6 Makanan Khas Pariaman yang Unik dan Terkenal Lezat

6 Makanan Khas Pariaman yang Unik dan Terkenal Lezat

Provinsi Sumatera Barat memang telah populer sebagai salah satu kawasan yang menghasilkan berbagai kuliner enak. Salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Barat yang mempunyai sajian kuliner khas dan unik yaitu Pariaman. Tentu saja sajian kuliner khas daerahnya tak jauh dengan hasil laut, dikarenakan daerahnya dekat dengan pantai.

Oleh karena itu, selain menikmati keindahan wisata alamnya, banyak pula wisatawan yang datang ke sana untuk berburu makanan lezat. Banyak sekali menu kuliner di sana yang kerap membuat rasa penasaran untuk banyak wisatawan. Bahkan, wisatawan yang berburu kuliner di Pariaman tak hanya dari luar daerah saja, namun juga dari mancanegara.

Beberapa cita rasa yang ditawarkan memang cukup asing bagi beberapa wisatawan. Akan tetapi, justru hal itulah yang akan memberikan pengalaman kuliner baru untuk Anda. Selain di santap langsung di tempatnya, beberapa menu makanan khas daerah tersebut bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Di bawah ini rekomendasi makanan khas Pariaman yang wajib Anda coba.

1. Rakik Lauak

Rakik Lauak
Image Credit: Twitter Hubbu Abdullah

Untuk rekomendasi menu makanan yang pertama yaitu diberi nama Rakik Lauak. Bagi masyarakat Indonesia, tentu saja makan akan terasa kurang lengkap apabila tak dilengkapi oleh kerupuk ataupun sesuatu yang krispi nan garing. Kebanyakan wisatawan yang ada di Pariaman mengatakan bahwa makanan ini sangat enak.

Nah, di Pariaman terdapat jenis kerupuk tersendiri yang sangat khas yang disebut Rakik Lauak. Selain sebagai teman makan, cemilan khas ini juga cocok sekali apabila Anda jadikan sebagai pelengkap pada waktu bersantai. Rakik Lauak dijamin memiliki rasa yang unik, karena bahan baku sampai penyajiannya yang berbeda menjadi kelebihan bagi wisatawan di Pariaman.

Makanan atau camilan ini dapat dibilang cukup mirip dengan rempeyek yang biasanya Anda jumpai di warung makan. Kemiripan tersebut ada pada bentuk, warna, hingga cita rasanya. Akan tetapi, yang membedakannya dengan rempeyek yakni isian dari adonan tepungnya. Di sisni Rakik Lauak memakai ikan sebagai tambahan.

Rempeyek khas Pariaman yang disebut dengan Rakik Lauak ini memiliki berbagi jenis, ikan dapat Anda ganti dengan daging kepiting maupun beragam jenis ikan asin. Dikarenakan teksturnya yang garis, maka makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Makanan yang lezat ini pastinya wajid dimasukkan ke dalam daftar kuliner di Pariaman yang harus Anda cicipi.

2. Nasi Sala

Nasi Sala
Image Credit: Instagram Pariaman

Kawasan di Pariaman adalah daerah pesisir, sehingga tak heran apabila makanan di daerah tersebut kebanyakan merupakan olahan hasil laut. Salah satu menu kuliner yang berasal dari olahan hasil laut dan cukup terkenal di daerah ini yakni bernama Nasi Sala.

Nasi Sala merupakan sajian ikan yang diberi tepung dan disuguhkan bersama nasi hangat dan sambal. Nama makanan ini diambil dari kata Sala yang dalam bahasa setempat dapat diartikan sebagai “digoreng”, sama seperti makanan khas lain dari Pariaman yaitu Sala Lauak.

Ciri khas yang dimiliki oleh gorengan yang disebut dengan Sala yaitu baluran adonan tepung yang melapisinya. Lapisan adonan tersebut menciptakan tekstur yang renyah dan pastinya mampu menggugah selera untuk menyantap ikan tersebut.

Adonan tersebut terdiri atas tepung beras dengan beberapa rempah yang berupa lengkuas, bawang putih, daun kunyit, dan cabe giling. Ikan yang telah diselimuti dengan adonan tepung tersebut kemudian digoreng pada minyak panas sampai warnanya berubah menjadi coklat keemasan.

Ikan yang dipakai dalam masakan Nasi Sala sendiri yaitu ikan jenis kembung yang oleh masyarakat setempat disebut dengan ikan gembolo. Hidangan ini cocok sekali disantap pada pagi maupun siang hari. Untuk menambah kenikmatannya, masakan ini bisa pula ditemani oleh sambalado tanak ataupun sambal merah yang mana diolah dari cabai merah halus.

3. Sate Padang Khas Pariaman

Sate Padang Khas Pariaman
Image Credit: Twitter KaneFoodMart

Kebanyakan masyarakat di Indonesia tidak asing lagi dengan Sate Padang. Pasalnya, makanan khas Sumatera Barat tersebut telah melalang buana di hampir semua penjuru Tanah Air. Coba cek saja di kota Anda, kemungkinan besar terdapat pula warung atau rumah makan yang menawarkan menu tersebut.

Akan tetapi, Sate Padang khas Pariaman ini sedikit memiliki perbedaan dengan Sate Padang yang lainnya. Sate Padang Pariaman ini sekilas memang terlihat menyerupai Sate Padang yang lain, tetapi yang membedakan sate tersebut kuahnya yang berwarna lebih merah. Tekstur dari kuahnya pun sedikit encer sebab ditambahkan dengan tepung beras.

