Sumatra Utara

10 Wisata Kuliner di Sibolga yang Murah & Enak

Sibolga merupakan surga wisata kuliner bagi Anda yang doyan seafood. Tersedia beragam tempat kulineran di Kota Sibolga yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

Sibolga merupakan salah satu kota kecil di tepi barat Pulau Sumatera. Kota yang secara administratif terletak di wilayah Provinsi Sumatera Utara ini berada di tepi laut. Sehingga, jika Anda datang ke kota tersebut, Anda dapat menemukan wisata pantai dengan mudah.

Akan tetapi, berwisata tidak hanya sekadar urusan berkunjung ke lokasi-lokasi alam yang luar biasa. Wisata kuliner pun bisa jadi salah satu alternatif aktivitas berwisata. Demikian pula dengan Kota Sibolga. Walaupun hanya memiliki luas wilayah 11 km2, Anda bisa menemui banyak tempat makan yang menawarkan masakan yang murah dan enak.

Karena posisi kotanya yang berada di tepi laut, di kota ini Anda dapat menemukan banyak tempat makan berbahan dasar olahan laut. Namun bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan masakan laut, jangan khawatir, karena banyak juga menu non-seafood yang ditawarkan di tempat wisata kuliner Kota Sibolga.

1. Rumah Makan Thamrin

Rumah Makan Thamrin

Image Credit: Tripadvisor.co

Dengan slogan ‘harga kaki lima, rasa bintang lima’, tampaknya pemilik Rumah Makan Thamrin ini tak main-main dalam memberikan sajian berkelas kepada para pengunjung rumah makannya.

Rumah makan ini tidak hanya berkutat pada seafood saja. Olahan ayam pun tak lepas dari buku menu rumah makan ini. Menu-menu standar seperti nasi goreng telur pun juga tersedia. Dengan porsi yang lumayan besar, sajian dari rumah makan ini dijamin bisa memuaskan Anda. Terlebih saat jam-jam ‘rawan lapar’.

Selain nasi goreng, Anda bisa mencicipi ikan bakar, olahan kepiting, serta lalapan ayam. Untuk minuman, Anda bisa memesan berbagai macam jus dan es yang disajikan dalam porsi yang cukup besar.

Rumah makan ini juga menyediakan ruang yang dilengkapi pendingin ruangan. Apabila Anda merokok, Anda juga bisa memesan ruangan sendiri yang dikhususkan untuk pelanggan yang merokok. Pelayanan yang ramah serta cepat menjadikan Rumah Makan Thamrin ini cukup ramai dikunjungi untuk wisata kuliner keluarga.

Lokasi: Jl. MH. Thamrin No.5, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

2. Rumah Makan Medan Seafood

Rumah Makan Medan Seafood

Image Credit: Maps.google.com @glenn kardiman

Kendati namanya ‘Rumah Makan Medan Seafood’, jangan khawatir, sebab lokasinya masih berada di Kota Sibolga. Keberadaan Kota Sibolga sebagai kota pelabuhan di tepi barat Pulau Sumatera menjadikan kota ini kaya akan kuliner hasil laut.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Jambi yang Paling Enak

Rumah makan ini pun menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, rumah makan ini menawarkan menu makanan laut sebagai menu utama mereka. Bagi Anda yang ingin merasakan makanan laut yang segar, rumah makan ini bisa Anda datangi. Pasalnya, Anda bisa memilih ikan yang masih hidup untuk selanjutnya diolah menjadi masakan sesuai menu yang Anda pilih.

Salah satu menu andalan mereka adalah ikan bakar dan udang bakar. Ada juga lobster serta kepiting berukuran jumbo yang bisa Anda pilih saat berkunjung ke sana. Jika Anda penggemar cita rasa masakan oriental, ada juga menu yang bisa Anda pilih.

Rumah makan ini tidak hanya melayani pelanggan asal Kota Sibolga saja. Seringkali pelanggan restoran ini berasal dari kota lain yang ingin mencicipi seafood khas Sibolga.

