Wisata Air Sungai Gelombang, Destinasi Wisata Alam yang Hits di Kampar

Wisata Air Sungai Gelombang, Destinasi Wisata Alam yang Hits di Kampar
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Mesjid, Desa Sipungguk, Kec. Salo, Kab. Kampar, Riau.

Wisata Air Sungai Gelombang, Destinasi Wisata Alam yang Hits di KamparWisata Air Sungai Gelombang menjadi salah satu tempat libur yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Riau. Apalagi area destinasi alam tersebut tampak begitu asri karena ada aliran sungai yang dikelilingi pohon rimbun. Suasana di Sungai Gelombang menenangkan karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang bisa digunakan untuk bersantai.

Ketika berada disana Anda akan kagum melihat panorama alam yang sangat cantik. Air Sungai Gelombang terlihat jernih dan tidak terlalu dalam. Hal tersebut tentu membuat para pelancong senang karena bisa berenang sekaligus menjepret foto di area sungai. Tidak heran jika banyak pengunjung lokal maupun turis dari luar negeri yang berlibur kesini.

Destinasi alam tersebut menawarkan berbagai peralatan yang disewakan agar pengunjung bisa melakukan kegiatan seru. Kebersihan wisata juga selalu dijaga dengan baik dan traveller diharapkan tidak membuang sampah sembarangan. Jadi Anda harus ikut serta melestarikan dan menjaga wisata ini. Selain itu jangan mengotori area sungai agar tetap terlihat jernih.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Sungai Gelombang

Daya Tarik Wisata Sungai Gelombang Kampar
Image Credit: Google Maps Ham Dani

1. Air Jernih

Wisata Air Sungai Gelombang diketahui mempunyai aliran yang sangat jernih. Dahulu sungai ini sangat kecil karena berasal dari air hujan yang mengakibatkan banjir. Akan tetapi penduduk setempat banyak yang memanfaatkan aliran sungai untuk mengambil pasir. Hal itulah yang membuat sungai ini begitu luas dan dijadikan sebagai lahan wisata.

Air Sungai Gelombang masih diletarikan dengan baik oleh pengelola agar dapat dinikmati oleh siapa saja. Anda yang datang akan merasa nyaman dan betah karena melihat aliran sungai yang bersih. Petugas juga menyarankan pengunjung tidak mengotori kawasan destinasi tersebut. Sehingga air sungai tidak terkontaminasi dengan sampah dan zat lain.

2. Pemandangan Alam

Pada area sekitar sungai terdapat banyak pemandangan alam yang terlihat indah. Selain air sungai yang bersih, disana juga ada pohon dan tanaman hijau yang rimbun. Terdapat pula beberapa bunga yang bermekaran dengan corak warna-warni. Hal ini membuat udara di sekitar menjadi sejuk yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Para pelancong dapat melihat pemandangan alam dengan duduk di kursi atau gazebo. Selain itu Anda bisa pula memotret keindahan ini menggunakan kamera. Cuaca yang cerah dengan sinar matahari pasti akan membuat hasil jepretan foto semakin estetik.

3. Suasana Menenangkan

Destinasi Sungai Gelombang memang menyuguhkan suasana yang menenangkan. Apalagi wisata tersebut juga jauh dari rumah penduduk. Anda yang berlibur dapat sekedar bersantai menikmati udara yang terasa sejuk. Tak hanya itu, kebersihan area sekitar juga akan membuat pengunjung nyaman saat melakukan aktivitas disana.

Suasana menenangkan ini menjadi daya tarik tersendiri yang memikat tamu untuk datang ke wisata. Apalagi tempat rekreasi tersebut tampak masih natural karena memang berasal dari alam. Jadi sungai ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi jika ingin mencari suasana menenangkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Wisata Sungai Gelombang Kampar
Image Credit: Google Maps Muhammad Agusri

Wisata Air Sungai Gelombang terletak di Jalan Pulau Mesjid, Riau. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Apalagi akses jalan mudah dilewati karena aspalnya sudah mulus dan banyak kendaraan umum. Ketika hari libur tampak pengunjung lokal maupun turis dari luar negeri yang ingin datang ke wisata.

Jika berangkat dari arah Pekanbaru maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke sungai. Anda dapat melewati kawasan Kota Bangkinang, kemudian belok ke kanan menuju jembatan. Lalu lurus terus sampai ke Jalan Raya Pekan. Dari sana letak destinasi alam itu sudah tidak jauh lagi dan tamu dapat melihat tulisan selamat datang.

Akses jalan menuju sungai mudah ditemukan karena bisa diakses melalui google maps. Para pelancong juga bisa bertanya kepada penduduk sekitar mengenai letak wisata atau membaca papan petunjuk jalan. Jadi Anda dapat menikmati perjalanan dengan mudah. Selain itu, pemandangan sekitar pun akan menemani perjalanan pengunjung menuju sungai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Wisata Sungai Gelombang Kampar
Image Credit: Google Maps Om Ricky

Berkunjung ke Wisata Sungai Gelombang memang menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi disana tidak ada tarif tiket masuk atau gratis yang membuat tempat ini selalu ramai. Wisatawan bisa menikmati keindahan sungai mulai dari pagi hingga sore hari. Selain itu disana juga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Traveller yang membawa kendaraan pribadi dapat menaruh di lahan tempat parkir. Karcis parkirnya masih aman dikantong yaitu Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 20.000 untuk kendaraan roda empat. Lahan tempat parkir ini cukup luas karena dapat menampung lebih dari 30 kendaraan. Petugas pun akan menjaga kendaraan Anda supaya tetap aman.

