Sumatra Selatan

10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Meski baru diresmikan pada tahun 2013 silam, Ogan Komering Ulu Selatan ternyata memiliki beragam objek wisata yang menarik untuk Anda kunjungi.

Wilayah geografis yang dikelilingi oleh gunung dan sungai menjadikan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sebagai salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Sumatera Selatan. Mulai dari danau, air terjun, gunung, goa, sungai hingga arum jeram semua bisa Anda nikmati di Ogan Komering Ulu Selatan.

Berikut ini 10 tempat wisata di Ogan Komering Ulu Selatan yang patut Anda kunjungi terutama di akhir pekan untuk melepas penat dari kesibukan kerja bersama keluarga dan orang-orang terdekat Anda.

1. Danau Ranau

Danau Ranau

Image Credit: Seminungmount.blogspot.com

Tak perlu jauh-jauh apabila Anda ingin melihat indahnya pemandangan danau di Sumatera Selatan, tinggal datang saja ke Danau Ranau. Danau yang dinobatkan sebagai danau terbesar kedua di setelah Danau Toba ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Hamparan area persawahan, perkebunan kopi, dan cantiknya Gunung Seminung yang menyapa dari kejauhan, dan air danau yang jernih melengkapi wisata akhir pekan Anda bersama keluarga.

Bagian tengah danau, ada pulau kecil bernama Pulau Marisa. Tak jauh dari lokasi Danau Ranau, terdapat pantai buatan bernama Pantai Pelangi yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi Danau Ranau. Meski buatan, sama halnya dengan pantai lainnya, Pantai Pelangi memiliki hamparan pasir putih dan air yang jernih. Banyak wisatawan yang melepas penat dengan berenang di pantai tersebut.

Lokasi: Desa Way Wangi Seminung, Warkuk Ranau Selatan, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

2. Danau Kasmaran

Danau Kasmaran

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Dinamani Danau Kasmaran lantaran adanya sebuah mitos di tengah masyarakat yang menyebut bahwa sejoli yang berkunjung ke danau ini, hubungannya akan awet dan menikah. Selain dijadikan lokasi wisata, Danau Kasmaran digunakan untuk budidaya ikan air tawar oleh penduduk sekitar.

BACA JUGA:  8 Wisata Kuliner di Muara Enim yang Murah & Enak

Ketika Anda berkunjung ke danau ini maka akan terlihat keramba-keramba milik warga dan warga yang memancing ikan. Biasanya selain menikmati panorama alam, Anda juga bisa menyantap makan siang dengan ikan bakar hasil pancingan di lokasi tersebut.

Lokasi: Desa Gemiung, Kec. Buana Pemaca, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

3. Danau Rakihan

Danau Rakihan

Image Credit: Srivijaya.id

Danau Rakihan terletak di Desa Muara Sindang, Sindang Danau, Sumatera Selatan. Dari Kota Muaradua, untuk mencapai lokasi ini Anda harus menempuh jarak sekitar 80 km atau 2 jam perjalanan. Berbeda dengan danau-danau sebelumnya, Danau Rakihan berada di dataran tinggi sehingga memiliki suhu yang sejuk dan dingin.

Keunikan Danau Rakihan ialah dapat berubah warna karena adanya kandungan belerang pada air danau. Setahun sekali, danau ini mengalami fase ‘panen belerang’ sehingga membuat banyak ikan yang hidup di danau tersebut mati. Fenomena tersebut dimanfaatkan warga untuk mengambil ikan dan dijual ke pasar.

Lokasi: Desa Muara Sindang, Kec. Sindang Danau, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

4. Air Terjun Curup Datar

Air Terjun Curup Datar

Image Credit: Buktipers.com

Air Terjun Curup Datar memiliki bentuk yang unik sehingga membuat penasaran para wisatawan. Air terjun setinggi 20meter ini memiliki air terjun kecil yang mengalir di sela-sela bebatuan, sehingga bentuknya menyerupai anak tangga. Anda bisa memanjat anak tangga air terjun tersebut untuk sampai ke puncak.

Pada bagian bawah air terjun ini airnya mengalir pelan sehingga aman bagi anak-anak dan lansia ketika bermain Air Terjun Curup Datar yang terletak di Desa Mehanggin, Kecamatan Muara Dua tersebut.

Lokasi: Desa Mehanggin, Kec. Muara Dua, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

5. Air Terjun Desa Galang Tinggi

Air Terjun Desa Galang Tinggi

Image Credit: Novriadi.com

Air terjun yang terletak di Desa Galang Indah, Kecamatan Makakau Ilir ini belum banyak terjamah oleh manusia. Alamnya masih asri dan natural, sehingga medan yang dilalui untuk sampai ke air terjun ini sedikit lebih terjal dibandingkan dengan lokasi wisata di Oku Selatan lainnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Air Terjun Desa Galang Tinggi ini memiliki keindahan kontur tebing yang untuk dengan aliran air yang deras. Dikelilingi oleh pepohonan rindang dan hawa yang sejuk, akan memanjakan mata Anda ketika berkunjung ke Air Terjun Desa Galang Tinggi.

