Kepulauan Riau

10 Wisata Kuliner di Bintan yang Murah & Enak

Bintan memiliki banyak kuliner khas yang menggugah selera dan ditawarkan dengan harga terjangkau yang harus Anda cicipi saat berkunjung.

Letak Bintan yang dekat dengan Negara Singapura membuatnya strategis untuk dikunjungi wisatawan dari mancanegara seperti Malaysia, Singapura dan lain-lain. Bintan sendiri merupakan pulau yang paling besar di Provinsi Kepulauan Riau. Tepatnya berlokasi di daerah Semenanjung Selatan dari Malaysia.

Setiap objek tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya, pulau alas pasir putih yang bisa digunakan untuk aktivitas snorkeling serta Pulau Penyengat yang bisa dijadikan wisata sejarah Kesultanan Johor. Selain wisata alam, ada juga wisata kuliner yang tidak boleh ketinggalan saat menginjakkan kaki di Bintan.

Makanan khas Bintan dengan cita rasa tinggi tersaji untuk memanjakan lidah wisatawan. Letak Bintan di sekitar perairan membuatnya kaya akan olahan laut yang sedap dan enak. Olahan tersebut menjadi makanan khas yang banyak dicari. Berikut 10 rekomendasi wisata kuliner yang harus dicoba saat bertandang ke Bintan.

1. Lakse

Lakse

Image Credit: Notesplusultra.com

Kuliner pertama yang harus dicoba adalah Lakse. Makanan ini dibuat dari mie dengan olahan seperti laksa ditambah siraman kuah santan di atasnya. Kuah ini dibuat dari ikan kembung yang diuleg bersama jahe, cabai, bawang merah, ketumbar, terasi, santan dan bumbu kari.

Bahan utama Lakse adalah santan, sagu dan tepung beras, kemudian dibentuk menyerupai putu mayang. Terkadang hasil olahannya diwadahi dengan daun mangkokan kecil-kecil sehingga terlihat unik.

Dipercaya Lakse merupakan hasil adaptasi dari olahan spageti dari Italia. Makanan ini mulanya berasal dari Melayu Belitung, hingga akhirnya ada di Bintan. Kearifan lokal yang tersaji dalam sepiring Lakse semakin kuat jika dimakan di sekitar pantai dengan berteman deburan ombak dan semilir angin.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat, Tanjung Ayun Sakti, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

2. Gonggong

Gonggong

Image Credit: Cokelat.co

Gonggong merupakan makanan khas Bintan yang diolah dari siput laut. Kuliner ini banyak dijumpai di sekitar pantai Bintan karena memang asalnya dari laut. Kudapan ini biasa ditemani dengan sambal atau saus yang diwadahkan dalam mangkuk kecil.

Pada umumnya cara memasak Gonggong dengan direbus menggunakan bawang putih dan garam sekitar 15 hingga 20 menit. Panganan ini semakin nikmat jika disantap di waktu hangat. Jadi disarankan untuk langsung menyantapnya sebelum dingin.

Selain itu Gonggong juga bisa dinikmati dengan lumuran saus tiram, lada hitam dan sambal kacang. Cocolan Gonggong ke dalam sambal menambah nikmat makanan. Tekstur serta rasanya hampir mirip dengan rasa cumi-cumi. Di percaya Gonggong bisa meningkatkan vitalitas pada pria.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Batam yang Paling Enak

Lokasi: Pinang Kencana, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang.

3. Sotong Masak Hitam

Sotong Masak Hitam

Image Credit: Bukalapak.com

Perairan Bintan kaya dengan beragam hewan laut yang bisa dikonsumsi, tak heran jika banyak olahan seafood yang menggugah selera. Saat ke Bintan, kuliner yang wajib di coba adalah Sotong Masak Hitam atau sejenis olahan cumi-cumi.

Selain olahan ikan bakar, kerang laut bumbu balado, dan kepiting lada hitam, olahan cumi-cumi hitam juga hadir dengan rasa yang sangat enak. Warna hitam pada olahan cumi berasal dari warna tinta yang ikut serta dimasak.

