Bengkulu

15 Tempat Wisata di Bengkulu Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bengkulu Utara memiliki populasi yang cukup banyak untuk pertambahan penduduk. Mungkin karena wilayahnya yang subur, aman dan damai membuat banyak orang nyaman tinggal di tempat ini. Setidaknya ada sekitar 471.302 jiwa yang tinggal di wilayah yang luasnya 4.424 Km2 ini. Dengan garis pantai yang indah dan luas, banyak sekali tempat unik dan menarik yang bisa Anda datangi saat liburan.

Beragam tempat tersebut tentunya memiliki pesona dan keunggulan tersendiri jika dibanding tempat lain yang sama indahnya. Berikut ini ada 15 tempat wisata di Bengkulu Utara yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

1. Pantai Lais

Pantai Lais

Image Credit: Wisatakita.com

 

Ada sebuah pantai indah yang memiliki pulau kecil di tengahnya. Sebenarnya, dataran tersebut hanyalah sebuah batu besar yang mirip dengan pulau. Batu karang itu cukup besar dan kuat sehingga ada tanah subur di atasnya. Tidak heran jika tumbuh tanaman hijau yang indah.

Banyak pengunung yang mengabadikan moment spesial mereka bersama orang tersayang. Untuk foto prewedding tempat ini juga cukup cocok karena memiliki view yang bagus dan berkesan. Terutama saat muncul senja dengan warna orange yang cerah dan memukau.

Lokasi: Desa Lais, Kec. Padang Jaya, Kab. Bengkulu Utara.

2. Lorong Waktu

Lorong Waktu

Image Credit: Rmolbengkulu.com

Destinasi wisata yang satu ini sebenarnya bukan sebuah benda layaknya yang bisa mengantar kita pada tahun tertentu sesuai keinginan. Sebenarnya, tempat ini berasal dari nama jawa “lorong watu” yang artinya ruang batu. Namun orang suka memplesetkan menjadi lorong waktu agar lebih nyentrik.

Benar saja jika tempat ini langsung ramai dan terkenal. Terlebih banyak pengunjung yang memposting fotonya di mesia sosial. Tentu makin banyak orang yang ingin datang ke tempat ini bersama orang tersayang untuk melewati lorong watu yang berupa aliran sungai ini. Sungai ini sangat indah karena diapit oleh dua tebing batu besar. Sangat indah dan menakjubkan.

Lokasi: Kemumu, Kec. Arga Makmur, Kab. Bengkulu Utara.

3. Air Terjun Kepala Siring

Air Terjun Kepala Siring

Image Credit: Detik.com

Tidak seperti air terjun yang ada di Bengkulu lainnya, air terjun ini memiliki pesona yang anggun. Dengan aliran air yang rendah dan ritme yang gemulai membuat semua orang yang melihatnya akan langsung terpesona. Belum lagi suara gemericik dari ketinggian sekitar 4 meter ini cukup membuat telinga merasa nyaman dan damai. Sungainya yang panjang juga membuat pesona tersendiri bagi mereka yang ingin bermain di bagian sungai lainnya.

Lokasi: Jl. Jend A. Yani, Kemumu, Kec. Arma Jaya, Kab. Bengkulu Utara.

4. Bukit Barisan Kuro Tidur

Bukit Barisan Kuro Tidur

Image Credit: Wikipedia.org

Selain air terjun, Anda juga dapat menikmati trekking santai di area Bukit Kuro Tidur. Rute pendakian gunung ini tidak terlalu curam dan tajam. Cukup mudah melewati trekking ini karena bukitnya cukup bersahabat. Dengan melewati rute tersebut, Anda dapat melihat pemandangan indah yang melegakan.

Tidak hanya untuk trekking, bukit ini juga cocok dijadikan tempat untuk kemping atau semacamnya. Bagi yang suka bermalam dengan api unggun tentu akan sangat menyenangkan berada di bukit yang indah tersebut.

Lokasi: Kuro Tidur, Kec. Arga Makmur, Kab. Bengkulu Utara.

