Danau Raja Rengat, Destinasi Wisata yang Penuh Misteri di Riau

Danau Raja Rengat, Destinasi Wisata yang Penuh Misteri di Riau
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Danau Raja, Kampung Dagang, Kec.Rengat, Kab. Indragiri Hulu, Riau.

Berkunjung ke Provinsi Riau kurang lengkap rasanya bila Anda tidak menyempatkan untuk menikmati suasana Danau Raja Rengat. Danau eksotis ini konon merupakan tempat mandi raja-raja Kerajaan Indragiri, sebelum wilayahnya terbagi menjadi 3 daerah. Danau yang ada di Kota Ragat ini menyimpan banyak misteri yang membuat pengunjung menjadi penasaran.

Asal usul Danau Raja tertulis dalam buku Cerita Rakyat Riau yang diberi judul “Danau Raja dan Putri Bunga Harum” Yang ditulis oleh Ahmad Ijazi H pada tahun 2017. Singkat cerita dalam legenda diceritakan bahwa Putri Bunga Harum anak dari Permaisuri Fatmasari dan Sultan Thahir dari kerjaan Kampung dagang memiliki kekasih bernama Usman.

Kisah cinta antara Putri Bunga Harun dan Usman (pemuda desa dari Lubuk Tangguk) tidak mendapatkan restu dari Raja. Padahal Usman sudah melaksanakan syarat yang diberikan raja untuk membuat sebuah danau beserta istananya dalam waktu satu malam. Akhir kisah pasangan ini menenggelamkan diri di danau dan berubah menjadi sepasang Buaya putih.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Raja

Daya Tarik Danau Raja Rengat
Image Credit: Google Maps ning ‘mbem

1. Tempat Wisata Penuh Misteri

Cerita legenda antara Putri Bunga Harum dan Usman yang menenggelamkan diri di tengah danau yang lalu menjelma menjadi sepasang Buaya putih ini sampai sekarang masih diyakini oleh masyarakat Indragiri Hulu. Diyakini pula buaya putih tersebut akan menampakan diri didepan orang spesial yang diinginkannya.

2. Air Danau yang Tidak Pernah Surut

Disaat Sungai Indragiri pada musim kemarau airnya akan surut, hal ini tidak berlaku untuk air di Danau Raja yang akan tetap penuh. Begitupun saat musim penghujan, air hujan yang lebat dan deras tidak akan membuat danau ini meluap. Fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah karena terowongan besar yang mengitari danau.

3. Tidak Diketahui Pasti Berapa Kedalamannya

Dahulu pernah dilakukan pengukuran kedalaman danau, namun sampai sekarang belum bisa dipastikan berapa kedalamannya. Penelitian mengukur kedalaman danau dihentikan oleh pihak berwenang dengan alasan yang belum jelas entah untuk keselamatan atau supaya jadi daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung penasaran.

Daya Tarik Dimiliki Danau Raja Rengat
Image Credit: Twitter Hendra Poerwanto

4. Pepohonan Rindang di Sekitar Danau

Ketika berada di Danau Raja pengunjung akan langsung disambut dengan rindangnya pepohonan ditambah dengan pemandangan permukaan air membentang. Perasaan lelah selama di perjalanan akan terbayar lunas begitu sampai di tepian danau. Disediakan pula tempat duduk yang bisa penghujung manfaatkan untuk bersantai.

5. Tempat Wisata Ramah Anak

Ketika mengajak anak-anak untuk berlibur tentu yang harus diperhatikan adalah adakah fasilitas yang bisa membuat anak-anak betah dan senang berada disana. Untuk pengunjung Danau Raja Rengat tidak perlu khawatir karena di danau hits ini tersedia tempat bermain anak, taman bunga dan wahana air yang bisa menjadi pengalaman untuk anak.

6. Tempatnya Acara Daerah Terselenggara

Sebagai upaya untuk mendongkrak sektor bisnis pariwisata di Kabupaten Inhu, pemerintah daerah sering melakukan kegiatan atau acara di danau cantik ini. Bila beruntung pengunjung bisa ikut menyaksikan aneka kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Ada hiburan dan kegiatan menarik yang setiap tahun diadakan di area danau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Danau Raja Rengat
Image Credit: Twitter Gondrong Tangeh

Letak dan lokasi Danau Raja Rengat berada di pinggir Kecamatan Rengat yang merupakan ibukota Kabupaten Inhu, yang dulunya merupakan pusat Kerajaan Melayu yaitu Kerajaan Indragiri.

Bila pengunjung berasal dari Pekanbaru, harus menempuh waktu tiga sampai empat jam untuk bisa sampai di Kecamatan Rengat. Secara administrasi danau nan cantik ini berada di Desa Danau Raja, Kampung Dagang, Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Sedangkan untuk pengunjung yang berasal dari luar pulau seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya perlu melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara , darat atau laut ke Pekanbaru terlebih dahulu untuk bisa mengunjungi danau eksotis ini.

Lokasi Danau Raja berada di tengah-tengah Kota Rengat, Ibukota Kabupaten Indragiri hulu. Sehingga pengunjung tidak akan mengalami kesulitan saat mencari keberadaan danau cantik ini. Jalan yang harus dilalui pun sudah jelas dengan kondisi jalan yang sangat bagus.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Danau Raja Rengat
Image Credit: Google Maps adi youlian

Untuk bisa menikmati pemandangan danau yang indah dengan hembusan angin sepoy-sepoy pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk sebesar tiga ribu rupiah per orang. Harga tiket masuk ini belum termasuk biaya parkir dan harga menaiki wahana yang ada.