Bumbu-bumbu yang digunakan meliputi jeruk nipis, lengkuas, cabai rawit, daun salam, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih dan bumbu penyedap lainnya. Cara memasaknya cukup mudah, dengan cara ditumis dengan berbagai bumbu yang sudah disiapkan. Penyajiannya dengan kuah yang kental untuk menambah rasa nikmat saat makan.

Lokasi: Jl. Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

4. Otak-Otak Kawal

Image Credit: Bintan-resorts.com

Menu keempat yaitu Otak-otak Kawal yang biasa dibungkus dengan daun kelapa atau daun pisang. Bahannya berasal dari campuran tepung tapioka dengan daging ikan yang sudah digiling lembut. Jika berkunjung ke Bintang, kuliner ini sangat sayang untuk Anda dilewatkan

Bumbu rempah yang melimpah menjadi ciri khas tersendiri dari Otak-otak Kawal dibanding otak-otak daerah lain. Jika biasanya otak-otak berwarna putih, otak-otak ini berwarna merah. Sangat menarik untuk Anda coba jika tengah berkunjung ke Bintan.

Salah satu bumbu yang tidak boleh ketinggalan adalah cabai, selain itu ditambahi pula bumbu-bumbu penyedap untuk memberikan rasa yang mantap pada makanan. Setelah adonan jadi, kemudian dibungkus daun dan dibakar dalam arang.

Lokasi: Jl. Raya Kawal, Toapaya Asri, Kec. Toapaya, Kab. Bintan.

5. Asam Pedas Melayu

Asam Pedas Melayu

Image Credit: Riauone.com

Kuliner ini hanya ada di Kepulauan Riau, jadi tidak afdol jika ke Bintan tidak mencicipi Asam Pedas Melayu. Rasanya yang dominan asam dan pedas membuat siapapun semakin lahap dalam menyantap makanan.

Pastikan juga memesan minuman yang segar seperti es teh, es jeruk atau yang lainnya, supaya semakin lengkap dalam bersantap ria. Ikan yang biasa digunakan dalam masakan asam pedas adalah ikan laut serta ikan air tawar seperti ikan selar, ikan lebam dan ikan-ikan lain yang memiliki daging tebal.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Tanjung Pinang yang Paling Enak

Saat memasak ikan asam pedas ini biasanya bumbu ditumis hingga keluar minyak dahulu, baru ikan dimasukkan ke dalam wajan lalu ditambahkan cairan asam jawa. Rahasia ini menjadikan olahan asam pedas tambah lezat dan nikmat.

Lokasi: Jl. Pos, Tanjungpinang Kota, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang.

6. Nasi Dagang

Nasi Dagang

Image Credit: Phinemo.com

Nasi Dagang adalah olahan yang hampir sama dengan nasi uduk. Tetapi bedanya, Nasi Dagang diguyur dengan kuah kari dari ikan tongkol. Cita rasa yang sangat menggugah selera bagi siapapun penikmat kuliner.

Setelah seharian berwisata mengelilingi Bintan, maka perut akan kenyang dengan Nasi Dagang ini. Jika perlu bisa memesan hingga beberapa porsi, karena harganya sangat terjangkau.

Nasi ini dinamakan Nasi Dagang karena dahulu kala banyak pedagang yang membawa bekal nasi yang disiram dengan kuah kari dan acar di atasnya, lalu dibungkus daun pisang saat berdagang ke berbagai tempat. Menyantapnya dalam kondisi hangat tentu sangat cocok.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat, Tanjung Ayun Sakti, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

7. Kerang Bulu

Kerang Bulu

Image Credit: Wisataku.id

Di sepanjang pantai Bintan ada kuliner unik yang patut dicoba, yaitu Kerang Bulu. Kerang Bulu ini dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan sehingga menghasilkan rasa enak dan bau yang sedap di hidung.

Makanan ini bisa jadi alternatif camilan untuk menikmati pemandangan pantai yang indah di sekitar Bintan. Masakan yang sering dipesan oleh wisatawan biasanya kerang berbumbu saus tiram.

