Aceh

12 Tempat Wisata di Nagan Raya Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Nagan Raya, Provinsi Aceh. Objek Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Nagan Raya adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Aceh. Wilayah ini memiliki luas sekitar 3.362 Km2 dengan jumlah penduduk sekitar 147.037 jiwa. Dengan wilayah yang cukup luas disertai dengan daerah perbukitan dan dataran yang subur, tentu daerah beribukota Suka Makmue ini memiliki destinasi wisata yang akan membuat semua orang berdecak kagum.

Tertarik mengunjungi kabupaten ini? Berikut ulasan 12 tempat wisata di Nagan Raya yang cocok dijadikan destinasi wisata saat liburan tiba.

1. Sungai Krueng Isep

Sungai Krueng Isep

Image Credit: Youtube.com (M Sahidin)

Destinasi wisata yang satu ini cukup murah meriah. Gemericik air yang jernih plus barisan batu yang tersebar rapi secara alami. Banyak batu besar yang ada di sekitar sungai sehingga menambah keindahan alam. Meski debit airnya tidak terlalu banyak namun ikan yang ada di sungai ini cukup banyak. Mungkin karena masih dekat dengan alam sehingga ikan di sini tidak terganggu.

Jika Anda suka memancing, tentu sangat pas berkunjung ke sungai ini. Tinggal mencari aliran yang tenang sehingga ikan yang berenang akan mudah terkena kail pancing.

Lokasi: Jl. Meulaboh – Beutong Ateuh, Pante Ara, Kec. Beutong, Kab. Nagan Raya.

2. Irigasi Jeuram

Irigasi Jeuram

Image Credit: Peminjam.com

Sebuah irigasi yang besar dan luas ini mirip seperti air terjun. Plus dengan debit air yang tinggi membuat irigasi ini menjadi incaran pengunjung untuk wisata gratis. Sesuai dengan fungsinya, sebuah irigasi tentu saja digunakan untuk pengairan sawah dan ladang. Benar saja, meski airnya mengalir terus namun siklusnya tetap ada sepanjang tahun.

Tidak heran jika pertanian di daerah Nagan Raya subur makmur. Anda bisa duduk santai atau selfie di irigasi ini. Hanya saja sebaiknya tidak mandi atau berenang karena akan cukup berbahaya.

Lokasi: Irigasi Jeuram, Kec. Beutong, Kab. Nagan Raya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

3. Alue Batee Puteh

Alue Batee Puteh

Image Credit: wisato.id

Berikutnya ada sebuah tempat indah dengan warna danau biru yang sangat lembut. Ditambah dengan pasir batu putih menjadi sebuah panorama sejuk nan lembut. Sesuai dengan namanya, alue dalam bahasa Aceh artinya rawa sedangkan batee puteh artinya batu putih. Jadi dapat disimpulkan bahwa tempat ini memiliki danau indah plus batu putih yang menarik.

Apabila dikaji lebih dalam, banyak batu unik dan menarik. Selain itu penuh dengan nilai geografis yang sangat langka. Bagi Anda yang menekuni bidang geografis tentu akan tertarik untuk datang ke tempat ini sambil mengamati warna dan jenis batunya.

Lokasi: Batee Puteh, Lamie, Kec. Darul Makmur, Kab. Nagan Raya.

4. Pantai Seunagan

Pantai Seunagan

Image Credit: Ricoheri.blogspot.com

Sebuah pantai indah dengan panorama yang cukup memukau. Pantai ini tidak memiliki pasir putih namun suasananya sangat sejuk dan damai. Meski tiap hari selalu ramai pengunjung namun pantai ini memberikan ketenangan tersendiri bagi pecinta pantai.

Sesuai dengan namanya, sebuah pantai tentu saja riuh dengan suara ombak. Kemudian ditambah dengan pantulan sinar matahari, menjadikan pantai ini lebih hidup dan berkembang. Pengunjung yang suka bermain air biasanya akan datang siang hari atau agak sore sampai menunggu matahari tenggelam.

Lokasi: Kuala Trang, Kec. Kuala Pesisir, Kab, Nagan Raya.

5. Pantai Indah Naga Permai

Pantai Indah Naga Permai

Image Credit: Tempatwisata.pro

Berbeda dengan pantai sebelumnya, tema pantai ini lebih mengarah pada tema kekeluargaan. Tidak heran jika banyak gazebo dan fasilitas permainan umum yang ada di sekitarnya. Meski hanya berupa mainan sederhana seperti ban yang ditanam di tanah atau kuda kayu.

Beragam mainan tersebut memang disediakan secara gratis sesuai tarif masuk biasa. Tidak ada hal istimewa lain dari pantai ini selain tempatnya yang sejuk dan damai.

Lokasi: Suak Puntong, Kec. Kuala Pesisir, Kab. Nagan Raya.

