Wisata Batu Katak, Pemandian Alami yang Memanjakan Pengunjung di Langkat

Wisata Batu Katak, Pemandian Alami yang Memanjakan Pengunjung di Langkat
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Utama, Lau Damak, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Wisata Batu Katak merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Tempat wisata alam ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa cantik mulai dari sungai, goa, hingga hutan dengan banyak pohon. Karena banyak pohon membuat area sekitar tempat wisata alam ini memiliki udara yang sangat sejuk dan nyaman.

Tempat wisata cantik ini juga masih masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan kawasan pelestarian alam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera utara. Hal tersebut membuat alam serta flora dan fauna di dalam kawasan tersebut akan dilindungi oleh pemerintah.

Terdapat cerita unik dibalik penggunaan nama Batu Katak pada destinasi wisata hits ini. Jadi dahulu kala ada seorang nenek yang menemukan batu berbentuk Katak di sungai. Batu tersebut kemudian dibawa pulang dan diletakan pada sebuah wadah, ketika malam harinya nenek tadi bermimpi disuruh menamai tempat sekitaran sungai dengan nama Batu Katak.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Batu Katak

Daya Tarik Wisata Batu Katak Langkat
Image Credit: Google Maps Akhyar M

1. Gua

Daya tarik pertama yang bisa anda temui ketika mengunjungi Wisata Batu Katak adalah gua-gua cantiknya. Terdapat beberapa gua yang bisa dikunjungi oleh wisatawan ketika berlibur ke tempat wisata alam ini mulai dari Gua Pupuk Mentar, Gua Mbelin, Gua Jodoh, Gua Batu Rijal, Gua Air, dan Gua Pintu Angin.

2. Hutan

Beralih ke daya tarik selanjutnya yang bisa ditemui oleh wisatawan ketika sampai di destinasi wisata alam populer ini adalah hutan. Hutan yang ada di wisata alam ini masih sangat asri dan segar, hal tersebut dikarenakan area Batu Katak berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang membuat hutannya akan sangat dijaga oleh pemerintah.

3. Sungai

Tempat wisata cantik asal Sumatera Utara ini juga memiliki sungai yang mengalir melewati tengah-tengah hutannya. Aliran air sungai tersebut juga sangat segar dan cocok untuk wisatawan bermain air. Namun arus dari aliran sungai ini cukup besar ditambah ada bebatuan di pinggir sungai membuat anda harus berhati-hati ketika bermain air disini.

Daya Tarik Dimiliki Wisata Batu Katak Langkat
Image Credit: Google Maps ori masrijal

4. Flora dan Fauna

Karena berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser membuat Wisata Batu Katak tidak hanya memiliki hutan yang alami saja, tetapi tempat wisata cantik ini juga memiliki banyak sekali flora dan fauna yang dilindungi. Beberapa flora yang bisa anda temui di objek wisata alam ini adalah bunga Bangkai Amorphophallus dan beberapa jenis Anggrek.

Sedangkan untuk fauna yang bisa anda temui di sekitar kawasan pelestarian alam ini adalah Kambing Hutan Sumatera, Beruk, Owa, Orangutan Sumatera, Monyet Ekor Panjang, sampai Siamang. Dengan adanya beberapa flora dan fauna tersebut membuat tempat wisata alam hits ini memiliki keistimewaannya tersendiri di mata wisatawan.

5. Wahana Permainan

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh tempat wisata alam populer asal Kabupaten Langkat Sumatera Utara ini adalah wahana permainannya. Terdapat beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati oleh wisatawan mulai dari Rafting, Tubing hingga Flying Fox. Semua wahana permainan tersebut bisa anda nikmati bersama orang terdekat anda.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Wisata Batu Katak Langkat
Image Credit: Google Maps Fatkhur Rokhim

Alamat dari Wisata Batu Katak berada di Kabupaten Langkat, Desa Batu Jonjong, Kecamatan Bahorok, Provinsi Sumatera Utara. Untuk rute perjalanan menuju tempat wisata dengan alam yang menakjubkan ini bisa ditempuh dari Kota Medan selama 2 jam 25 menit lamanya menggunakan kendaraan pribadi sejauh 78,5 KM.

Untuk rutenya bisa dimulai dari Jl. Gatot Subroto menuju Jl. Medan Banda Aceh hingga sampai di bundaran Tugu Perjuangan 45 Binjai ambil jalur keluar pertama menuju Jl. Sutomo kemudian belok kiri ke Jl. Tuanku Imam Bonjol. Ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan Toko Mas Aquatic (kanan jalan) lalu belok kanan di pertigaan.

Tidak jauh dari belokan tadi anda akan menemukan pertigaan Jl. Jenderal Ahmad Yani, belok kiri pada jalan tersebut dan lurus terus sampai menemukan perempatan setelah GGB Etek Jaya kemudian belok kanan. Terus lurus sampai mentok lalu belok kiri ke Jl. Jenderal Sudirman dan menemukan bundaran Taman Remaja Binjai.

