Danau Kaolin, Danau Bekas Tambang yang Unik & Eksotis di Belitung

Danau Kaolin, Danau Bekas Tambang yang Unik & Eksotis di Belitung

Danau Kaolin salah satu objek wisata yang eksotis di Belitung yang menarik dijelajahi. Danau bekas tambang ini memiliki air berwarna biru muda dan pasir yang agak putih, mirip dengan kawah putih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Seperti namanya, Danau Kaolin merupakan tempat yang dahulu dikeruk untuk mendapatkan mineral yang sama dengan namanya. Sudah cukup lama tempat ini dieksplor untuk didapatkan hasil alam yang terkandung di dalamnya. Setelah selesai digali dan tidak lagi digali secara masif, proses pertambangan meninggalkan kubangan air yang memiliki potensi pariwisata.

Bangka Belitung tidak hanya dikenal dengan hasil timahnya yang berlimpah ruah saja. Namun ternyata sesudah diteliti lebih dalam, mineral kaolin cukup bernilai untuk diambil. Dan sekarang, berubah menjadi sebuah danau yang sangat menarik perhatian. Bagaimana tidak? Air yang terkandung di dalamnya begitu jernih hingga nampak biru seperti lautan yang begitu dalam.

Daratan putih yang ada di sekelilingnya juga menambah eloknya pemandangan yang disajikan oleh Danau Kaolin ini. Banyak orang rela datang dari tempat yang cukup jauh hanya untuk melihat dengan mata kepalanya sendiri seberapa cantiknya perairan yang berpadu dengan pasir putih di sana. Mengunjungi tempat tersebut akan memberikan sebuah pengalaman indah yang tak terlupakan.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Kaolin

Daya Tarik Danau Kaolin
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ichwan)

1. Cerita Terbentuknya Danau

Tidak seperti kebanyakan objek wisata, Danau Kaolin sebenarnya merupakan salah satu kawasan yang cukup berbahaya dikarenakan eksplorasi yang sebelumnya dilakukan terbilang diluar kendali. Dengan masifnya kegiatan pengerukan material tambang, maka terbentuklah kubangan air yang cukup banyak dikelilingi oleh bebatuan dan pasir yang berwarna begitu putih.

Hal ini menjadi salah satu pemikat tersendiri bagi para pengunjung. Sebelumnya memang tempat ini dilarang keras untuk dikunjungi oleh siapapun, namun karena ternyata banyak yang berminat untuk datang ke sana dan memang berpotensi memunculkan pariwisata baru nan unik, maka otoritas terkait pun secara perlahan membuka lokasi tersebut sebagai salah satu tujuan berlibur di pulau Belitung.

Dengan latar belakangnya sebagai bekas area pertambangan, pengunjung begitu tertarik karena bisa secara langsung menengok tempat unik hasil eksplorasi manusia. Beberapa diantaranya tertarik dengan sisa bekas pertambangan seperti tulisan-tulisan tanda bahaya. Tempat tersebut dijadikan sebagai latar belakang yang apik dengan kreativitas para wisatawan.

2. Kawah-Kawah Indah Nan Mempesona

Inilah daya tarik utama mengapa ramai orang berkunjung ke Danau Kaolin. Kubangan air yang ada di sana menghasilkan sesuatu yang sangat estetik dan indah untuk dilihat. Meskipun air di sana nampak tidak begitu jernih, akan tetapi yang menjadikannya begitu apik adalah warnanya yang biru. Hal ini seolah lubang lubang air tersebut memiliki kedalaman yang begitu jauh ke dalam perut bumi.

Tidak sampai di situ, dataran yang mengelilingi tempat-tempat ini juga seakan menyatu apik dengan warna air danau. Warnanya yang putih bersih membuatnya seolah olah daratan yang sedang tertutup salju secara penuh. Ya, tempat ini sekilas nampak seperti dataran yang begitu tinggi dengan air yang berada di bagian tengahnya.

Tak jarang orang yang menangkap foto di sana dan memperlihatkan kepada orang lain yang belum mengetahui mengenai tempat yang satu ini, orang orang pun mengira jika mereka sedang berlibur di suatu tempat pada negara yang memiliki empat musim. Hal ini akan sangat nampak jelas ketika langit sedang cerah dan menampilkan warna biru cakrawala.

