Air Terjun Guruh Gemurai, Air Terjun Indah dengan 7 Tingkatan di Riau

Air Terjun Guruh Gemurai, Air Terjun Indah dengan 7 Tingkatan di Riau
Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Riau.

Banyaknya tugas kerja beserta presentasi yang hampir setiap pagi anda persiapkan tentu akan membuat pikiran menjadi stress. Belum lagi ditambah suara klakson mobil dan motor yang berlalu-lalang di jalanan semakin menambah ruwet pikiran. Dengan perpaduan ini pastinya anda sangat menginginkan berlibur di tengah keasrian alam. Tidak perlu jauh-jauh, hanya perlu berkunjung ke Air Terjun Guruh Gemurai.

Air terjun ini memiliki tingkatan air sebanyak tujuh dengan berbagai ketinggian yang berbeda di tiap masing-masing tingkat. Bagian bawah dari air terjun ini berbentuk layaknya kolam renang dengan airnya yang berasal dari air terjun. Suasana yang asri karena tempatnya dikelilingi pohon akan memanjakan para pengunjungnya. Suasana asri ini pun akan menciptakan udara sejuk di sekitarnya.

Air Terjun Guruh Gemurai berlokasi di Kuantan Singingi. Hampir semua masyarakat sekitar mengenal nama air terjun satu ini. Pasalnya pesona yang ditampilkan menjadikannya populer di kalangan masyarakat Pekanbaru. Sehingga jika saja wisatawan tersesat ataupun tidak tahu arah jalan menuju ke lokasi ini, cukup tanyakan saja pada masyarakat sekitar. Mereka akan mengarahkan jalan menuju air terjun tujuan.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Guruh Gemurai

Daya Tarik Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Instagram.com @novri_pci

Pesona memukau yang disajikan oleh air terjun ini membuatnya santer terdengar di telinga masyarakat Pekanbaru. Mulai dari kalangan muda-mudi hingga generasi 90-an kerap mencatat nama air terjun ini dalam daftar destinasi wisata. Jadi, sudah tidak ada keraguan lagi untuk melewatkannya. Belum lagi jika didukung oleh beragam daya tarik yang dimilikinya. Berikut rinciannya.

1. Air Terjun yang Memukau

Berdasarkan namanya, air terjun ini berasal dari kata Guruh dan Gemurai. Guruh berarti bunyi dan gemurai berarti percikan air yang berserakan. Persis seperti namanya, wisatawan akan menemukan air terjun tujuh tingkat lengkap dengan suara gemuruh airnya. Suara gemuruh air ini terlihat sangat kontras dengan buih putih yang jatuh dari atas ketinggian. Bagaimana, begitu memukau bukan air terjunnya?

Air terjun Guruh Gemurai ini mengalirkan air dari ketinggian sekitar 20 meter. Sehingga tidak heran kalau dalam radius setengah kilometer saja gemuruh dari airnya dapat terdengar dengan jelas. Layaknya lonceng yang memanggil para domba untuk datang begitulah gemuruh air terjun ini yang bisa menarik banyak wisatawan untuk datang.

2. Kolam Renang di Bagian Bawahnya

Banyaknya kubik air yang mengalir dari ketinggian 20 meter ini berujung di bagian bawahnya yang turut menjadi daya tarik para pengunjung. Pada bagian bawah ini terdapat tampungan air yang sekilas berbentuk seperti kolam renang. Segarnya air yang mengalir akan berada disini. Tidak hanya segar, aliran air yang ditampung dibagian ini pun sangatlah bersih dengan warna airnya yang jernih. Segar!

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Instagram.com @novri_pci

Banyak wisatawan yang berkumpul di kolam renang yang berasal dari tampungan airnya ini. Bukan hanya karena segar dan jernihnya air yang dialirkan tetapi juga dekorasi alam berupa pepohonan dibagian sisi kanan dan kirinya. Sehingga jangan heran kalau banyak wisatawan yang lebih memilih untuk menghabiskan waktunya di area ini selama berwisata disini. Bagaimana dengan anda, tertarik?

3. Udara Sejuk yang Mengelilingi

Hampir setiap air terjun berlokasi di rimbunan pepohonan. Seperti halnya Air Terjun Guruh Gemurai ini yang lokasinya dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan. Warna hijau pun menjadi dominan disini. Bayangkan saja bagaimana rasanya memandang perpaduan antara warna hijau dari pepohonan dan warna putih dari buih air terjun. Tentu sangat menakjubkan bukan. Bagaimana, apakah sudah tertarik?

Jika belum tertarik, wisatawan dapat mengimbangkannya dengan keberadaan gazebo disini. Gazebo yang dilengkapi oleh view air terjun serta udara sejuk tentu sangat menarik untuk dijadikan area bersantai. Jadi, apakah anda sudah terpikir untuk menghabiskan liburan di salah satu destinasi wisata populer asal Pekanbaru ini? Jika iya, berikut ulasan selanjutnya!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat air terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Facebook.com @isfa.rinaldo

Bagi wisatawan yang sudah tidak kuat lagi merasakan suntuknya pekerjaan bisa memilih air terjun ini sebagai tujuan wisata. Air Terjun Guruh Gemurai berlokasi di Provinsi Riau tepatnya di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Kecamatan Kuantan Mudik dan di Desa Kasang. Jarak air terjun dari pusat Kota Kuansing berkisar antara 30 km. Kemudian menuju ke arah Kiliran Jao yang berbatasan dengan Sumbar.