Sate Padang khas Pariaman ini juga menawarkan cita rasa pedas yang menggugah selera. Oleh sebab itu, belum afdol rasanya apabila tidak menyantap Sate Padang ketika berkunjung ke Kabupaten Pariaman.

4. Sala Lauak

Sala Lauak
Image Credit: Instagram Uduk King

Untuk rekomendasi makanan dari Pariaman berikutnya yang harus Anda coba adalah Sala Lauak. Sebetulnya Sala Lauak ini bukan tergolong ke dalam makanan berat, akan tetapi lebih cocok apabila disebut sebagai camilan khas warga Pariaman. Bila dilihat hanya sekilas, maka bentuk dari makanan ini adalah bundar.

Hal ini tentu saja kerap mengingatkan banyak orang dengan makanan bernama cimol dan comro yang asalnya dari Jawa Barat, tetapi bedanya untuk Sala Lauak ini diisi dengan udang halus atau teri. Sala Lauak sendiri memiliki bahan utama berupa adonan tepung yang kemudian dicampurkan dengan daging ikan yang disuwir dan rempah.

Setelah itu, adonan tersebut dibentuk menjadi bulat kecil serta digoreng dengan minyak panas sampai berwarna kecokelatan. Makanan yang gurih ini disuguhkan dengan ditemani saus sambal cair yang memang sering dijadikan sebagai pendampingnya. Biasanya cemilan ini disuguhkan sebagai hidangan pelengkap pada waktu makan pagi.

Hidangan utamanya yang umumnya menjadi teman untuk menyantap Sala Lauak tersebut salah satunya yaitu Ketupat Gulai. Apabila dicampurkan, kedua masakan tersebut akan memberikan cita rasa yang berbeda dan menggoyangkan lidah.

5. Gulai Kapalo Lauak

Gulai Kapalo Lauak
Image Credit: Twitter Terry Perdanawati

Gulai Kapalo Lauak menjadi salah satu makanan khas dari Pariaman yang sayang apabila dilewatkan begitu saja. Arti penyebutan dari nama makanan ini adalah Gulai Kepala Ikan. Gulai Kapalo Lauak merupakan sebuah perpaduan yang sangat sempurna antara daging olahan ikan dan kuah gulai yang kental dan khas sekali dengan Pariaman.

Masakan yang sangat lezat ini memakai kepala ikan ukuran besar yang diolah dengan kuah santan. Gurihnya santan serta rempah yang melimpah dikombinasikan dengan daging kepala ikan yang tebal secara sempurna.

Makanan khas ini pun dapat dengan mudah Anda jumpai di sepanjang rumah makan yang tersedia di Kabupaten Pariaman. Mulai dari tempat makan yang terletak di daerah wisata, Pantai Gandoriah, Pasir Pauh, Sunur dan beragam tempat makan lainnya. Biasanya masakan ini juga dihiasi oleh beberapa butir cabai rawit serta daun pucuk ubi beberapa helai.

Ikan besar yang digunakan biasanya berupa ikan karang, seperti ikan kakap. Resep dari Gulai Kapalo Lauak memang terbilang sangat unik dan berharga karena telah diwariskan secara turun-temurun.

Mula-mula membersihkan ikan serta buang insangnya, kemudian diberi perasan jeruk nipis dalam pembersihan terakhirnya. Kemudian parut kepala dan memeras santan hingga dua kali, serta jangan lupakan air kelapanya lalu menyiapkan wajan. Haluskan seluruh bumbu untuk digoreng diatas wajan panas lalu tambahkan bumbu halus dan santan sampai mendidih.

Barulah memasukkan kepala ikan dan biarkan sampai matang dengan sempurna. Koreksilah rasanya dengan memberi satu sendok teh gula untuk penyedapnya. Setelah itu, Gulai Kapalo Lauak yang lezat sudah siap untuk dihidangkan.

6. Nasi Sek

Nasi Sek
Image Credit: Twitter MinangAdventure_Mag

Kuliner yang memiliki nama Nasi Sek ini mempunyai aroma yang sedap karena dibungkus menggunakan daun pisang. Bila Anda lihat secara sekilas mungkin saja tak ada hal spesial dari makanan yang berupa nasi seukuran kepalan tangan ini. Ukurannya tersebut membuat banyak orang lupa telah menyantap berapa bungkus Nasi Sek.

Bahkan, beberapa orang mungkin berpikir bahwa ini sama dengan nasi kucing yang asalnya dari Yogyakarta, Jawa Tengah. Dahulunya, Nasi Sek merupakan makanan yang dipandang murah. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman maka makanan ini tak lagi dipandang secara murah.

Hal itu dikarenakan ukurannya yang sama kecilnya dengan nasi kucing Yogyakarta. Perbedaannya adalah Nasi Sek tersebut memiliki keistimewaan pada lauknya. Jika dilihat dari sejarahnya, maka Nasi Sek ini adalah kepanjangan dari Saratuih Kanyah atau Seratus Kenyang.

Sejak dahulu, makanan ini terdiri atas nasi yang ditemani beberapa lauk seperti gulain jengkol, sayur singkong, dan sambal cabai kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kelezatan yang ditawarkan membuat banyak orang menyukai makanan ini.

Demikianlah beberapa daftar makanan khas Pariaman yang sayang apabila terlewatkan oleh Anda. Bagi Anda yang senang berburu kuliner di Nusantara, maka beberapa menu makanan yang telah disebutkan di atas dijamin tidak akan membuat Anda kecewa. Apalagi, tidak sulit untuk menemukan beberapa kuliner di atas.