Rumah Strawberry & Taman Kelinci, Objek Wisata Edukasi Favorit di Lampung

Rumah Strawberry & Taman Kelinci, Objek Wisata Edukasi Favorit di Lampung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kedaung, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Sektor pariwisata Lampung terus melakukan inovasi menghadirkan tempat liburan yang tidak hanya seru tapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat seperti Rumah Strawberry & Taman Kelinci Lampung. Tempat ini dimiliki oleh seorang pengusaha yang hobi berkebun tanaman hidroponik dan memiliki peternakan kelinci di kota Bandar Lampung.

Melihat cantiknya tanaman hidroponik serta kelinci yang lucu membuat banyak teman dan kolega yang memberikan ide untuk membuka suatu wahana permainan. Tanaman hidroponik saat itu belum begitu populer apalagi dengan tanaman buah strawberry yang menyegarkan.

Tidak hanya buah strawberry ada pula tanaman sayur yang ditanam dengan sistem hidroponik oleh pihak pengelola. Wahana edukasi ini cocok didatangi bersama dengan anak-anak untuk mengenalkan cara berkebun dan berternak.

Daya Tarik Rumah Strawberry & Taman Kelinci

Daya Tarik Rumah Strawberry Taman Kelinci Lampung
Image Credit: Google Maps Berliana Pertiwi

1. Melihat Langsung Tanaman Strawberry

Tanaman strawberry tidak banyak ditemukan di daerah Lampung, pengunjung bisa secara langsung melihat tanaman strawberry yang ditanam dengan metode hidroponik. Strawberry disini hanya bisa dilihat ya tidak boleh dipetik supaya pengunjung lain bisa melihat buah merah segar ini juga.

2. Berinteraksi dengan Kelinci

Rumah Strawberry & Taman Kelinci sesuai namanya taman kelinci punya banyak koleksi kelinci jumlahnya ada puluhan. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan kelinci-kelinci lucu itu, bisa diajak bermain dan diberi makan berupa wortel.

Biasanya anak-anak akan bermain dengan kelinci seperti di gendong, dielus, diajak berfoto dan lainnya. Adanya wahana taman kelinci ini menjadi tempat mengenalkan anak dengan hewan berbulu yang lucu ini.

3. Field Trip Belajar Menanam Hidroponik

Daya tarik dari Rumah Strawberry & Taman Kelinci ini bisa belajar cara bercocok tanaman dengan sistem hidroponik. Ada kegiatan field trip yang memberikan training kepada anak-anak untuk mencoba menanam dalam media hidroponik.

Kegiatan itu berupa penjelasan singkat apa itu hidroponik, belajar membuat media tanam, menyemai bibit, melakukan proses tanam, memberikan takaran nutrisi, merawat tanaman, lalu panen bersama. Tanaman yang dipanen adalah jenis tanaman sayur. Setelah belajar tentang hidroponik anak-anak kemudian diajak untuk bermain dengan kelinci.

Jika membawa rombongan terlebih dahulu harus melakukan reservasi supaya disediakan fasilitas yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah peserta yang ada. Field trip memang ditujukan untuk kegiatan belajar di luar ruangan, dengan konsep belajar sambil bermain.

Daya Tarik Lain Rumah Strawberry Taman Kelinci Lampung
Image Credit: Google Maps Atho Sofyan Al-Bongasi

4. Desain Taman yang Warna-Warni

Dari segi visual taman yang dibuat oleh Pak Hendro Irawan dilengkapi dengan ornamen seperti kandang kelinci yang mirip dengan rumah kurcaci di cat warna warni sehingga menarik anak-anak untuk berinteraksi disana. Adanya kandang ini juga dipakai sebagai tempat foto layaknya berada di sebuah taman dongeng.

5. Sayuran Hidroponik

Bagi ibu-ibu maupun orang tua yang berkunjung ada spot menarik yang pastinya seru untuk diulik yaitu adanya sayuran hidroponik. Salah satu tujuan dari owner untuk membuat taman ini adalah untuk memperkenalkan hasil tanaman hidroponik kepada masyarakat luas secara lebih unik.