5. Pantai Tebing Kandang

Image Credit: Trepelin.com

Panorama pantai ini sangat indah karena ada tebing batu tinggi yang subur di dekat pantai. Meski tidak ada pasir putih yang luas namun view yang dihadirkan sangat memukau. Anda tidak hanya bisa melihat dari atas tebing, namun juga bisa melihat pemandangan indah yang terletak di dekat bebatuan bibir pantai. Airnya yang bersih dan biru membuat damai perasaan. Anda bebas melakukan apa saja karena suasana yang hadir di sekitar pantai sangat menakjubkan.

Lokasi: Jl. Padang – Bengkulu, Pasar Palik, Kec. Air Napal, Kab. Bengkulu Utara.

6. Istana Langit

Istana Langit

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Disebut dengan istana langit karena lokasinya berada di atas pohon seperti negeri di atas langit. Anda dapat melihat pemandangan indah dari ketinggian. Sekilas, tempat ini dikelola secara modern karena itu banyak view indah yang bisa Anda abadikan dalam bentuk digital. Pengunjung sering memposting hasil foto di sosial media karena sangat instagramable.

Lokasi: Batu Layang, Kec. Hulu Palik, Kab. Bengkulu Utara.

7. Pantai Muara Ketahun

Pantai Muara Ketahun

Image Credit: Ariecsrc002.blogspot.com

Destinasi wisata yang satu ini memiliki panorama yang indah dan memukau. Penuh dengan hamparan pasir putih yang indah persis di bibir pantai. Pada saat senja, view yang dihasilkan akan lebih banyak karena seakan memiliki kekuatan magis. Para pengunjung yang datang ke pantai ini biasaya akan mudah menghabiskan waktu dengan jepretan indah.

Deburan ombak yang dihasilkan juga cukup bersahabat sehingga cocok untuk anak kecil. Bagi Anda yang ingin mengajak anak kecil bermain di bibir pantai cukup aman asal masih dalam pengawasan wajar.

Lokasi: Jl. Raya Lintas Barat Sumatera No.100, Ketahun, Urai, Kec. Ketahun, Kab. Bengkulu Utara.

8. Pantai Urai

Pantai Urai

Image Credit: Detik.com

Ini bukan nama sebuah mie atau makanan. Nama pantai ini memang cukup unik, mungkin memang sesuai dengan lokasinya yang juga cukup unik dan menarik. Pantai ini memiliki ombak yang landai dengan gelombang yang cukup tenang.

Cocok dijadikan tempat rehat sejenak untuk melupakan kesedihan dan rutinitas yang membosankan. Jenuh dengan aktivitas memang membuat kita butuh udara segar agar tubuh kembali bugar. Datang ke Pantai Urai ini dapat membuat tubuhmu kembali bugar.

Lokasi: Urai, Kec. Ketahun, Kab. Bengkulu Utara.

9. Taman Wisata Pantai Indah

Taman Wisata Pantai Indah

Image Credit: Berwisata.org

Sebuah taman namun juga memiliki garis pantai yang indah ini telah memberikan pesonanya tersendiri yang sangat luar biasa. Sebuah taman yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga sambil duduk santai, plus dengan view pantai yang sangat indah. Fasilitas yang ada di taman ini juga sudah cukup lengkap antara lain ada lahan parkir yang luas, toilet dan aneka kuliner.

Lokasi: Jl. Bengkulu – Muko-Muko No.227, Air Petai, Kec. Putri Hijau, Kab. Bengkulu Utara.

10. Bendungan Desa Kuro Tidur

Bendungan Desa Kuro Tidur

Image Credit: Beringinjayokurotidur.blogspot.com

Memang bukan hal yang aneh jika belakangan ini sebuah bendungan dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang murah meriah dan menyenangkan. Terutama bagi anak kecil dan orang tua pekerja yang ingin mengajak anaknya duduk sejenak menikmati senja.

Di area bendungan ini, terutama pada sore hari banyak penjual jajan berderet guna mencari sesuap nasi. Tak ayal, meski sederhana dan murah tetap saja banyak yang datang karena tempat ini seperti surganya bagi para pecinta jajanan.

Lokasi: Desa Kuro Tidur, Kec. Arga Makmur, Kab. Bengkulu Utara.

