Sumatra Selatan

10 Restoran & Tempat Makan di Lubuklinggau yang Paling Enak

Lubuklinggau terkenal dengan olahan kuliner khas yang enak dan menggugah selera. Inilah daftar restoran dan tempat makan di Lubuklinggau yang wajib Anda singgahi saat berkunjung.

Lubuklinggau yang berlokasi di Provinsi Sumatra Selatan terkenal kaya dengan olahan kuliner yang menggugah selera seperti pindang, sambal kabau, ayam teciyet, tempoyak dan ikan salai. Bukan hanya itu saja, masih banyak kuliner lain andalan Lubuklinggau yang terkenal di kalangan para wisatawan. Selain karena bumbunya mantap, tempat makannya juga tersedia cukup banyak.

Banyaknya tempat makan bisa membuat wisatawan ataupun pecinta kuliner bingung dalam memilih. Jadi harus pandai-pandai mencari referensi restoran dan tempat makan yang sesuai saat dikunjungi, agar tidak kapok dan menyesal. Jika mendapat tempat yang tepat dengan rasa makanan yang enak, maka dijamin agenda kulineran akan membekas manis di hati.

Kepuasan seseorang pada suatu tempat makan dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya kebersihan tempat, harga, pelayanan dari pengelola dan rasa. Dari keempat hal tersebut, faktor rasa makanan paling diutamakan, karena orang pergi ke restoran tujuan utamanya adalah makan. Berikut rekomendasi restoran dan tempat makan di Lubuklinggau yang paling enak dan favorit wisatawan.

1. Nasi Bakar 88

Nasi Bakar 88

Image Credit: Tripadvisor.com

Tempat makan pertama yang terkenal di Lubuklinggau adalah Nasi Bakar 88. Letaknya terbilang sangat strategis, berada di pinggir jalan raya, sehingga mudah diakses dengan berbagai moda transportasi.

Varian menu yang diberikan sungguh beragam dan lengkap. Menu spesialnya nasi bakar, tetapi ada juga aneka masakan ikan, cumi, ayam, udang, jamur, iga, bebek burung puyuh, rendang serta aneka olahan nasi dan sayuran yang bisa dipilih. Menu minuman dan camilan juga lengkap dengan harga terjangkau.

Meskipun di awal nampak kecil, tapi setelah masuk, ternyata area di belakang luas sekali. Selain ada area lesehan dan area makan dengan kursi, ada pula saung dengan nuansa outdoor dibuat di sebelah bawah tempat makan. Di bagian dinding area indoor dilukis pemandangan alam yang indah untuk memanjakan mata pengunjung serta disediakan tempat untuk karaoke dan games.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.08 Rt.02, Taba Koji, Kec. Lubuk Linggau Timur II, Kota Lubuklinggau.

2. DapurKito

DapurKito

Image Credit: Facebook.com @mieayamdapurkito

Warung makan DapurKito menyediakan beragam menu mie ayam seperti pangsit, jamur dan bakso goreng. Selain itu ada mie goreng, nasi tim, bubur ayam, bihun, nasi uduk, nasi kuning, mie kangkung dan juga menu khas Lubuklinggau. Harganya bisa dipastikan sangat terjangkau di kantong.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Lubuklinggau yang Paling Populer

DapurKito buka dari jam 06.30 WIB hingga 17.00 WIB. Cocok bagi wisatawan yang mencari menu sarapan untuk amunisi selama berpetualang di Lubuklinggau. Tempatnya cukup klasik dan asyik untuk ngobrol meskipun tidak terlalu luas. Hiasan di dinding dan penataan yang baik membuat tempat ini nyaman dikunjungi.

Bagi pengunjung yang ingin membawa pulang dan memasak sendiri di rumah juga bisa. DapurKito menawarkan paket mie ayam yang bisa dibawa pulang dan disimpan untuk di masak di kemudian hari. Satu paket original berisi mie mentah, sawi, topping, irisan daun bawang, racikan bumbu, cabe dan kaldu.

Lokasi: Taba Jemekeh, Kec. Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuklinggau.