Karena rumah makan ini seringkali ramai, Anda perlu meluangkan waktu ekstra untuk menunggu hidangan pesanan Anda untuk disajikan. Jangan khawatir, walaupun cukup lama menunggu, rasa masakan dari rumah makan ini patut diacungi jempol.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.27, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

3. Kedai Kopi Bahagia

Kedai Kopi Bahagia

Image Credit: Kedaikopibahagiasibolga.business.site

Walaupun namanya ‘kedai kopi’, bukan berarti lokasi ini hanya menyediakan kopi semata. Anda bisa berkunjung ke Kedai Kopi Bahagia untuk mencicipi beragam masakan dan makanan ringan. Misalnya saja sapo tahu, tenderloin steak, atau sesederhana nasi goreng.

Untuk setiap sajian, plating yang dilakukan tergolong cukup apik. Seakan-akan memberi kesan bahwa makanan tersebut adalah ‘makanan restoran bintang lima’. Padahal, tidak juga. Menu makanan di Kedai Kopi Bahagia ini cukup ramah di kantong.

Walaupun demikian, rasa tetap menjadi pertimbangan utama. Dengan suasana casual, makan di kedai kopi ini bisa menjadi alternatif wisata kuliner saat berada di Kota Sibolga. Untuk makanan ringan sendiri, Anda bisa memesan spicy chicken wings, roti bakar, pizza berukuran sedang, dan kentang goreng.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.70, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

4. Martabak Kairo PHR Sambas

Martabak Kairo PHR Sambas

Image Credit: Selerakuliner.com

Tidak jauh dari lokasi Kedai Kopi Bahagia dan Sibolga Square, Anda bisa menemukan lokasi Martabak Kairo ini. Martabak Kairo sendiri sebenarnya ditawarkan di beberapa lokasi, untuk yang ini lokasinya ada di Kecamatan Sambas, Sibolga.

Menu utama yang disediakan di rumah makan ini tentu saja martabak kairo. Untuk martabaknya sendiri, tidak banyak perbedaan dengan martabak-martabak lain. Adonan yang digunakan tetap sama dan ada penambahan telur, daging, serta sayur-sayuram.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Hal yang membedakan adalah kuahnya. Jika di beberapa wilayah di Indonesia, martabak disajikan kering dengan acar mentimun, martabak ini berbeda. Pengunjung akan disediakan semangkuk kecil kuah pedas asin. Kuah ini lantas disiram ke martabak seperti layaknya pempek Palembang.

Selain martabak, tempat ini menyediakan menu makanan lain, misalnya saja nasi goreng, mie goreng, bihun goreng, serta ayam goreng. Untuk minuman, ada aneka jus buah, es cincau, minuman panas, dan minuman dingin.

Lokasi: Jl. Elang No.3, Pancuran Bambu, Kec. Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

5. Warung Bakso Pak Min

Warung Bakso Pak Min

Image Credit: Maps.google.com @darlisna lisna

Warung bakso ini ada beberapa cabang di Kota Sibolga. Sehingga untuk mencarinya tidak begitu susah. Salah satu cabangnya adalah di daerah Gambolo.

Tentu saja, menu utama yang ditawarkan di tempat ini adalah bakso. Namun, bagi Anda yang ingin mencicipi menu selain bakso, tidak ada salahnya untuk mencoba mie ayam, soto, maupun mie sop yang juga disediakan di warung ini. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bakso kiloan untuk dimakan di rumah.

Minuman yang ditawarkan ada berbagai macam jus buah, minuman botol, teh, kopi, dan air putih biasa. Suasana makan di warung ini terbilang santai dan nyaman.

Lokasi: Pancuran Kerambil, Kec. Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

6. Rumah Makan Pak Nas

Rumah Makan Pak Nas

Image Credit: 2pos.asia

Tempat ini seringkali disebut juga sebagai restoran Pak Nas. Memasuki lokasi restoran ini Anda dapat melihat berbagai macam lauk yang disediakan, seperti rumah makan Padang.

