Bangka Belitung

10 Tempat Wisata di Bangka Tengah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Bangka Tengah, Bangka Belitung. Destinasi Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Bangka Tengah merupakan satu dari tujuh kabupaten yang ada di Kepulauan Bangka Belitung yang terkenal dengan keindahan alamnya. Lokasinya yang langsung berbatasan dengan laut pun membuat kabupaten yang satu ini memiliki berbagai destinasi wisata yang didominasi oleh pantai yang keindahan alamnya masih terjaga. Selain wisata pantai, Bangka Tengah juga memiliki hutan unik yang kelestariannya masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Kabupaten Bangka Tengah juga menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi oleh para pelancong yang sedang berlibur di Kepulauan Bangka Belitung. Wisata unggulan yang dimiliki oleh kabupaten ini memang pantai dan hutan. Namun belum lengkap jika Anda belum berkunjung ke 10 tempat wisata di Bangka Tengah yang paling hits berikut.

1. Hutan Pelawan

Hutan Pelawan

Image Credit: Republika.co.id

Destinasi pertama yang wajib untuk dikunjungi di Bangka Tengah adalah hutan Pelawan. Mengapa demikian? Karena hutan yang satu ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki hutan lainnya. Hutan Pelawan ini ditumbuhi oleh banyak pohon pelawan, jamur pelawan, dan juga madu pahit. Saat kulit pohon Pelawan ini mengelupas, maka batang pohonnya akan terlihat berwarna merah.

Di hutan ini juga terdapat jembatan kayu yang terbuat dari batang pohon Pelawan yang berwarna merah alami tanpa harus dicat. Jembatan ini juga menjadi daya tarik tersendiri dari hutan pelawan ini. saat berada di hutan ini Anda akan merasakan suasana yang asri dan juga merasa tenang dengan suasananya.

Lokasi: Desa Namang, Kec. Namang, Kab. Bangka Tengah.

2. Pantai Tanjung Berikat

Pantai Tanjung Berikat

Image Credit: Pedomanwisata.com

Nah, jika berbicara soal pantai paling terkenal di Bangka Tengah, jawabannya pasti Pantai Tanjung Berikat. Pantai yang satu ini teretak di Desa Batu Beriga. Karakteristik yang dimiliki oleh pantai yang satu ini adalah tumpukan batu granit yang kokoh berdiri cantik di tepi pantai. Sehingga pesonanya alamnya semakin bertambah.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Paling Terkenal

Pantai Tanjung Berikat juga terkenal dengan hamparan pasit putihnya yang bersih dengan keindahan dan pesona alamnya yang membuat banyak mata terpesona. Oleh sebab itu lokasi ini sering kali dikunjungi oleh para wisatawan dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi jika pergi ke Bangka Tengah.

Lokasi: Batu Beriga, Kec. Lubuk Besar, Kab. Bangka Tengah.

3. Kulong Biru

Destinasi wisata lainnya adalah Kulong Biru. Destinasi wisata yang satu ini tercipta berkat adanya bekas galian tambang. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Bangka Tengah. Meski akses menuju Kulong Biru ini tidak terlalu mudah untuk dikunjngi karena lokasinya yang cukup tersembunyi, akan tetapi tempat yang satu ini juga wajib sekali untuk dikunjungi.

Belum ada petunjuk arah menuju Kulong Biru ini karena memang tempat ini belum dikelola sebagai tempat wisata untuk umum. Akan tetapi banyak orang yang penasaran dengan pesona alamnya. Diberi nama Kulong Biru karena tempat yang satu ini memiliki air yang berwarna biru cerah. Selain itu, gundukan tanah putih semu abu-abu yang mengelilingi danau ini semakin mempercantiknya.

Lokasi: Jl. Raya Desa, Nibung, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

4. Gurun Pelawan

Gurun Pelawan

Image Credit: Redowlicious.com

Gurun Pelawan juga merupakan destinasi wisata yang juga tercipta dari bekas pertambangan timah yang tidak lagi digunakan. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Namang, Bangka Tengah.  Seiring dengan berjalannya waktu, Gurun Pelawan pun beubah menjadi salah satu tempat wisata yang indah dengan hamparan pasir kemerahan serta gundukan tanah liar yang sudah mengeras membentuk bukit pun membuatnya terlihat seperti gurun.

Meskipun terbilang baru, akan tetapi Gurun Pelawan ini merupakan destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Pasalnya Anda bisa merasakan sensasi gurun di tempat yang satu ini dan tidak bisa dirasakan di tempat lain.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Namang, Kec. Namang, Kab. Bangka Tengah.