3. Laraso Cafe & Resto

Laraso Cafe & Resto

Image Credit: Google Maps (Try Aji Utama)

Tempat makan paling recommended selanjutnya adalah Laraso Café & Resto. Mulai buka jam 10.00 WIB dan tutup pada jam 23.00 WIIB setiap hari senin sampai minggu. Tempat ini menyajikan makanan enak dan lezat di Lubuklinggau dalam berbagai daftar menu. Tersedia pula beragam jenis minuman kopi untuk para penyuka kopi.

Dekorasi cantik dan sangat fotogenik cocok dijadikan latar foto pengunjung. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap dan pelayanannya memuaskan.

Lokasi: Jl. Trans Sumatera Lahat, Taba Jemekeh, Kec. Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuklinggau.

4. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking

Image Credit: Instagram.com @filipuswawan

Suasana alam yang kental bisa dirasakan saat menjejakkan kaki di Gubug Makan Mang Engking. Berjajar gubuk-gubuk dengan desain cantik mengelilingi kolam ikan yang luas. Saat petang tiba, nyala lampu kuning menghiasi gubuk sehingga memberi kesan romantis.

Menu paling laris yaitu udang bakar madu dan pindang ogan sungai. Adapula menu lain seperti kepiting, gurami, cumi-cumi dan ayam. Minumannya pun juga tersedia lengkap.

Selain untuk bersantap ria, para pengunjung juga bisa bermain bebek air, bola air dan terapi ikan di kolam. Tempatnya yang luas bisa dijadikan lokasi reuni dan kumpul keluarga.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Siring Agung, Kec. Lubuk Linggau Selatan II, Kota Lubuklinggau.

5. Rumah Makan Pagi Sore

Rumah Makan Pagi Sore

Image Credit: Pergikuliner.com

Tak perlu khawatir mencari tempat makan yang menyediakan masakan minang di daerah Lubuklinggau. Hadir Rumah Makan Pagi Sore yang menyediakan beragam menu khas minang yang cocok di lidah. Tidak hanya menu minang, bahkan tomyam seafood dan tomyam ayam juga ada.

BACA JUGA:  8 Wisata Kuliner di Muara Enim yang Murah & Enak

Nuansa alam diciptakan di rumah makan ini, sehingga pengunjung semakin lahap menikmati hidangan berteman dengan gemericik air sungai dan menghirup udara segar. Tersedia juga tempat lesehan dan gubuk yang mengarah ke sungai untuk menambah kesan asri dan nyaman.

Wisatawan yang datang semakin dimanjakan oleh pelayanan paripurna dan harga yang sangat terjangkau. Diberikan pula berbagai fasilitas penunjang untuk pengunjung.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera No.595, Ps. Satelit, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

6. Pondok Sempurna

Pondok Sempurna

Image Credit: Saung-sempurna.business.site

Tempat makan dengan gaya modern berpadu dengan pesona pedesaan ditampilkan dalam Pondok Sempurna. Hamparan sawah terbentang di depan mata disertai deburan angin segar.

Menu khas Lubuklinggau menjadi primadona di tempat ini. Setiap menu dimasak dengan bumbu pilihan dan cita rasa terbaik. Olahan seafood juga ada sebagai alternatif bagi pengunjung.

Harganya cukup murah dan sangat direkomendasikan. Tempatnya juga bersih dan luas, ditambah lagi pelayan memberikan layanan dengan ramah.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Karang Ketuan, Kec. Lubuk Linggau Selatan II, Kota Lubuklinggau.

7. Pempek dan Mie Celor A08

Pempek dan Mie Celor A08

Image Credit: Warung-pempek-mie-celor-a08.business.site

Tempat makan ini berdiri sejak 2008. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Lubuklinggau dan rindu masakan Palembang, tempat ini adalah jawabannya. Olahan pempek dan mie celor menjadi idola warga sekitar.

Jam bukanya dimulai dari jam 08.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap harinya. Jika wisatawan mencari oleh-oleh khas Lubuklinggau tersedia juga di etalase depan warung, tinggal dipilih mana yang akan dibeli sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Tempatnya nyaman dan cocok untuk makan bersama keluarga. Letaknya juga bisa dijangkau dengan mudah karena lokasinya ada di tengah Kota Lubuklinggau. Adapula pilihan menu lain yang enak dengan harga yang sangat bersahabat.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Taba Jemekeh, Kec. Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuklinggau.

