Danau Toba, Danau Terindah & Terbesar Kebanggaan Indonesia

Danau Toba, Danau Terindah & Terbesar Kebanggaan Indonesia

Danau Toba adalah danau alami terindah terletak di Sumatera Utara, Indonesia. Tergolong danau terbesar yang menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan, bernilai sejarah dan sarat cerita mistis.

Harga Tiket: Rp. 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Simalungun, Kab. Tobasa (Toba Samosir), Kab. Tapanuli Utara, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Dairi, Kab. Karo dan Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Keindahan alam tempat wisata di Indonesia memang sangat mempesona. Terdapat tempat wisata yang memiliki keunikan dan nilai sejarah tersendiri yang membuat para wisatawan tertarik untuk datang. Tidak hanya wisatawan lokal, namun wisatawan asing juga beramai-ramai mengunjungi setiap tempat wisata yang ada di Indonesia, salah satunya Danau Toba.

Danau Toba adalah salah satu tempat wisata populer yang sudah dikenal semancanegara. Keindahan danau di Sumatra Utara ini tidak akan didapati di tempat wisata lain. Pemandangan yang memikat hati menjadi pilihan untuk tempat liburan.

Pemandangan alam yang tidak terkalahkan ini akan menyihir pengunjung untuk berlama-lama di tempat wisata terkenal di Indonesia ini. Selain keindahan alamnya, Anda akan diberikan berbagai macam keunikan di lokasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Toba

Daya Tarik Danau Toba
Image Credit: Twitter.com @muscatkbri

1. Sumber Air Panas Gunung Pusuk Buhit

Jika berjalan-jalan mengitari danau di ujung jalur bersepeda Anda akan menemukan sebuah pemandian air panas yang disebut Aek Ranget oleh penduduk sekitar. Pemandian air panas ini menjadi daya tarik bagi wisatawan asing di Danau Toba.

Pemandian ini berada di puncak tertinggi danau terbesar ini. Anda bisa berendam dan mandi di pemandian air hangat ini. Air hangat ini langsung mengalir dari ketinggian gunung Buhit.

2. Keindahan Alam dan Udara yang Sejuk Tanpa Polusi

Bagi Anda yang menginginkan liburan tenang, sejuk, damai tanpa keributan dan tanpa polusi. Wisata Danau Toba ini adalah pilihan sempurna.

Selain keindahan alam yang menakjubkan dan banyak tempat bersejarah lainnya. Di sini Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk sampai ke tempat ini. Selain itu, tempat wisata ini tidak kalah dengan tempat wisata luar negeri. Anda akan merasa tentram dan damai berada di tempat ini.

3. Panorama Alam

Wilayah dengan luasan dua kali Singapura ini memberikan Anda sensasi liburan yang luar biasa dan berbeda dari tempat wisata lainnya. Dengan deretan bukit-bukit dan gunung merapi menjadi panorama alam yang sangat cantik.

Danau vulkanik terbesar ini adalah sebuah danau yang terbentuk dari tiga letusan Gunung Merapi di Gunung Toba. Letusan yang terjadi sangat besar sehingga membentuk danau yang sekarang populer dan disebut Toba ini. Adanya Pulau Samosir di tengah Danau ini membuat tempat ini menjadi semakin unik dan menarik para wisatawan.

BACA JUGA:  Taman Air Percut, Taman Wisata Beragam Wahana Permainan di Deli Serdang
Daya Tarik Danau Toba Sumut
Image Credit: Instagram.com @gallerydanautoba

4. Banyak Tempat Bersejarah

Selain pemandangan Danau terluas dan terbesar ke dua se-Asia, di sekitar area juga memberikan beberapa wisata desa bersejarah dengan nilai adat dan khas Batak. Anda juga dapat menyaksikan tradisi dan acara-acara tradisional lainnya.

5. Masyarakat Danau Toba yang Ramah

Danau eksotis ini memiliki pemandangan dengan panorama yang memikat dan keren. Hal ini juga ditambah dengan adanya masyarakat sekitar danau yang selalu ramah kepada setiap pengunjung yang datang membuat para wisatawan menjadi semakin nyaman berada ataupun berlibur di danau cantik ini.

6. Rumah Tradisional

Rumah tradisional ini berada di sekitar danau. Dengan adanya deretan rumah dari suku Batak asli ini membuat lokasi wisata ini semakin menarik. Dimana deretan rumah adat tradisional ini juga bisa menjadi spot foto yang bagus dan unik. Selain rumah adat, ada dua suku Simanido dan suku Tomok yang tinggal di dekat danau ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Toba

Alamat Danau Toba
Image Credit: Google Maps (Causyn Bong)

Anda bisa menggunakan 4 pilihan transportasi untuk bisa sampai ke Danau Toba ini. Pertama menggunakan Bus yang ada di terminal Bus Bandara. Menggunakan kapal ferry melalui jalur air. Ada Motor yang bisa Anda sewa di sekitar area Bandara, atau menggunakan jasa Gojek bagi Anda yang tidak bisa mengendarai sepeda motor.

Pilihan berikutnya yaitu menyewa mobil atau dengan jasa travel. Dimana jasa travel ini memberikan tumpangan beserta dengan jasa drivernya. Perjalanan yang bisa ditempuh menuju ke lokasi danau ada dua jalur berbeda yaitu Bandara Silangit dan Bandara Kualanamu.

Jika datang dari Bandara Silangit. Anda bisa mengikuti jalur menuju jalan Silangit lalu melanjutkan ke arah Sanggul dan sampai ke simpang Tele, Anda harus belok kanan dan ikuti arus sampai ke Penguruan dan Anda akan segera sampai. Perjalanan ini menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 4 jam.

Jalur kedua yaitu jika Anda berada di Bandara Kualanamu. Anda bisa mengambil lajur menuju ke arah tebing Tinggi kemudian ikuti jalan Sarbelawan menuju ke Parapat. Dari Bandara ke lokasi Anda akan berkendara selama kurang lebih 6 jam dan tergantung keadaan lalu lintas. Dari Parapat Anda sudah bisa melihat Danau Toba.

Jika tidak ingin melewati jalur darat, Anda bisa melalui jalur air. Dengan menikmati keindahan laut Anda juga bisa sampai ke kawasan danau. Anda bisa menggunakan kapal ferry menuju ke Pulau Samosir.

Pilihan terakhir jika Anda menggunakan Bus dengan rute Medan menuju ke Parapat. Perjalanan ini akan menempuh waktu selama kurang lebih 6 jam. Biaya untuk bus ini kurang lebih sekitar Rp 50.000 untuk bisa sampai ke Danau Toba.

BACA JUGA:  Pulau Samosir, Pulau Unik & Menawan di Tengah Danau Toba

Danau terbesar di Indonesia terbuka bagi wisatawan full day atau selama 24 jam. Anda hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk memasuki wilayah ini. Setelah itu ada biaya untuk tarif parkir. Dikenakan harga berbeda untuk pengendara motor dan mobil.

Dengan fasilitas lengkap dan daya tarik yang memikat, Anda tidak perlu mengeluarkan budget banyak-banyak untuk menikmati keindahan danau ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Toba

Kegiatan di Danau Toba
Image Credit: Instagram.com @gallerydanautoba

1. Bersepeda di Sekitar Danau

Untuk menikmati keindahan Danau Toba yang luas ini, Anda bisa menyewa sepeda. Bersepeda dan berkeliling menikmati keindahan alam yang sejuk dan segar, tanpa polusi tentunya dan menyehatkan badan.

Ada banyak jalur bersepeda yang bisa Anda pilih yaitu berkeliling di sekitar danau. Atau bagi Anda penikmat ketinggian, bisa mengambil trek menanjak di perbukitan sekitar danau.

2. Camping di Bukit

Bukit Holbung, merupakan bukit yang ada di dekat Danau Toba. Bukit ini ramai dikunjungi para wisatawan yang lebih memilih menikmati keindahan sekitar danau dari ketinggian.

Dari ketinggian ini Anda dapat menikmati panorama danau yang dikelilingi bukit dan pegunungan dan pepohonan yang nampak asri. Di bukit ini juga Anda dapat camping bersama teman, mendirikan tenda dan menghabiskan malam bersama.

3. Kayaking

Bermain kayaking di Danau Toba ini memberikan sensasi yang berbeda. Dengan permukaan air yang tenang Anda bisa bermain kayaking ini sekaligus untuk mengunjungi dan menyebrangi Danau ke tempat wisata lainnya di sekitar Danau.

4. Berkeliling Danau

Berkeliling Danau dengan Perahu yang disediakan di lokasi dapat Anda gunakan untuk menikmati keindahan danau dari tengah. Dikelilingi bukit, pegunungan dan hutan dengan pepohonan hijau terlihat sangat menakjubkan.

5. Water Sport

Danau dengan luas 1.130 km2 ini memberikan berbagai macam kegiatan air yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Beberapa kegiatannya adalah berupa banana boat, ada jetski dan lainnya.

6. Wisata Budaya

Di sekitar wilayah Danau Toba ini ada banyak wisata budaya seperti rumah khas Batak yang penghuninya adalah suku asli Batak. Di tempat ini Anda akan diberikan pertunjukan berupa tarian tradisional Merjuma dan pertunjukan lainnya yang lebih asik dan seru.

7. Taman Wisata

Selain pemandangan Danau, di area ini juga terdapat Taman Wisata Imam Sitinjo. Di sekitar taman ini menyajikan hutan pinus dengan aliran sungai yang menyejukkan. Di taman ini ada 5 bangunan tempat ibadah yang megah. Dimana bangunan-bangunan ini juga banyak dikunjungi wisatawan asing.

8. Wisata Huta Siallagan

Wisata Desa ini adalah sebuah peninggalan kisah kanibalisme yang ada di Batak. Dimana seorang Raja Siallagan adalah seorang Raja yang melakukan hukum pancung bagi musuh.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Binjai yang Murah & Enak

Selain itu, ada sebuah batu berbentuk tempat duduk yang merupakan tempat yang digunakan untuk persidangan pada zaman kerajaan dahulu. Selain itu di Desa Wisata ini Anda akan dapat mempelajari banyak budaya lainnya. Seperti adanya upacara dan pesta masyarakat di sekitar untuk mengenang nenek moyang terdahulu suku Batak.

9. Pesanggrahan Parapat Danau Toba

Tempat ini masih berada di sekitar wilayah Danau Toba. Pesanggrahan ini adalah tempat yang dulu digunakan sebagai tempat pengasingan mantan presiden Ir. Soekarno selama 22 hari tahun 1949.

Sekarang tempat ini sudah disulap menjadi sebuah wisma yang digunakan untuk menerima tamu oleh Pemprov Sumatra Utara. Meski sudah sangat lama, bangunan ini masih menampakkan desain klasik bangunannya. Ada kursi ukir, dan beberapa koleksi buku dari beliau.

10. Air Terjun Sipiso-Piso

Air terjun dekat danau yang memiliki tinggi sekitar 120 meter ini menjadi salah satu kunjungan teramai oleh wisatawan. Lokasi air terjun yang dikelilingi oleh bukit dan tebing yang tinggi ini sangat asri dan terlihat cantik. Untuk sampai ke air terjun ini Anda harus menuruni lebih dari 500 anak tangga.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Danau Toba

Fasilitas di Danau Toba
Instagram.com @ondo_girsang_03

1. Penyewaan Sepeda

Di sekitar danau ini, Anda bisa menyewa sepeda dan berkeliling bersama keluarga untuk menikmati keindahan alam menakjubkan di Danau Toba.

2. Penyewaan Alat untuk Water Sport

Untuk olah raga air Anda bisa menyewa Banana Boat, Jetski, perahu dan alat lainnya untuk menikmati kesegaran bermain air di danau terindah ini.

3. Penginapan

Ada banyak pilihan penginapan di sekitar danau yang akan menyesuaikan dengan kantong Anda. Dari tarif termurah, menengah hingga tertinggi tersedia dengan fasilitas yang cukup memadai.

4. Wisata kuliner Khas Batak

Tidak akan lengkap wisata Danau Toba tanpa mengunjungi wisata kuliner khas Batak. Anda akan diberikan banyak pilihan makanan dan minuman sesuai dengan selera Anda.

5. Area Camping

Jika tidak ingin tinggal dan bermalam di ruangan aman hotel atau penginapan, di sekitar area sekitar danau ini menyediakan lokasi untuk mendirikan tenda. Bagi Anda pecinta alam dan lebih suka tidur di bawah langit berbintang malam, Anda bisa menghabiskan malam di area camping ini.

Satu kali masuk ke kawasan Danau Toba Anda dapat menikmati banyak tempat wisata dalam sekali jalan. Di area ini memberikan beberapa tempat penginapan bagi Anda yang ingin melanjutkan liburan untuk esok hari.