Dari arah Pekanbaru, wisatawan membutuhkan waktu sekitar empat jam dengan perjalanan darat menggunakan kendaraan beroda empat seperti mobil pribadi. Air terjun ini berlokasi dekat pinggir jalan lintas Kuansing-Kiliran Jao. Dengan jarak sekitar 3 km dari pinggir jalan. Akses jalan yang akan dilalui tidak perlu dikhawatirkan karena wisatawan tidak akan menemukan jalanan yang berlubang pun berbatu.

Wisatawan bisa langsung menuju ke arah Kiliran Jao kemudian lanjutkan perjalanan hingga menemui Pasar Lumbuk Jambi. Setelah menemui pasar ini, wisatawan dapat meneruskan perjalanan sampai menjumpai jalan yang bersimpang dua. Dengan mengambil arah kiri, akan membawa wisatawan menuju area Desa Koto. Di area ini, wisatawan harus berhati-hati karena jalanannya yang cenderung menanjak.

Setelah berjalan selama 15 menit dari Desa Koto, wisatawan akan menemukan gerbang berukuran cukup besar yang bertuliskan “Selamat Datang di Objek Wisata Air Terjun Guruh Gemurai”. Lokasi gerbang ini berada di pinggir jalan sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukan gerbangnya. Jadi tidak perlu khawatir salah jalan. Ditambah lagi dengan tempatnya yang cukup populer disini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Google Maps (TW)

Tidak perlu banting tulang hingga larut malam demi berkunjung kesini. Dengan harga tiket masuk yang relatif murah, wisatawan sudah bisa menyaksikan pesona daya tarik yang ditampilkan oleh air terjun ini. Harga tiket masuknya yang murah pun tidak akan membebani para wisatawannya terlebih para wisatawan yang ingin mencari ketenangan wisata berkonsep alam. Begitu memikat untuk disambangi.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 4.000 sebagai tiket masuknya dan biaya masuk kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk motor, Rp 4.000 untuk mobil wisatawan akan mendapatkan liburan ditemani oleh asrinya suasana alam. Layaknya paket liburan lengkap mulai dari pemandangan air terjun, kolam renang segar, hingga udara sejuk akan wisatawan dapatkan hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 4.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun

Aktivitas Seru di Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Twitter.com @PromoRiau

1. Mengabadikan Momen di Depan Air Terjun

Indahnya aliran air yang dijatuhkan dari ketinggian 20 meter ini bisa jadi ide menarik untuk mengabadikan momen. Wisatawan bisa berpose di depan air terjunnya lalu memotret beberapa foto. Foto yang dipotret disini akan menghasilkan kesan yang asri serta menyejukkan karena ada tambahan pepohonan hijau dibagian sisinya. Wisatawan pun bisa hanya sekedar memotret setiap sudut dari tempat ini.

2. Berenang di Tampungan Air Terjunnya

Bagian bawah dari aliran air terjun ini menampung aliran air yang berbentuk layaknya kolam renang. Tidak hanya itu, tampungan ini juga berfungsi seperti kolam renang. Wisatawan bisa berenang ataupun hanya sekedar bermain air disini. Air terjunnya yang mengalirkan air jernih akan sangat aman jika dimainkan. Kesegaran pun dapat anda rasakan ketika bermain air disini. Namun harus tetap berhati-hati.

3. Bersantai di Tengah Rimbunan Pepohonan

Udara sejuk yang menyelimuti kawasan wisata Guruh Gemurai sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat bersantai. Wisatawan yang berkunjung bisa merasakan bersantai yang sesungguhnya jika dilakukan disini karena ada tambahan berupa gazebo. Di gazebo ini, wisatawan bisa duduk diatasnya sembari menikmati suasana air terjun sembari menenangkan pikiran. Rasa penat pun seketika hilang.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Guruh Gemurai

Rute Lokasi Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Google Maps (Joram Simanjuntak)

Lokasi wisata yang menyajikan keindahan rasanya kurang lengkap jika tidak disertai dengan fasilitas yang memadai. Bahkan menurut sebagian pendaapat orang, sebuah obyek wisata yang tidak memiliki fasilitas yang memadai akan menjadi penghambat untuk berencana datang ke obyek wisata tersebut. Akan tetapi, wisatawan bisa mendapatkan kedua hal itu jika berkunjung ke Air Terjun Guruh Gemurai.

Walaupun lokasinya terlihat seperti berada di rimbun pepohonan, fasilitas seperti mushola tersedia disini. Mushola ini bisa wisatawan manfaatkan untuk menunaikan kewajiban sebagai umat muslim. Gazebo yang berukuran cukup besar juga bisa wisatawan manfaatkan untuk bersantai bersama keluarga. Gazebo ini memiliki pemandangan air terjun yang lengkap dengan pepohonan rimbunnya. Tertarik?

Untuk wisatawan yang sudah berenang ataupun bermain air bisa mengganti bajunya di kamar ganti. Kamar ganti ini juga bisa wisatawan manfaatkan untuk berkaca ataupun sekedar membenarkan posisi pakaian. Selain itu, tersedia juga fasilitas warung yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman. Warung ini dikelola sendiri oleh masyarakat setempat jadi sudah pasti harga akan bersahabat.

Melepas penat dari kesibukan pekerjaan di air terjun ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Sajian alam yang disuguhkan dapat seketika menghilangkan pikiran stress yang telah berkumpul di kepala. Selain dapat menghilangkan stress, wisatawan juga bisa mendapatkan momen liburan yang begitu bermakna. Ayo berkunjung ke Air Terjun Guruh Gemurai!