11. Pantai Tapak Balai

Pantai Tapak Balai

Image Credit: Berwisata.org

Panorama yang ada di pantai ini tidak jauh berbeda dengan deretan pantai yang ada di Bengkulu. Hanya saja hal paling menarik dari pantai ialah ombaknya yang besar dan kencang. Bagi Anda yang suka surfing cocok berlibur ke pantai ini karena ombaknya sangat pas untuk aktivitas surfing.

Lokasi: Jl.Pusara No.Kel, Pasar Lais, Kec. Lais, Kab. Bengkulu Utara.

12. Danau Jaikem

Danau Jaikem

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Destinasi wisata yang satu ini dekat dengan hutan, namun terletak di pinggir Jalan Girimulya, Sekiau. Dengan lokasi yang cukup luas dan indah, tempat ini memiliki pemandangan yang cukup horor. Mungkin karena letaknya yang ada di dekat hutan membuat danau ini selalu memiliki cerita misteri yang tersembunyi.

Banyak cerita seram mengenai tempat ini mulai dari suara wanita yang menangis hingga suara binatang liar yang samar terdengar menakutkan. Pengunjung yang datang biasanya mengabadikan foto dengan spot terterntu untu dijadikan kenangan. Sebagian lagi memilih untuk menyimpannya di sosial media sehingga dapat menyedot pengunjung lain untuk datang.

Lokasi: Jl. Girimulya, Sekiau, Kec. Giri Mulya, Kab. Bengkulu Utara.

13. Bak Blau

Bak Blau

Image Credit: Bengkuluinteraktif.com

Sebenarnya ini hanyala sebuah genangan air yang sudah ada sejak lama. Mirip dengan danau, namun kedalaman dan luasnya tidak dapat dibandingkan dengan danau. Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya untuk berenang atau bermain air karena tidak terlalu dalam. Airnya juga cukup bersih dan tenang sehingga cukup aman bermain meski bersama anak kecil sekalipun. Biasanya air ini berwana hijau karena terpantul lumut yang ada di sekitar bak.

Lokasi: Meok, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara.

14. Danau Global

Danau Global

Image Credit: Reservasi.com

Banyak rumput tinggi indah di sekitar danau ini, membuat panorama semakin memukau. Destinasi wisata yang satu ini memiliki air yang jernih, hanya saja tanah yang ada di danau ini agak bewarna coklat atau hitam sehingga warna air danau akan terlihat agak keruh.

Namun sebenarnya jika mengambil air dengan tangan maka akan nampak warna bening. Datang ke danau ini serasa datang ke sebuah tempat yang ada di China karena view-nya agak mirip dengan view yang ada di sana.

Lokasi: Suka Baru, Kec. Marga Sakti Sebelat, Kab. Bengkulu Utara.

15. Lebong Tandai

Lebong Tandai

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Masih ada lagi sebuah destinasi wisata peninggalan Belanda yang menarik namun juga tidak meninggalkan makna sejarah yang panjang. Ada sebuah lokomotif tua yang kini masih tetap bisa aktif dengan jumlah penumpang tertentu. Meski hanya dengan rute yang terbatas, namun lokomotif ini cukup asik dan menarik.

Belum lagi view yang memukau saat kita naik di atasnya tentu akan makin luar biasa. Hanya cukup membayar Rp. 30.000,- saja tiap rute dengan pilihan Bengkulu Napal Putih atau Muara Aman-Napal Putih. Kedua rute tersebut memiliki jarak yang hampir sama namun tetap memiliki pesona yang berbeda.

Lokasi: Lebong Tandai, Kec. Napal Putih, Kab. Bengkulu Utara.

Itulah 15 tempat wisata di Bengkulu Utara yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Menghabiskan waktu bersama orang tersayang tentu akan membuat hati merasa senang. Rasa senang inilah yang nantinya akan membuat tubuh terbebas dari rasa bosan. Dengan kembali senang dan bahagia maka tubuh siap melakukan aktivitas yang sama dalam waktu tertentu. Pastinya, saat akhir pekan datang Anda akan butuh pergi berlibur kembali. Semoga liburan Anda menyenangkan.