Lengkung Langit, Menikmati Keindahan Kota Bandar Lampung dari Ketinggian

Lengkung Langit, Menikmati Keindahan Kota Bandar Lampung dari Ketinggian

Lengkung Langit salah satu destinasi wisata yang populer untuk menikmati keindahan panorama alam Kota Bandar Lampung dari ketinggian. Tempat ini menawarkan wisata kuliner, galeri swafoto, gapura ala kerajaan Mataram dan taman bermain.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pinang Jaya, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Lengkung Langit adalah sebuah objek wisata yang berada di Kecamatan Kemiling, Lampung. Begitu mudah untuk menemukan akses ke lokasi ini, hanya perlu berkendara kurang lebih sejauh 12,4 km atau diperkirakan setara 30 menit dari pusat Kota Bandar Lampung. Daya tarik yang ditawarkan meliputi gapura khas Kerajaan Mataram, aneka galeri swafoto, hingga beragam kuliner.

Udara sejuk mampu mendamaikan perasaan pengunjung selagi berwisata di tempat ini. Walau destinasi ini merupakan buatan manusia, tetapi suasananya tak kalah menarik dari objek wisata alami. Kepopulerannya sudah menyebar di media sosial sejak lama berkat panorama cakrawala, serta gumpalan awan putih berbentuk horizon di birunya bentangan langit.

Daripada Anda tak memiliki kegiatan di akhir pekan atau sekadar mengisi TTS, alangkah baiknya menghabiskan waktu bersantai di sini. Menawarkan biaya tiket masuk relatif terjangkau, yang mana tidak ada perbedaan saat weekend maupun weekday. Banyak sekali atraksi yang siap memanjakan Anda, karena itu jangan lewatkan kesempatan menyambangi Lengkung Langit.

Daya Tarik yang Dimiliki Lengkung Langit

Daya Tarik Dimiliki Lengkung Langit
Image Credit: Google Maps (Dapur Ceriwis)

1. Gapura Khas Kerajaan Mataram

Kota Bandar Lampung menampilkan gapura khas Kerajaan Mataram melalui Lengkung Langit. Arsitektur yang ditawarkan objek wisata satu ini benar-benar erat dengan nuansa zaman tempo dulu. Untuk itu, Anda wajib mencoba berfoto ria di sini agar mendapatkan latar belakang artistik. Di samping itu, masih terdapat spot menarik lainnya.

Meski kerap disangka sebagai gapura khas Bali, tetapi pihak pengelola menampik hal tersebut. Menurut pihaknya, alih-alih Bali, mereka justru mengadopsi gapura candi cetho di Jawa Tengah. Meski begitu, ada pula pengunjung yang merasa lebih cocok disebut khas Kerajaan Mataram. Apapun itu, tidak mengurangi poin unggulnya

Salah satu contohnya tercermin lewat rumah-rumah kecil dengan cat aneka warna sehingga tampak bagai pelangi. Secara umum, sangat apik untuk dimanfaatkan mengisi laman media sosial, khususnya bagi Anda yang memang hobi traveling dan sengaja membangun kesan sebagai seorang traveler.

Kabar baiknya, kapan saja Anda datang, tempat ini tetap menampilkan nilai estetika tanpa batas. Seolah masih belum cukup, Anda masih akan dimanjakan dengan spot foto berupa replika kapal ketika menuruni anak tangga dari pintu masuk utama. B

agi pengunjung yang datang bersama keluarga dan membawa si kecil, tidak perlu khawatir karena telah disediakan arena bermain anak semacam ayunan dan papan perosotan. Hanya saja, Anda harus sabar mengantre jika ingin berfoto ria hingga puas.

2. Panorama Gunung dan Perkotaan

Resmi beroperasi sejak akhir tahun 2020, Lengkung Langit pada dasarnya menjadikan gapura sebagai ikon utama. Meski demikian, letaknya yang berada di atas ketinggian 300 meter dari permukaan laut memungkinkan beragam atraksi tak terduga dapat Anda temukan di sini. Salah satu bukti nyatanya berupa lanskap gunung dan perkotaan di kejauhan.

Anda bisa menatap keindahan Branti dan sebagian sisi Pesawaran, Kota Bandar Lampung. Di samping itu, cantiknya Gunung Betung turut menambah daya tarik objek wisata ini. Atas dasar inilah, kunjungan Anda bisa dilakukan kapan saja, tidak hanya waktu siang, tetapi pada malam hari juga.

Dengan begitu, pengunjung yang mungkin memiliki aktivitas super padat bisa diakomodir dengan baik. Saat siang hari, wisatawan akan disuguhkan deretan perumahan warga di bawah dataran tempat berdirinya destinasi ini.

