Rumah Pohon Habitat, Panorama Alam Langkat yang Menakjubkan

Rumah Pohon Habitat, Panorama Alam Langkat yang Menakjubkan

Habitat Lodge and Tree House atau yang dikenal Rumah Pohon Habitat salah satu objek wisata yang menyimpan keindahan alam memesona di Langkat. Tempat refreshing yang menawan dengan berbagai spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perteguhen, Telagah, kec. Semilir, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Bagi beberapa orang, pergi berwisata merupakan salah satu yang perlu dilakukan untuk menghilangkan stres dan penat setelah lelah bekerja. Anda yang kebetulan tengah berada di kabupaten Langkat, maka sangat disarankan untuk mengunjungi destinasi wisata yang sangat populer di tempat tersebut.

Lokasi wisata ini berada di kawasan bukit barisan dan merupakan destinasi wisata yang cukup hits serta kekinian. Tempat tersebut yaitu Rumah Pohon Habitat. Nama asli dari tempat wisata ini yaitu habitat lodge and tree house. Bagi yang berasal dari luar Sumatra, destinasi wisata ini mungkin masih terdengar asing. Tapi, jika sudah berkunjung tentu akan selalu terkenang dengan suasana lokasi ini.

Suasana alam yang terdapat di sana begitu nyaman dengan pemandangan yang bagus, sehingga sangat pas untuk digunakan bagi Anda yang ingin refreshing. Berikut akan diulas secara singkat mengenai apa saja daya tarik yang ditawarkan, fasilitas yang dimiliki, kegiatan seru yang bisa dilakukan, lokasi dan hal-hal lain terkait wisata rumah pohon ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Rumah Pohon Habitat

Daya Tarik Rumah Pohon Habita
Image Credit: Facebook.com @budiario.ario

Rumah pohon yang terletak di Kabupaten Langkat memang sangatlah populer bagi para wisatawan, utamanya mereka yang memang berasal dari Sumatera Utara. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang begitu asri dan masih belum tersentuh polusi. Berikut adalah daya tarik yang dimiliki oleh rumah pohon sehingga membuat tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

1. Panorama Alam yang Elok

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meringankan beban pikiran dari penat kerja yang terkadang bisa membuat diri Anda stres yaitu dengan menikmati pemandangan alam sekitar. Pemandangan yang indah akan bisa Anda dapat ketika mengunjungi Rumah Pohon Habitat kabupaten Langkat ini.

Suasana yang begitu asri, tenang dengan pepohonan hijau rindang benar-benar akan membuat Anda merasa rileks. Pemandangan indah tersebut didapat oleh karena lokasi wisata ini berada di daerah perbukitan, sehingga tentu saja panorama yang ditawarkan sangatlah menarik.

Barisan pepohonan serta hamparan bukit yang mengepung area wisata rumah pohon ini akan tampak begitu eksotis. Selain itu Anda bisa merasakan udara yang benar-benar sejuk khas pegunungan. Dengan suasana yang sejuk ini, maka tak heran jika banyak masyarakat kota yang berdatangan ke tempat tersebut.

Saat malam menjelang, nuansa indah tidak serta merta hilang, karena terdapat cahaya lampu temaram yang menerangi tempat ini membuatnya semakin memiliki nuansa yang romantis. Sebagai wisata yang memang berlokasi di pegunungan, wajar saja jika pemandangan yang disajikan mampu untuk memanjakan mata Anda.

2. Spot Foto yang Instagramable

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Rumah Pohon Habitat yaitu terdapat banyak spot foto menarik di tempat ini. Anda tidak akan kesusahan mencari spot foto yang instagramable untuk memuaskan hasrat Anda dalam melakukan fotografi di tempat ini. Spot-spot foto tersebut menjadi salah satu daya tarik yang cukup sukses memancing para wisatawan untuk datang berkunjung.

Berfoto di tempat dengan latar belakang panorama yang sangat eksotis tentunya akan memberikan hasil foto yang bagus. Terlebih lagi tempat ini juga termasuk salah satu dari kawasan yang memiliki pemandangan matahari terbit serta matahari terbenam yang sangat cantik luar biasa.

