Sumatra Utara

10 Restoran & Tempat Makan di Samosir yang Paling Enak

Daya pikat alam dan kekhasan wisata kuliner Samosir memang sangat kuat. Inilah daftar restoran dan tempat makan terbaik di Samosir yang menarik dikunjungi untuk menikmati makanan khas.

Samosir merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Samosir tentu tidak asing lagi di telinga Anda karena memiliki popularitas yang cukup luar biasa. Hal itu dikarenakan oleh keindahan bentang alam Samosir dan lekatnya kebudayaan yang terus terpelihara hingga saat ini. Kedua dimensi tersebut adalah daya pikat Samosir yang tak terbantahkan.

Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi keindahan bentang alam Samosir yang luar biasa. Geliat pariwisata di Samosir juga terus mengalami kemajuan. Satu hal yang paling menarik adalah bahwa Pulau Samosir berada di tengah-tengah Danau Toba. Oleh sebab itu, wisata Danau Toba menjadi ikon yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi.

Namun demikian, sejumlah wisata lainnya terus dikembangkan dan tak kalah menarik perhatian para wisatawan. Di samping itu, memanjakan diri dengan keindahan alam tampaknya tidak lengkap jika tidak diimbangi dengan memanjakan lidah Anda dengan kelezatan kulinernya. Berikut daftar restoran dan tempat makan terbaik di Samosir yang wajib Anda kunjungi.

1. Jenny’s Restaurant

Jenny’s Restaurant

Image Credit: Tripadvisor.com

Jenny’s Restaurant adalah rekomendasi pertama restoran yang harus Anda kunjungi. Jenny’s Restaurant memiliki lokasi yang sangat strategis karena sangat dekat dengan Danau Toba. Oleh sebab itu, setelah melalui petualangan asyik di Danau Toba, sangat tepat jika Anda memilih ke Jenny’s Restaurant untuk mengisi kekosongan perut.

Jika dilihat dari luar, bangunan Jenny’s Restaurant tampak biasa saja dengan plang nama restoran yang terbuat dari kayu. Namun, ketika Anda memasuki bagian dalam ruangannya, Anda akan terpesona melihat bangunan yang didominasi oleh kayu. Anda juga akan disambut hangat oleh pemilik restoran yang bernama, Jenny.

Menu yang wajib Anda coba adalah ikan bakar ala Jenny’s Restaurant. Menu ikan bakar menjadi yang paling difavoritkan karena rasanya yang memang sangat enak. Selain ikan bakar, Jenny’s Restaurant juga menyediakan berbagai menu lainnya, mulai dari masakan Nusantara hingga mancanegara. Harga yang dibanderol pun relatif terjangkau.

Lokasi: Jl. Lkr. Tuktuk, Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

2. Widya Restaurant

Image Credit: Google Maps (Lim Hooi Fang)

Apabila Anda merupakan seorang pecinta seafood, mengunjungi Widya Restaurant tentu bukan satu hal yang merugikan. Widya Restaurant adalah restoran di sekitar kawasan wisata Danau Toba yang menyediakan menu khusus seafood.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batu Bara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Widya Restaurant memiliki suasana yang nyaman sekaligus sangat menenangkan karena lokasinya yang strategis, yakni sangat dekat dengan Danau Toba. Konsep restoran dari aspek dekorasinya banyak menggunakan furnitur bambu. Adapun menu spesial di restoran ini adalah lobster, ikan bakar, dan barbeque.

Di restoran ini, menu olahan lobster sangat direkomendasikan untuk dicoba. Lobster yang digunakan memiliki ukuran cukup besar dan masih segar, sehingga ketika dipadupadankan dengan racikan bumbu yang khas menghasilkan cita rasa yang sangat mantap.

Lokasi: Jl. Lkr. Tuktuk No.Kelurahan, Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

3. Rumah Makan Islam Mami Tempo

Rumah Makan Islam Mami Tempo

Image Credit: Google Maps (abg deep)

Rumah Makan Mami Tempo adalah rumah makan dengan menu yang serba halal bagi umat Muslim. Jika Anda ingin memastikan semua makanan yang dimakan termasuk dalam kategori halal, maka Rumah Makan Mami Tempo adalah pilihannya. Lokasinya juga tidak kalah strategis karena masih terletak di sekitaran Danau Toba.

