10 Wisata Kuliner di Belitung Timur yang Murah & Enak

10 Wisata Kuliner di Belitung Timur yang Murah & Enak

Belitung Timur ternyata memiliki potensi wisata kuliner yang menarik dieksplor. Anda bisa menikmati mulai dari makanan khas Belitung, Melayu, Nusantara, hingga masakan China.

Belitung menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal karena pesona alamnya yang indah. Provinsi yang terkenal karena film Laskar Pelangi tersebut ternyata juga memiliki kuliner tradisional yang wajib Anda coba jika berkunjung ke sana. Makanan tradisional dari Belitung cukup unik, dengan cita rasa yang tidak kalah dari wilayah lain di Indonesia.

Jenis makanan yang dijual pun beragam, dari makanan umum yang bisa ditemui di seluruh Indonesia hingga makanan lokal yang sudah jarang ditemukan. Terkait dengan harga yang ditawarkan, jangan khawatir, sebab disana makanan cukup terjangkau dan tidak akan menghabiskan dana di dompet Anda.

Belitung Timur menjadi wilayah pemekaran dari kabupaten yang ada di Belitung dan memiliki banyak tempat wisata kuliner yang cukup menarik. Jika Anda hendak berkunjung kesana dan ingin melakukan wisata kuliner sekaligus, berikut tempat kuliner menarik di Belitung Timur yang banyak direkomendasikan oleh wisatawan dan warga lokal.

1. Mie Belitung Atep

Mie Belitung Atep
Image Credit: Google Maps (zhee D)

Wisata kuliner pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah makan di rumah makan Belitung Atep. Terletak agak jauh dari wilayah Belitung Timur, disana Anda bisa mencicipi berbagai menu masakan enak yang biasanya digunakan untuk sarapan, cocok sebagai tempat pengisi energi sebelum berwisata mengelilingi Belitung.

Makanan khas yang sering direkomendasikan pengunjung adalah mie belitung, yang terbuat dari campuran kaldu udang dengan mi kuning khas wilayah Belitung. Di dalam mi tersebut, Anda bisa menambahkan toping berupa potongan tahu, emping, tauge, bahkan timun dan campuran udang.

Rasa makanan tersebut manis dan agak kental, berbeda dengan kuah mi pada umumnya. Untuk minuman, Anda direkomendasikan untuk menikmati es jeruk kunci yang menjadi minuman khas dari wilayah Belitung. Soal rasa, minuman ini enak dan menyegarkan, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin.

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.27, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

2. Kedai Mak Jannah

Kedai Mak Jannah
Image Credit: Google Maps (Minda Habibah)

Rumah makan berlokasi di sekitar Batu Satan, tidak begitu jauh dari pusat kota Belitung Timur. Disana Anda bisa menikmati berbagai makanan nasional dan lokal dengan harga yang cukup terjangkau. Menu yang paling sering dicari oleh wisatawan adalah nasi gemuk.

Nasi ini merupakan nasi yang disajikan bersama ikan kecil yang telah digoreng kering, ditambah dengan sayur belimbing khas Belitung, dan disiram dengan kuah yang terbuat dari santan kental. Rasa nasi gemuk gurih dan lezat, ia mendapat julukan nasi gemuk karena banyaknya porsi yang di dapatkan.

Selain nasi gemuk, Anda juga bisa menikmati makanan khas Belitung lain di tempat ini, diantaranya mi kuah, soto, serta lontong bihun. Semua makanan tersebut harganya cukup terjangkau, sehingga bisa menjadi destinasi wisata kuliner lokal yang tidak boleh Anda lewatkan.

Lokasi: Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

3. Rumah Makan Fega

Rumah Makan Fega
Image Credit: Google Maps (azarudeen anis)

Di Manggar, terdapat rumah makan yang populer karena menyediakan makanan enak dengan harga yang terjangkau. Rumah makan ini juga terkenal karena dekat dengan replika SD Muhammadiyah yang digunakan sebagai setting lokasi film Laskar Pelangi.

