Taman Habibie Tangga Seribu, Destinasi Dekat Pantai yang Menawan di Batam

Taman Habibie Tangga Seribu, Destinasi Dekat Pantai yang Menawan di Batam

Taman Habibie Tangga Seribu menjadi objek wisata alam yang bersejarah di Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Menjadi saksi jejak perjalanan seorang BJ Habibie, membuatnya menjadi wisata yang kental akan budaya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Taman Habibie Tangga Seribu merupakan salah satu destinasi wisata di Pulau Batam. Terletak di posisi yang cukup tinggi, dengan banyaknya tangga di sekitaran area taman, menjadi cikal bakal pemberian nama Tangga Seribu. Berbagai spot foto menarik bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung ke wisata Batam satu ini.

Keberadaan taman wisata ini memang belum begitu dikenal oleh masyarakat luar Batam. Meski demikian, di akhir pekan, wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Letaknya yang berada dekat dengan banyak wisata pantai, memungkinkan pengunjung untuk bisa menikmati panorama pantai dari ketinggian. Ini akan menjadi pemandangan yang indah.

Menurut sejarah, ada satu bangunan yang berada di sekitaran area taman yang merupakan tempat tinggal keluarga Presiden ketiga Indonesia, yakni BJ Habibie. Bukan tanpa alasan, tinggalnya beliau dengan keluarganya karena pada kala itu Presiden Habibie sedang disibukkan dengan pendirian Otorita Batam.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Habibie

Daya Tarik Taman Wisata Habibie
Image Credit: Google Maps (Dea M Widodo)

Taman Habibie Tangga Seribu menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Batam. Menyuguhkan pemandangan pulau-pulau kecil, hingga pantai di sekitaran areanya, menjadikan taman ini ramai dikunjungi wisatawan saat memasuki weekend. Harga tiket masuk yang murah dan akses yang mudah menjadi daya tariknya

1. Kental akan Sejarah Mengenai BJ Habibie

Sudah menjadi rahasia umum jika Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden ketiga Indonesia, pernah bermukim di kawasan taman satu ini. Demi mempermudah beliau dalam mengawasi pembangunan awal Otorita Batam, Habibie memutuskan untuk tinggal di area Taman Habibie dengan serta merta mengajak seluruh anggota keluarganya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan dengan kondisi pagar yang mengelilinginya masih utuh. Bangunan tersebut yang menjadi tempat Bapak Habibie berlindung dari hujan dan panas bersama keluarga kecilnya. Tempat tinggal tersebut, kini dijadikan sebagai objek wisata, dengan menjadikannya sebagai spot foto bagi siapa pun yang datang.

2. Menikmati Pemandangan Alam dari Ketinggian

Daya tarik selanjutnya yang tidak kalah menarik, yakni keindahan view alam sekitar jika dilihat dari posisi taman wisata langsung. Sedikit informasi, lokasi taman di Pulau Batam ini terletak di ketinggian. Ini memungkinkan wisatawan dapat menikmati pemandangan tersebut dengan nyaman dan santai berkat sejuknya angin yang menerpa.

Selain itu, demi menjaga kenyamanan wisatawan yang berkunjung, pengelola taman menyediakan berbagai fasilitas yang menarik. Hampir di seluruh area taman, terdapat kursi santai yang bisa diduduki siapa saja. Sengaja diletakkan di bawah pohon, tentu membuat wisatawan betah untuk berlama-lama duduk di kursi yang sudah disediakan.

Daya Tarik Taman Wisata
Image Credit: Google Maps (Lalal Lulul)

3. Pemandangan Pantai dan Pulau Sekitar yang Menawan

Taman Habibie seolah menjadi paket wisata yang sangat komplit. Tidak puas dengan hanya menyediakan view taman saja, pengunjung yang datang juga bisa menikmati keindahan pantai dan pulau yang berada di dekat area taman ini. Salah satu yang paling terkenal adalah pulau kecil di bawah taman yang bernama Pulau Putra.

Di waktu pagi dan sore hari, wisatawan dapat melihat jejeran kapal nelayan di sekitaran kawasan bibir pantai yang baru saja pulang dari melaut. Pemandangan semacam ini juga bisa dilihat di malam hari, namun pencahayaan akan kurang, karena kondisi yang sudah gelap. Jejeran kapal nelayan tadi dapat menjadi spot foto menarik dari ketinggian taman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Habibie

Alamat Taman Habibie
Image Credit: Google Maps (M. Bernhard Simanjuntak)

Taman Habibie Tangga Seribu merupakan destinasi wisata alam yang berada di kawasan Kota Batam. Lokasi tepatnya berada di Kelurahan Tanjungpiring, masuk Kecamatan Sekupang, Pulau Batam, Riau. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata ini, akses jalan yang tersedia sudah cukup bagus dan memadai.

Lokasi taman ini tidak terlalu jauh dari pusat kota. Ini menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki wisata Batam satu ini. Wisatawan bisa berangkat dari kawasan Nagoya dengan menempuh waktu perjalanan paling lama 30 menit perjalanan. Anda akan melewati kawasan yang strategis untuk bisa sampai di lokasi objek wisata.

Kekurangannya, meski jalan yang dilewati tergolong strategis dan ramai, hingga saat ini belum terdapat angkutan umum sejenis angkutan atau lainnya yang bisa membawa wisatawan menuju lokasi taman. Jalanan untuk menuju taman masih tergolong sepi. Pinggiran jalan pun lebih didominasi oleh hutan lindung yang ada di sana.