Pada sekitar area wisata disediakan tempat persewaan beberapa permainan air. Harga sewa itu mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 50.000 saja. Hal tersebut tentu membuat para tamu tidak akan bosan saat berkunjung ke Sungai Gelombang. Maka dari itu jangan lupa mampir ke destinasi ini dengan mengajak kerabat, harga yang murah dijamin membuat Anda senang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sungai Gelombang

Aktivitas Wisata Sungai Gelombang Kampar
Image Credit: Twitter Bahana Mahasiswa Universitas Riau

1. Berenang

Air sungai yang tidak terlalu dalam banyak dimanfaatkan untuk berenang. Disana juga menyewakan ban yang berukuran kecil hingga besar agar wisatawan tidak tenggelam. Selain itu, Anda harus membawa baju renang agar kegiatan terasa menyenangkan. Hal yang terpenting tetap hati-hati saat berenang karena ada beberapa batu air yang licin.

2. Mengabadikan Momen

Traveller yang berkunjung dapat mengabadikan momen selama berada disana. Apalagi Wisata Air Sungai Gelombang menawarkan berbagai spot yang menarik. Saat cuaca sedang cerah pasti akan membuat foto Anda semakin bagus. Para pelancong bisa pula mengabadikan momen melalui rekaman video untuk dijadikan kenangan-kenangan.

3. Mencicipi Kuliner

Pada sekitar kawasan wisata tampak warung pedagang yang menjual aneka kuliner. Disana menjual makanan dan minuman khas yang rasanya begitu nikmat. Warung tersebut juga sudah dilengkapi dengan kursi supaya traveller nyaman. Nikmati liburan seru dengan mencicipi kuliner di sekitar wisata dan melihat panorama alam yang sangat cantik.

Aktivitas Seru Wisata Sungai Gelombang Kampar
Image Credit: Instagram Aditya Wahyu Riadi

4. Bermain Air

Bagi pengunjung yang tidak mahir berenang dapat sekedar bermain air di sekitar destinasi alam ini. Apalagi air sungai yang mengalir terlihat sangat jernih dan bersih karena tidak ada sampah yang berceceran. Hal itu pasti akan membuat Anda merasa betah saat bermain air. Jangan lupa mengajak kerabat dekat agar kegiatan tersebut tidak terasa membosankan.

5. Bersantai

Wisata Air Sungai Gelombang memiliki tempat yang nyaman dan asri karena banyak pohon. Tidak hanya itu, pada sudut lain juga menyediakan gazebo untuk tempat duduk para tamu. Hal tersebut tentu membuat suasana di kawasan wisata terasa menenangkan. Jadi sungai ini cocok digunakan untuk melepas penat karena jauh dari pemukiman warga.

6. Membeli Aksesoris

Pengelola menyediakan beberapa toko di sekitar area pintu keluar yang menjual aneka aksesoris. Traveller dapat membeli baju, sandal, dan kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk setempat. Bentuk aksesoris tersebut unik yang menjadi daya tarik tersendiri. Tidak heran banyak wisatawan yang sering menjadikan aksesoris sebagai oleh-oleh.

7. Berkeliling

Aktivitas lain yang dapat dilakukan saat berada di Sungai Gelombang adalah berkeliling. Pengunjung bisa menyewa perahu yang telah disediakan oleh petugas. Perahu tersebut akan membawa Anda berkeliling sungai untuk melihat pemandangan sekitar. Selain itu petugas akan menemani traveller, jadi Anda tidak perlu takut jatuh saat naik perahu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Sungai Gelombang Kampar
Image Credit: Google Maps Math Fun in Reni Channel

Wisata Sungai Gelombang menyediakan beragam fasilitas menarik yang dapat digunakan pengunjung. Pada tiap sudut terdapat kursi untuk tempat bersantai sekaligus melihat pemandangan sekitar. Terdapat kamar mandi umum yang dekat dengan kawasan wisata ini. Anda yang menggunakan kamar mandi diharapkan tidak mengotori usai memakai.

Destinasi ini juga dilengkapi dengan tempat sampah yang bertujuan agar area disana tetap terjaga kebersihannya. Bagi wisatawan yang ingin bermain air dapat menyewa beberapa peralatan yang telah disediakan. Hal tersebut tentu membuat traveller tidak merasa bosan saat berlibur. Apalagi ketika cuaca sedang mendukung pasti akan terasa seru saat bermain.

Pada kawasan sekitar Sungai tampak beberapa warung yang menjual aneka kuliner khas setempat. Para pelancong dapat singgah sekaligus mencoba makanan tersebut. Pengelola akan terus menambah fasilitas wisata supaya lebih lengkap dan memadai. Anda diharapkan ikut menjaga fasilitas yang ada dengan tidak merusak atau mengotori kawasan sungai.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Wisata Air Sungai Gelombang yang tampak begitu indah. Traveller dapat menjadikan tempat ini sebagai list wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Riau. Ajak keluarga atau teman agar liburan terasa semakin seru. Selain itu jangan lupa siapkan kamera serta perlengkapan lainnya yang akan digunakan selama disana.