Waktu yang direkomendasikan untuk datang ke sana dan mendapatkan view seperti yang diharapkan yaitu ketika pagi ataupun sore hari. Selain langit sedang memperlihatkan versinya yang sesuai, tetapi juga karena terik yang akan dirasakan begitu berada di sana tidak terlalu menyengat dibandingkan pada siang hari saat matahari memancarkan cahayanya secara penuh dan terasa sangat panas.

Lanskap yang dihasilkan objek ini memang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan jika sedang berada di provinsi tersebut. Ketika momen terbit maupun tergelincirnya matahari menambah eksotisme tempat ini karena semburat sinar matahari yang khas berwarna jingga mempercantik pemandangan yang ada dan menikmati keadaan sekitar menjadi hal yang ada di pikiran pengunjung.

3. Vegetasi Sekitar yang Tumbuh Rindang

Meskipun tempat ini dahulu cukup berbahaya karena kandungan beberapa mineral yang cukup beracun, namun tempat di sekitarnya masih bisa menjadi media tumbuhnya beberapa tanaman. Beberapa pohon juga nampak hidup dengan asri seolah telah berdamai dengan baik oleh tempat tersebut.

Keberadaan pepohonan dan tanaman kecil yang ada di sekelilingnya memang menjadi keunikan tersendiri dari Danau Kaolin. Hal tersebut karena kenampakan tempat tersebut menjadi semakin mempesona seolah benar-benar menampilkan keanggunan alam yang luar biasa. Kehadiran tumbuhan hijau membuat tempat ini seperti definisi dari pulau Belitung.

Dengan adanya tanaman yang mengitarinya, membuat suasana di sana tidak terlalu panas. Pun demikian, ketika matahari sedang berada pada fase penuh untuk memancarkan panasnya memang masih sangat terasa. Tetapi setidaknya pohon pohon di sana memberikan udara yang segar untuk dihirup dan mengurangi udara yang kemungkinan tidak baik hasil dari penambangan sebelumnya.

Daya Tarik Dimiliki Danau Kaolin
Image Credit: Twitter.com @ambarsariiiiiii

4. Dekat dari Pusat Oleh-Oleh

Karena tempat ini sudah ramai didatangi oleh masyarakat baik lokal maupun dari daerah lain yang jauh dari sana, maka pemerintah mencoba mengembang ekonomi berbasis pariwisata tidak jauh dari objek itu. Hal ini menjadi alasan lain bagi pengunjung untuk datang dan singgah ke sana selain karena keindahan yang tidak bisa diragukan lagi dari Danau Kaolin.

Ada berbagai macam buah tangan yang bisa didapatkan oleh pengunjung sebagai oleh oleh sesudah kunjungan dari destinasi wisata itu. Itulah mengapa tempat ini juga menjadi favorit wisatawan. Selain itu, tempat ini juga menawarkan beberapa makanan yang bisa membuat kenyang perut pengunjung.

Berbagai makanan khas daerah tersebut bisa didapatkan dengan mudah. Inilah sisi lain dari liburan ke tempat tersebut. Selain bisa merasakan sensasi rekreasi ke tempat unik nan menakjubkan, para wisatawan juga bisa mencicip hidangan khas Belitung dengan wisata kuliner di pusat oleh oleh yang ada di area wisata danau ini.

5. Tumpukan Kaolin yang Mempesona

Tempat ini nampak seperti gurun pasir namun berwarna putih bersih. Hal itu dikarenakan pasir di sana mengandung banyak mineral kaolin. Saking banyaknya, banyak ditemui mineral tersebut menyatu dan membentuk seperi sebuah gunung pasir yang menakjubkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Kaolin

Alamat Danau Kaolin
Image Credit: Google Maps (Bankpro Photowork)

Danau buatan yang satu ini berada di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Lokasinya berada di daerah Tanjung Pandan tepatnya di sebuah desa bernama Air Raya. Nama desa tersebut juga dipengaruhi oleh keberadaan danau tersebut karena sejatinya merupakan kumpulan air yang menempati tempat hingga membentuk beberapa kubangan yang cukup banyak.