Lokasi: Desa Galang Indah, Kec. Mekakau Ilir, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

6. Air Terjun Manduriang

Air Terjun Manduriang

Image Credit: Instagram.com @sumar_prastiawan

Air terjun dengan ketinggian 25meter ini memiliki bentuk kerucut yang semakin keatas ia akan semakin mengecil. Dengan tinggi menjulang, Air Terjun Manduriang memberikan pesona luar biasa bagi para pengunjungnya. Air Terjun Manduriang berlokasi di sebuah gua yang dikabarkan sebagai tempat nyepi atau bertapa.

Selain itu, lokasi Air Terjun cantik ini sangat mudah dijangkau, yakni hanya butuh 20 menit berjalan kaki dari lokasi parkir, Anda sudah sampai di Air Terjun Manduriang.

Lokasi: Desa Manduriang, Kec. Ranau Tengah, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

7. Gunung Seminung

Gunung Seminung

Image Credit: Maliquery.wordpress.com

Bagi Anda pecinta olahraga mendaki gunung, berkunjung ke Gunung Seminung menjadi hal yang tepat. Gunung Seminung memiliki tinggi 1881 mdpl dengan kemiringan hampir 90 derajat, sehingga cocok untuk Anda yang menyukai olahraga ekstrem. Karena perjalanan menuju puncak Gunung Seminung ini harus melewati tebing curam dan menerobos hutan lebat.

Meski begitu, setelah sampai puncak, kelelahan Anda akan sirna seketika melihat keindahan yang ditawarkan. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di gunung ini ialah ketika matahari terbit atau sunrise. Anda akan dihipnotis dengan warna langit fajar yang kemerahan. Namun, untuk bisa melihat sunrise, Anda harus bermalam di Gunung Seminung karena jarak tempuhnya yang jauh.

Lokasi: Kec. Banding Agung, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Arung Jeram Sungai Selabung

Arung Jeram Sungai Selabung

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Bagi Anda yang menyenangi olahraga memacu adrenalin, maka rafting adalah olahraga yang tepat. Di OKU Selatan, Anda bis menikmati hal itu dengan berkunjung ke Arung Jeram Sungai Selabung. Arus di sungai ini deras dengan bebatuan besar sehingga cocok untuk olahraga rafting.

Selama bermain air, Anda akan disuguhkan pemandangan memesona Sungai Selabung. Seperti pepohonan hijau dan rindang, hawa udara sejuk, hingga area persawahan yang akan membuat terkesima siapapun yang melihatnya.

Lokasi: Desa Rantau Nipis, Kec. Banding Agung, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

9. Batu Sengang Boulevard

Batu Sengang Boulevard

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Selain Sungai Selabung, Batu Sengang Boulevard ini juga digunakan sebagai lokasi wisata dengan menjelajahi Sungai Selabung yang mengalir dari Bandingagung, Mekaku, dengan pemandangan tebing-tebing tinggi menjulang di bagian tepi kanan dan kiri jurang.

Berbeda dengan Arung Jeram Sungai Selabung, Batu Sengang Boulevard memberikan alternatif wisata menyusuri sungai dengan pemandangan yang indah menggunakan perahu. Anda bisa meminta perhatian ditepikan apabila Anda ingin bersantai sejenak sambil mengabadikan momen dengan foto-foto lucu bersama orang-orang terdekat.

Lokasi: Kec. Mekakau Ilir, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

10. Candi Batu Kebayan & Candi Jepara

Candi Batu Kebayan & Candi Jepara

Image Credit: Jelajahsitus.blogspot.com

Setelah gunung, danau, air terjun, kini kita akan menjelajahi wisata sejarah di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui Candi Batu Kebayan dan Candi Jepara. Candi Batu Kebayan dan Candi Jepara ini terletak di Desa Jepara, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah. Candi-candi tersebut dikabarkan berdiri pada abad 9 hingga 10 Masehi.

Meski demikian, informasi sejarah mengenai candi tersebut hingga kini masih sangat sedikit sehingga apabila kamu ingin menjelajahi wisata sejarah di candi ini, maka harus bersabar karena belum semua makna relief yang diukir di candi sesuai dengan banyak orang.

Lokasi: Desa Jepara, Kec. Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

Itulah 10 tempat wisata di Ogan Komering Ulu Selatan yang dapat dijadikan referensi terbaik saat liburan tiba. Semoga bermanfaat!