Pengunjung yang ingin mencoba menanam hidroponik bisa belajar menanam, penyemaian dan membeli bahan yang dibutuhkan dari tempat ini, selain itu hasil tanaman sayur yang ada juga bisa dibawa pulang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Rumah Strawberry Taman Kelinci Lampung
Image Credit: Google Maps Widuri Dinda

Lokasi Rumah Strawberry & Taman Kelinci berada di kawasan perumahan sehingga luas tamannya pun terbatas namun tetap bisa dinikmati pengunjung. Alamat pastinya ada di Jalan Moh. Ali No.10. Jaraknya dekat dengan Camp 91 Kedaung. Jadi untuk yang kesulitan menemukan lokasinya bisa mencari nama Camp 91 yang ada di Kecamatan Kemiling.

Rute perjalanan yang bisa ditempuh bila dari Kota Bandar Lampung yaitu ambil jalan Jalur Dua Kemiling kemudian belok kiri arah Palang Besi. Berjarak 100 meter akan ditemukan jalan yang ke arah kanan dengan papan nama Camp 91 Kedaung dan SPN, setelah bertemu papan jalan itu ambil kanan.

Tak jauh hanya beberapa meter saja belok kiri kemudian ikuti jalan lurus sampai bertemu Gapura Desa Kedaung. Dari gapura ambil arah kiri kurang lebih 100 meter jauhnya kemudian bisa cari Rumah Strawberry & Taman Kelinci yang lokasinya ada di dalam perumahan. Kalau bingung bisa tanya warga sekitar keberadaan Rumah Pak Hendro.

Jika ingin menggunakan peta digital juga bisa dengan memasukkan kata pencarian Hendro Taman Hidroponik & Organic. Lokasi taman berada di sebelah rumah dari ownernya.

Transportasi yang bisa digunakan masih sebatas transportasi pribadi karena belum ada kendaraan umum yang melintasi taman cantik ini, atau bisa juga menggunakan kendaraan online. Medan jalan yang harus dilalui terbilang cukup menguras tenaga. Jadi pastikan sopir yang membawa kendaraan sudah Pro supaya tidak mengalami kendala selama dijalan.

Jenis kendaraan pribadi yang bisa dibawa kesana yaitu motor dan mobil. Kesulitan parkir mobil akan ditemui namun hal itu tidak menyurutkan minat pengunjung yang datang.

Harga Tiket Masuk Rumah Strawberry & Taman Kelinci

Tiket Rumah Strawberry Taman Kelinci Lampung
Image Credit: Google Maps Yusseka Yusseka

Harga tiket masuk atau biaya karcis dibebankan kepada pengunjung sebesar Rp 10.000,- per orang saja. Dengan membayar harga tiket masuk tersebut pengunjung sudah mendapatkan wortel yang bisa diberikan untuk makan kelinci dan bonus dapat sayuran hidroponik pula.

Sedangkan bagi pengunjung yang tidak ingin membawa sayuran hidroponik hanya perlu membayar Rp 7.000,- saja, sudah dapat wortel untuk makan kelinci juga. Harga tiket masuk dibebankan untuk pengunjung yang berusia diatas 1 tahun sedangkan untuk pengunjung di bawah 1 tahun tidak dipungut biaya alias gratis namun tidak mendapatkan wortel.

Jam buka Rumah Strawberry & Taman Kelinci Lampung di hari normal yaitu pada pukul 6 pagi sampai jam 6 sore. Namun selama masa pandemi ini taman untuk sementara ditutup untuk pengunjung umum sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan.

Kegiatan Menarik di Rumah Strawberry & Taman Kelinci

Aktivitas Rumah Strawberry Taman Kelinci Lampung
Image Credit: Facebook Lampung Eksis

1. Memberi Makan Kelinci

Ketika baru masuk ke lokasi taman pengunjung akan diberi wortel yang bisa digunakan untuk memberi makan kelinci. Pengunjung bebas memilih kelinci mana yang akan diberi makan. Tidak usah berebut karena Rumah Strawberry & Taman Kelinci ini punya puluhan kelinci lucu. Selain diberi makan bisa juga diajak berfoto.