Tak perlu khawatir dengan tingkat kebersihannya, biasanya setiap koki akan membersihkan kerang bulu dengan sangat bersih supaya tidak ada kotoran yang tertempel. Jadi kuliner ini aman untuk disantap.

Lokasi: Jl. Pantai Trikora, Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

8. Kopi Hawaii

Image Credit: Tempo.co

Selain surga bagi kuliner makanan, Bintan juga menawarkan suguhan minuman yang tak kalah nikmat. Bagi para penggemar kopi, tak boleh ketinggalan untuk mencicip sensasi kopi khas Bintan yang populer disebut dengan Kopi Hawaii. Cita rasa yang sangat khas menjadi daya tarik sendiri bagi setiap wisatawan yang mencobanya.

Camilan lain juga bisa dipesan untuk mendampingi segelas Kopi Hawaii, seperti pisang goreng, roti bakar, kentang goreng maupun jamur goreng crispy. Penamaan Hawaii pada Kopi Hawaii ini bermula dari camat yang dulu pernah menjabat di daerah kedai kopi pertama dibuka, dan hal ini tidak berkaitan dengan wilayah Hawaii di Amerika Serikat.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pembuatan kopi ini cukup unik, yaitu dengan mencampurkan kopi dan air di wadah yang besar kemudian diaduk dengan sendok berbahan kayu. Penyajiannya biasanya menggunakan cangkir keramik berwarna putih. Sebelumnya, cangkir tersebut direndam di air panas, baru kopi yang sudah disaring dituangkan ke dalam cangkir.

Lokasi: Air Raja, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang.

9. Roti Jala

Roti Jala

Image Credit: Rajahajifisabilillah-airport.co.id

Roti Jala atau yang dikenal juga dengan Roti Kirai dibuat dari telur dan tepung terigu. Campuran dari kedua bahan tersebut ditambah air kemudian diaduk dan dimasak di atas teflon dengan lapisan yang tipis dan dikirai atau dibuat menyerupai jala kemudian diacak-acak.

Setelah itu digulung seperti halnya menggulung telur dadar. Setelah jadi, roti, ditata di atas piring dan dilumuri dengar kuah kari atau gulai di bagian atasnya. Harganya sangat terjangkau, sekitar 5,000 rupiah saja untuk satu porsi.

Kudapan ini biasa disiapkan juga ketika momen lebaran, hajatan pernikahan, syukuran maupun kumpul keluarga. Cara masaknya yang mudah membuat siapa saja bisa mempraktekkan sendiri di rumah dengan kombinasi bahan lain.

Lokasi: Jl. Pasar Berdikari, Kijang Kota, Kec. Bintan Timur, Kab. Bintan.

10. Bubur Pedas

Bubur Pedas

Image Credit: Sentosa-tour.com

Bubur Pedas berbeda dengan bubur lainnya. Meskipun namanya Bubur Pedas, tapi rasa dari bubur ini tidak pedas sama sekali. Rasa yang dominan adalah gurih. Bubur ini bisa menjadi pilihan kedua jika tidak ingin mengonsumsi nasi. Kandungan karbohidrat dan mineral bisa menambah energi untuk wisatawan dalam melakukan berbagai aktivitas di Bintan.

Selain cocok untuk sarapan, bubur ini juga cocok dikonsumsi saat makan siang maupun makan malam. Bubur Pedas dibuat dari beras yang diolah dengan air yang banyak kemudian diaduk, diberi jagung, daun bawang dan tambahan rempah-rempah lain.

Di atas bubur, biasanya diberi topping seperti ikan teri, kacang dan kerupuk. Tak jarang beberapa sayur seperti kangkung, kacang panjang serta wortel ditambahkan untuk menambah nutrisi dalam satu mangkuk yang disajikan.

Lokasi: Jl. Wiratno, Kampung Baru, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

Itulah daftar wisata kuliner di Bintan yang murah, enak dan sayang untuk dilewatkan. Cita rasa yang nikmat dan menggugah selera semakin membuat nafsu makan meningkat. Tak jarang banyak wisatawan yang memesan lebih dari satu porsi, karena ketagihan dan harganya tidak menguras kantong.