Riau

10 Tempat Wisata di Rokan Hulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Rokan Hulu, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Rokan Hulu, Provinsi Riau. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Banyaknya aktifitas atau kegiatan sehari-hari kadang kala membuat kita merasa jenuh dan bosan. Guna menghilangkan kejenuhan tersebut, berlibur menjadi cara terbaik yang dapat kita lakukan. Meskipun menjadi alat ampuh untuk menghilangkan kebosanan, memiliki lokasi tujuan wisata tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Kita sebaiknya menemukan lokasi wisata yang menarik dan memiliki keindahan alam yang kaya. Rokan Hulu yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau yang dikenal memiliki beragam objek wisata menarik.

Jika kita mengenal Rokan Hulu dengan lebih baik, kita dapat mengetahui bahwa kabupaten tersebut merupakan ikonnya kota Riau. Ada banyak lokasi wisata indah yang wajib untuk kita kunjungi ketika hari libur tiba. Tidak hanya memiliki destinasi wisata dengan pemandangan alam yang indah, kita juga akan menemukan lokasi wisata bersejarah yang kaya akan informasi.

Untuk mengenal lokasi menarik yang berada di kabupaten ini, berikut ulasan 10 tempat wisata di Rokan Hulu yang paling populer dikunjungi wisatawan.

1. Aek Martua

Aek Martua

Image Credit: Ksmtour.com

Aek Martua menjadi salah satu nama air terjun yang berada di Rokan Hulu. Air terjun tersebut terlihat nampak istimewa karena air terjun yang tersaji nampak bertingkat-tingkat. Hal ini pula yang menyebabkan Aek Martua dikenal dengan air terjun dengan tangga seribu.

Nama air terjun yang berada di Rokan Hulu ini berasal dari asal air terjun itu sendiri. Menurut suku Mandailing, Aek Martua memiliki arti air bertuah.

Lokasi: Bangun Purba, Kec. Bangun Purba Timur Jaya, Kab. Rokan Hulu.

2. Istana Rokan

Istana Rokan

Image Credit: Kua-rokan-iv-koto-galeri.blogspot.com

Istana Rokan terlokasi di desa Rokan Koto. Desa yang berjarak 45 km dari kabupaten Rokan Hulu ini merupakan bangunan yang berusia lebih dari 200 tahun. Istana ini berdiri ketika kesultanan Nagari Tuo berkuasa. Jika kita melihat bagaimana bangunan rumah yang dimiliki oleh warga sekitar, kita dapat melihat persamaan rumah-rumah warga dengan Istana Rokan. Istana Rokan menjadi bangunan bersejarah yang modal bangunannya mirip dengan bangunan melayu.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kampar yang Paling Populer

Ketika mengunjungi Istana Rokan, kita akan menemukan tiga tangga yang ada di bangunan istana. Tangga tersebut melambangkan kekerabatan penduduk Rokan pada masa lalu. Arti lambang tangga Istana Rokan sendiri adalah penguasa, alim ulama dan adat. Selama berkunjung ke Istana Rokan, kita juga dapat menemukan rumah suku Melayu, suku Mais dan suku Modang.

Lokasi: Rokan Koto Ruang, Kec. Rokan IV Koto, Kab. Rokan Hulu.

3. Benteng Tujuh Lapis

Benteng Tujuh Lapis

Image Credit: Gapuranews.com

Ingin mengenal bangunan bersejarah di Rokan Hulu? Benteng tujuh lapis menjadi tempat wisata yang dapat kita datangi. Menjadi salah satu peninggalan bangsa, benteng tujuh lapis dahulunya menjadi benteng pertahanan bangsa Dalu-dalu. Untuk membangun benteng tujuh lapis, masyarakat Dalu-dalu membutuhkan waktu yang cukup lama. Benteng dibuat dengan menggunakan tanah liat yang diambil di tepian sungai Batang.

Pada saat terjadinya perang Paderi, benteng tujuh lapis menjadi lokasi dimana bangsa Indonesia melakukan serangan ke Belanda. Dengan sejarah panjang yang dimiliki oleh benteng ini, benteng tujuh lapis tercatat sebagai salah satu lokasi wisata Rokan Hulu yang wajib untuk dikunjungi ketika waktu liburan tiba.

Lokasi: Tambusai Tengah, Kec. Tambusai, Kab. Rokan Hulu Regency.

4. Goa Huta Sikafir

Goa Huta Sikafir

Image Credit: Publickviral.blogspot.com

Tak jauh dari obek pemandian Pawan, kita dapat menemukan hutan yang ditumbuhi oleh pepohonan berukuran besar. Pepohonan yang ada di dalam hutan dililiti oleh akar kayu. Dengan penampilan pohon tersebut, hutan nampak angker dan mengerikan. Meskipun terlihat angker, ada beberapa goa yang dapat kita temukan di dalam hutan. Goa Huta Sikapir menjadi salah satu goa yang dapat kita temukan di hutan.

Jika kita memiliki hobi melakukan petualangan, Goa Huta Sikapir menjadi lokasi wisata yang patut untuk diperhitungkan. Kita dapat melakukan penjelajahan ke dalam goa yang berukuran besar ini. Agar tidak tersesat, kita dapat menggunakan jasa pemandu jika ingin memasuki lebih dalam goa.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Pawan, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

5. Pemandian Pawan

Pemandian Pawan

Image Credit: Wisatasia.com

Guna menyegarkan diri dan bersantai dengan baik, ada baiknya untuk berkunjung ke pemandian Pawan. Di tempat ini, kita dapat menikmati pemandian air panas dengan suhu yang berbeda-beda. Di lokasi pemandian Pawan, ada dua lokasi pemandian yang airnya memiliki suhu berbeda.

Salah satu pemandian memiliki suhu air hingga 600º C. Sedangkan pemandian panas lainnya memiliki suhu hingga 800º C. Selain itu, pemandian Pawan juga memiliki pemandangan alam yang menarik sehingga kita tidak akan merasa bosan ketika berkunjung ke tempat tersebut.

Lokasi: Jl. Air Panas Pawan, Rambah Tengah Barat, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

6. Pemandian Hapanasan

Pemandian Hapanasan

Image Credit: Publickviral.blogspot.com

Pemandian ari panas lainnya yang berada di Rokan Hulu adalah pemandian Hapanasan. Di tempat ini, kita akan menemukan banyak lokasi permainan anak yang menarik. Di samping pemandian air panas, kita juga akan menemukan kolam renang, tempat bermain anak dan waterboom.

Tidak hanya memiliki wahana permainan yang seru, pemandian Hapanasan juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Mushola, tempat parkir dan toilet umum menjadi deretan fasilitas yang ditawarkan oleh pemandian Hapanasan.

Lokasi: Rambah Tengah Barat, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

7. Sungai Bungo

Sungai Bungo

Image Credit: Riaurealita.com

Wisata alam Rokan Hulu memang tidak ada matinya. Hal tersebut dibuktikan dengan keberadan Sungai Bungo di Rokan Hulu. Untuk mencapai lokasi wisata ini, kita harus melewati jalan berukuran kecil dan hutan. Meskipun demikian, hal tersebut tidak dapat menghalangi kita untuk datang ke Sungai Bungo.

Pada saat menempuh perjalanan ke Sungai Bungo, kita akan disajikan pemandangan alam yang masih asri. Sungai Bungo menjadi tempat wisata bagi mereka yang gemar melakukan petualangan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Pekanbaru yang Paling Hits

Lokasi: Sialang Jaya, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

8. Sungai Rokan Kiri

Sungai Rokan Kiri

Image Credit: Lamriau.id

Sungai Rokan Kiri menjadi tempat wisata Rokan Hulu lainnya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dikenal sebagai wisata air deras, Sungai Rokan Kiri memiliki aliran air yang deras dan tebing yang cadas.

Untuk menikmati keindahan alam Sungai Rokan Kiri, kita hanya perlu menghabiskan waktu selama 1 jam dengan menggunakan boat. Setelah berada di tebing, kita nantinya akan melihat dua buah air terjun yang berada di sekitar tebing.

Lokasi: Sangkir Kec. Ujung Batu, Kab. Rokan Hulu.

9. Rumah Batu Serombou

Rumah Batu Serombou

Image Credit: Riaumagz.com

Pada saat berada di Rokan Hulu, jangan lupa untuk berkunjung ke rumah batu Serombou. Untuk mendatangi lokasi wisata ini, kita dapat mengandalkan kendaraan roda dua dan roda empat. Dari Rokan Hulu, perjalanan menuju ke rumah batu Serombou berjarak 12 Km.

Setelah sampai di lokasi wisata tersebut, kita dapat melihat 3 buah batu berbentuk rumah payung. Ketiga batu yang berada di lokasi wisata memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin ke bawah, ukuran batu yang menumpuk memiliki ukuran yang lebih kecil.

Lokasi: Karya Mulya, Kec. Rambah Samo, Kab. Rokan Hulu.

10. Cipogas

Cipogas

Image Credit: Rokanhuluthediversityofmelayu.blogspot.com

Ketika bersandang ke Rokan Hulu, belum lengkap rasanya jika belum menghabiskan waktu di Cipogas. Cipogas menjadi lokasi wisata yang disajikan dengan pemandangan alam indah. Di tempat ini, kita dapat menemukan batuan berukuran besar yang dialiri oleh air sungai. Menurut penduduk sekitar, Cipogas dahulunya dijadikan tempat untuk bertapa. Mereka yang datang ke Cipogas bertujuan untuk mendapatkan ilmu kebatinan.

Meskipun dahulunya digunakan untuk bertapa dan memperoleh ilmu kebatinan, Cipogas kini menjadi tujuan wisata alam masyarakat. Pemandangan alam yang masih asri menjadi dalah satu daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata Cipogas.

Lokasi: Sialang Jaya, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Rokan Hulu yang menarik dan patut Anda kunjungi ketika liburan tiba. Semoga bermanfaat!