Ambil jalur keluar ketiga di bundaran menuju Jl. Jenderal Gatot Subroto kemudian ikuti jalan tersebut sampai memasuki Jl. Binjai Kuala dan menemukan perempatan Mutiara Minang. Silahkan belok kanan menuju Jl. Jamin Ginting dan sampai di Simpang Tiga Tanjung Lenggang lalu belok kiri.

Ikuti jalan tersebut sampai anda memasuki pertigaan Jl. Raya Binjai kemudian belok kanan dan lurus terus sampai masuk ke Jl. Lintas Bahorok. Ikuti Jl. Lintas Bahorok sampai anda memasuki Jl. Niaga lalu setelah Indomaret di perempatan belok kiri ke Jl. P. Kemerdekaan dan terus lurus sampai anda menemukan area wisata tujuan anda.

Untuk harga tiket masuk ke Wisata Batu Katak adalah sebesar Rp 3.000 per orang, dimana tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan jika anda membawa kendaraan pribadi. Harga tiket parkir kendaraan di tempat wisata alam cantik ini adalah sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Batu Katak

Aktivitas Wisata Batu Katak Langkat
Image Credit: Google Maps Benniatar S 

1. Menjelajahi Gua-Gua

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa tempat wisata alam ini memiliki banyak gua, dari banyaknya gua tersebut ada beberapa yang bisa dijelajahi. Tetapi untuk bisa masuk kedalam gua-gua tersebut anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang untuk Gua Jodoh, Rp.48.000 per orang untuk Gua Pupuk Mentar dan Gua Mbelin.

Ada juga Gua Air yang memiliki harga tiket masuk sebesar Rp 63.000 per orang, sampai Gua Batu Rijal dan Gua Pintu Air yang memiliki tiket masuk sebesar Rp 65.000 per orang. Dengan membayar tiket masuk tersebut anda juga akan mendapatkan seorang pemandu wisata yang menemani anda dalam menjelajahi gua-gua tersebut.

2. Berendam atau Bermain Air

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah berendam atau bermain air di aliran sungai di tengah-tengah kawasan wisata hits asal Sumatera Utara ini. Aliran sungai tersebut cukup kuat, namun ada beberapa titik yang memiliki aliran air lemah dan cocok untuk bermain air atau sekedar membasuh wajah karena airnya sangat segar.

3. Menikmati Wahana Permainan

Wisata Batu Katak juga memiliki wahana permainan yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Mulai dari Rafting dan Tubing, kegiatan yang satu ini mengharuskan anda untuk menelusuri sungai sambil menaiki sebuah perahu atau ban karet. Keseruan akan sangat terasa apalagi jika anda menaiki wahana tersebut bersama orang-orang terdekat anda.

Wahana permainan lainnya yang bisa anda coba adalah Flying Fox atau meluncur dari atas ketinggian 8 meter dengan jarak mencapai 100 meter. Suara teriakan akan terdengar ketika anda meluncur menggunakan katrol melewati tali sepanjang 100 meter tersebut.

Aktivitas Seru Wisata Batu Katak Langkat
Image Credit: Google Maps ganda gls

4. Camping

Karena tempat wisata alam ini merupakan kawasan yang dilindungi membuat beberapa orang mendirikan tendanya untuk bermalam di alam bebas tersebut. Pastikan anda memberitahukan pihak penjaga jika ingin melakukan camping, hal tersebut bertujuan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

5. Melepaskan Stres

Bagi anda yang memiliki banyak masalah entah itu dalam urusan kerja, kuliah, hingga percintaan mendatangi objek wisata alam ini bisa menjadi salah satu obat penenang yang mujarab. Pasalnya di tempat ini anda akan menemukan banyak sekali flora dan fauna yang bisa membuat anda lupa akan masalah anda sejenak.

6. Berfoto-Foto

Kegiatan terakhir yang wajib anda lakukan di tempat wisata asal Kabupaten Langkat ini adalah berfoto. Namanya liburan jelas akan identik dengan foto, maka dari itu pastikan setiap momen liburan anda sudah diabadikan dengan baik menggunakan kamera kesayangan anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Batu Katak Langkat
Image Credit: Google Maps Iwan Kurnia

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa anda temui di Wisata Batu Katak adalah tempat parkir kendaraan. Tempat parkir tersebut bisa menampung banyak kendaraan mulai dari Sepeda Motor, Mobil, bahkan Bus. Anda juga tidak perlu khawatir karena semua kendaraan yang terparkir disini akan dijaga oleh petugas parkir.

2. Jalan Setapak

Keluar dari tempat parkir kendaraan anda akan menemukan jalan setapak yang akan mengarahkan anda sampai di lokasi wisata. Jalan tersebut dibuat menggunakan semen dan bisa dilalui oleh 5 atau 6 orang secara sekaligus.

3. Loket Penjualan Tiket

Fasilitas terakhir yang ada di tempat wisata alam cantik ini adalah loket penjualan tiket. Ditempat tersebut wisatawan bisa membeli tiket masuk tempat wisata, tiket masuk gua, dan tiket bermain di wahana permainan.

Demikian review singkat mengenai Wisata Batu Katak yang berlokasi di Langkat, Sumatera Utara. Tempat wisata alam yang cocok untuk segala umur ini buka setiap hari dari pukul 06.30 sampai 21.00 WIB.