Gua Sarang, Pesona Alam Eksotis dengan Spot Foto Keren di Sabang

Gua Sarang, Pesona Alam Eksotis dengan Spot Foto Keren di Sabang
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Gua Sarang merupakan salah satu destinasi wisata yang berada dalam kawasan alam Sabang. Traveller yang ingin berkeliling dan melakukan petualangan sangat cocok berkunjung ke Gua ini. Banyak pesona alam yang ditawarkan karena terdapat bukit, Gunung, serta Pantai yang membuat Gua semakin lengkap.

Para pelancong boleh menjelajah ke berbagai sudut yang menyuguhkan kecantikan alami. Bahkan Anda harus menyiapkan peralatan seperti kamera digital untuk memotret foto. Pengunjung bisa pula membawa aksesoris selama berfoto.

Jika wisatawan ingin menikmati kuliner harus membawa bekal. Tempat rekreasi yang masih bernuansa alam tersebut sering dimanfaatkan berpiknik. Sehingga berkunjung ke Gua Sarang menjadi hal yang menyenangkan dan tidak akan terlupakan.

Daya Tarik yang Dimiliki Gua Sarang

Daya Tarik Gua Sarang Sabang
Image Credit: Google Maps Bio Global

1. Kecantikan Alam

Gua Sarang Sabang menyuguhkan kecantikan alam yang membuat siapapun terpanah. Pegunungan terlihat jelas karena Gua masih berada di bawah kaki Gunung. Bahkan bukit yang mempunyai warna hijau bisa dinikmati siapa saja yang berkunjung. Anda perlu mengabadikan momen yang bertema alam karena menarik untuk dijadikan koleksi foto.

Selain itu, di area terlihat Pantai yang dilengkapi kejernihan air serta pasir. Area Pantai tampak cantik karena bercorak biru ketika dilihat siang hari. Panorama yang ada di sekitar Gua memang seperti berada di Raja Ampat karena cukup lengkap dan memukau. Traveller yang berasal dari luar daerah memang harus menyiapkan waktu luang untuk datang kesana.

2. Spot Selfie

Bagi pelancong yang suka berfoto atau merekam suatu video cocok berlibur ke Gua Sarang. Area wisata menawarkan tempat untuk berswafoto karena terlihat sangat cantik. Siapapun bisa memilih spot di setiap sudut sambil menyiapkan aksesoris dari rumah. Biasanya para tamu sering melakukan kegiatan ini ketika cuaca sedang bagus dan saat ada sinar matahari.

Gua yang banyak mempunyai batu cadas cocok pula dijepret melalui ponsel. Anda bisa berdiri diantara batu untuk mendapatkan hasil gambar yang cukup estetik. Bahkan traveller bisa pula berjelajah ke sekitar Pantai yang dekat dengan Gua jika ingin mengoleksi latar foto. Sehingga hunting foto di kawasan Gua tidak akan membosankan dan terasa semakin seru.

3. Tempat yang Tenang

Gua Sarang Sabang yang berada di kawasan alam menyuguhkan tempat yang begitu menenangkan. Jauh dari hiruk pikuk kerumunan membuat destinasi menawan ini sering dikunjungi pelancong. Apalagi tempat tersedia cukup luas dari ujung dengan tempat duduk yang nyaman. Anda dapat bersantai sambil melihat bangunan Gua yang cukup unik.

Setiap hari libur banyak wisatawan yang ingin merilekskan pikiran disana. Beberapa orang ada yang memutar musik sambil merasakan udara. Suasana Gua memang masih natural karena banyak tanaman yang asri. Sehingga berlibur kesana menjadi pilihan yang tepat untuk semua orang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gua Sarang Sabang
Image Credit: Instagram Cut Rossy Dyanti

Gua Sarang tepat berada di daerah Iboih, Sabang, Aceh. Letak Gua dekat pula dengan bukit dan kaki Gunung karena masih termasuk wisata alam. Jika Anda ingin datang ke atas Bukit lebih baik menyewa sepeda motor milik warga. Destinasi tersebut memang cukup sulit saat dijangkau memakai kendaraan roda empat karena jalur yang sangat curam.

Rute yang mudah dapat dicapai melalui kota Sabang dengan perkiraan 40 menit. Lakukan perjalanan ke area Jalan Cut Nyak Dien sambil menikmati pemandangan yang terpampang. Lurus sampai menuju Jalan Iboih yang menjadi pusat wisata. Anda perlu berkunjung mulai pagi karena perjalanan menuju Gua membutuhkan tenaga ekstra dan waktu cukup lama.

Lokasi destinasi alam ini tidak sulit dijumpai pengunjung meskipun datang dari luar daerah. Papan petunjuk pun sudah terpampang jelas yang membuat wisatawan lebih mudah datang ke Gua Sarang. Tak hanya itu, biasanya kalangan muda hingga tua juga membaca rute dari google maps. Sehingga berkendara menuju wisata akan terasa semakin menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Gua Sarang Sabang
Image Credit: Google Maps Benny Akbar

Gua Sarang Sabang hanya menjual tiket masuk Rp 5.000 dengan panorama indah yang sangat beragam. Pengunjung dapat bermain di area sambil berkeliling mencari spot yang bagus. Tarif harga diketahui berlaku mulai hari senin sampai minggu karena Gua buka setiap saat. Selain itu Anda wajib mengajak kerabat dekat untuk melihat kecantikan alam di area.