2. Belajar Menanam Hidroponik

Taman cantik ini memang diperuntukkan bagi kegiatan edukasi dan rekreasi keluarga terutama untuk anak-anak. Ada paket kegiatan yang diperuntukan bagi anak-anak berupa pelatihan menanam tanaman hidroponik. Mulai dari proses penyiapan media tanam sampai memanen hasil sayuran.

3. Berfoto dengan Buah Strawberry

Buah strawberry yang ada tidak boleh dipetik namun tetap bisa dinikmati keindahannya dengan cara dilihat dan difoto. Unggah foto di dekat tanaman strawberry yang sedang mekar berbuah lebat pasti banyak orang yang penasaran dimana lokasinya.

Pasti orang tua ingin mengabadikan momen liburan anak dalam bingkai foto, namun mengajak anak-anak untuk berfoto ternyata susah susah gampang. Berikut adalah tips untuk mendapatkan foto anak yang bagus:

  • Menggunakan stabilizer pada kamera, pastikan alat yang dipakai sudah tersetting sesuai keinginan supaya bisa digunakan. Apabila menggunakan hp atur otomatis cahaya atau setting manual pencahayaan
  • Pastikan buah hati tetap dekat dengan orang tua saat berfoto supaya tetap tenang dan anak merasa nyaman ketika bermain.
  • Potret semua kegiatan yang sedang dilakukan buah hati. Aktivitas berlari kesana kemari sebagai foto candid, sambil sesekali ajak anak untuk menghadap ke kamera.
  • Biarkan anak bebas bermain tanpa perlu diminta berpose supaya hasil foto menjadi lebih natural.
Aktivitas Rumah lain Strawberry Taman Kelinci Lampung
Image Credit: Syamsul Hudha

4. Bermain

Luas area Rumah Strawberry & Taman Kelinci memang tidak terlalu luas namun di desain menarik sebagai tempat bermain anak-anak. Ada rumah kelinci warna-warni, bangunan mirip dengan rumah kurcaci yang imut dan tentunya cantik. Di area taman ini Anak-anak bebas bermain kesana kemari bersama kelinci.

5. Memetik Sayuran Hidroponik

Harga tiket Rp 10.000,- pengunjung bisa mendapatkan sayuran segar hasil panen di kebun hidroponik. Jenis sayuran yang bisa ditanam ada selada, Pakcoy, kangkung, dan lainnya. Sayuran yang bisa dibawa pulang tergantung dengan ketersediaan yang ada.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Rumah Strawberry Taman Kelinci Lampung
Image Credit: Google Maps Andi Ariesta

Sebagai wahana yang dikelola pribadi fasilitas yang ada memang masih terbatas. Area parkir tidak terlalu luas terutama untuk mobil, lahan parkir menyewa pekarangan warga sekitar. Sedangkan untuk kendaraan roda dua area parkir sudah cukup luas.

Bagi pengunjung yang merasa ingin buang air kecil bisa menggunakan fasilitas toilet yang sudah tersedia di kawasan taman. Rumah Strawberry & Taman Kelinci dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk, yang dipakai orang tua untuk menemani anaknya bermain.

Di masa pandemi ini memang wahana rekreasi dan edukasi ini ditutup untuk menghindari penyebaran virus, kondisi ini sudah berlangsung sejak diberlakukannya di rumah aja sampai sekarang. Ditutup sebagai bentuk dari rekondisi wahana. Sayuran hidroponik dan tumbuh strawberry tetap ditanam.

Itulah pesona Rumah Strawberry & Taman Kelinci Lampung, wahana rekreasi keluarga dengan konsep baru di Kota Bandar Lampung ini begitu menarik karena berbeda dengan wahana yang selama ini ada. Namun, keterbatasan lahan memang menjadi kekurangannya. Meski begitu diharapkan setelah pandemi taman bisa dibuka kembali.