Rumah pohon Kabupaten Langkat ini semakin terasa spesial dengan adanya tempat nongkrong serta spot foto corner yang mana berupa rumah pohon. Oleh karena itulah tempat wisata satu ini ramai dikunjungi oleh para muda-mudi.

Sangat cocok untuk Anda yang hobi dalam fotografi. Bagi Anda yang hobi dalam bidang tersebut, maka sangat puas rasanya untuk datang berkunjung ke wisata yang satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Rumah Pohon Habitat

Alamat Rumah Pohon Habitat
Image Credit: Instagram.com @melalakindonesia

Rumah Pohon cantik ini memiliki lokasi di kecamatan Semilir Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Bagi Anda yang sebelumnya pernah berkunjung ke wisata Air Terjun Sipiso-Piso yang termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, maka menemukan lokasi rumah pohon ini tidak akan terlalu sulit. Lokasi wisata ini memiliki jarak kurang lebih 80 km dari wisata air terjun tersebut.

Atau jika Anda menggunakan kendaraan pribadi setidaknya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk dapat mencapai lokasi ini. Dari pusat kota Medan sendiri Anda membutuhkan waktu sekitar 5 jam jika menggunakan rute medan-binjai Dusun Pertenguhen. Akses jalan untuk menuju lokasi hingga sampai ke Dusun Lau kulap masih tergolong cukup bagus.

Namun nantinya Anda akan menemukan jalanan berbatu serta rute menanjak sekitar 100 meter untuk menuju puncak bukit. Di sanalah lokasi wisata dari pohon habitat ini berada. Akses untuk menuju ke rumah pohon kabupaten Langkat ini memang terbilang lumayan ekstrim. Dari pintu masuk nantinya Anda akan dihadapkan dengan jalanan yang cukup curam serta berbatu.

Oleh karena itu, Anda yang datang ke tempat ini dengan membawa kendaraan pribadi, maka sebaiknya Anda lakukan pengecekan terlebih dahulu pada kendaraan Anda tersebut sebelum berangkat. Oleh karena jalanan berbatu, maka Anda perlu memastikan ban kendaraan Anda cukup sehat sehingga menghindari resiko terjadinya bocor saat perjalanan menuju lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Rumah Pohon Habitat Langkat

Harga Tiket Rumah Pohon Habitat
Image Credit: Facebook.com @ridzkyadtya.anggara

Untuk dapat memasuki area wisata rumah Pohon Habitat Anda perlu membayar biaya tiket. Tiket yang dikenakan terbilang sangat terjangkau. Anda hanya cukup membayar biaya retribusi sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk setiap satu orang pengunjung.

Namun berbeda lagi bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan camping di tempat wisata ini, maka nantinya terdapat biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi, sekali lagi Anda tidak perlu khawatir karena biaya tambahan yang akan dikenakan pun juga terbilang murah dan tak akan membuat kantong Anda jebol.

Dengan Anda membayar biaya parkir kendaraan serta biaya masuk, maka di sini Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang mampu memanjakan mata dan menjernihkan pikiran. Tentu, biaya tiket masuk yang murah jadi sesuatu yang menarik bagi para pengunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Rumah Pohon Habitat

Kegiatan di Rumah Pohon Habitat
Image Credit: Instagram.com @bambang.arief76

Berkunjung ke Rumah Pohon Habitat merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Ada banyak macam kegiatan seru dan menarik yang bisa Anda lakukan di sana. Beberapa kegiatan tersebut antara lain yaitu:

1. Menikmati Panorama

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwasannya rumah pohon yang berada di kabupaten Langkat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau. Disebut sebagai wisata rumah pohon karena memang tempat tersebut memiliki bangunan kayu yang dibuat di atas bukit tinggi dan berada di tengah pepohonan hijau rindang.

Sebagai pengunjung nantinya Anda akan ditawarkan pemandangan yang mampu membuat mata Anda terlena. Selain itu udara dataran tinggi yang begitu bersih dan sejuk akan membuat jernih pikiran Anda dalam seketika. Pada saat siang hari suasana di Rumah Pohon Habitat ini sangatlah asri. Sangat pas untuk digunakan sebagai tempat merilekskan pikiran dan menghilangkan stres.