Apabila kondisi mata Anda masih cukup baik dan tidak menderita rabun tertentu, kemungkinan besar bahkan bisa melihat lalu-lalang kendaraan dan penduduk lokal. Ketika malam tiba, lanskap perkotaan tergantikan oleh kerlap-kerlip lampu.

Tak hanya itu, kondisi atmosfer yang terbilang segar dan masih bersih, memungkinkan pengunjung bisa melihat taburan bintang di angkasa raya menggunakan mata telanjang alias tanpa bantuan teropong. Tak peduli lokasinya yang berada di kawasan perkotaan, di kawasan ini Anda bisa menikmati pesona malam menakjubkan dan tak terlupakan.

Daya Tarik Lengkung Langit
Image Credit: Instagram.com @berita_lampung

3. Berdiri di Atas Lahan yang Cukup Luas

Tak hanya asri dan sejuk, tempat ini juga memiliki lahan yang cukup luas, membentang di atas tanah berukuran 2.400 meter persegi. Terletak di kawasan tikungan tepi sehingga terbilang jauh dari perkotaan. Inilah mengapa udaranya relatif lebih sejuk daripada objek wisata lainnya.

Pihak pengelola mengakui bahwa pada dasarnya Lengkung Langit terinspirasi dari salah satu destinasi di Kota Bandung. Walau termasuk familiar di Provinsi Jawa Barat, tetapi cukup asing di bilangan Lampung. Tak heran, berhasil mendulang banyak perhatian wisatawan lokal sejak pertama kali resmi dibuka untuk masyarakat umum.

Terlebih, pihak pengelola memilih momentum akhir tahun 2020, yang notabene masyarakat mulai bosan karena berdiam diri di rumah saja akibat pandemi. Bisa dibilang, objek wisata ini menggabungkan keindahan unik dan momentum yang tepat sehingga sukses meraih atensi publik. Lebih dari itu, sejauh mata memandang, suasananya didominasi oleh warna hijau dengan macam-macam gradasi.

Di setiap sisi kawasan destinasi dikelilingi oleh pagar kawat yang tingginya kira-kira mencapai 1,5 meter. Berfungsi sebagai pembatas antara arena bermain pengunjung dengan hutan. Pasalnya, di sekitar sini banyak ditumbuhi aneka tanaman liar cenderung tak terawat. Adanya pagar pembatas tentu lebih menenangkan hati pengunjung, terutama yang datang bersama anak kecil.

Meski demikian, di dalam area destinasi benar-benar amat terawat, rumput terpangkas rapi, replika rumah warna-warni berjajar di ruang tertentu, pondasi kokoh yang menahan tanah, hingga paving block di beberapa titik. Belum lagi, kala cuaca cerah langit biru membentang luas di atas kepala, ditemani gumpalan awan putih bagai kapas. Pepohonan terhampar bagai lautan hijau.

Agaknya, Lengkung Langit merupakan lokasi yang cocok jika Anda ingin melakukan healing. Menjauh sejenak dari riuhnya kota dan padatnya tuntutan kerja atau kuliah. Cobalah untuk berkeliling dan nikmati detik-detik ketika udara mengalir di dalam sistem pernapasan Anda. Tak pelak, total pengunjung yang mampir bisa mencapai 400 pada hari libur dan 1000 lebih pada hari-hari biasa.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Lengkung Langit

Alamat Lengkung Langit
Image Credit: Google Maps (Dapur Ceriwis)

Butuh waktu kurang lebih 30 menit bila Anda bertolak dari pusat Kota Bandar Lampung. Berlokasi di Kecamatan Kemiling, di tengah pemukiman warga Kampung Pinang Jaya. Menjadikan Tugu Adipura sebagai patokan, Anda bisa memilih dua rute sesuka hati.

Pertama, ada rute dari Jalan Cut Nyak Dien dan Jalan H Agus Salim. Teruskan perjalanan menuju Taman Wisata Lembah Hijau hingga melintasi SPBU Beringin Jaya. Setelah itu, kemudikan kendaraan Anda ke arah kanan Jalan Garuda hingga tiba di Jalan Mata Air dengan terus mengikuti arus lalu lintas. Sekitar 850 meter lagi setelah belok kiri, Lengkung Langit sudah berada di depan mata.

Alternatif lain, Anda bisa mengambil rute sejauh 800 meter dari Jalan RA Kartini menuju ke Jalan Imam Bonjol. Arahkan kendaraan ke sisi kiri Jalan Mata Air usai memasuki kawasan Perumahan Bukit Kemiling Permai (BKP). Ikuti terus arus jalan sekitar 2,5 km dan Anda akan tiba di lokasi tujuan.