Jika Anda mengunjungi tempat wisata tersebut, jangan lupa mampir ke Rumah Makan Fega yang letaknya tidak jauh dari sana. Ia merupakan tempat yang tepat untuk makan siang dan melepas penat setelah lelah melakukan wisata. Setelah makan, kamu bisa melanjutkan wisata ke tugu kopi yang berbentuk cangkir kopi di tengah kota.

Di Rumah Makan Fega, selain makananya yang enak, suasanya asri dan sejuk. Karena terletak di pinggiran danau, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan pemandangan alam khas dari Belitung. Makanan yang sering direkomendasikan adalah gangan ikan yang menjadi gulai ikan khas Belitung.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

4. Warung Kopi Ake

Warung Kopi Ake
Image Credit: Google Maps (Tri Adinugroho)

Berlokasi di pusat kota, tidak susah menemukan Warung Kopi Ake dari banyaknya toko yang ada di Belitung sebelah Timur. Telah berdiri sejak tahun 1922, warung kopi ini telah dikelola selama puluhan tahun dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Bahkan tempat memasak kopi dan makanan yang disediakan masih menggunakan cara yang tradisional, sehingga memberikan cita rasa yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Bukan api yang digunakan untuk memasak air, melainkan batu arang yang membara.

Tidak hanya kopi yang disediakan oleh Warung Kopi Ake, melainkan juga teh tarik dan makanan pendamping lain. Layaknya warung kopi pada umumnya, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, sehingga cocok dikunjungi bersama teman dan keluarga.

Lokasi: Jl. Veteran No.47, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

5. Timpo Duluk

Timpo Duluk
Image Credit: Google Maps (Medio Venda mario)

Kalau Anda ingin makan di tempat tradisional dan merasakan suasana lama, maka rumah makan Timpo Duluk bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab ia berlokasi di rumah tradisional Melayu khas Belitong dan bangunannya menjadi warisan budaya yang telah ditetapkan oleh pemerintah kota Belitung.

Rumah makan ini telah memiliki resep yang diklaim sudah digunakan sejak tahun 1918. Ruang makannya cukup menarik, karena disana tidak hanya berisi peralatan rumah tangga, namun juga peralatan makan, perikanan, dan pertanian.

Sembari makan Anda bisa sekaligus melihat-lihat koleksi yang diletakkan di dalam rumah tersebut. Agar memberikan nuansa masa lalu yang kental, makanan disajikan di atas nampang yang besar dan ditutup menggunakan tudung saji. Menu yang tersedia beragam, dari olahan ikan, daging, hingga sayuran dan gorengan.

Lokasi: Jl. Lettu Mad Daud No.22, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

6. Warung Kopi Kong Djie

Warung Kopi Kong Djie
Image Credit: Google Maps (irlanda yusuf)

Jika Anda ingin menikmati kopi khas Belitung dan menikmati suasana masyarakat lokalnya yang ramah ketika beraktivitas, mampir ke Warung Kopi Kong Djie bisa Anda jadikan pilihan. Berdiri sejak tahun 1945, warung kopi ini tidak pernah sepi dan kehabisan pengunjung.

Untuk mengunjungi warung kopi ini, Anda bisa datang sejak jam 5 pagi. Waktu tutup warung adalah jam 4 sore, jadi Anda sebaiknya datang sebelum waktu tersebut. Hal yang menarik dari kopi racikan Kong Djie adalah campuran kopi yang digunakan.

Kopi spesialnya merupakan campuran dari kopi arabika dan robusta, yang proses memasaknya menggunakan arang. Dengan cara demikian, aroma dan rasa kopi tetap terjaga dengan baik, sehingga memberikan rasa yang sedap ketika diminum. Disana tersedia pula beragam kue dengan harga yang terjangkau, mulai dari seribu rupiah per butirnya.

