mati gaya selama datang ke destinasi.

Dengan latar belakang yang menawan menjadikan hasil jepretan pun kian maksimal di dapatkan. Cocok untuk menjadi feed media sosial yang berkualitas.

5. Wisata Kuliner

Setelah banyak melakukan aktivitas tentu Anda akan merasa lelah atau bahkan merasa lapar. Jangan biarkan perasaan tersebut kian berlarut. Maka dari itu pengunjung dapat mamoir pula untuk membeli makanan yang tersedia di warung makan terdekat. Opsi ini dapat di pilih terutama jika datang tidak sempat membawa bekal.

Beberapa warung makan memang dapat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi tidak hanya makanan berat yang tersedia melainkan terdapat pula menu-menu sederhana. Jadi pengunjung dapat memilih sesuai dengan selera. Tentu akan menjadi pengalaman berkesan ketika dapat menikmati masakan lezat di tempat wisata yang cantik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sungai Hijau Kampar
Image Credit: Google Maps Dedek Iskandar

Mengenai fasilitas, Wisata Sungai Hijau sudah terbilang cukup memadai. Meski beberapa masih butuh untuk di benahi. Misalnya dari akses jalan menuju lokasi yang mana ditemukan beberapa jalan yang rusak yang menjadi penghambat. Untuk itu besar harapan untuk penyelenggara setempat untuk membenahi kekurangan tersebut.

Dari segi fasilitas umum sudah terbilang lengkap. Misalnya dengan adanya area parkir yang luas. Jadi untuk keluar masuk kendaraan pun kian mudah dilakukan. Terdapat pula toilet serta kamar ganti yang bisa di manfaatkan setelah pengunjung menikmati waktu berenang di tengah sungai yang Indah ini.

Demi menunjang keseruan bahkan telah ada fasilitas berupa sewa pelampung. Tarif yang dikenakan sangat bersahabat sehingga Anda tak perlu lagi untuk ragu. Berenang dengan pelampung tentu menjadi pengalaman yang lebih seru. Wisatawan pun dapat lebih mudah dalam bersantai di tengah sungai.

Fasilitas pendukung lain yang tersedia di kawasan Sungai Hijau antara lain beragam tempat duduk serta area piknik yang luas. Tidak salah bila kerap ditemukan pengunjung yang berpiknik dengan menggelar tikar atau bahkan membuat tenda. Dengan lahan luas untuk bersantai pengunjung pun menjadikan wisatawan tidak perlu panik tidak kebagian tempat saat ramai sekalipun.

Fasilitas terakhir yang dapat di nikmati ialah terdapatnya warung makan terdekat. Warung makan ini dapat menjadi pilihan terutama jika tidak sempat membawa bekal sendiri. Apalagi berbagai jenis menu tersedia mulai dari masakan siap makan ataupun menu cepat saji. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung untuk mengisi perut.

Itulah beberapa informasi mengenai daya tarik, fasilitas, serta kegiatan menarik yang dapat dilakukan selama berkunjung ke Wisata Sungai Hijau Kampar. Berbagai tawaran yang ada jelas membuat siapa pun akan betah untuk berkunjung. Mengunjungi destinasi menawan akan membuat momen liburan kian berkesan.