Padahal, restoran ini sebenarnya adalah restoran Manado. Namun, tidak semua menu yang ditawarkan merupakan menu masakan Manado. Salah satu menu unggulan di restoran ini adalah olahan makanan lautnya. Selain itu, gulai kepala ikan dalam porsi besar bisa Anda makan bersama dengan keluarga Anda.

Untuk menu minuman, tidak terlalu banyak perbedaan dibandingkan lokasi lain. Contohnya seperti teh panas atau es teh, kopi, dan jus buah asli.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No.40, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

7. Ikan Bakar Sari Laut Sibolga

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Sesuai dengan namanya, menu masakan utama di lokasi ini adalah ikan bakar dan ragam masakan laut. Sebagai peneman makan seafood, Anda bisa memesan sayur tumis, sambal, serta nasi putih hangat.

Restoran ini buka pada petang hari, yaitu sekitar pukul 17.30 dan tutup pada pukul 22.00 WIB. Menu unggulan mereka antara lain kepiting saus padang dan ikan asam manis. Cumi goreng tepung juga merupakan menu yang banyak dipesan di sini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tapanuli Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. S.Parman No.70, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

8. Cahaya Minang Rumah Makan

Cahaya Minang Rumah Makan

Image Credit: Polomap.com

Mencicipi masakan Padang di Tanah Batak, mengapa tidak? Banyak sekali rumah makan Padang di Sibolga, dan salah satunya adalah Cahaya Minang ini.

Memang rumah makan ini tidak begitu besar. Namun, menurut ulasan dari pengunjung yang pernah bersantap di rumah makan ini, masakan Padang di rumah makan ini memiliki bumbu yang kuat. Terlebih lagi, dibandingkan dengan rumah makan lain, harga di sini lebih murah.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.999, Aek Parombunan,Kec. Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

9. Rumah Makan Apoek

Rumah Makan Apoek

Image Credit: Foursquare.com @fedrick t.

Berlokasi tidak jauh dari Rumah Makan Thamrin, Rumah Makan Apoek ini menyediakan beragam menu masakan. Rumah makan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Kota Sibolga.

Jika Anda ingin mencicipi menu masakan yang tidak biasa ditemukan di tempat-tempat lain, Anda bisa mengunjungi rumah makan ini. Sebab, rumah makan ini menyediakan menu yang barangkali baru sekali Anda dengar, yaitu sop kerbau.

Selain sop kerbau, Rumah Makan Apoek ini juga menyediakan menu lain seperti kari kambing, soto, ayam bakar, ikan kerapu bakar hingga sate Padang. Anda pun bisa memesan martabak Kairo di lokasi ini.

Rumah makan ini menawarkan 24 ragam menu minuman. Anda bisa memilih 12 macam jus buah, lemon tea, cappucino dingin, atau jika ingin mencoba menu yang unik, Anda bisa memesan teh susu telor.

Lokasi: Jl. MH. Thamrin, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

10. Mie Tek-Tek Borreg Sibolga

Image Credit: Ichsan-putra.blogspot.com

Image Credit: Ichsan-putra.blogspot.com

Walaupun tanpa bangunan yang mewah, Mie Tek Tek Borreg ini menyajikan mie tek tek dengan harga yang murah. Bahkan dengan Rp 20.000 Anda bisa makan berdua jika memilih menu mie tek-tek biasa dan sudah termasuk tambahan teh manis dingin.

Selain memesan mie tek tek, Anda bisa menambahkan lauk seperti telur dadar atau telur mata sapi. Biasanya, mie tek tek akan disajikan tanpa nasi. Namun, jika Anda ingin menambahkan nasi ke mie tek tek Anda, Anda bisa memesannya.

Tempatnya tidak begitu luas, namun pengunjung yang datang lumayan banyak. Selain karena harganya yang murah, porsi mie tek tek di tempat ini tergolong banyak.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.8, Pancuran Gerobak,Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

Itulah rekomendasi tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Sibolga, Sumatera Utara. Apa yang tersimpan di balik dapur rumah makan tersebut sanggup memanjakan lidah Anda.