Air Terjun Teroh-Teroh, Air Terjun dengan Panorama yang Memukau di Langkat

Air Terjun Teroh-Teroh, Air Terjun dengan Panorama yang Memukau di Langkat
Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Wisatawan dari berbagai daerah barangkali sudah tidak asing lagi dengan segala pesona yang dihadirkan oleh Sumatra Utara. Sebagai salah satu provinsi paling besar di Nusantara, sebenarnya tidak terlalu mengherankan bila potensi pariwisatanya mendapat atensi lebih. Justru sebaliknya, sorotan terhadap wilayah ini tak ubahnya sebuah situasi yang lumrah.

Apakah itu destinasi yang berorientasi pada lanskap alam, sejarah, kegiatan kuliner, ataupun budaya, segalanya begitu mudah ditemukan di tempat ini. Sebut saja, Air Terjun Teroh-Teroh, satu dari sekian banyak representasi wisata alami dengan panorama memikat hati. Airnya jernih, suasana asri, dan menawarkan berbagai kegiatan, apalagi yang harus dicari?

Apabila Anda memerlukan tempat eksotis untuk kabur sejenak dari padatnya rutinitas harian yang menjemukan, datanglah ke pemandian ini. Ambil peluang bersenang-senang sebanyak mungkin, nikmati waktu, dan abadikan setiap momen secara serius.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Teroh-Teroh

Daya Tarik Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Twitter BatakPedia

1. Keamanan Berwisata

Pada banyak destinasi alami terutama pemandian, biasanya aspek keamanan menjadi suatu hal yang kurang mendapat sorotan perhatian. Hal ini dapat dilihat dari papan peringatan yang rasanya hanya sekadar formalitas agar setidaknya pihak pengelola tidak dituntut jika terjadi sesuatu tak diharapkan.

Misalnya saja, Anda akan menemukan papan pengumuman yang ditempel di batang-batang pohon, di tepi kolam atau sungai, dan di spot semisalnya. Tidak heran, meski jumlahnya memang sedikit, tetapi kecelakan di lokasi pemandian masih jadi perhatian di dunia pariwisata.

Kabar baiknya, pihak pengelola Air Terjun Teroh-Teroh seolah membuat gebrakan dengan menawarkan keamanan yang relatif lebih terjamin kepada para pelancong. Pasalnya, ketika pertama kali masuk ke tempat ini, pengunjung diharuskan berurusan di pos awal agar bisa memperoleh pemandu.

Nantinya pemandu tersebut akan memberikan pedoman singkat serta beberapa aturan sebelum memulai penjelajahan. Kadang kala itu dibarengi pula dengan doa bersama, kemudian dilanjutkan perjalanan menyusuri area hutan menuju pusat air terjun. Anda akan melewati sejumlah pos dan selama itu juga senantiasa ditemani oleh seorang guide.

Hal ini mencegah kemungkinan adanya rombongan yang tersesat atau melanggar pantangan-pantangan sesuai keyakinan masyarakat setempat. Bukankah situasi semacam ini merupakan keunikan tersendiri di bidang wisata berbasis pemandian?

2. Panorama Alam yang Menawan

Anda mungkin sudah bisa menebak bagaimana suasana di Air Terjun Teroh-Teroh, persis seperti objek pemandian pada umumnya. Meski begitu, tempat ini mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri, jadi tidak akan menyesal bila Anda memutuskan berlibur ke sini.

Ada air terjun yang memiliki ketinggian 12 meter, ukuran ini terbilang sedang, tetapi sekaligus menghasilkan debit air lumayan kencang. Saat Anda punya rencana menikmati wisata di bawah air terjun langsung, disarankan untuk mengurungkannya. Meskipun mungkin dilakukan, tetapi bisa jadi berbahaya mengingat kerasnya arus air.

Di sisi lain, Anda juga akan melihat tebing tinggi mengelilingi kawasan sekitar, di mana masing-masing bagian permukaannya telah diselimuti oleh lumut. Berpadu dengan pepohonan lebat, itu tampak didominasi warna hijau. Hasilnya, suasana yang tercipta memberikan kesan segar dan lega.

Bukan hanya itu, bagian airnya tampak jernih dengan kolam alami yang terhubung bersama aliran sungai. Setiap pengunjung dimungkinkan menikmati pemandangan hingga ke dasar kolam walaupun tidak memakai alat bantu. Tak pelak, banyak orang berlomba menyelam hanya agar dapat menyaksikan apa yang ada di dasar sungai.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Twitter sharel ishak

3. Rute Menantang

Alasan paling utama mengapa pihak pengelola sampai menyediakan pemandu bagi setiap kelompok pengunjung ke Air Terjun Teroh-Teroh tidak lain karena rutenya yang cenderung ekstrem. Ada beberapa pos yang harus dilewati sampai Anda benar-benar menginjakkan kaki di bagian air terjun. Perjalanan ini bisa dipastikan akan menguras tenaga dan waktu, sungguh melelahkan.

Namun demikian, angin yang berembus sepoi menerbangkan dedaunan, suara hewan-hewan kecil, hingga tanah yang dipenuhi kompos alami, semuanya akan menemani perjalanan Anda. Bagi pecinta petualangan, barangkali rute menuju pusat air terjun bukanlah masalah besar, bahkan sangat menarik untuk ditaklukan.

Jadi, apakah Anda termasuk pelancong dengan harapan dapat berpetualang lalu mendapatkan peristirahatan di sebuah pemandian? Destinasi cantik ini merupakan sarana yang tepat guna mewujudkan ekspektasi tersebut, jadi jangan lewatkan!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Google Maps Google

Anggaplah Anda bepergian dengan melintasi Jalan Tol Medan-Binjai, begitu keluar dari sini, segera arahkan kendaraan menuju Jalan Sungai Wampu. Ikuti rutenya sampai menemukan Desa Rumah Galuh.

Tepatnya di Kabupaten Langkat, yang terpaut sekitar 48 km dengan pusat Kota Medan, tujuan Anda berada di Kecamatan Sei Bingai. Setidaknya perlu waktu kurang lebih 1 jam 30 menit agar bisa sampai di Air Terjun Teroh-Teroh.

Perjalanan yang bisa dibilang lumayan memakan waktu, tetapi di sepanjang rutenya Anda akan ditemani oleh areal persawahan, kebun warga, serta semilir angin. Bagaimanapun, kesejukan semacam ini berpotensi meminimalkan rasa kantuk dan jenuh.

Hanya saja, jika mengharapkan perjalanan yang relatif lebih aman, direkomendasikan menyewa mobil termasuk pula pengemudinya.

Hal itu berlaku bagi pelancong yang datang dari luar kota sebab mungkin akan kaget saat mendapati kondisi lalu lintas di Kota Medan. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya serahkan kemudi Anda pada warga lokal yang menyediakan carter mobil.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Google Maps Air Terjun Teroh-Teroh Petar

Bukan hanya Air Terjun Teroh-Teroh, Anda pun akan diajak mampir ke Kolam Abadi, jadi tidak mengherankan bila biaya retribusinya cenderung mahal. Sudah termasuk sewa parkir, jasa pemandu, dan tempat penitipan barang, kurang lebih harganya senilai Rp 40.000 per kepala.

Pengaturan semacam ini sebenarnya menguntungkan wisatawan dalam hal keamanan diri dan barang bawaan mereka. Pasalnya, Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana harus menyimpan tas setiba di pusat air terjun karena itu sudah berada di bawah pengawasan petugas yang terpercaya.

