Air Terjun Badorai, Air Terjun dengan Tiga Tingkatan yang Memesona di Agam

Air Terjun Badorai, Air Terjun dengan Tiga Tingkatan yang Memesona di Agam
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Pua, Kec. Sungai Pua, Kab. Agam, Sumatera Barat.

Salah satu aktivitas yang tentunya tidak boleh dilewatkan ketika akhir pekan tiba yaitu pergi berlibur ke tempat wisata. Salah satu daerah yang ada di Indonesia dengan beragam wisata alam indah yaitu Kabupaten Agam. Salah satu tempat wisata tersebut yaitu Air Terjun Badorai yang memiliki keindahan alam begitu memukau.

Kabupaten Agam memang sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki destinasi wisata terbaik. Bahkan kabupaten tersebut dijuluki sebagai Negeri Seribu Air Terjun, karena di sana Anda akan menemukan banyak sekali air terjun yang indah. Begitu juga dengan tempat tersebut yang diketahui memiliki debit air yang cukup tinggi.

Lokasi dari air terjun masih berada dalam satu jalur pendakian untuk menuju ke Gunung Merapi. Bagi yang ingin mencari tempat tenang dan damai, maka mengunjungi air terjun tersebut memang merupakan sesuatu yang sangat disarankan. Akses jalan mudah, sehingga hal itu tidak akan membuat Anda lelah untuk menuju ke sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Badorai

Daya Tarik Air Terjun Badorai Agam
Image Credit: Google Maps Ucok Kaleng

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Badorai memiliki tiga tingkatan yang membuatnya terlihat menarik dibanding air terjun lainnya. Untuk tinggi air terjun tingkat 1 dan 2 yaitu kira-kira 20 meter serta memiliki arus yang cenderung ringan. Sedangkan untuk air terjun di tingkat 3, tinggi air terjunnya mencapai 50 meter serta memiliki arus deras.

Ketiga tingkatan ini terbentuk oleh karena proses alam yang berbeda-beda. Tingkat pertama terbentuk oleh karena patahan yang terlihat dari area dindingnya. Sedangkan untuk tingkat 2 dan tingkat 3 terbentuk oleh karena lapisan bawah yang tergerus aliran sungai yang mengalir.

2. Panorama Alam yang Indah

Sudah bukan rahasia umum lagi jika air terjun yang ada di Kabupaten Agam mampu menawarkan pesona yang begitu indah. Panorama alamnya yang masih sangat alami akan membuat siapapun merasa takjub saat berada di sana. Di tempat inilah nantinya Anda akan menyaksikan berbagai macam keindahan alam yang sesungguhnya.

Air terjun seolah tidak pernah dijamah oleh manusia, karena itu, Anda akan benar-benar menyaksikan alam yang masih begitu natural. Suasananya yang sejuk, tenang dan damai sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dan merilekskan pikiran dari aktivitas kerja.

3. Banyak Spot Foto

Oleh karena keindahan alamnya yang begitu memukau dan menakjubkan, maka wajar saja jika Air Terjun Badorai tersebut memiliki banyak spot foto yang instagenic. Tentunya hal tersebut akan sangat pas sekali bagi yang hobi melakukan swafoto. Menjadikan air terjun tingkat 3 ini sebagai latar belakang merupakan ide yang tepat untuk dilakukan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Badorai Agam
Image Credit: Facebook Raun Sumatra

Jika berencana untuk berlibur ke Air Terjun Badorai tersebut, maka Anda perlu segera meluncur ke Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Kawasan air terjun terletak di sekitar Nagari Sungai Pua, tepatnya terdapat di kaki Gunung Merapi.

Bagi yang memulai perjalanan dari kota Bukittinggi, maka nantinya Anda hanya perlu menempuh jarak 10 km dan waktu yang dibutuhkan untuk tiba ke sana kurang lebih 30 menit.

Nantinya di sana bisa memilih transportasi pribadi, baik itu sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Rute yang nantinya dipilih adalah Bukit Tinggi menuju ke jalur pendakian Gunung Merapi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Badorai

Tiket Air Terjun Badorai Agam
Image Credit: Instagram ᴀɢᴀ ᴀʀᴅɪ ɴᴜɢʀᴀʜᴀ

Bagi Anda yang tertarik untuk menghabiskan akhir pekan di Air Terjun Badorai tersebut, maka kabar baiknya Anda tidak akan dikenakan tiket masuk. Air terjun ini termasuk dalam salah satu wisata murah yang bisa Anda temukan di Kabupaten Agam. Biaya yang akan dikeluarkan oleh Anda nantinya hanya biaya parkir untuk kendaraan saja.

Oleh karena akses jalan sudah sangat baik, maka Anda bisa menggunakan sepeda motor kendaraan roda empat. Biaya parkir sendiri terbilang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.000 saja untuk tiap kendaraan.

Kawasan wisata tersebut dibuka untuk umum pada pukul 8 pagi dan akan ditutup saat pukul 2 siang. Anda bebas untuk mendatangi air terjun kapanpun Anda mau, karena memang dibuka setiap hari. Pastikan Anda datang ke tempat ini saat cuaca sedang cerah agar nantinya liburan bersama keluarga di air terjun tidak terganggu oleh turunnya hujan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Badorai

Aktivitas Air Terjun Badorai Agam
Image Credit: Instagram Travelgram Minang

1. Melakukan Tracking

Ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Badorai yang terletak di Kabupaten Agam tersebut. Aktivitas pertama yaitu melakukan tracking.