Traveller bisa pula parkir kendaraan pribadi di lahan luas yang telah disediakan. Biaya parkir sepeda motor Rp 3.000 dan kendaraan roda empat Rp 5.000. Memang disana sudah ada tempat khusus yang bisa dipakai umum untuk menitipkan kendaraan. Apalagi tarif yang ditawarkan tidak mahal karena berlaku sampai Anda ingin beranjak pulang dari destinasi.

Jika para tamu ingin menyewa sepeda atau naik ojek maka membutuhkan budget mulai Rp 10.000. Perjalanan ke kawasan gua memang lebih baik menggunakan sepeda motor. Selain itu terdapat biaya lain seperti berkuliner di kawasan Gua. Namun jangan takut karena biaya yang ditawarkan dijamin tidak mahal karena masih cukup aman di kantong pengunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gua Sarang

Aktivitas Gua Sarang Sabang
Image Credit: Google Maps Bio Global

1. Berkeliling

Gua Sarang yang luas dapat dipakai berkeliling ketika berada disana. Setiap sudut menawarkan pesona alami yang memancar serta membuat kawasan Gua menakjubkan. Biasanya pengunjung yang berkeliling ingin mencari panorama berbeda. Tempat rekreasi ini memang sangat indah saat dilihat dari sudut manapun dan tentu tidak akan mengecewakan.

2. Berburu Foto

Tempat untuk berburu foto sangat banyak di area Gua Sarang. Setiap orang yang berlibur bisa membawa kamera sendiri agar mendapatkan hasil foto sesuai keinginan. Wisatawan juga boleh berkunjung ke sudut mana saja selama berfoto. Gua yang unik dan tersusun dari beberapa batu ini memang menarik dipotret karena dikelilingi pemandangan yang natural.

3. Melihat Pantai

Kawasan gua diketahui sangat dekat dengan Pantai karena wisata itu memang berbeda dari daerah lain. Air laut tampak sangat indah dengan warna biru jernih yang tidak terkena sampah. Destinasi alam itu memang sering disebut sebagai Raja Ampat di daerah Aceh. Sehingga datang ke Gua dapat sekaligus bermain sejenak ke Pantai yang ada disana.

4. Bersantai

Gua Sarang yang jauh dari kerumunan sering kali membuat pikiran menjadi lebih rileks. Tempat duduk dekat Gua menjadi spot khusus yang bisa dijadikan bersantai. Siapapun boleh duduk disana sambil membawa buku atau camilan untuk dinikmati. Rasakan udara yang berhembus sepoi-sepoi karena Gua termasuk sebagai wisata yang alami.

Aktivitas Seru Gua Sarang Sabang
Image Credit: Google Maps Muhammad Fadil

5. Menikmati Kuliner

Tempat yang jauh dari warung pedagang membuat pelancong ingin membawa makanan sendiri. Mencoba piknik di lahan yang disediakan memang tidak boleh terlewatkan selama berlibur. Pengunjung harus membawa bekal yang cukup banyak untuk dimakan bersama keluarga. Namun pastikan kawasan tetap bersih dan terhindar dari sampah usai makan.

6. Berpetualang

Gua Sarang diketahui cukup dekat dengan Gunung yang menjadikan kalangan muda sering berpetualang. Selain itu destinasi hits tersebut juga dekat hutan rimbun yang dikelilingi pohon. Anda tentu harus berjelajah ke setiap tempat untuk mendapatkan pengalaman petualang yang seru. Pastikan mengajak kerabat agar tidak sendiri selama berpetualang.

7. Bermain Ayunan

Ayunan kayu yang digantung di pohon tampak unik saat difoto melalui kamera. Bahkan ayunan ini menghadap ke laut yang terlihat sangat cantik. Wisatawan boleh bermain ayunan sambil mengabadikan momen seru selama di area. Jangan lupa berpegangan pada tali yang diikat diantara pohon supaya lebih aman dan ambil foto sebanyak mungkin saat bermain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gua Sarang Sabang
Image Credit: Google Maps Muhammad Afdhal

Gua Sarang termasuk wisata alam yang menyediakan fasilitas memadai untuk wisatawan yang datang. Lahan tempat parkir untuk penitipan segala jenis kendaraan pribadi disediakan pengelola dekat pintu masuk. Tetapi biasanya pelancong tidak banyak yang membawa mobil karena sering naik ojek. Fasilitas itu tersedia secara berbayar untuk umum.

Warung kuliner yang menawarkan makanan belum terlihat karena destinasi cukup jauh dari rumah warga. Namun sebelum naik ke atas Gua Anda dapat melewati perkampungan yang menjual aneka kuliner. Toilet umum yang bersih berada di kawasan untuk traveller yang ingin memakai. Mushola masih cukup jauh dari wisata yang belum disediakan pengelola.

Selain itu Gua Sarang menawarkan fasilitas tempat duduk yang bisa digunakan melepas penat. Tempat bermain seperti ayunan juga tampak melengkapi destinasi. Fasilitas penunjang belum begitu banyak karena masih dalam pengembangan. Anda tidak perlu khawatir karena masih dapat memakai fasilitas sesuai kebutuhan dan aktivitas.

Nah, itulah penjelasan mengenai Gua Sarang Sabang yang menarik dikunjungi. Wisata alam menakjubkan ini menawarkan kecantikan yang tersebar luas sehingga cocok dipotret. Bahkan traveller bisa menikmati kegiatan seru lain seperti berjelajah. Maka dari itu, ajak orang terdekat untuk merasakan kesejukan udara sambil melihat panorama di sekitar.