Rumah Makan Mami Tempo sangat direkomendasikan karena menyediakan masakan yang sangat enak. Satu hal yang menarik, semua menu yang tersedia akan dimasak ketika dipesan. Oleh sebab itu, cita rasa yang diperoleh sangat nikmat. Terlebih, harga yang disediakan juga tidak membuat kantong Anda kering.

Menu yang wajib Anda cicipi adalah ayam penyetnya. Ayam penyet di restoran ini memiliki rasa yang sangat lezat. Selain itu, ukuran ayam yang digunakan dengan harga yang bersahabat terbilang cukup besar. Perpaduan antara ayam dan sambal penyetnya akan membuat Anda ingin menambah porsi!

Lokasi: Jl. Lkr. Tuktuk, Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

4. Today’s Café

Today’s Café

Image Credit: Google Maps (Sunny Yang)

Rekomendasi selanjutnya adalah Today’s Cafe. Today’s Cafe sangat cocok Anda kunjungi bersama kerabat terdekat dan menghabiskan lebih banyak waktu sambil ditemani sajian yang enak. Today’s Cafe menawarkan kenyamanan tempat dan kelezatan makanan yang disajikan untuk merealisasikan itu.

Today’s Cafe memiliki konsep desain interior vintage. Hal itu tampak dari furnitur yang digunakan, yaitu furnitur orang Indonesia zaman dulu. Salah satu contohnya adalah penggunaan kursi dan meja yang terbuat dari kayu dan sebagian terbuat dari rotan. Pokoknya, Anda akan diajak bernostalgia ke era lama.

Kendati begitu, menu yang disajikan justru cukup modern dan bukan makanan tradisional atau semacamnya. Today’s Cafe menyajikan berbagai menu sayuran, menu daging, pasta, pizza, dan sebagainya. Bagi Anda yang vegetarian, datang saja ke Today’s Cafe agar tidak kebingungan mencari menu dengan bahan utama sayuran. Rasanya juga tetap enak kok.

Lokasi: Jl. Lkr. Tuktuk, Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Langkat yang Paling Enak

5. Leo’s Restaurant

Leo’s Restaurant

Image Credit: Tripadvisor.com

Leo’s Restaurant merupakan restoran dengan nuansa yang sangat menyenangkan. Ketika Anda memasuki restoran ini, Anda akan terkagum-kagum dengan tempatnya yang sangat cozy. Tempat ini memiliki tema bangunan tradisional. Di sana, Anda akan menemukan sejumlah pernak-pernik dan benda-benda yang mungkin pernah Anda temui di masa kecil Anda.

Selain tempatnya yang cozy, restoran ini memiliki karyawan yang sangat ramah. Sambutan hangat ketika Anda masuk ke restoran ini akan menambah rasa nyaman Anda saat berada di Leo’s Restaurant. Selain itu, tersedia juga live music yang menyanyikan lagu-lagu tradisional dan lagu berbahasa Batak.

Namun demikian, yang menjadi daya tarik utama tetap terletak pada kelezatan hidangan yang disajikan. Menu yang disajikan sangat bervariasi, tetapi yang paling spesial adalah sambalnya. Sambal di Leo’s Restaurant sangat enak. Rasa pedas, manis, dan asinnya sangat balance, sehingga tercipta kelezatan sambal yang paripurna.

Lokasi: Jl. Lkr. Tuktuk, Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

6. Maruba Restaurant

Maruba Restaurant

Image Credit: Google Maps (LUCAS RUDD)

Jika Anda ingin memanjakan lidah Anda dengan view yang menakjubkan, maka datanglah ke Maruba Restaurant. Di restaurant ini, Anda dapat menikmati masakan yang sangat mantap dengan view hamparan Danau Toba yang indah.