Keelokan alam dapat Anda lihat dengan jelas dari ketinggian, terlebih lagi area perbukitan yang terhampar semakin terlihat menakjubkan. Anda akan menyaksikan pemandangan hijau sejauh mata memandang.

Untuk melihat gemerlap kota Medan dari lokasi ini, Anda bisa membawa teleskop. Pihak pengelola tempat wisata menyediakan fasilitas berupa teleskop bagi Anda yang tertarik untuk mengamati gemintang saat malam hari di tempat tersebut.

2. Camping

Kegiatan yang satu ini bisa Anda lakukan jika memang berniat untuk bermalam di tempat tersebut. Terdapat area yang memang dikhususkan bagi para pengunjung yang ingin mendirikan tenda. Area yang dipilih memang merupakan area yang sangat strategis sehingga membuat Anda yang camping dapat melihat pemandangan yang indah.

Wisata rumah pohon ini memang dibuka dari pagi hingga malam hari. Pemandangan indah juga bisa Anda dapat saat malam hari. Dengan lampu temaram yang terpasang di sudut-sudut akan semakin membuat suasana menjadi lebih romantis.

Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai destinasi wisata bagi Anda beserta pasangan Anda. Pemandangan yang menarik itulah yang membuat beberapa pengunjung justru lebih memilih datang pada saat malam hari, sehingga mereka dapat menikmati suasana yang begitu tentram dan damai.

Kegiatan Menarik di Rumah Pohon Habitat
Image Credit: Facebook.com @budiario.ario

3. Fotografi

Mungkin Anda sering melihat di media sosial seperti misalnya Facebook ataupun Instagram, banyak sekali ditemui foto-foto mengenai keindahan alam Rumah Pohon Habitat. Hal tersebut wajar saja karena memang di tempat ini banyak tersedia spot-spot menarik yang bisa digunakan untuk melakukan fotografi.

Spot yang bagus tentu sangat sayang untuk dilewatkan tanpa disimpan dalam sebuah kamera. Oleh karena itu, Anda yang memutuskan untuk datang berkunjung ke wisata pohon, maka sangat disarankan membawa kamera dengan resolusi yang bagus.

Namun jika Anda memang tidak memiliki kamera tersebut Anda bisa menggunakan kamera HP. Pastikan ruang memori cukup karena nantinya Anda akan ketagihan untuk berfoto di tempat ini.

4. Makan Malam di Ketinggian

Anda juga bisa menikmati makan malam yang berada di ketinggian. Hal tersebut tentu akan sangat romantis dilakukan ketika Anda bersama dengan pasangan. Terlebih bagi Anda yang merupakan pasangan pengantin baru, maka tempat ini sangat pas dijadikan destinasi wisata untuk melakukan bulan madu.

Saat malam tiba, lokasi ini akan diterangi oleh cahaya-cahaya lampu yang remang. Dengan suasana tersebut Anda bisa melakukan makan malam bersama dengan pasangan sambil menikmati langit yang penuh gemintang. Tentu momen ini bisa menjadi momen yang spesial bersama pasangan.

Fasilitas yang Tersedia di Rumah Pohon Habitat Langkat

Fasilitas Rumah Pohon Habitat
Image Credit: Facebook.com @(Nande Nande)

Tempat wisata rumah pohon yang berada di kabupaten Langkat ini telah dibekali dengan fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Tentu, sebuah lokasi wisata tidak lengkap jika tidak memiliki fasilitas yang memadai. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati fasilitas yang disediakan pihak pengelola.

Fasilitas yang disediakan destinasi wisata ini sudah cukup memadai. Beberapa fasilitas yang ada seperti misalnya toilet, area parkir kendaraan, gazebo, rumah pohon, kursi, warung ataupun cafe, area camping, penginapan dan lain sebagainya.

Itulah ulasan singkat mengenai wisata Rumah Pohon Habitat. Bagi Anda yang penasaran, maka bisa langsung menuju ke tempat ini. Terlebih untuk Anda yang kebetulan berada di kabupaten Langkat, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa menikmati panorama yang ada di tempat wisata pohon yang satu ini.