Dengan tiga ribu rupiah pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas bersantai di tempat duduk yang ada di tepian danau, bisa berjalan jalan, menikmati pemandangan air danau dan merasakan hembusan angin yang menenangkan.

Biaya extra harus dikeluarkan untuk pengunjung yang ingin menaiki wahana permainan air yang ada di danau. Untuk pengunjung yang merasakan lapar bisa mampir ke warung-warung yang ada di sekitar area danau juga dan tentunya harus mengeluarkan biaya sendiri.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Raja

Aktivitas Danau Raja Rengat
Image Credit: Twitter IG: info_riau

1. Bersantai di Bawah Pepohonan Besar

Kegiatan pertama yang bisa pengunjung lakukan ketika berada di Danau Raja yaitu bersantai di bawah pepohonan yang berada di sana. Bersantai sembari menikmati indahnya permukaan danau ditemani hembusan angin segar bisa jadi kegiatan liburan yang mengasyikan.

2. Melihat Bangunan Replika Istana dan Balai

Danau yang menawan ini memiliki luas kurang lebih 200 meter persegi. Terdapat bangunan replika istana dan juga balai yang bisa pengunjung datangi dan lihat. Disana pengunjung juga bisa berfoto-foto mengabadikan momen liburan. Replika istana ini dibangun sebagai simbol kepercayaan sejarah tentang danau dan kepercayaan tentang adanya istana gaib.

3. Berselfie Ria di Taman Bunga Marigold

Pengunjung yang suka berfoto atau selfie ria bisa memuaskan hobinya di sebuah taman di area danau yang bernama taman bunga marigold. Pengunjung tidak boleh melewatkan momen ketika bunga sedang bermekaran karena sensasinya akan sama dengan melihat taman bunga di luar negeri.

4. Foto di Tulisan Petunjuk Nama

Berkunjung kesuatu tempat wisata tidak sah rasanya bila belum berfoto di tulisan nama tempatnya. Salah satu spot foto iconic di danau menawan ini ada disana. Pengunjung bisa mengabadikan momen sendiri atau bersama keluarga dengan foto di depan tulisannya. Gaya untuk berfoto pun bebas asal tetap sopan.

Aktivitas Seru Danau Raja Rengat
Image Credit: Google Maps Xiomi 0917

5. Naik Aneka Wahana Air

Bagi pengunjung yang membawa anak tentu akan merasa senang dengan adanya wahana permainan air di Danau Raja Rengat ini. Wahana air yang ada seperti perahu bebek, sepeda air, dan lainnya. Untuk biaya menaiki wahana air sendiri tergantung dengan jenis permainannya.

6. Melihat Tugu Agresi

Di area Danau juga terdapat monumen Tugu Agresi. Tugu ini berdiri di tepian Sungai Indragiri. Tugu bersejarah ini didirikan sebagai bentuk penghormatan mengenang pembantaian keji yang dilakukan oleh pasukan KNIL, sewaktu agresi militer II ke Indonesia pada tanggal 5 Januari terhadap 2.600 warga sipil masyarakat Pekanbaru.

7. Jalan-jalan Santai di Tepian Danau

Disporapar Inhu terus berupaya membenahi sejumlah fasilitas yang ada di Danau Raja Rengat salah satunya membangun sarana jalur pejalan kaki. Sehingga untuk pengunjung yang ingin jalan santai di tepian danau ataupun olahraga bisa memanfaatkan fasilitas ini. Udara yang sejuk dan pemandangan air danau yang tenang jadi bonus olahraga Anda.

8. Anak-anak Bisa Bermain di Taman

Untuk pengunjung yang membawa anak-anak bisa menggunakan fasilitas taman bermain anak yang ada di area danau. Taman bermain ini dibuat khusus untuk anak-anak sebagai fasilitas dan daya tarik dari Danau Raja. Tentunya tetap perhatikan keselamatan dari anak Anda ketika bermain disana ya, dan gunakan fasilitas yang ada dengan bijak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Danau

Fasilitas Danau Raja Rengat
Image Credit: Google Maps Henny Sarma Uli Barutu

Sektor pariwisata di Kabupaten Inhu saat ini terus diperbaiki supaya bisa menjadi bisnis jasa yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Termasuk juga di Danau Raja Rengat yang terus melakukan pembenahan dari segi fasilitas yang ada. Fasilitas yang ada saat ini seperti fasilitas dasar, fasilitas tempat bersantai dan fasilitas hiburan.

Fasilitas dasar yang ada di danau seperti area parkir, toilet, papan nama untuk selfie dan mushola untuk beribadah. Adapun fasilitas bersantai yang dibangun ada area tempat duduk di tepian danau, sarana jalur pejalan kaki, dan warung makan untuk memanjakan perut pengunjung yang kelaparan. Cobalah makanan khas dari Rengat yaitu dodol kedondong.

Sedangkan fasilitas hiburannya terdapat taman bunga marigold, area bermain anak-anak dan ada juga balai untuk pentas pertunjukan. Danau indah ini biasa digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara di lingkungan pemerintah daerah setempat. Untuk pengunjung yang ingin bermalam bisa menginap di hotel yang ada di depan Danau Raja.

Itulah beberapa hal menarik seputar Danau Raja Rengat yang dianggap sebagai tempat wisata misterius namun menyimpan banyak keindahan di dalamnya, yang jelas akan sayang begitu saja dilewatkan ketika berada di Pekanbaru. Dengan harga tiket yang murah dan fasilitas memadai yang diberikan membuat danau cantik ini tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya.