Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Nias Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Nias Selatan, Sumatera Utara. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Nias Selatan adalah salah satu kabupaten yang ada di Pulau Nias, Sumatera Utara. Wilayah ini memiliki jumlah penduduk sekitar 317.200 jiwa dengan luas wilayah 1.826 Km2. Sejak resmi menjadi wilayah otonom pada tahun 2003 ini, wilayah Nias Selatan memiliki perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut tidak hanya pada sektor pertanian saja, namun juga pada bidang perdagangan dan wisata.

Wilayahnya yang cukup luas dan menarik membuat sektor wisata berkembang cepat. Tidak heran jika banyak pengunjung yang selalu datang tiap tahun hanya untuk melihat pemandangan indah yang ada di sana. Untuk itu, berikut 15 rekomendasi tempat wisata di Nias Selatan yang sangat memukau.

1. Pantai Lahewa

Image Credit: Jejaktrip.com

Sebuah pantai indah yang memiliki batu karang unik. Airnya yang bersih dan jernih membuat pemandangan di pantai ini menjadi lebih memukau. Kemudian berpadu dengan bentuk batu karang yang lumayan unik, yang membuat para pengunjung tidak akan berhenti kagum.

Fasilitas yang ada di pantai Lahewa juga cukup lengkap seperti mushola, toilet, dan tempat parkir yang luas. Kemudian ada juga perahu dan gazebo yang dekat sekali dengan pantai, bahkan dapat dikatakan mepet sekali dengan bibir pantai. Sangat pas jika Anda mengajak keluarga untuk berlibur ke tempat ini.

Lokasi: Balefadorotuho, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

2. Pantai Asi Walo

Pantai Asi Walo

Image Credit: Kompasiana.com

Berikutnya ada sebuah pantai yang indah dan asri, plus dengan pasir putih yang menawan. Cobalah luangkan waktu sejenak untuk berkunjung ke pantai ini bersama orang terdekat karena tempat ini sangat memanjakan mata. Anda dapat berkeliling sekitar pantai menggunakan perahu dayung, tentu akan sangat menarik.

Belum lagi pesona langit pada saat sore hari, tentu akan terasa syahdu dan menyenangkan. Di sekitar pantai terdapat banyak pohon kelapa, sehingga kapan saja jika Anda haus, bisa memanjat pohon untuk mengambil kelapa.

Lokasi: Teluk Bengkuang, Kec. Sawo, Kab. Nias Utara.

3. Teluk Bengkuang

Image Credit: Travel.detik.com

Layaknya sebuah teluk pada umumnya, bentuk teluk ini juga sangat menakjubkan. Banyak perahu yang berjejer di bibir pantai. Biasanya, perahu itu digunakan para nelayan untuk mencari ikan pada malam hari. Kemudian barulah pada pagi hari kapal itu kembali lagi. Tidak heran jika di sekitar teluk Anda akan menemukan para pedagang ikan yang hendak menjual hasil panen ikannya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pakpak Bharat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Teluk ini memiliki pantai dengan pemandangan alam yang sangat memukau dan sangat pas dijadikan tempat wisata air bersama keluarga untuk berakhir pekan.

Lokasi: Teluk Bengkuang, Kec. Sawo, Kab. Nias Utara.

4. Teluk Rusa

Teluk Rusa

Image Credit: Jejaktrip.com

Tempat ini mirip dengan Teluk Bengkuang karena sesuai dengan namanya, sebuah teluk memiliki bentuk yang unik dan menarik. Berlibur ke pantai ini akan membawa Anda merasa berada di taman laut karena panoramanya sangat memesona. Cobalah berlayar menggunakan perahu yang ada di teluk, kemudian perhatikan bagian bawah laut, Anda akan melihat batu karang yang hijau nan cantik.

Jika Anda suka diving atau snorkeling tentu momentnya akan sangat pas sekali berada di Teluk Rusa ini. Hanya saja, Anda harus membawa alat sendiri karena teluk ini belum menyediakan alat diving yang lengkap.

Lokasi: Bawonifaoso, Kec.Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan .

5. Pantai Lagundri

Pantai Lagundri

Image Credit: Pesona.travel

Beikutnya ada sebuah pantai dengan warna yang sangat indah seperti pelangi. Namun warna yang ada di pantai ini berasal dari perpaduan cahaya matahari, batu karang dan air laut. Jadi, bergantung pada iklim dan cuaca saat berkunjung. Jika Anda beruntung maka dapat menemukan warna pantai yang indah seperti pelangi, ada warna hijau yang berasal dari batu karang, kemudian ada warna biru yang berasal dari pantulan warna langit, dan cahaya orange yang berasal dari cahaya matahari. Biasanya, warna tersebut akan muncul pada saat pagi atau sore hari.

Lokasi: Teluk Lagundri, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan.

6. Kampung Pulau Tello

Kampung Pulau Tello

Image Credit: Georgeputrasahan.blogspot.com

Destinasi wisata berikutnya ada di Desa Baruyu Lasara yakni sebuah desa wisata yang memiliki kampung adat yang masih sangat tradisional. Biasanya, orang menyebut dengan suku dalam karena memang sukunya masih satu rumpun dengan suku anak dalam yang ada di daerah timur.

Meski secara geografis agak jauh namun tradisi dan budaya yang ada di Indonesia cukup mirip. Biasanya yang menjadi pembeda ialah kepercayaan saja karena tiap nenek moyang memiliki agama tersendiri. Sesuai dengan kepercayaan nenek moyang akan adanya animisme dan dinamisme maka suku ini juga masih kuat dengan kepercayaan tersebut. Cobalah datang sendiri ke kampung ini agar lebih dekat dengan budaya nusantara.

Lokasi: Hiliotalua, Kec. Pulau-pulau Batu, Kab. Nias Selatan.

7. Pulau Sibele

Pulau Sibele

Image Credit: Jejaktrip.com

Berikutnya ada sebuah pulau indah yang sudah dikemas dengan cara modern. Cara modern untuk mengelola sebuah pulau ialah membangun resort yang indah nan mewah. Dengan adanya resort ini Anda bebas melakukan aktivitas kapan saja karena layanan prima selama 24 jam non stop.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Asahan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Meski tergolong resort baru namun layanan yang ada di pulau ini sangat mewah. Cobalah menginap di resots sekitar pulau ini karena biaya masih cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 600.000,- hingga Rp. 1.200.000,- per malam bergantung pada kualitas kamar dan layanan. Dengan kamar terkecil saja bisa muat hingga 4 orang, cukup hemat jika Anda berkunjung bersama keluarga atau kelompok.

Lokasi: Baruyu Lasara, Kec. Pulau Pulau Batu, Kab. Nias Selatan.

8. Jembatan O’ou

Jembatan O’ou

Image Credit: Rri.co.id

Ada sebuah jembatan tua nan unik yang menghubungkan antara Nias Utara dan Nias Selatan. Meski tergolong tua, namun jembatan ini masih cukup kuat menopang para pejalan kaki yang hendak melintas. Bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat sebaiknya jangan menyeberang menggunakan kendaraan karena akann cukup berbahaya.

Jembatan O’ou ini terbuat dari kayu jati yang kuat sehingga sangat rawan sekali terjadi retakan atau kerusakan saat melintas. Sebaiknya gunakan jalur aspal untuk melintas menggunakan kendaraan.

Lokasi: Simandaolo, Kec. O’o’u, Kab. Nias Selatan.

9. Pantai Merah

Pantai Merah

Image Credit: Ksmtour.com

Disebut dengan pantai merah karena pasir yang ada di pantai ini agak kemerahan seperti coklat yang agak merah. Biasanya, penduduk lokal menyebut dengan pantai Afulu karena nama sebenarnya memang Pantai Afulu. Hanya saja karena warna pasirnya agak kemerahan sehingga orang lebih mudah menyebutnya demikian.

Dengan datang ke pantai merah ini, Anda akan dihibur dengan pemandangan hijau nan indah. Banyak pepohonan hijau yang ada di sekitar pantai. Jika Anda mencari batu karang maka akan cukup sulit karena hampir tidak ada batu karang.

Lokasi: Jl. Sorake, Botohilitano, Kec. Fanayama, Kab. Nias Selatan.

10. Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo

Image Credit: Wartanias.com

Sebuah air terjun dengan debit air yang cukup bersahabat ini dapat membuat mata Anda terpukau karena panorama yang ada di sekitar air terjun sangat asik dan menarik. Di bawah air terjun ini Anda dapat mengambil foto kemudian berenang sejenak bersama sahabat atau keluarga.

Tebing batu yang ada di sekitar air terjun ini sangat indah, cobalah Anda mengambil foto di dekat air terjun tentu akan sangat cantik. Belum lagi ditambah dengan dinginnya udara yang ada di dekat air terjun. Ketika mandi di air terjun ini tubuh akan terasa lebih segar dan bugar.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sibolga Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Fadoro, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli.

11. Air Terjun Mandrowe

Air Terjun Mandrowe

Image Credit: Twitter.com @Lenny_diary

Panorama indah yang ada di sekitar air terjun ini tidak kalah hebat dengan Air Terjun Humogo. Di sekitar air terjun, banyak kolam yang bisa digunakann untuk mandi. Aliran air juga cukup lancar meski tidak begitu deras. Kecuali pada musim hujan biasanya debit air akan meningkat dan air agak terlihat keruh. Akan lebih baik jika berkunjung ke air terjun ini saat musim kemarau karena air akan nampak lebih bersih dan jernih.

Lokasi: Mondrowe ,Kec. Lahusa, Kab. Nias Selatan.

12. Masjid Agung Ar-Rahman

Masjid Agung Ar-Rahman

Image Credit: Jejaktrip.com

Konon masjid ini adalah masjid yang paling besar di daerah Nias Selatan. Terletak di Jl. Imam Bonjol kecamatan Pasar Teluk Dalam. Dengan berkunjung ke masjid ini Anda akan merasakan atmosfer religi yang berbeda dari masjid lainnya. Ada kesejukan tersendiri saat masuk ke ruang masjid karena desain dan arsiteknya sangat bagus. Biasanya, pada saat bula puasa, masjid ini akan sangat ramai sekali. Terutama bagi pengunjung yang lewat ke daerah ini untuk mudik ke kota asal.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol, Pasar Teluk Dalam, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan.

13. Taman Doa Bunda Maria

Taman Doa Bunda Maria

Image Credit: Jejaktrip.com

Wisata religi dengan pemandangan taman yang indah. Bagi Anda yang nasrani dapat berkunjung ke taman ini sekaligus berdoa. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini bersama sahabat atau keluarga karena tempatnya sangat sejuk dan indah. Terutama pada saat perayaan Natal atau hari besar lainnya, pengunjung akan datang berlipat ganda. Pengelola taman biasanya juga membuat dekor yang khusus sesuai tema perayaan.

Lokasi: Jl. Raya Pelud Binaka No.KM. 6,5, Fodo, Kec. Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli.

14. Pantai Hilitasaro Toma

Pantai Hilitasaro Toma

Image Credit: Portalwisata.co.id

Letak Pulau Nias yang berada di pinggir membuat wisata pantai yang ada di kabupaten ini juga cukup banyak. Masih ada lagi wisata Pantai Hilitasaro Toma dengan panorama tropis yang sangat indah. Pantainya yang penuh dengan batuan hitam, membuat bibir pantai menjadi lebih indah dan berbeda.

Lokasi: Hilisataro, Kec. Toma, Kab. Nias Selatan.

15. Pantai Karang Falaete

Pantai Karang Falaete

Image Credit: Pidii.info

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki batu karang yang luas dan besar. Cukup fenomenal untuk pantai yang memiliki garis bibir indah ini. Cobalah datang ke pantai ini saat siang hari kemudian bandingkan panoramanya ketika sudah masuk waktu sore, tentu akan sangat berbeda.

Lokasi: Lahusa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

Itulah 15 tempat wisata di Nias Selatan yang sangat memukau yang dapat dijadikan referensi saat berlibur. Menghabiskan waktu libur untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat tentu akan lebih berkesan dibanding hanya berdiam saja di rumah.