Terdapat beberapa alternatif transportasi ketika ingin menuju ke Danau Kaolin, salah satunya yaitu menggunakan pesawat terbang. Jarak destinasi tersebut dari Bandar Udara yang ada di Tanjung Pandan tidak begitu jauh. Cukup membutuhkan 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Namun, perlu diketahui bahwa masih belum banyak kendaraan umum ditemukan. Sehingga direkomendasikan bagi para pengunjung untuk menyewa kendaraan atau jika memang memungkinkan memakai kendaraan pribadi. Dari bandara, maka cukup menuju arah Jalan Murai dan nantinya akan tiba di lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Kaolin Belitung

Harga Tiket Danau Kaolin Belitung
Image Credit: Facebook.com @eka.w.kusuma.52

Untuk mendapatkan tiket masuk ke dalam Danau Kaolin maka pengunjung harus membayar Rp 10.000. Harga tersebut tidak terlalu mahal mengingat banyak hal yang bisa didapatkan oleh pengunjung. Namun, nominal tersebut bisa berubah seiring dengan perkembangan tempat dan juga beberapa momen seperti akhir pekan ataupun tanggal merah yang menunjukkan waktu liburan.

Jika pengunjung membawa kendaraan sendiri terlepas dari sewaan atau milik sendiri, maka harus membayar biaya parkir. Tarif yang dibebankan tidak mahal dan hampir sama dengan tempat wisata lainnya. Pengunjung harus membayar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 jika membawa rombongan menggunakan bus. Kendaraan roda dua hanya dipatok tarif parkir sebesar Rp 2.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Kaolin

Kegiatan Dilakukan di Danau Kaol
Image Credit: Google Maps (Andi Mario Wawo)

1. Menikmati Suasana Sekitar

Kondisi yang ada di sekeliling danau bisa menjadi objek yang tepat untuk dinikmati. Pengunjung bisa melakukannya hanya dengan memandangi bentang alam yang nampak. Hal ini akan membuat sensasi tersendiri bagi wisatawan. Liburan di sana memang dapat memberikan fantasi tersendiri dengan hanya melihat-lihat alam sekitarnya.

Beberapa titik bisa dipakai untuk berdiam diri sejenak istirahat dari letihnya perjalanan yang sudah dilalui. Pengunjung bisa duduk di bawah asrinya pepohonan ataupun tempat-tempat yang sekiranya cocok. Desiran angin yang menghembus menambah syahdunya suasana dan membuat hati dan pikiran menjadi tenang.

2. Berjalan-Jalan Menyusuri Tumbukan Pasirnya

Sudah diketahui bahwa tempat tersebut terdapat banyak pasir bekas aktivitas eksplorasi alam yang dilakukan beberapa dekade sebelumnya. Tumbukan pasir tersebut menjadi tempat yang cukup seru untuk didaki. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun dengan sudut yang pas para wisatawan bisa menangkap pemandangan yang indah.

Berjalan kaki menjelajahi tempat tersebut, terutama melewati timbunan pasir-pasir tersebut, memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Namun, pengunjung perlu waspada karena bisa saja pasir yang menggunung tersebut memiliki celah di bawahnya dan tidak memiliki dasar sehingga bisa membuat seseorang terjatuh dan masuk ke dalam danau.

Kegiatan Menarik di Danau Kaolin
Image Credit: Google Maps (Tom Gunawan)

3. Melakukan Aktivitas Fotografi

Melakukan kegiatan potret memotret memang menjadi keharusan yang bagi para wisatawan yang datang ke Danau Kaolin. Eloknya air yang ada di danau dengan warna birunya yang mempesona sangat disayangkan jika tidak diabadikan. Selain itu, putihnya pasir dan bebatuan di sana yang mengandung beberapa mineral seperti timah memang wajib dipotret oleh pengunjung.

Selain itu, pemandangan yang tersaji juga dapat menjadi latar belakang foto yang dihasilkan. Hal ini akan membuat potret diri sendiri maupun bersama dengan beberapa teman, keluarga, ataupun kerabat menjadi lebih eksotik. Hamparan pasir yang putih bersih dan birunya perairan menyatu apik dengan rindangnya pepohonan sekitarnya.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Kaolin Belitung

Fasilitas Danau Kaolin Belitung
Image Credit: Google Maps (Angelina Anggun)

Bisa ditemui beberapa tempat menginap di sekitar lokasi wisata tersebut. Jika merasa lapar, maka ada pusat perbelanjaan meskipun tidak terlalu besar. Di sana menawarkan beragam sajian khas daerah Belitung. Bilik toilet juga tersedia di sana, karenanya pengunjung wajib singgah ke sana ketika melakukan trip ke danau.

Danau Kaolin memang akan membuat takjub siapapun yang hadir langsung ke sana menikmati beragam sajian alam. Pesonanya akan menghipnotis orang-orang yang sedang berlibur ke Pulau Belitung dan membuat pengalaman tak terlupakan dari sebuah rekreasi yang sangat indah.