Tracking adalah kegiatan yang wajib dilakukan bagi Anda yang ingin mencapai lokasi curug tersebut. Aktivitas tracking nantinya akan dimulai dari area perkampungan ke tempat wisata. Durasi trackingnya sendiri hanya memakan waktu kurang lebih 20 hingga 30 menit Saja.

Namun, hal tersebut tergantung dari stamina Anda. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena memang medan tracking menuju ke tempat wisata dapat dikatakan cukup mudah. Nantinya Anda sebagai pengunjung akan melewati perkebunan yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Berikutnya wisatawan hanya perlu mengikuti aliran irigasi yang mana di sini pijakannya sudah dibuat dari bahan berupa semen. Terdapat beberapa tanjakan tajam saat Anda sudah mendekati lokasi dari air terjun.

2. Berburu Foto

Tentunya aktivitas tersebut tidak boleh dilewatkan selama berada di Air Terjun Badorai. Seperti yang telah di singgung di atas, bahwa air terjun ini memiliki panorama alam yang begitu indah menakjubkan. Karena itu, akan sangat sayang sekali Jika Anda melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen.

Berfoto dengan menggunakan latar air terjun yang memiliki debit begitu deras pasti tidak boleh Anda lewatkan. Banyak sekali pengunjung yang mencoba untuk mengabadikan air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter tersebut sebagai arsip pribadi mereka. Tingginya air terjun serta derasnya air yang turun merupakan daya tarik tempat tersebut.

3. Mandi dan Berenang

Derasnya debit air yang jatuh akan membuat Anda tergoda untuk main air yang ada di area bawah Air Terjun Badorai tersebut. Terdapat kolam alami yang mampu menampung aliran air dengan kedalaman sepinggang. Pastinya Aktivitas ini akan membuat Anda merasa rileks ketika.

Air di tempat tersebut terasa begitu segar dan dingin. Selain itu, dasarnya berbatu tentu sukses mencuri perhatian wisatawan yang berkunjung di sana. Sekalipun mempunyai pemandangan yang sangat elok, ternyata tidak banyak wisatawan yang datang ke tempat tersebut.

Karena itulah, bagi Anda yang ingin menikmati ketenangan, maka datang ke tempat tersebut sangat disarankan. Berada di sana Anda bisa menenangkan pikiran sejenak dari penat aktivitas sehari-hari.

Aktivitas Seru Air Terjun Badorai Agam
Image Credit: Google Maps Alhadid Gucci

4. Bermain Perosotan

Aktivitas berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan selama berada di sana yaitu bermain perosotan. Di tempat tersebut memiliki banyak sekali bebatuan besar di sekitar air terjun, sehingga hal ini menjadi hiburan tersendiri.

Bukan karena keunikan dari batu-batuan yang ada di sana, namun karena kreativitas dari pengunjung itu sendiri. Tidak sedikit pengunjung yang menggunakan batuan tersebut sebagai lintasan mereka untuk melakukan perosotan. Selain termasuk aktivitas yang murah, bermain perosotan di bebatuan tak kalah menghibur dibandingkan dengan berenang di kolam.

5. Bersantai

Bersantai merupakan aktivitas yang juga sangat recommended. Bagi Anda yang kebetulan mengunjungi tempat tersebut dan enggan bermain air, tenang masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti menikmati alam sekitar sambal duduk-duduk santai.

Di tempat wisata Air Terjun Badorai ini Anda akan melihat beberapa spot yang bisa dipakai guna memasang hammock. Namun perlu untuk Anda ketahui, di sana masih belum tersedia penyewaan hammock. Karena itu, Anda perlu membawanya langsung dari rumah.

6. Bersepeda

Aktivitas bersepeda bisa menjadi salah satu pilihan alternatif bagi Anda untuk tiba di lokasi air terjun. Medannya yang memang terbilang tidak terlalu sulit tentu akan sangat mengasyikkan bagi Anda melakukan aktivitas bersepeda ini.

Para pengunjung yang memakai sepeda disarankan untuk memakai alas kaki berupa sendal gunung. Hal tersebut dilakukan guna mengatasi medan yang mana di sini melintasi area berair.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Badorai Agam
Image Credit: Google Maps Maddog

Air Terjun Badorai yang berada di kabupaten Agam ini memang masih belum dikelola secara maksimal. Maka dari itulah, untuk menemukan fasilitas di tempat tersebut memang cukup susah. Namun telah tersedia beberapa fasilitas umum yang bisa menunjang beberapa aktivitas wisatawan.

Di tempat ini Anda tidak akan kesulitan menemukan kamar kecil atau kamar ganti.. Bagi umat muslim dan ingin mendirikan shalat, di sana juga telah disediakan tempat beribadah.

Begitu juga jika sudah merasa lapar, Anda bisa langsung menuju ke tempat makan yang ada di area wisata. Menu yang ditawarkan di warung makan cukup beragam, selain itu harganya relatif terjangkau.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Air Terjun Badorai yang perlu untuk Anda ketahui. Jika tengah mencari tempat yang ada di Kabupaten Agam dengan tiket murah meriah, maka sangat disarankan untuk segera mengunjungi air terjun satu ini.

REKOMENDASI DESTINASI