Gunung Betung, Objek Wisata Alam yang Kaya Pesona di Lampung

Gunung Betung, Objek Wisata Alam yang Kaya Pesona di Lampung
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Betung, Kec. Hutan, Kab. Pesawaran, Lampung.

Berada di Kota Lampung dan ingin menikmati wisata alam yang cukup menantang? Coba mendaki gunung yuk. Mendaki gunung identik dengan olahraga ekstrim yang menguras banyak energi, tapi berbeda dengan mendaki gunung yang ada di Bandar Lampung ini. Tidak kuat mendaki gunung yang terjal wisatawan bisa mampir untuk bermain air terjun.

Mendaki Gunung Betung tidak terlalu sulit karena gunung cantik ini hanya memiliki ketinggian 1.240 meter diatas permukaan laut. Mendaki gunung bisa menjadi kegiatan traveling ke alam yang mengasyikan. Pendakian gunung cantik ini bisa cocok untuk para pemula karena medannya yang tidak terlalu sulit.

Gunung Betung ini jadi salah satu tujuan gunung favorit pendaki lho. Selain puncaknya yang tidak terlalu tinggi, jalur pendakiannya pun tidak terlalu sulit. Selain mendaki ada banyak kegiatan menarik yang wisatawan lakukan. Berikut pesona dari gunung yang ada di Daerah Persawahan

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Betung

Daya Tarik Gunung Betung Lampung
Image Credit: Google Maps putri salwa

1. Air Terjun Pemandian Bidadari

Daya tarik berwisata di gunung rindang ini yang pertama adalah adanya Air Terjun. Air terjun ini bisa menjadi satu obat Kepenatan akan sibuknya hidup di perkotaan. Wisatawan harus melewati perjalanan mendaki sekitar 20 menit dari pos pendaftaran untuk bisa sampai di air terjun ini.

2. Keindahan Berbalut Belantara

Gunung Betung masuk dalam kawasan hutan konservasi yang dilindungi oleh pemerintah. Masuk dalam kawasan hutan 19 di Tahura WAR atau Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Keindahan alam berbalut belantara hutan yang masih asli akan memanjakan mata pengunjung. Ada pepohonan kopi milik warga di sekitar jalur pendakian.

3. Bermalam di Camp

Ada dua camp yang disediakan di jalur pendakian ke gunung ini. Bagi pendaki yang ingin bisa sampai di camp 1 cukup menempuh perjalanan selama 2-3 jam lamanya. Sedangkan jarak antara camp 1-2 hanya sekitar 30 menit. Camp ini sebagai tempat beristirahat untuk para pendaki yang ingin beristirahat atau camping.

4. Puncak dengan pemandangan eksotis

Selain air terjun yang bisa menghilangkan penat setelah perjalanan. Para pendaki akan dibuat takjub dengan keindahan puncak Gunung Betung. Hamparan lampion Kota Lampung tersaji indah di depan mata pendaki. Suasana damai semakin terasa ketika berada di puncak gunung.

Daya Tarik Dimiliki Gunung Betung Lampung_compressed
Image Credit: Google Maps Rendi Fernanda Setiawan

5. Ada Penginapan yang Disediakan

Di kawasan wisata gunung, pengelola juga menyediakan cottage yang disediakan untuk pengunjung yang ingin bermalam. Suasana sejuk pegunungan yang damai akan membawa ketenangan bagi pengunjung. Penginapan ini cocok untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam layaknya camping namun di tempat yang nyaman.

6. Makam Keramat

Di dekat puncak gunung ada makam yang dianggap keramat oleh penduduk sekitar. Menurut penuturan warga sekitar, makam tersebut adalah makam-makam para wali yang dahulu menyebarkan ajaran islam di daerah Lampung. Sebelum melakukan pendakian pengunjung akan diberikan oleh petugas.

7. Bisa Naik Ojek Kalau Capek

Menariknya ketika mendaki gunung nan indah ini pendaki yang merasa lelah atau tidak kuat berjalan bisa menyewa jasa ojek untuk sampai ke atas gunung. Tentu ini sangat memudahkan pengunjung untuk menikmati panorama alam yang tersaji.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gunung Betung Lampung_compressed
Image Credit: Google Maps Jalan Setapak

Lokasi gunung berada di Gedong Tataan Pesawaran. Secara administratif masuk dalam wilayah Ibukota Bandar Lampung dan masuk dalam beberapa kecamatan yang ada di Lampung. Kecamatan yang masuk dalam kawasan gunung yaitu Kecamatan Padang Cermin, Way Lima, Kedondong dan Gedong Tataan.

Jalur pendakian yang bisa ditempuh untuk bisa ke kawasan wisata ada dua jalur yaitu pertama melalui Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran. Jalur kedua lewat Desa Talang Mulya, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran. Kedua jalur tersebut bisa dipilih oleh pengunjung.

Jalur pendakian ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari Ibu Kota Bandar Lampung. Rute untuk menuju lokasi gunung indah ini masuk dari desa wiyono gedong tataan, selang 30 menit perjalanan akan masuk ke jalur pendakian dari wiyono. Akan ada posko pendaftaran dan penitipan untuk pendaki.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Gunung Betung Lampung_compressed
Image Credit: Google Maps Jalan Setapak

Harga tiket masuk ke gunung ini cukup murah. Pengujung hanya perlu membayar Rp. 15.000,- untuk biaya pemeliharaan dan ijin bermalam. Harga tiket belum termasuk penitipan motor, helm dan biaya untuk menginap di cottage yang disediakan.

Sedangkan untuk biaya penitipan motor kurang lebih Rp 5.000,- saja. Motor bisa dititipkan di rumah penduduk. Harga tiket masuk ini sudah termasuk biaya memasuki area air terjun dan menikmati dinginya air. Biaya Rp 15.000,- ini belum termasuk biaya makan.

Untuk menghemat budget pengunjung bisa membawa perbekalan dari rumah tetapi perlu diingat untuk membuang sampah pada tempatnya. Bawa sampah kembali dan jangan mengotori alam.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Gunung Betung

Aktivitas Gunung Betung Lampung_compressed
Image Credit: Google Maps Ikhtiar Panji Persada

1. Mendaki

Kegiatan utama yang bisa dilakukan ketika mengunjungi gunung eksotis ini adalah kegiatan mendaki. Untuk pengunjung yang bukan pendaki pro tetap bisa mendaki gunung yang tingginya 1.240 mdpl ini. Jika merasa tidak kuat, pengunjung tetap bisa merasakan sensasi pendakian karena dengan berjalan 20-30 menit bisa menikmati air terjun.

Tips untuk mendaki Gunung Betung bagi pemula:

  • Ketika berjalan usahakan kaki lentur dan tetap fokus ke pijakan, hal ini berguna supaya kaki tidak cedera ketika dipakai berjalan.
  • Memakai body lotion untuk mengusir nyamuk dan serangga supaya terhindar dari bentol-bentol dan kulit lecet.
  • Mematuhi larangan yang ada. Pastikan sebelum melakukan pendakian untuk mendaftar supaya ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan ada tim penolong yang bisa membantu.
  • Berhenti ketika merasa lelah, jangan dipaksakan jika merasa lelah. Lebih baik jalan nyaman dari pada nafas tersengal sengal. Ini penting untuk diperhatikan oleh pendaki. Terutama pendaki pemula yang menganggap puncak gunung harus dicapai dengan cara apapun tanpa mempedulikan keselamatan diri sendiri.
  • Membawa perlengkapan yang memadai. Persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan ketika mendaki. Peralatan yang dibutuhkan seperti alat medis, perlengkapan berkemah,perlengkapan pribadi dan lainnya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan. Tips terakhir ketika ingin mendaki adalah tetap menjaga kebersihan selama di gunung, bawalah sampah kembali turun jika tidak menemukan tempat sampah di jalur pendakian. Dengan membuang sampah pada tempatnya menjadi wujud nyata peduli lingkungan.

2. Main di Air Terjun

Setelah berjalan sekitar 900 meter atau 20 menit dari pos pendaftaran pengunjung harus melewati sungai untuk bisa sampai ke air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter. Percikan air yang turun bertaburan dengan batu membuat hati dan perasaan menjadi tenang.

Aktivitas Seru Gunung Betung Lampung_compressed
Image Credit: Google Maps Winarno Abdullah

3. Berfoto Ria Sepanjang Jalan dan Air Terjun

Buat pengunjung yang doyan mengabadikan momen berharga dalam sebuah foto, mendatangi gunung cantik ini akan memberikan pengalaman foto menarik baik di sepanjang jalan, area air terjun dan puncak gunung. Bentangan pepohonan yang rindang membuat suasana menjadi sejuk dan damai.

4. Meditasi Menenangkan Diri

Pengunjung yang merasa penat dengan kehidupan kota bisa merasakan kedamaian ketika mendatangi Gunung Betung. Rindangnya pepohonan akan memberikan suasana teduh, dingin dan nyaman. Jika tidak ingin lelah berjalan bisa memanfaatkan fasilitas menginap yang disediakan pengelola.

5. Camping di Puncak Gunung

Salah satu daya tarik kegiatan mendaki gunung adalah ketika bisa camping mendirikan tenda, makan mie rebus dan menghidupkan api unggun di puncak gunung. Kegiatan seru ini bisa dinikmati oleh pendaki tanpa perlu mendaki gunung tertinggi.

6. Menikmati Makanan Enak

Ada tempat makanan yang terkenal di area Gunung Betung yaitu Rumah Pakde Gito Escobar. Rumah Pakde Gito merupakan rumah dengan halaman yang luas dilengkapi dengan meja dan kursi yang posisinya tepat menghadap Teluk Lampung. Banyak pengunjung yang menyempatkan makan di tempat ini karena menyajikan makanannya yang unik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gunung

Fasilitas Gunung Betung Lampung
Image Credit: Google Maps Qolby Arya Ramadhan

Sebagai objek wisata yang masuk dalam kawasan hutan konservasi ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola. Seperti fasilitas umum penitipan sepeda motor, pos pendaftaran, tempat penitipan barang dan kamar mandi. Penitipan sepeda motor ini bisa ke rumah warga sekaligus sebagai basecamp tempat persiapan sebelum pendakian.

Selain fasilitas umum ada juga cottage atau rumah penginapan yang disediakan oleh pihak pengelola yang bisa wisatawan gunakan untuk bermalam di kawasan pendakian Gunung Betung nan menawan ini. Ada fasilitas ojek motor juga yang disewakan untuk membawa pengunjung yang ingin berkunjung ke air terjun.

Sebagai tempat istirahat untuk pendaki disediakan camp atau pos pendakian. Ada dua camp yang disediakan, camp 1 lokasinya sekitar 2-3 jam perjalanan dari pos pendaftaran. Sedangkan camp 2 jaraknya sekitar 30 menit perjalanan dari camp 1. Di camp ini pendaki juga bisa mendirikan tenda dan bercamping.

Itulah pesona Gunung Betung yang hits di Lampung. Daya tarik utama gunung sejuk ini karena ketinggiannya yang tidak terlalu tinggi yang cocok untuk pendaki pemula. Suasana sejuk dan rindang akan memanjakan kedamaian jiwa. Ketika ingin mendaki pastikan persiapan fisik dan logistik yang cukup.