6. Kolam Ikan Johan

Image Credit: Wisataterbaru.net

Hal menarik dari destinasi wisata yang satu ini tentu saja ikannya yang besar dan lengkap. Tidak hanya ukuran nila biasa, namun ukuran kaki orang dewasa juga ada. Beragam ikan tersebut tentu saja akan nikmat jika diolah dengan cara yang benar. Setelah usai memancing, Anda bisa langsung makan ikan tersebut sesuai dengan menu yang dipilih. Langsung makan tanpa memancing terlebih dahulu juga bisa.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pidie Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Destinasi wisata ini cocok untuk liburan keluarga karena semua umur bisa melakukan kegiatan yang sama dalam satu tempat. Tidak perlu repot ekstra pengawasan karena penataan wisata sudah sangat rapi.

Lokasi: Blang Dalam, Kec. Beutong, Kab. Nagan Raya.

7. Taman Ratu Balqis

Taman Ratu Balqis

Image Credit: Seuramoeaceh.com

Ciri khas dari taman ini ialah adanya tugu yang di atasnya ada buah naga dengan ukuran cukup besar. Tugu inilah yang menjadi ikon dari Kota Nagan Raya ini. Banyak fasilitas dan layanan yang bisa Anda dapatkan di kota ini antara lain tempat duduk yang nyaman, sebuah taman yang indah dan lahan parkir yang luas.

Biasanya para pengunjung sering meluangkan waktu untuk duduk santai sambil menikmati ragam kuliner yang ada di sekitar taman ini.

Lokasi: Jl. Poros Utama Kec. Suka Makmue Kab. Nagan Raya.

8. Danau Laut Tadu

Image Credit: Tribunnews.com

Saat membaca nama danau ini apakah yang ada dalam pikiran merupakan danau yang dekat dengan laut? Atau sebuah danau yang airnya berasal dari laut? Tentu bukan, danau ini diambil dari nama daerah lokasi danau ini yakni Gampong Laut Tadu. Sesuai dengan namanya, di tempat ini banyak hal indah dan menakjubkan.

Danau ini memberikan view yang indah dan sejuk. Cukup nyaman jika Anda datang bersama keluarga untuk piknik bersama. Duduk sambil makan bekal dari rumah tentu akan menjadi moment langka yang tidak akan terlupa.

Lokasi: Alue Gajah, Kec. Tadu Raya, Kab. Nagan Raya.

9. Alue Gantung

Image Credit: Greatnesia.id

Dalam bahasa Aceh, istila alue memang bisa digunakan untuk rawa atau danau. Namun bisa juga untuk istilah muara sungai yang aliran airnya ada yang menggenang. Semacam kolam sungai yang cocok untuk berenang. Begitulah layaknya tempat ini ada, hadir dengan nuanasa pulau tak berpenghuni. Sudah pasti akan sangat sepi dan tenang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simeulue Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Meulaboh – Beutong Ateuh, Blang Neuang, Kec. Beutong, Kabupaten Nagan Raya

10. Singgah Mata Beutong

Singgah Mata Beutong

Image Credit: Steemit.com

Datanglah ke area pegunungan ini karena memiliki panorama yang indah dan memukau. Terutama bagi Anda yang suka trekking dan naik gunung. View dari atas bukit sangat asik dan menarik, terutama saat melihat matahari terbit. Apabila memiliki waktu luang cobalah untuk datang ke bukit ini kemudian bermalam sejenak.

Lokasi: Paya Tumpi Baru, Kec. Kebayakan, Kab. Aceh Tengah.

11. Banta Tok Jong

Image Credit: Wasatha.com

Destinasi wisata yang satu ini memberikan panorama indah sekaligus memukau. Selain sungainya yang jernih dengan gemericik yang hangat, ada sebuah jembatan besar yang membuat view tempat ini menjadi lebih memukau. Anda dapat memilih untuk duduk santai dekat jembatan atau memilih duduk diantara batuan dekat sungai.

Biasanya para pengunjung yang datang lebih suka duduk dekat batu besar. Batu tersebut ada di bibir sungai. Garis sungainya sangat indah membuat para pengunjung semangat untuk berfoto.

Lokasi: Blang Baro Rambong, Kec. Beutong, Kab. Nagan Raya.

12. Masjid Gudang Buloh

Masjid Gudang Buloh

Image Credit: Wisato.id

Salah satu masjid terbesar di daerah Nagan Raya adalah Masjid Gudang Buloh. Sesuai dengan namanya, masjid ini memang memiliki luas yang sangat spektakuler. Ruang utama bisa memuat hingga 300 orang lebih. Kemudian ada ruang serambi yang terletak di bagian belakang. Arsitektur bangunan ini juga cukup unik, perpaduan antara budaya Aceh dan budaya Timur Tengah.

Tentu menjadi sebuah pemandangan yang cukup langka. Bagi orang muslim tentu saja wisata religi ke masjid ini akan membawa atmosfer tersendiri yang membuat jiwa terasa lebih tenang dan damai.

Lokasi: Ujung pasi, Kec. Kuala, Kab. Nagan Raya.

Itulah 12 tempat wisata di Nagan Raya yang cocok dijadikan tujuan terbaik saat liburan tiba. Meski termasuk kabupaten baru, namun daerah ini telah menawarkan pesona keindahan alamnya untuk diekplor. Selamat berlibur.