Wisata Alam Datuk, Wisata Kekinian Perpaduan Pantai & Hutan Mangrove di Batubara

Wisata Alam Datuk, Wisata Kekinian Perpaduan Pantai & Hutan Mangrove di Batubara
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kwala Indah, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara, Sumatera Utara.

Sumatera Utara memiliki sebuah pantai dengan berbagai keindahan di dalamnya yang diberi nama Wisata Alam Datuk. Uniknya, pantai yang terdapat di Kota Batu Bara ini memiliki konsep yang keren sebagai destinasi wisata modern. Masyarakat serta pemerintah sengaja memberikan wisata alam dengan desain kekinian agar diminati pengunjung.

Meskipun telah mengalami perubahan, namun pantai ini tetap memberikan suasana asri serta udara sejuk khas bagi para wisatawan. Penambahan konsep terbaru yang dihadirkan yakni berupa spot foto keren. Terdapat pula sebuah kolam renang di dekat pantai yang dibangun dengan desain modern serta menarik perhatian para pengunjung ketika berlibur.

Destinasi Wisata Alam Datuk merupakan salah satu pantai terbesar yang berada di Pulau Sumatera. Hal ini dikarenakan pantainya yang memiliki wilayah sangat panjang dengan ukuran tiga hektar. Selain itu, tersedia berbagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan dengan berbagai fasilitas lengkap di dalam lokasi wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Alam Datuk

Daya Tarik Wisata Alam Datuk
Image Credit: Google Maps (Rahmat Ramadhan Ritonga)

1. Kampung Indian dan Kolam Renang

Lokasi wisata ini memiliki sebuah daya tarik yang unik yakni adanya Kampung Indian buatan di dalamnya. Kampung Indian ini diberi nama Apache Camp dengan bentuk rumah khas yang berjajar. Tidak hanya rumah, orang-orangnya juga memakai baju khas suku Indian yang telah disesuaikan. Anda dapat melakukan berbagai pemotretan keren disini.

Pada Wisata Alam Datuk juga tersedia fasilitas kolam renang yang sangat menarik. Anda tidak hanya dapat berenang di area pantai saja, namun juga dalam kolam renang yang memiliki berbagai wahana menarik ini. Terdapat ember tumpah dan seluncuran yang akan menjadikan liburan semakin menyenangkan. Tersedia pula ruang bilas di kolam renang ini.

2. Spot Foto Keren

Kalangan anak muda masa kini tentu saja tidak akan melewatkan kegiatan berfoto saat liburan. Destinasi wisata ini menyuguhkan berbagai spot foto keren di dalamnya. Spot foto tersebut diantaranya yaitu Apache Camp dan Rumah Hobbit sebagai background yang unik. Anda juga dapat berfoto pada jam dinding besar, rumah adat khas Papua, hingga sangkar burung.

Spot foto menarik lainnya yakni banyaknya payung yang digantung pada beberapa tiang di sekitar pantai. Anda juga dapat menggunakan layang-layang indah menghiasi langit yang sedang dimainkan oleh anak-anak sebagai background foto keren.

3. Keindahan Sunset

Para pengunjung biasanya datang ke Wisata Alam Datuk ini dengan tujuan untuk melihat sunset yang indah. Anda akan menikmati panorama alam yang mempesona ini dari luasnya lautan yang membentang. Keindahan sunset ini biasanya diabadikan oleh para pengunjung dengan memotretnya atau melakukan selfie sebagai background indah sebuah foto.

Selain itu, biasanya para wisatawan juga menikmati keindahan pantai sambil makan bersama rombongan keluarga atau teman dengan duduk diatas tikar. Tikar tersebut sengaja disimpan dibawah pohon bakau yang rindang untuk merasakan angin sepoi-sepoi yang sejuk. Berbagi makanan sambil berbincang di pantai tentu akan menjadikan liburan lebih terkesan harmonis.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Datuk

Alamat Wisata Alam Datuk
Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetio)

Alamat dari Wisata Alam Datuk ini berada di Kwala Indah, Kecamatan Sei Suka. Lokasi tersebut merupakan sebuah daerah di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara. Jalan menuju lokasi wisata juga memiliki akses yang mudah bagi para pengunjungnya dengan tiga buah gerbang masuk di dalamnya.

Jika Anda adalah wisatawan yang berasal dari luar Pulau Sumatera, harus menggunakan transportasi jalur udara terlebih dahulu. Anda dapat melakukan penerbangan menuju Bandara Internasional Kualanamu yang berada di Kota Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara.

Dari pusat Kota Medan, Anda hanya perlu mengambil jalur perjalanan melalui Simpang Kuala Tanjung. Namun, ada sebagian wisatawan yang menggunakan jalur Simpang Sei Berjangkar ataupun Simpang Empat Limapuluh untuk menuju Kawasan wisata alam ini. Anda akan menempuh waktu perjalanan selama setengah jam dengan jarak sekitar 20 kilometer.

Selama perjalanan, Anda akan melewati berbagai pemandangan alam yang indah berupa persawahan dan perkebunan yang sangat luas. Biasanya para pengunjung akan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan menuju lokasi wisata ini. Hal ini agar lebih memudahkan Anda untuk segera sampai ke lokasi wisata tujuan dengan waktu yang cepat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Datuk

Harga Tiket Wisata Alam Datuk
Image Credit: Facebook.com @rohit.siwel

Untuk dapat menikmati berbagai keindahan dari Wisata Alam Datuk Batubara ini memerlukan tiket masuk yang telah ditentukan. Anda harus mengeluarkan biaya tiket sekitar 10.000 rupiah untuk setiap orangnya. Harga ini tergolong murah karena Anda dapat menikmati berbagai tempat yang sangat indah dan berkesan di sekitar pantai tersebut.