5. Pulau Gusung Asam

Pulau Gusung Asam

Image Credit: Wisato.id

Tak begitu jauh dari Pulau Ketawai, pulau yang satu ini juga wajib untuk dikunjungi. Namanya adalah Pulang Gusung Asam yang berlokasi di sebelah timur laut Pulau Ketawai. Nama tersebut diambil lantaran pulau yang satu ini terdapat gusung atau gugusan pulau yang muncul akibat adanya sedimentasi saat air laut sedang surut. Jika berbicara soal pemandangan alamnya, pulau yang satu ini akan membuat Anda merasa terpesona dengan panorama laut dan air laut yang berwarna biru bersih.

Selain itu, pasirnya yang berwarna putih eksotis semakin menambah kecantikan gugusan pulau yang satu ini. hingga kini Pulau Gusung Asam ini tetap menjadi sasaran banyak orang yang berkunjung ke Bangka Tengah.

Lokasi: Desa Kurau, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

6. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai

Image Credit: Forsharingknowledge.blogspot.com

Pulau Ketawai merupakan salah satu pulau yang tak boleh terlewatkan. Pasalnya di sini Anda bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa melepas penyu ke laut, bermain voli pantai di sekitar pesisir, atau mungkin hanya ingin menikmati suasana pantai yang memiliki pesona yang sangat indah. Pulau Ketawai sendiri terkenal dengan ombaknya yang bersahabat. Sehingga Anda bisa berenang di pantai dan menghabiskan waktu dengan leluasa di pantai yang masih terjaga kebersihannya ini.

Kegiatan yang paling di sukai oleh para wisatawan di Pulau Ketawai ini adalah kegiatiatan pelepasan penyu ke laut. Karena di pulau ini ada penangkaran penyu sehingga kegiatan yang satu ini sangat digemari dan ditunggu-tunggu. Melepas penyu ke laut ini juga membantu kelestarian penyu agar jumlahnya tetap stabil di alam liar.

Lokasi: Kurau, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

7. Mangrove Munjang

Image Credit: Amp.oppo.baca.co.id

Mangrove Munjang merupakan wisata hutan mangrove yang terkenal dan wajib untuk di kunjungi. Destinasi wisata yang satu ini sebenarnya sama seperti wisata mangrove lainnya, namun yang membedakan adalah adanya spot-spot foto yang menarik sehingga membuatnya banyak menarik banyak wisatawan. Selain itu, udaranya yang segar pun membuat banyak pengunjung yang ingin menghabiskan waktu yang lama di tempat yang satu ini.

BACA JUGA:  12 Wisata Pantai di Belitung yang Paling Hits

Lokasi: Kurau Barat, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

8. Pulau Pelepas

Pulau Pelepas

Image Credit: Popbela.com

Pulau Pelapas merupakan salah satu pulau cantik yang terdapat di Bangka Tengah. Pulau yang satu ini menawarkan keindahan pantai yang sangat asri dan juga bersih. Ditambah lagi dengan mercusuar yang ada di sudut pulau yang satu ini semakin membuatnya bertambah cantik.

Pulau Pelapas memang tidak pernah mengecewakan para pengunjungnya berkat pemandangan alam dan suasana yang memukau disekitarnya.

Lokasi: Desa Pulau Pelepas Kec. Sungai Selan, Kab. Bangka Tengah.

9. Bukit Nunggal

Image Credit: Bwap.co.id

Siapa yang suka menjelajah bukit? Jika Anda suka, maka Anda wajib mengunjungi Bukit Nunggal yang ada di Bangka Tengah ini. bukit ini akan memberikan Anda pemandangan yang indah khas perbukitan. Selain itu, di tempat ini juga ada banyak sekali spot menarik yang bisa digunakan untuk berswafoto dengan latar belakang perbukitan yang indah.

Lokasi: Desa Air Mesu Timur, Kec. Pangkalanbaru, Kab. Bangka Tengah.

10. Air Terjun Sadap

Air Terjun Sadap

Image Credit: Trepelin.com

Bangka Tengah juga memiliki air terjun yang wajib untuk di kunjungi. Namanya adalah Air Terjun Sadap yang berlokasi di Desa Perlang. Meskipun air terjun yang satu ini tak terlalu tinggi, namun keindahan dan pesona alam di sekitar lokasi air terjun ini pasti akan membuat siapa saja merasa tenang dan segar.

Lokasinya yang berada di pelosok pun membuat destinasi yang satu ini akan memberikan Anda cerita yang berkesan.

Lokasi: Desa Perlang, Kec. Lubuk Besar, Kab. Bangka Tengah.

Itulah 10 tempat wisata di Kabupaten Bangka Tengah yang patut Anda kunjungi ketika membutuhkan tujuan liburan yang seru. Semoga bermanfaat!