11 Air Terjun Cantik di Sumatera Utara yang Wajib Anda Kunjungi

11 Air Terjun Cantik di Sumatera Utara yang Wajib Anda Kunjungi

Sumatera Utara atau disingkat dengan nama Sumut adalah salah satu provinsi yang menyimpan banyak keindahan alam, ketika berada disini berbagai tempat rekreasi bisa dengan mudah didatangi mulai dari keindahan pantai, pegunungan sampai dengan air terjun cantiknya.

Sumatera Utara terkenal dengan sebutan wisata Danau Toba, selain keindahan Danau Toba ada banyak destinasi lain yang cantik dengan karakteristik yang unik. Lokasi tujuannya pun cukup mudah dijangkau meskipun ada beberapa air terjun yang harus dicapai dengan tracking terlebih dahulu karena lokasinya berada di dalam kawasan hutan.

Mengunjungi air terjun saat liburan bisa menjadi pilihan tepat karena air terjun mampu memberikan ketenangan, kondisi lingkungannya pun masih asri dengan pemandangan yang eksotis. Inilah daftar rekomendasi air terjun yang ada di Sumatera Utara yang bisa dikunjungi sebagai destinasi liburan.

1. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps Sp Budi Setyarso

Air terjun ini namanya Sipiso-piso yang dalam bahasa Batak kata Piso artinya Pisau. Dinamakan demikian karena air terjun ini mirip dengan sebilah pisau bila dilihat dari ketinggian. Tinggi dari Air Terjun Sipiso-piso adalah 120 meter yang terletak di perbukitan setinggi 800 meter dari permukaan tanah. Air terjun indah ini jadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Keindahan air terjun berada di tengah-tengah hutan pinus. Untuk bisa sampai di depan air terjun wisatawan perlu melakukan perjalanan menuruni anak tangga sejumlah 1000 buah. Terbayang gimana capeknya menuruni 1000 anak tangga? Rasa capek dan lelah akan terbayar lunas setelah melihat keindahan air terjunnya.

Di air terjun ini ada pula gardu pandang untuk melihat langsung ke arah air terjun, Danau Toba dan Pulau Samosir. Selama perjalanan wisatawan juga akan ditemani dengan keindahan alam dari perkebunan jeruk dan lahan pertanian. So jangan khawatir jika akan kelelahan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

2. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Image Credit: Twitter Artikel Ampuh

Air terjun Dua Warna Sibolangit dari namanya saja sudah membuat penasaran. Air terjun ini memang memiliki dua warna untuk airnya yaitu warna abu dan biru. Warna birunya berasal dari air yang tertampung di dalam kolam sedangkan warna putih keabuan berasal dari aliran air yang turun. Keindahan dua warna ini terjadi karena adanya kandungan fosfor dan juga belerang di airnya.

Tidak hanya dari keindahan warnanya air disini juga punya suhu yang berbeda. Air berwarna biru suhunya lebih dingin dibandingkan air yang berwarna putih keabuan. Lokasi air terjun tersembunyi di dalam hutan sehingga untuk bisa sampai ke lokasi pengunjung perlu menyusuri hutan terlebih dahulu.

Suasana sejuk, dingin dan udara yang masih asri jadi perpaduan komplit yang didapatkan ketika mendatangi Air Terjun Dua Warna Sibolangit. Lokasinya berada di Sibolangit dari Medan kurang lebih 75 Kilometer jauhnya.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

3. Air Terjun Tangkahan

Air Terjun Tangkahan
Image Credit: Google Maps Anggi Kusumawardani

Air Terjun Tangkahan punya ketinggian 3 meter saja meskipun demikian daya tarik utama dari air terjun ini adalah wisata membandingkan gajahnya. Ya disini pengunjung bisa merasakan sensasi bermain air dan membandingkan gajah. Air Terjun Tangkahan punya air yang segar dan juga hangat, cocok untuk dijadikan relaksasi menghilang pegal-pegal.

Ingin membandingkan gajah? Pengujung harus datang sebelum jam 7 pagi atau jam 3 sore. Biaya untuk bisa bermain dengan gajah ini masih sangat terjangkau. Kegiatan membandingkan gajah tentunya tidak akan terlupakan sepanjang hidup so jangan sampai tidak mencobanya.

Selain memandikan gajah ada pula spot foto keren di Air Terjun Tangkahan ini yaitu jembatan gantung estetik, jembatan ini pernah dipakai untuk lokasi shooting film juga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Namu Sialang, Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

4. Air Terjun Siboruon

Air Terjun Siboruon
Image Credit: Twitter Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

Rekomendasi air terjun cantik selanjutnya adalah Air Terjun Siboruon. Lokasi air terjun ini belum banyak diketahui orang, karena untuk bisa sampai ke air terjun peru usaha yang lebih dengan medan jalan yang belum memadai. Ada di dalam hutan dekat dengan pemukiman warga yang masih sangat terjaga kondisinya.

Pesona keindahan air terjun adalah perbukitan rindang dengan banyaknya pepohonan hijau yang mengelilinginya. Selain memandangi keindahan air terjun pengunjung juga bisa melihat langsung ke arah Danau Toba.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Siboruon, Kec. Balige, Kab. Toba, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot
Image Credit: Instagram anak.travellingasahan

Air Terjun Ponot mendapat gelar air terjun mencengangkan karena air terjun ini mendapatkan predikat sebagai curug atau air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini selain bisa dinikmati sebagai destinasi liburan juga dipakai sebagai pemutar turbin dari PLTA Inalum.

