Pantai Pandan, Pantai Pasir Putih yang Indah di Tapanuli Tengah

Pantai Pandan, Pantai Pasir Putih yang Indah di Tapanuli Tengah

Pantai Pandan salah satu objek wisata yang populer di pesisir Sibolga, Tapanuli Tengah. Pantai pasir putih ini menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan didukung berbagai fasilitas yang memadai untuk beragam aktivitas liburan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padang Sidempuan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Selain bernama unik, wisata pantai satu ini menawarkan keindahan pemandangan laut yang tiada duanya. Berlokasi di Kota Siobolga, Tapanuli Utara, nama Pantai Pandan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah.

Berbagai macam daya tarik ataupun kegiatan menarik yang dapat dilakukan oleh wisatawan saat berada di lokasi wisata tersebut. Tak hanya itu, jaraknya dengan pusat perkotaan yang cukup dekat, membuat wisata pantai satu ini banyak menjadi pilihan bagi masyarakat saat hari libur tiba.

Beragam fasilitas memadai yang tersedia di pantai tersebut, menjadi nilai lebih yang dimiliki oleh wisata pantai berpasir putih satu ini. Jika Anda tertarik mendatangi wisata pantai tersebut, berikut ini ada beberapa informasi lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandan

Daya Tarik Pantai Pandan
Image Credit: Twitter.com @yudh1t

1. Asal Usul Nama Pantainya

Pantai Pandan memiliki nama seperti sebuah tanaman yang berdaun panjang, yang biasanya sering digunakan sebagai zat pewarna alami. Alasan dibalik pemberian nama ini tak lepas dari banyaknya jenis tanaman tersebut di kawasan pantai berpasir putih satu ini.

Jika pada umumnya jenis pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggiran pantai, namun berbeda halnya dengan keadaan di pantai tersebut. Akan banyak Anda temukan tanaman pandan yang tumbuh subur di kawasan pantai yang tidak terlalu jauh dengan jalan raya ini.

Karena namanya yang terdengar unik ini, masyarakat luas akan dapat dengan mudah menghafalnya. Tak hanya itu, nama pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berencana mendatangi lokasi wisata satu ini.

2. Wisata Kuliner Khas Sibolga

Selain pemandangan pantainya yang terlihat indah nan mempesona, kawasan pantai tersebut juga menjadi tujuan utama wisatawan untuk mencicipi kuliner khas kota Sibolga. Terdapat salah satu sajian yang menjadi unggulan dari beberapa rumah makan yang berjajar di sepanjang jalan di kawasan pantai tersebut.

Olahan gulai ikan yang dimasak dengan rempah yang melimpah, mampu menambah selera makan Anda. Dengan ditemani sepiring nasi hangat, rasa asin bercampur manis dari gulai ikan tersebut akan siap menggoyang lidah Anda. Beberapa lembar daun kemangi yang ditambahkan di atas gulai, menjadi pelengkap sajian lezat khas dari Sibolga ini.

Harga yang dibandrol untuk dapat merasakan kenikmatan sajian ini pun cukup murah. Dengan harga murah meriah ini, Anda sudah dapat merasakan kelezatan dari gulai ikan istimewa tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Pandan

Alamat Pantai Pandan
Image Credit: Facebook.com @astrahondacare

Lokasi dari Pantai Pandan ini mudah dijangkau dengan berbagai jenis transportasi, mulai dari transportasi darat, laut hingga udara. Berada di kawasan Tapanuli Tengah, jika Anda memilih berangkat menggunakan kendaraan pribadi, jarak yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit saja.

Untuk rute perjalanannya sendiri, jika memulai dari arah pusat kota, kendaraan Anda akan melewati Jalan Sibolga. Kemudian kendaraan Anda akan sampai pada sebuah jalan yang cukup lebar bernama Jalan Ade Irma Suryani Nasution. Kondisi jalan yang sudah beraspal ini, akan menambah kenyamanan Anda selama perjalanan berlangsung.

Setelah memasuki kawasan lahan perkebunan sawit, suasana akan terlihat lebih sepi. Hal ini disebabkan karena jalanan yang melewati lahan ini hanya digunakan khusus untuk kebutuhan perkebunan atau wisata pantai tersebut.

Tidak perlu waktu lama untuk melintasi perkebunan sawit tersebut, perjalanan panjang tersebut akan berakhir dengan menemukan sebuah gapura pintu masuk menuju lokasi wisata pantai tersebut. Kendaraan pribadi yang Anda gunakan untuk berangkat pun dapat diparkirkan pada lahan yang cukup luas.

Namun jika Anda berangkat dengan menggunakan transportasi laut, maka Pelabuhan Belawan menjadi tujuan pendaratan pertama Anda. Kemudian lanjutkan perjalanan Anda dengan menyewa beberapa kendaraan umum yang ada di sekitar pelabuhan tersebut.

Tidak hanya itu, lokasi pantainya ini cukup dekat dengan salah satu bandara terkenal di daerah Sumatera Utara. Perjalanan yang mudah Anda lewati ini akan semakin mendukung semangat Anda untuk mengunjungi lokasi wisata pantainya.

Wisatawan Pantai Pandan ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3000 per orangnya. Biaya ini sangat terjangkau, mengingat lokasi pantai yang dekat dengan kota, dan banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di kawasan pantai tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pandan

Kegiatan Dilakukan di Pantai Pandan
Image Credit: Google Maps (Rahmadazishrp)

1. Berenang di Tepi Pantai

Berenang menjadi salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk menikmati kesegaran air laut dari pantai tersebut. Anda dapat berenang hingga beberapa meter dari jarak bibir pantai, karena arus ombaknya yang tenang dan tidak membahayakan.

Agar kegiatan ini semakin seru, Anda dapat sembari bermain voli air bersama teman atau keluarga. Setelah selesai menikmati keseruan berenang di kawasan pantai, jangan lupa untuk membilas tubuh Anda yang terkena air laut bercampur pasir tersebut.

2. Berfoto dengan Latar Pemandangan Indah

Bagi Anda yang hobi mengabadikan setiap momen liburan saat sedang berada di pantai ini, maka keindahan pemandangan pantai dapat Anda jadikan sebagai latar belakang. Tidak hanya keindahan air laut yang tampak biru kehijauan tersebut, namun deretan perbukitan di bagian timur pantai juga menarik untuk dijadikan latar belakang foto Anda.

Hasil dari foto tersebut akan sangat menggambarkan suasana Pantai Pandan, karena terdapat banyak spot foto yang menawarkan keindahannya tersendiri. Potret Anda selama berlibur di wisata pantai ini, dapat Anda pamerkan dengan cara mengunggahnya di laman sosial media.

Kegiatan di Pantai Pandan
Image Credit: Google Maps (Rininta Damayanti)

3. Menyusuri Lautan Menggunakan Perahu

Jika Anda bosan dengan kegiatan itu-itu saja yang biasa dilakukan saat berada di wisata pantai tersebut, maka Anda wajib mencoba berkeliling lautan dengan menggunakan perahu. Dengan biaya Rp 10.000 saja, Anda akan diajak berkeliling mendatangi beberapa spot menarik di dekat lokasi pantainya.

Salah satu spot tersebut adalah sebuah batu di tengah laut bernama Batu Lobang dan Batu Gajah. Keunikan bentuk dari batu berukuran besar ini dapat menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Pandan

Penginapan Pantai Pandan
Image Credit: Pegipegi.com

1. Pandan Carita

Memiliki jarak kurang lebih 1 km dari kawasan wisata Pantai Pandan, penginapan satu ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang berangkat bersama keluarga. Walaupun desain dari bangunan hingga kamarnya yang terlihat sederhana, namun jangan salah nilai soal kenyamanan yang diberikan.

Berbagai tipe kamar dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari single room, atau family room dengan dua tempat tidur yang berukuran cukup besar. Pada bagian halaman depan dari penginapan tersebut, ada sebuah rumah makan yang menyediakan menu hidangan lengkap.

2. PIA Hotel Pandan

Penginapan selanjutnya adalah PIA Hotel Pandan, dengan jarak tempuh sekitar 4 menit saja dari lokasi pantainya. Nama hotel ini cukup terkenal dikalangan pelancong luar daerah, bangunannya yang terlihat tinggi, memudahkan wisatawan untuk menemukan lokasi penginapan tersebut.

Desain klasik dengan warna yang didominasi oleh coklat tersebut, dipilih sebagai tema dari penginapan terkenal satu ini. Beberapa hiasan berbentuk unik pun terlihat semakin mendukung gaya klasik yang dibawakan oleh penginapan tersebut.

Fasilitas yang diberikan hotel ini berupa kolam renang dengan lebar yang cukup luas. Tak hanya itu, beberapa kursi dan meja yang berada di pinggir kolam tersebut, dapat digunakan oleh para tamu hotel untuk berjemur di pagi hari.

3. Rome Residence

Rome Residence adalah sebuah penginapan yang menawarkan suasana ketenangan bagi wisatawan yang berencana menginap di kawasan Pantai Pandan. Lingkungan sekitar yang terbilang jauh dari keramaian jalan raya, membuat suasana penginapan satu ini terasa lebih sepi.

Jika Anda sedang berlibur di wisata pantai tersebut dan tertarik bermalam di penginapan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Dengan harga yang cukup murah, Anda akan mendapat sebuah kamar dengan dekorasi minimalis yang tampak rapi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pandan Tapanuli Tengah

Fasilitas di Pantai Pandan Tapanuli Tengah
Image Credit: Google Maps (Aisyah Borreg)

Di kawasan pantai ini, terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang berdatangan. Mulai dari gasebo yang menjadi tempat berteduh dari panasnya sinar matahari, hingga toilet yang mudah ditemukan di salah satu sudut di kawasan pantai tersebut.

Selain itu, terlihat banyak rumah makan yang berjejer rapi di setiap sisi jalan dari arah parkir kendaraan menuju pantainya. Menu yang ditawarkan pun cukup beragam, namun yang menjadi unggulannya adalah gulai ikan kuah kuning.

Jika Anda ingin membeli beberapa buah tangan untuk dibawa pulang, Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh atau toko souvenir di kawasan pantai tersebut. Oleh-oleh seperti hiasan dinding yang terbuat dari kerang atau batu, bisa menjadi buah tangan yang menarik untuk Anda berikan kepada saudara di rumah.

Itulah informasi mengenai Pantai Pandan yang menawarkan beragam keunikan dan kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di kawasan pantai tersebut. Jadi saat Anda sedang berlibur di daerah Provinsi Sumatera Utara, sempatkan waktu Anda untuk mampir di wisata pantai satu ini.