Intip Keunikan Kebun Binatang Bukittinggi, Taman Margasatwa Tertua di Indonesia

Intip Keunikan Kebun Binatang Bukittinggi, Taman Margasatwa Tertua di Indonesia

Kebun Binatang Bukittinggi salah satu destinasi liburan favorit dan termasuk taman margasatwa tertua di Indonesia. Memiliki koleksi hewan terlengkap di Sumatera, terdapat Rumah Adat Baanjuang dan Museum Zoologi yang menarik dieksplor keunikannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Kebun Binatang Bukittinggi merupakan salah satu kebun binatang tertua yang terdapat di Indonesia. Wisata satwa ini tersebut juga memiliki koleksi binatang paling lengkap di Sumatera sehingga membuatnya sebagai kebun binatang terbesar dan satu-satunya di Sumatra Barat.

Destinasi liburan ini juga dikenal dengan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan karena berbagai fauna, dan habitat aviary satu-satunya di Sumatera. Dinamakan Kinantan sebab khas dari tempat ini adalah kadang burungnya yang luas dan di dalamnya terdapat beragam spesies burung.

Selain itu, untuk menunjang kegiatan pengunjung di Kebun Binatang Bukittinggi ini sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana. Dengan demikian, pengunjung bisa menikmati liburan semakin menyenangkan dan nyaman.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Binatang Bukittinggi

Daya Tarik Kebun Binatang Bukittinggi
Image Credit: Twitter.com @minangkabauku

1. Sebagai Kebun Binatang Tertua

Daya tarik yang membuat Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan ini menjadi tujuan wisata pengunjung adalah umurnya yang sudah tua dan sejarahnya. Kebun binatang ini dibangun pada tahun 1900-an oleh Hindia Belanda. Awalnya tempat tersebut dijadikan pekarangan bunga yang bernama Stormpark.

Lalu seiring berkembangnya waktu taman tersebut dialih fungsikan menjadi kebun binatang di Bukittinggi. Dalam sejarahnya tempat tersebut berganti-ganti nama hingga akhirnya menjadi seperti sekarang. Oleh karena itu, kebun binatang ini dinobatkan sebagai taman margasatwa tertua di Indonesia sekaligus terbesar di provinsi Sumbar.

2. Suasana yang Masih Alami

Suasana di Kebun Binatang Bukittinggi ini masih sangat alami karena berada di wilayah yang banyak dikelilingi pohon hijau. Tempat ini sangat ideal untuk berlibur khususnya bersama anak-anak untuk melihat hewan langka secara langsung.

3. Tempat yang Bersih

Selain suasana yang masih asri, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi juga bersih. Semua area kandang hewan dibersihkan secara rutin oleh petugas. Selain itu, setiap jalur atau jalan sudah dibangun dengan batako sehingga tidak becek meskipun hujan.

Daya Tarik Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps (Robin Lokinanta)

4. Dekat dengan Objek Wisata Peninggalan Belanda

Daya tarik dari taman margasatwa ini berikutnya yaitu dekat dengan beberapa objek wisata di Bukittinggi. Sebut saja Jam Gadang, benteng Fort De Kock dan Pasar Atas sehingga pengunjung bisa mengunjungi banyak destinasi sekaligus tanpa harus menempuh perjalanan yang lama.

5. Terdapat Wahana Budaya

Kebun Binatang ini tidak hanya sebagai tempat habitat aviary dan konservasi hewan langka namun juga sebagai cagar budaya. Di tempat tersebut terdapat bangunan megah rumah adat Minangkabau yang merupakan ikon kebanggaan masyarakat Sumatera Barat.

Nilai budaya tidak hanya dari bangunan tersebut karena pintu masuk/pintu gerbang wisata satwa ini begitu unik. Pada pintu tersebut menggunakan desain khas bangunan atap rumah Minangkabau.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Kebun Binatang

Alamat Wisata Kebun Binatang
Image Credit: Twitter.com @infosumbarnet

Kebun Binatang ini terletak di kawasan yang cukup strategis. Kebun binatang ini beralamat di Jalan Cindua Mato, Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Jarak tempat ini sekitar 90km dari pusat Kota Padang.

Jarak antara Jam Gadang dan kebun binatang ini hanya sekitar 1,3km yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 10 menit saja. Dari Jam Gadang Anda bisa lewat W Trans Sumatera Hwy kemudian lewat jalan Pemuda. Setelah itu, lewat Terminal Tipe C Pasar bento dan ikuti jalur hingga bertemu gerbang Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi.

Bagi pengunjung yang ingin melihat langsung berbagai jenis hewan yang terdapat di taman margasatwa ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 8.000 untuk anak-anak. Harga tersebut cukup terjangkau mengingat di dalam objek wisata ini Anda bisa melihat dengan mata kepala sendiri hewan yang jarang ditemui bahkan langka.

Untuk jam operasional, kebun binatang ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Namun objek wisata ini akan tutup pada hari besar dan hari libur nasional sehingga pengunjung perlu perencanaan yang matang sebelum datang ke tempat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Margasatwa Bukittinggi

Kegiatan di Taman Margasatwa
Image Credit: Facebook.com @deco.fernando.102

1. Melihat Reptil Secara Langsung

Kebun Binatang Bukittinggi ini memiliki banyak koleksi hewan yang terbagi atas beberapa zona yaitu zona unggas, zona reptil dan karnivora. Di zona reptil pengunjung bisa menyaksikan langsung reptil buas dan langka mulai dari ular, singa, harimau Sumatera, buaya dan lain sebagainya.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, setiap kadang reptil menggunakan pembatas dari kaca yang tebal. Dengan begitu pengunjung bisa melihat langsung aktivitas beberapa bintang busa tersebut.