Kegiatan rating juga bisa dilakukan di air terjun dengan tinggi 250 meter ini. Keindahan alam dan nilai gunanya menjadikan air terjun indah ini terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Jam buka air terjun setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore saja, jadi jangan sampai melewatkan keindahan dari air terjun mencengangkan ini ya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sigura Gura, Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Toba, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala
Image Credit: Google Maps Dani Rahadian

Air Terjun Mursala ada di Tapanuli dan merupakan satu dari sembilan air terjun di Tapanuli yang paling populer di Sumatera Utara. Daya tarik dari Air Terjun Mursala adalah keindahan air yang langsung mengalir dari tebing-tebing tinggi batu granit menuju lautan Samudera Hindia.

Air Terjun Mursala juga menyimpan cerita legenda yang dipercaya masyarakat Tapanuli. Cerita legendanya mengenai kisah Putri Runduk, yang amat cantik sampai membuat pria keturunan kerajaan jatuh hati kepadanya, padahal Putri Runduk telah menjadi istri dari Raja Jayadana.

Alkisah sang putri melakukan pelarian bersama dengan pengawalnya ke Pulau Mursala, supaya tidak tertangkap putri memutuskan untuk terjun ke laut dari atas pulau. Sang pengawal yang kehilangan putri berusaha mencarinya sampai frustasi dan menangis. Tangisan dari pengawal yang tidak terbendung pun berubah menjadi air terjun.

Letaknya yang berupa pulau yang airnya langsung ke laut sehingga untuk mendekati air terjun perlu ditempuh dengan menggunakan kapal dan pengujung tidak bisa bermain di aliran air terjunnya, meskipun demikian air terjun ini tetap menjadi tempat liburan ketika berada di Tapanuli

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Mursala, Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

7. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun
Image Credit: Google Maps Poltak Sirait

Jika Air Terjun Mursala aliran airnya langsung ke laut maka Air Terjun Situmurun aliran airnya langsung ke Danau Toba. Nama lain dari air terjun ini adalah air terjun Binangalom. Ketinggian air terjun ini sampai 70 meter. Air yang mengalir berasal dari air alami Bukit Barisan.

Untuk bisa melihat secara langsung air terjun indah ini pengujung harus menyewa kapal. Kegiatan menarik yang bisa dilakukan adalah lompat dari bebatuan yang ada di pinggir danau kemudian langsung menceburkan diri ke dalam Danau Toba.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumban Julu, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba, Sumatera Utara.

8. Air Terjun Aek Sijorni

Air Terjun Aek Sijorni
Image Credit: Facebook Wisata

Air Terjun Aek Sijorni arti dari nama air terjun ini dalam Bahasa Batak yaitu “Aek” adalah air dan “Sijorni” punya arti jernih. Dari namanya saja sudah mampu membuat kesenangan. Air terjun ini memang terkenal indah, jernih dan juga menyegarkan. Pesonanya mampu menyihir mata.

Air terjun ini tidaklah tinggi hanya sekitar 10 meter saja dengan kondisi struktur bebatuan bertingkat dengan pasir warna putih. Letaknya makin indah dengan dikelilingi pepohonan kelapa. Aliran airnya terus mengalir sepanjang waktu meskipun di musim kemarau.

Daya tarik dari Air Terjun Aek Sijorni adalah pengujung tidak perlu melakukan perjalanan jauh atau tracking untuk bisa sampai ke lokasi. Dari tempat parkir pengunjung tinggal jalan melalui jembatan gantung. Proses pembangunan air terjun ini terus dilakukan terbaru ada water park.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang Tolang, Kec. Sayur Matinggi, Kab. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

9. Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo
Image Credit: Twitter Zoey

Tempat pemandian alam di Nias, selain air terjun tempat ini menawarkan wisata kekinian dengan banyaknya spot foto. Tempatnya sangat tertata dengan rapi dengan dicat warna warni. Ada pula jalur pedestrian cantik di Air Terjun Humogo.

Bentuk dari air terjun indah ini membentang luas mencapai 8 meter dengan ketinggian aliran air terjun 9 meter. Keindahan alamnya seperti air terjun Niagara dengan air yang jernih.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fadoro, Kec. GunungSitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

10. Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan
Image Credit: Google Maps BangRingo

Air Terjun Tonduhan memiliki pemandangan yang cantik berupa teluk dengan payung pepohonan yang lebat. Air terjun ini sekilas punya dua aliran air hal ini karena pada bagian hulu ada bebatuan yang memisahkan air.

Tebing yang tinggi dikelilingi dengan pepohonan yang rindang seolah membentuk kubah. Pengunjung bisa menyaksikan keindahan air terjun dari bebatuan yang ada di aliran sungainya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Buntu Kode, Saribu Asih, Kec. Hatonduhan, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

11. Air Terjun Lae Une

Air Terjun Lae Une
Image Credit: Google Maps Christian Advs Sltg

Air Terjun Lae Une pesona hutan alam yang asri sebagai tempat hiburan yang wajib dikunjungi ketika berada di Sumatera Utara tepatnya berada di Kabupaten Pakpak Bharat. Berbeda dengan air terjun lainnya yang mengalir dari atas tebing Lae Une ini terlihat mengalir dari tengah tebing.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Air Terjun Lae Une yaitu bermain air, berfoto, bersantai dengan duduk-duduk di gazebo dan juga jalan-jalan di sekitar air terjun.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kecupak I, Kec. Pergetteng-Getteng Sengkut, Kab. Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Sekian ulasan mengenai rekomendasi air terjun cantik di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi, jika ingin berlibur ke air terjun pastikan kondisi tubuh sedang dalam stamina terbaik. Pemandangan alam yang indah jadi daya tarik utama dari air terjun yang ada di Sumatera Utara.

REKOMENDASI DESTINASI