Jika mengalami kesulitan, manfaatkan aplikasi penunjuk arah serupa Google Maps. Sebaiknya datanglah bersama orang tersayang agar pengalaman yang diperoleh semakin menyenangkan. Selain itu, akan lebih aman juga daripada berkendara sendirian.

Setiap pengunjung Lengkung Langit akan dikenai tarif sebesar Rp 10.000 agar dapat menikmati beragam atraksi di sini. Tidak ada perbedaan tarif untuk orang dewasa dan anak kecil, baik saat weekend maupun weekday.

Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri harus membayar sewa parkir dengan rincian motor sebesar Rp 3.000, sedangkan mobil Rp 5.000. Beroperasi setiap hari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lengkung Langit

Kegiatan di Lengkung Langit
Image Credit: Google Maps (Nurul Huda)

1. Berguru Kuliner Nikmat

Anda akan menemukan aneka kuliner yang didesain berbentuk foodcourt di sebelah utara Lengkung Langit. Mengusung konsep semi terbuka dengan rancangan tematik sehingga mampu mengakomodir perbedaan selera pengunjung. Tentunya, Anda perlu menyiapkan budget tambahan jika ingin melakukan aksi kulineran di sini.

Kabar baiknya, harga-harga yang dipatok cenderung bersahabat di kantong, tidak akan menguras total isi saldo di rekening Anda. Sejalan dengan cita rasa nikmat yang ditawarkan para penjual, Anda bisa memenuhi keinginan mencicipi aneka sajian sesuka hati.

Namun, jika Anda masih berstatus pelajar atau mahasiswa, alangkah lebih baik untuk meminta daftar menu terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. Berkat adanya konsep foodcourt semi terbuka, Anda bisa sekaligus merasakan udara segar sembari menyantap hidangan sesuai selera. Situasi demikian tentunya berpotensi besar meningkatkan nafsu makan.

Di samping itu, Anda dapat melihat-lihat keindahan alam luar biasa usai menyantap hidangan. Jika Anda berkunjung pada waktu sore atau malam, disarankan membeli secangkir teh atau kopi.

2. Piknik

Rekomendasi tak kalah menggoda untuk Anda lakukan selama berada di Lengkung Langit adalah piknik, terutama saat datang bersama keluarga. Anda bisa menyiapkan perbekalan sedari rumah, tetapi tetap tersedia pilihan ragam makanan di foodcourt. Jika ingin berhemat, sebaiknya bawalah makanan sendiri dan jangan lupa siapkan tikar.

Cari spot yang sedikit menepi ke dekat pagar pembatas agar tidak terganggu oleh riuhnya lalu-lalang pengunjung lain. Ciptakan momen kebersamaan demi merekatkan kembali waktu-waktu yang hilang karena sibuk beraktivitas secara terpisah. Bila perlu, carilah sejumlah game seru yang dapat dimainkan ramai-ramai agar suasana semakin meriah.

Kegiatan Menarik di Lengkung Langit
Image Credit: Google Maps (Tamara Pratiwi)

3. Melukis

Dari atas replika kapal, Anda bisa melihat hamparan pepohonan serta langit biru secara jelas. Tidak ada yang bisa membatasi pandangan selama berdiri di spot foto satu ini. Bawalah perlengkapan melukis sederhana seperti kertas gambar dan pensil. Anda bisa membuat sketsa kasar terlebih dahulu untuk kemudian dibenahi perlahan sepulang dari sini.

Hanya saja, Anda harus mencari momen terbaik agar tidak berdesakan dengan pengunjung lain yang hendak berfoto ria. Pilihan lainnya, manfaatkan ikon-ikon unik yang tersebar di hampir setiap sudut destinasi ini.

Fasilitas yang Tersedia di Lengkung Langit Bandar Lampung

Fasilitas di Lengkung Langit Bandar
Image Credit: Google Maps (Erika Dwi Saputri)

Pihak pengelola secara serius berupaya memenuhi keperluan pengunjung selagi berwisata, mulai dari menyediakan area parkiran, foodcourt, spot foto, hingga kamar mandi dan musala. Anda bisa tenang menjalani hari di Lengkung Langit.

Lengkung Langit layaknya warna baru dalam sektor pariwisata Bandar Lampung. Tak heran, hadirnya langsung menuai kesan positif. Berkunjung saat siang atau pun malam hari, tempat ini tetap menawarkan pemandangan yang memukau.