Selain itu, untuk jam operasionalnya lokasi wisata ini biasa dibuka dari pukul 09.00 pagi dan tutup sore hari sekitar pukul 18.00. Sedangkan pada saat weekend atau hari libur nasional lainnya destinasi wisata ini dibuka lebih awal sekitar pukul 08.00 pagi.

Dengan adanya aturan ini, Anda tidak dapat menikmati matahari terbit kecuali menginap di sekitar pantai. Namun jika menggunakan fasilitas penginapan tentu membutuhkan biaya liburan yang cukup besar. Sebagai solusinya, Anda dapat merencanakan kegiatan berkemah bersama rombongan teman dengan meminta izin terlebih dahulu pada masyarakat setempat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Alam Datuk

Kegiatan Menarik di Wisata Alam Datuk
Image Credit: Instagram.com @prasetio12

1. Berenang

Berlibur ke pantai tentu saja memiliki tujuan untuk berenang dan bermain air lainnya di lokasi tersebut. Anda harus merasakan air laut yang segar dengan deburan ombak yang semakin seru. Anda juga dapat berenang sambil menikmati keindahan pemandangan di sekitarnya.

Selain di pantai, Anda juga dapat berenang dalam kolam yang berada di lokasi Wisata Alam Datuk tersebut. Anda dapat menikmati kegiatan berenang dengan sensasi berbeda menggunakan berbagai wahana yang menarik.

2. Olahraga

Anda bersama rombongan keluarga ataupun teman dapat menikmati wilayah pantai dengan berbagai kegiatan olahraga yang menyenangkan. Biasanya para wisatawan akan melakukan jogging mengelilingi pantai, melakukan senam, bermain voli, hingga futsal ketika pagi ataupun sore hari.

Berwisata dengan melakukan berbagai aktivitas olahraga akan menjadikan liburan Anda terasa lebih segar dan sehat. Area pantai juga memberikan energi positif yang dapat membuat fikiran Anda terasa lebih tenang ketika melakukan kegiatan tersebut. Dengan berolahraga selama liburan juga akan membuat Anda tidak mudah bosan selama menjalani liburan.

Kegiatan di Wisata Alam Datuk
Image Credit: Facebook.com @wisataalamdatuk

3. Sampan

Dalam Wisata Alam Datuk, Anda dapat melakukan kegiatan menarik, yakni mengayuh sebuah sampan dalam danau kecil. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari beberapa pondok yang berada di sekeliling sungai. Anda akan merasakan relaksasi alami dengan suasana tenang dan asri. Anda juga dapat berfoto diatas sampan dengan berbagai pose.

Selain menggunakan sampan, Anda juga dapat mengelilingi lokasi wisata ini dengan berjalan kaki menyusuri hutan mangrove. Sudah tersedia sebuah jalan yang dibuat dari bahan bambu untuk mengelilingi pohon-pohon bakau yang asri dan indah ini. Dari hutan ini, Anda dapat menyaksikan luasnya pemandangan laut yang ada.

Anda juga akan melihat pemandangan dari beberapa kera yang melompat di pohon ataupun saling bersahut-sahutan di sekitarnya. Biasanya para wisatawan sengaja memberi makan pada kera-kera tersebut di sekitar area ini. Wisatawan juga biasanya memanfaatkan momen ini untuk mengambil foto bernuansa alami dari aktivitas kera yang lucu.

4. Berfoto

Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik seperti berfoto dengan berbagai latar belakang di lokasi wisata ini. Anda dapat menggunakan berbagai spot foto buatan modern yang menarik. Bagi Anda yang menyukai suasana alam, juga tersedia pemandangan indah hutan bakau, sunrise, serta sunset yang sangat memukai dan estetik.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Alam Datuk Batubara

Fasilitas di Wisata Alam Datuk Batubara
Image Credit: Google Maps (Andri Yusni)

Wisata alam ini memiliki sebuah tempat kemah dengan bangunan khas alam bernama Glamour Camping. Fasilitas yang ada dalam tenda dibagi menjadi dua tipe yakni Magnum atau Rendezvous yang dapat sewa sesuai dengan keinginan. Kedua tipe tersebut memiliki fasilitas berbeda yang telah disesuaikan dengan harga sewanya.

Terdapat pula beberapa warung yang berada di pesisir pantai dimana tersedia berbagai jajanan termasuk kuliner khas daerah di dalamnya. Anda dapat menikmati kelezatan dari cita rasa khas nusantara sambil menyaksikan panorama alam di sekelilingnya. Wisata ini juga menyediakan kuliner fastfood bagi Anda yang menyukai cemilan modern.

Lokasi wisata ini juga memiliki toilet umum, area parkir, penginapan, spot foto, dan fasilitas umum lainnya yang memadai. Anda dapat merasakan liburan yang tenang dan nyaman dengan adanya berbagai fasilitas tersebut. Anda juga akan betah dan ingin berlama-lama menikmati keindahan alam dari setiap tempat yang berada di wilayah tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai destinasi Wisata Alam Datuk di Batubara yang mempesona. Anda wajib berkunjung ke lokasi tersebut ketika berada di daerah Sumatera Utara. Anda juga harus menjaga keindahan dan kebersihannya agar tetap menjadi destinasi favorit serta membantu memperkenalkannya pada publik agar semakin terkenal.