Destinasi alami ini dibuka selama 24 jam penuh dalam satu pekan, sehingga pelancong bisa berkunjung kapan saja sesuai waktu luang. Agar memperoleh pengalaman yang lebih baik, disarankan datang di kala pagi sehingga tidak kesiangan di perjalanan. Kemudian, hindari musim hujan karena jalanan berubah jadi sangat licin dan rawan kecelakaan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Teroh-Teroh

Aktivitas Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Twitter sitindaonnews

1. Renang di Kolam Alami

Di Kolam Abadi, Anda bisa mampir untuk berenang dan menikmati kesegaran air langsung dari sumbernya. Siapkan perlengkapan renang atau sekadar baju ganti sedari rumah agar tidak menyesal setelah berkunjung ke sini, tetapi tidak merasakan suasana pemandian.

Apalagi, situasi sekitar begitu terjaga dari ulah oknum tak bertanggung jawab, sehingga keberadaannya memang menggoda untuk dijelajahi. Akan lebih bagus lagi jika Anda mempunyai kamera yang berfungsi di dalam air, pasti menyenangkan saat dapat mengabadikan momen selama berenang.

Tak perlu khawatir airnya akan berubah jadi keruh karena digunakan oleh banyak orang sebab kolam ini merupakan hasil pertemuan dua air terjun, yakni Air Terjun Tongkat dan Air Terjun Pelaruga. Dengan kata lain, itu langsung membentuk aliran sungai di mana memungkinkan bagian dalam kolam tetap terjaga kejernihannya.

2. Merekam Video

Proses perjalanan dari lokasi penginapan Anda menuju pusat Air Terjun Teroh-Teroh sesungguhnya layak diabadikan, terutama jika bepergian menggunakan mobil. Jika dirasa jaraknya terlalu panjang, coba lakukan perekaman mulai dari gerbang destinasi yang cantik ini.

Apakah itu pohon-pohon yang menjulang tinggi, riuh lalu-lalang wisatawan lain, langkah kaki Anda sendiri, temukan point of interest yang layak diabadikan lewat bingkai video. Jika sudah terbiasa menghadapi kamera dan objek fotografi, pasti melakukan hal semacam ini bukanlah hal sulit.

Apabila merasa sedikit kesulitan, Anda bisa meminta tolong kepada teman atau siapa saja yang berada di dalam rombongan perjalanan. Kemudian, jangan lupa pula untuk membawa tripod agar proses perekaman berlangsung stabil dan hasilnya bisa memuaskan.

3. Cliff Jumping

Ingin merasakan sensasi seperti terbang selama beberapa saat dan langsung jatuh ke dalam air? Coba cliff jumping, ambil spot di salah satu tebing di Air Terjun Teroh-Teroh lalu nikmati pengalaman serunya.

Air akan menangkap Anda begitu menjatuhkan diri dari atas tebing. Tidak perlu khawatir terbentur ke dasar kolam sebab ukurannya cukup dalam, setidaknya melampaui tinggi rata-rata orang dewasa. Agar lebih aman, jangan lupa pasang pelampung Anda dengan benar dan siapkan mental sebelum mulai melompat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Facebook Cibu

Poin paling penting dari fasilitas di Air Terjun Teroh-Teroh adalah hadirnya para pemandu bagi setiap rombongan wisatawan. Itu sulit ditemukan di tempat lain pada destinasi serupa, jadi bersantailah!

Adapun kebutuhan lain semisal toilet atau warung makan, itu juga telah tersedia di sini. Meskipun memang, kondisinya belum dapat dipandang sempurna dan memuaskan karena beberapa hal masih memiliki keterbatasan.

Namun secara umum, tempat ini tidak akan mengecewakan dan bahkan mampu menghibur hari Anda. Itulah mengapa sangat layak diperhitungkan sebagai tujuan liburan di akhir pekan bersama orang-orang tersayang.

Air Terjun Teroh-Teroh hanya satu dari sekian banyak panorama eksotis di Kabupaten Langkat. Berkunjung ke sana, Anda pun bisa mengambil kesempatan mampir ke atraksi lainnya.