8. Seafood Anggraeni

Seafood Anggraeni

Image Credit: Seafood-anggraeni.business.site

Letaknya di sekitar jalan raya membuatnya mudah diakses siapa saja. Bisa didatangi mulai jam 07.00 WIB setiap hari dari senin sampai minggu. Tempatnya terkenal bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Referensi terbaik menyantap seafood di Lubuklinggau, dengan menu yang beraneka macam seperti lobster, kepiting saos, ikan bakar dan goreng, cumi serta olahan seafood lainnya. Di luar menu tersebut ada juga menu ayam goreng, ayam bakar, pecel lele dan bebek yang tak kalah enaknya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ada juga beragam capcay dan sayur-sayuran serta camilan. Untuk menambah kesegaran tubuh bisa memesan es kelapa muda atau jenis minuman lain yang bisa menghilangkan dahaga. Liburan di akhir pekan akan terasa semakin lengkap.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Jawa Kiri, Kec. Lubuk Linggau Timur II, Kota Lubuklinggau.

9. Dapur Nenek Restaurant

Dapur Nenek Restaurant

Image Credit: Foursquare.com

Dapur Nenek Restaurant berdiri sejak tahun 2011. Tempatnya sangat asri dan dikelilingi tumbuhan hijau dan kolam ikan. Lebih asyik dikunjungi dengan anak-anak kecil, karena di dalam kolam ada ikan cantik dan kelinci yang imut-imut. Tempatnya juga luas, sehingga anak akan leluasa untuk bermain.

Ada gazebo yang dibuat di luar ruangan supaya pengunjung bisa menikmati hidangan sambil menghirup udara segar dan melihat hijaunya tanaman di area restoran. Pemandangan indah di luar benar-benar memanjakan mata pengunjung. Tempat ini buka dari jam 10.00 – 12.00 WIB setiap senin sampai minggu, jadi cocok dijadikan tempat melepas lelah bersama keluarga.

Pelayanan di Dapur Nenek Restaurant sangat baik dan ramah. Disamping itu ada berbagai fasilitas yang diberikan seperti area parkir yang luas, mushola, toilet serta ruang serba guna. Jangan khawatir, sebab semua makanan dimasak dengan baik sehingga terasa enak dan membuat ketagihan.

Lokasi: Jl. Garuda Merah, Lorong Pertiwa, Ps. Permiri, Kec. Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

10. Daily Dose Bistro & Kitchen

Daily Dose Bistro & Kitchen

Image Credit: Facebook.com (Daily Dose Bistro & Kitchen)

Restoran bergaya modern ini buka setiap hari, mulai jam 11.00 WIB pada hari senin sampai Kamis dan jam 07.00 WIB pada hari Jum’at hingga Sabtu. Desainnya yang bagus dan unik membuatnya nampak instagramable. Penyuka fotografi dan selfi akan termanjakan ketika berada di restoran ini.

Menu yang disajikan ada beragam, meliputi masakan seafood, ayam, pasta dan olahan masakan modern lainnya. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berbeda saat ke Lubuklinggau bisa singgah di tempat ini.

Selain makanan berat, tersedia pula camilan dan aneka kopi yang sedap. Tempatnya bersih dan terbilang cukup luas. Cocok dijadikan tempat untuk mengobrol atau membicarakan project-project tertentu dengan rekan kerja. Harganya pun tidak akan menguras isi kantong.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 9 G-H, Watervang, Kec. Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuklinggau.

Itulah daftar restoran dan tempat makan favorit di Lubuklinggau yang paling enak dan populer di kalangan wisatawan dan warga sekitar. Semua tempat makan memiliki karakteristik sendiri-sendiri dengan desain yang cantik. Enak dan lezatnya makanan, bersihnya tempat makan, dan beragam fasilitas yang diberikan menjadi kelebihan tersendiri dari daftar di atas.