Maka dari itu, disarankan bagi Anda ataupun wisatawan lainnya yang ingin mendatangi kawasan Taman Habibie, sebaiknya membawa kendaraan pribadi. Akan lebih baik pula jika Anda berlibur bersama dengan para rombongan untuk meminimalisir kendala-kendala selama di perjalanan. Bawa juga peralatan keselamatan dini untuk berjaga-jaga.

Harga Tiket Masuk Taman Habibie Tangga Seribu

Harga Tiket Taman Habibie
Image Credit: Kompasiana.com

Tidak jauh berbeda dengan tempat-tempat wisata pada umumnya, pengelola Taman Habibie Tangga Seribu juga memberlakukan tiket masuk. Biaya tiket masuk pun terbilang murah dan sangat terjangkau. Dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 10.000,00 tiap satu motor, wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan taman yang menawan.

Untuk biaya masuknya sendiri sebenarnya hanya Rp 2.000,00 per orangnya. Sedang biaya Rp 10.000,00 di atas sudah termasuk biaya parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan bermotor. Kendaraan roda empat pun juga dikenai biaya parkir, biaya tersebut biasanya berkisar antara Rp 5.000,00 sampai dengan Rp 10.000,00 untuk satu mobil.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Wisata Habibie

Kegiatan di Taman Wisata Habibie
Image Credit: Google Maps (Mas Endra)

1. Hunting Foto Keren

Berkunjung ke sebuah tempat wisata, lalu mengabadikannya lewat sebuah foto atau gambar sudah menjadi budaya wajib yang selalu dilakukan setiap wisatawan. Saat berada di Taman Habibie pun, sangat sayang jika wisatawan tidak memanfaatkan spot-spot foto buatan maupun alami yang berada di wisata Batam ini.

Meski kawasannya hanya sebuah taman dengan sisa-sisa puing, ini akan menjadi spot foto tersendiri. Wisatawan yang datang bisa memanfaatkannya sebagai tempat foto yang unik dan klasik. Selain itu, wisatawan juga bisa berfoto di kursi yang banyak disediakan di tiap sudut taman. Pilihlah angle yang tepat agar foto Anda terlihat cantik dan natural, ya.

2. Menikmati Keindahan Pemandangan Alam

Sudah menjadi rahasia umum jika letak Taman Habibie berada di ketinggian. Dengan menaiki beberapa tangga, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang sangat alami dari ketinggian tersebut. Wisatawan yang datang bisa menikmati indahnya perairan pantai yang jernih dengan putihnya pasir yang menawan dan pulau kecil yang ada di sana.

Pastinya, suasana semacam ini akan sangat jarang ditemui di kawasan perkotaan. Untuk itu, bagi Anda yang berasal dari kawasan perkotaan, Anda bisa mengunjungi taman kebanggaan Batam ini, untuk melepas penat selama beraktivitas di area perkotaan. Suasana semacam ini pasti akan menciptakan ketenangan dan kenyamanan.

Kegiatan Menarik di Taman Wisata Habibie
Image Credit: Google Maps (Backpacker Kawah Ijen)

3. Menyaksikan Indahnya Pulau Putra

Salah satu destinasi wisata terkenal yang berada tidak jauh dari area taman adalah Pulau Putra. Pulau kecil yang diberi nama Putra ini, merupakan pulau yang berada di kawasan bawah taman ini. Keindahan Pulau Putra akan semakin terpancar ketika wisatawan melihatnya langsung dari area taman.

Bagi wisatawan yang menyukai dunia fotografi dan menyukai membidik panorama alam, Taman Habibie sangat cocok dijadikan sebagai waiting list atau referensi penyuka fotografi. Berbagai jenis destinasi, hingga spot-spot foto yang menarik, akan dengan mudah Anda temukan selama menghabiskan waktu liburan di taman satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Habibie Tangga Seribu

Fasilitas di Taman Habibie Tangga Seribu
Image Credit: Facebook.com @nuritaaslinda.bintimahalil

Berbagai fasilitas bisa wisatawan nikmati selama berlibur ke wisata Taman Habibie Tangga Seribu. Pengelola taman menyediakan berbagai jenis permainan bagi anak-anak, seperti ayunan. Wisatawan bisa memainkannya bersama dengan keluarga. Ayunan di sana pun juga masih sangat tradisional dengan menjadikan ban bekas sebagai dudukan.

Permainan semacam ini akan membuat wisatawan bernostalgia tentang asyiknya masa kecil dulu yang suka bermain-main. Selain permainan anak, pengelola juga menyediakan kursi santai yang hampir diletakkan di seluruh area taman. Wisatawan tentu akan dibuat nyaman dan semakin betah selama berada di wisata taman Batam ini.

Fasilitas pendukung, seperti ketersediaan lahan parkir sudah cukup luas. Tempat ibadah pun juga disediakan dengan sedemikian rupa agar wisatawan tetap bisa beribadah. Di sekitaran area pun juga banyak rumah makan yang memang disediakan. Dijamin wisatawan yang datang akan puas dan betah selama berlibur di taman cantik ini.

Spot foto yang disediakan pengelola taman juga sangat menarik dan luar biasa indahnya. Spot foto tersebut masih terus dikembangkan untuk terus menarik minat wisatawan yang datang berkunjung. Diharapkan dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, membuat taman di kawasan Batam ini semakin banyak dikenal masyarakat luar.

Informasi singkat mengenai Taman Habibie Tangga Seribu di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih wisata tersebut sebagai destinasi liburan Anda. Rencanakan liburan Anda dengan matang, mengingat betapa pentingnya membawa kendaraan pribadi karena belum adanya ketersediaan angkutan umum yang bisa dimanfaatkan wisatawan.