2. Melihat Koleksi Burung dan Hewan Lainnya

Selain melihat reptil, pengunjung juga bisa melihat langsung koleksi burung di zona unggas. Ada banyak koleksi burung dari berbagai belahan dunia dan berbagai spesies seperti merak putih, pelikan dan lain sebagainya. Pengunjung dapat menyaksikan aktivitas burung dan bentuk beragam yang jarang ditemui.

Puas berada di zona unggas, pengunjung dapat berpindah ke kandang-kandang hewan lainnya seperti gajah, rusa tutul, alpaca, orang utan, tapir dan masih banyak lagi. Zona ini umumnya menjadi area favorit anak-anak karena hewannya tidak buas dan lucu.

3. Memberi Makan Gajah

Di kandang gajah, pengunjung tidak hanya melihatnya saja namun juga bisa memberi makan secara langsung. Tak perlu khawatir karena pengunjung akan didampingi dengan petugas selama menyusuri kandang sehingga cukup aman. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk meminta izin pada petugas untuk memberi makan hewan bertubuh besar tersebut.

4. Berkunjung ke Museum

Sesuai dengan namanya Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan ini tidak hanya mengoleksi beragam satwa saja namun juga terdapat museum. Saat berkunjung tempat tersebut pengunjung bisa mengunjungi museum yang masih dalam kawasan Kebun Binatang Bukittinggi. Terdapat museum ikan paus yang di dalamnya ada beberapa spesies paus dan sejarahnya.

5. Mengunjungi Jembatan Limpapeh

Puas berkeliling taman margasatwa pengunjung dapat ke Jembatan Limpapeh yang tidak jauh dari lokasi hewan-hewan tersebut berada. Jembatan tersebut adalah penghubung antara area kebun binatang dan benteng Fort De Kock yang merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda. Jembatan berwarna kuning tersebut menjadi objek yang wajib saat berkunjung ke tempat ini.

Kegiatan di Taman Margasatwa Bukittinggi
Image Credit: Google Maps (Erwin Exxit)

6. Mengunjungi Rumah Adat

Tempat yang harus dikunjungi saat berada di kebun binatang ini adalah rumah adat Minangkabau yang bernama Museum Rumah Adat Baanjuang. Sebenarnya bangunan tersebut bukan hanya sekedar rumah adat namun fungsikan sebagai museum. Dalam museum tersebut terdapat penjelasan dan keanekaragaman dari rumah adat Minangkabau yang merupakan ikon kebanggaan masyarakat Sumatera Barat.

7. Berfoto-Foto

Ke tempat yang indah dan unik tentu kurang lengkap jika tidak berfoto. Kebun binatang ini mempunyai spot-spot foto yang menarik mulai dari jalan setapak menuju setiap kandang dan zona hingga taman.

Tempat yang sering dijadikan sebagai spot berfoto pengunjung adalah jembatan Limpapeh, Museum ikan paus dan Museum Rumah Adat Baanjuang. Desain bangunan yang unik membuat tempat tersebut cocok dijadikan spot atau background untuk dipamerkan di sosial media.

8. Berkunjung ke Benteng Fort de Kock

Datang ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi tentu tidak lengkap jika tak mampir ke Benteng Fort de Kock. Benteng yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda ini memiliki arsitektur khas yang membuatnya tampak unik. setiap pengunjung kebun binatang selalu menyempatkan datang ke tempat ini untuk menyaksikan peninggalan sejarah.

9. Belanja di Pasar Atas

Masih memiliki energi untuk berkeliling? Anda bisa beralih ke Pasar Atas yang letaknya tidak jauh dengan kawasan kebun binatang. Di pasar tersebut pengunjung bisa berburu oleh-oleh dan berbelanja kebutuhan untuk perjalanan selanjutnya. Aktivitas satu ini menjadi favorit ibu-ibu ketika para bapak sholat jumat.

Selain berbelanja, pengunjung juga bisa mengisi perut dengan mencoba berbagai menu yang ditawarkan. Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa dijadikan cemilan untuk menemani perjalanan ke destinasi berikutnya. Jadi, jangan sampai melewatkan tempat satu ini ketika ke kebun binatang.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Binatang Bukittinggi

Fasilitas Kebun Binatang Bukittinggi
Image Credit: Twitter.com @infoSumbar

Sebagai kebun binatang terbesar dan terlengkap di Sumatera Barat, Kebun Binatang Bukittinggi ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. Untuk menunjang aktivitas pengunjung sudah disediakan tempat duduk, toilet, tong sampah dan lahan parkir yang luas. Sehingga pengunjung yang datang dengan rombongan pun tidak perlu bingung lahan parkir.

Selain itu, bagi pengunjung yang berniat bermalam di kawasan Bukittinggi tidak perlu bingung mencari penginapan karena banyak hotel terdekat yang bisa disewa dengan fasilitas yang cukup nyaman. Dengan fasilitas tersebut pengunjung bisa menikmati liburan dengan keluarga atau sahabat lebih menyenangkan dan puas.

Itulah informasi mengenai daya tarik, rute, harga tiket dan kegiatan menarik yang dapat dilakukan di taman margasatwa tertua Indonesia, Kebun Binatang Bukittinggi. Meskipun terbatas, objek wisata ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai dan berguna untuk kegiatan setiap pengunjung.