Lokasi: Jl. Serma Abdullah, Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

7. Restoran Pulau Kepayang

Restoran Pulau Kepayang
Image Credit: Google Maps (Azza Alwani)

Pulau Kepayang jaraknya memang agak jauh dari pusat kota Belitung Timur, namun bukan berarti disana Anda tidak menemukan sajian yang lezat. Berkunjung ke Pulau Kepayang bisa Anda jadikan sekaligus sebagai rute wisata mengunjungi pulau kecil di sepanjang pantai Belitung.

Ketika Anda sudah penat berwisata melihat pemandangan alam, jangan ragu mampir dan makan siang di Restoran Pulau Kepayang. Menjadi satu antara penginapan dengan restoran, Anda yang ingin praktis bisa sekaligus menginap disana. Karena dekat dengan wilayah pantai, maka makanan yang disediakan kebanyakan adalah hasil laut.

Tidak hanya makanan laut, makanan lain yang juga disediakan adalah gulai ikan atau gangan. Untuk minumannya, ada banyak varian yang bisa Anda cicipi, mulai dari minuman lokal hingga air kelapa muda yang diambil langsung dari pohon kelapa di dekat restoran.

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

8. Pempek Rio

Pempek Rio
Image Credit: Google Maps (Nadia)

Walaupun pempek bukan makanan khas Belitung, namun mencicipi makanan tersebut disana tidak ada salahnya. Di Belitung, tempat makan Pempek Rio menjadi pilihan yang bisa Anda kunjungi ketika mencari hidangan tersebut. Pempek disana memiliki rasa yang enak dan tidak jauh berbeda dengan pempek khas Palembang.

Jenis pempek yang disediakan juga beragam, jadi pembeli dan wisatawan bisa memilih sesuai dengan selera. Diantara variasi pempek yang disediakan adalah pempek kulit, lenjer, dan juga kapal selam. Harganya juga terjangkau, sehingga tidak akan menguras kantong wisatawan.

Lokasi: Jl. Mayjend Bambang Utoyo, RT.04/RW.01, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

9. Restoran Dinasti

Restoran Dinasti
Image Credit: Google Maps (Willy Sutanto)

Untuk Anda yang ingin mengkonsumsi makanan Cina di Belitung, Restoran Dinasti merupakan pilihan yang paling direkomendasikan. Tidak hanya menu masakan cina seperti capcay, sup bakso ikan, maupun hidangan seafood, Anda juga bisa menemukan makanan khas wilayah Belitung.

Walaupun menyediakan menu makanan Cina, Anda yang beragama Islam tetap bisa mampir karena makanan yang disediakan juga diolah dengan tata cara yang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Porsi yang disediakan oleh restoran ini juga besar, sehingga Anda dijamin kenyang.

Lokasi: Jl. Dr. Susilo, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

10. Restoran Pulau Leebong

Restoran Pulau Leebong
Image Credit: Google Maps (Samuel Jan Lukito)

Terakhir adalah rekomendasi rumah makan Pulau Leebong, yang menyediakan berbagai kuliner lokal dan nasional. Sehingga wisatawan yang tidak cocok dengan selera makanan lokal, bisa menikmati makanan nasional yang disediakan. Menu yang disediakan juga berkelas, dari masakan Belitung, Nusantara, dan makanan China.

Keunggulan lain dari restoran ini adalah lokasinya yang strategis dan memiliki pemandangan alam yang indah. Sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan yang ingin menikmati wisata kuliner sekaligus merasakan indahnya pesona alam khas kota Belitung bagian timur.

Lokasi: Pegantungan, Kec. Badau, Kab. Belitung.

Itulah rekomendasi tempat wisata kuliner yang sebaiknya Anda kunjungi ketika bertandang ke wilayah Belitung Timur. Selain mencicipi makanan lokal yang bercita rasa khas Melayu, Anda juga dapat melihat berbagai tempat bersejarah dan nuansa khas Belitung disana.