Menu masakan ala Nusantara hingga menu masakan ala western tersedia di restaurant ini. Menu masakan ala Nusantara yang bisa Anda coba, di antaranya gado-gado, cah kangkung, dan sambal tempe. Sementara itu, menu ala western yang juga wajib Anda coba, di antaranya vegetable taco, hawaiian pizza, dan avoccado salad.

Lokasi: Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

7. Orari Restaurant

Orari Restaurant

Image Credit: Google Maps (Ad0a0m Smithy)

Orari Restaurant merupakan restoran yang berhadapan langsung dengan Danau Toba. Tentu saja ini merupakan nilai plus jika Anda berkunjung ke restoran ini. keindahan Danau Toba akan terasa lebih lengkap jika dinikmati dengan rasa makanan yang menggoyang lidah. Bahkan, Anda juga bisa menikmati keindahan Danau Toba ketika momen sunrise dan sunset tiba.

BACA JUGA:  8 Tempat Wisata di Labuhanbatu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Orari Restaurant memiliki menu yang variatif. Apabila Anda ingin menikmati hidangan lokal, Anda bisa memesan menu tradisional, yaitu jahir tombur. Jahir tombur adalah sebutan untuk makanan berbahan dasar ikan mujair yang diberi racikan bumbu tradisional dengan cita rasa yang khas. Namun, sebenarnya restoran ini menyediakan menu utama masakan Eropa.

Lokasi: Jl. Lkr. Tuktuk, Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

8. Buddha’s Café

Buddha’s Café

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Buddha’s Cafe adalah restoran vegan yang berada dekat dengan Danau Toba. View cafe ini juga sangat menarik, sehingga Anda akan merasa sangat betah berlama-lama berada di tempat ini.

Menu yang terdapat di Buddha’s Cafe merupakan menu-menu Indonesia dan western. Namun, menu yang paling direkomendasikan adalah home made ice cream-nya. Rasa ice cream-nya sangat enak meskipun tanpa menggunakan bahan-bahan hewani. Teksturnya pun sangat lembut.

Lokasi: Martoba, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

9. Alyssa Restaurant

Alyssa Restaurant

Image Credit: Google Maps (soon cj)

Alyssa Restaurant juga sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang berwisata ke Danau Toba. Di restoran ini Anda dapat menikmati berbagai sajian western yang sangat enak. Menu yang direkomendasikan adalah babi barbeque dan ikan bakar. Rasanya sangat khas dengan harga yang ramah di kantong.

Di Alyssa Restaurant Anda juga bisa menikmati keindahan panorama Danau Toba. Rumah makan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan dari mancanegara. Selain itu, Alyssa Restaurant sangat cocok menjadi tempat berkumpul bersama keluarga atau kerabat tercinta.

Lokasi: Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

10. Rumah Makan Islam Murni

Rumah Makan Islam Murni

Image Credit: Google Maps (byurmo)

Satu lagi, rumah makan yang direkomendasikan untuk dikunjungi khususnya oleh umat Muslim adalah Rumah Makan Islam Murni. Rumah makan yang legendaris ini menyediakan makanan halal dengan rasa yang tidak kalah enak. Adapun tema restoran ini adalah restoran padang. Sudah terbayang kan masakannya berbalut rempah yang melimpah?

Anda bisa mencoba menu andalan di Rumah Makan Islam Murni, di antaranya sambal kerang, lontong sayur, ayam goreng, dan sayur gulai. Rumah makan ini biasanya selalu ramai pengunjung, terutama pada akhir pekan. Lokasinya juga dekat dengan Musholla, sehingga akan memudahkan bagi Anda umat Muslim yang berkunjung ke rumah makan ini.

Lokasi: Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

Demikian rekomendasi restoran dan tempat makan favorit di Samosir yang harus Anda kunjungi. Bentang alam Samosir yang sangat menakjubkan telah menarik minat wisatawan untuk mengunjungi kabupaten ini. Ternyata, di samping daya pikat alamnya, kekayaan kuliner di Samosir juga turut menjadi aspek pendukung yang memajukan pariwisata Samosir.