10 Oleh-Oleh Khas Tebing Tinggi yang Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Tebing Tinggi yang Paling Populer

Bingung buah tangan apa saja yang menarik dibawa pulang saat berkunjung ke Tebing Tinggi? Inilah daftar oleh-oleh khas dari Tebing Tinggi yang paling diburu wisatawan.

Provinsi Sumatera Utara dikenal mencakup beberapa kota yang menakjubkan. Tidak hanya menawarkan destinasi indah melainkan cita rasa hidangan pun enak untuk di konsumsi. Bila yang Anda tahu kota di sini hanyalah Medan sebetulnya kurang tepat. Sebab ada pula kota bernama Tebing Tinggi yang juga menarik untuk dikunjungi.

Tebing Tinggi telah menjadi kota yang menarik untuk diperhitungkan. Meskipun penamaannya demikian nyatanya nampak kota ini lebih dominan landai alih-alih benar-benar bertebing tinggi. Bila Anda kebetulan sedang berkunjung ke sini jangan lupa untuk mampir berwisata. Baik wisata alam maupun kuliner tersaji dengan indah dan menakjubkan.

Belum lengkap rasanya ketika berwisata bila tidak membeli oleh-oleh. Oleh-oleh menjadi cenderamata berharga untuk dibawa pulang. Ada beragam jenis produk yang bisa dibeli. Namun, kebanyakan dari Anda lebih suka membeli oleh-oleh berupa makanan yang lezat. Produk berupa makanan juga lebih murah sehingga ramah di kantong. Apa saja oleh-oleh khas Tebing Tinggi tersebut? Berikut daftar populernya.

1. Lemang

Lemang
Image Credit: Google Maps (Erry Bibbie)

Lemang atau lomang merupakan makanan khas dari Tebing Tinggi. Popularitas makanan ini bahkan telah begitu melekat dan terkenal. Untuk itu belum lengkap rasanya datang ke Tebing Tinggi bila tidak membeli lomang sebagai oleh-oleh. Apalagi cita rasa dari masakan sederhana ini sangat lezat dan cocok untuk camilan selagi bersantai.

Bila dilihat dari sekilas, bentuk lemak mirip dengan ketupat. Namun, jika dicermati lebih jauh tentu itu dua hal yang berbeda. Lagi pula masakan khas ini terbuat dari ketan putih atau hitam. Cara memasakannya terbilang unik yang mana ketan di bungkus daun pisang lalu dimasukan ke dalam rongga bambu. Setelah dibungkus dengan rapi kemudian siap untuk dipanggang di atas bara api.

Anda yang berminat untuk membeli makanan ini sebagai oleh-oleh tidak perlu bingung. Sebab di sepanjang jalan di Tebing Tinggi banyak sekali yang menjualnya. Cita rasa lemang yang pulen begitu nikmat di konsumsi bersama rekan atau keluarga. Jangan heran pula ada yang menambahkan selai untuk menambah cita rasa lemang.

2. Halua

Halua
Image Credit: Ukmkotamedan.com

Ada lagi makanan khas kota Tebing Tinggi yang tak boleh dilewatkan. Makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh ini bernama Halua. Halua merupakan campuran berbagai buah yang telah melewati proses fermentasi. Tak ayal proses yang telah dilakukan itu membuat berbagai buah memiliki cita rasa manis. Maka dari itu, makanan ini dikenal juga sebagai manisan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Medan yang Paling Hits

Proses pembuatan dari halua membutuhkan kesabaran ekstra. Fermentasi pada buah harus dilewati selama beberapa hari. Selama hendak mengalami proses demikian maka dibutuhkan tambahan bahan berupa gula pasir. Bahan utama lain yang juga tak bisa dilewatkan antara lain cabai, wortel, lab, pepaya dan kolang-kaling. Sayangnya masakan ini lebih sering dijumpai saat Idul Fitri saja.

3. Kue Kacang

Kue Kacang
Image Credit: Google Maps (Jay Idoan Sihotang)

Membeli oleh-oleh berupa makanan ringan lebih praktis untuk dipilih. Anda hanya perlu membuka kemasan untuk kemudian langsung mengonsumsinya. Kue kacang juga pas untuk dijadikan camilan selama perjalanan. Cita rasa lembut dan enak membuat siapa pun akan menyukainya. Makanan khas ini dibanderol dengan harga Rp 45.000 hingga 60.000 per kotak kemasan.

Sebetulnya kue kacang terlihat serupa dengan bakpia khas Yogyakarta. Namun perbedaan dapat di lihat dari ketebalan kulit dari kue. Kue khas kota Tebing Tinggi ini dikenal lebih memiliki ketebalan. Selain itu terdapat pula biji wijen di atasnya. Lebih jauh, cita rasa yang ditawarkan sungguh menggoda selera. Anda akan ketagihan selama mengonsumsinya.

4. Ganda Siantar

Ganda Siantar
Image Credit: Google Maps (Kartun TV)

Oleh-oleh khas Sumatera Utara yang juga bisa ditemukan di Tebing Tinggi ialah Ganda Siantar. Makanan ini berupa kue yang menyerupai roti tawar. Akan tetapi, bukan hanya berbentuk demikian menariknya ada berbagai tambahan yang memberikan sensasi kelezatan saat mengonsumsinya. Sebut saja tambahan selai srikaya, dilapisi krim tabur serta cokelat.

Menikmati kue ini dijamin tidak bikin bosan. Ganda Siantar juga cocok untuk camilan atau makanan pagi hari. Menambahkan susu hangat juga menjadi pilihan yang tepat. Bila Anda ingin membelinya sebagai oleh-oleh maka usahakan jangan terlalu lama menyimpannya. Roti-rotian kurang lezat bila disimpan terlalu lama dan takut pula berjamur.

5. Pancake Durian

Pancake Durian
Image Credit: Facebook.com @bila.pckdurianmarelan

Rekomendasi oleh-oleh berikutnya dikhususkan untuk Anda yang tahan dengan bau durian. Seperti yang diketahui bahwa beberapa orang kurang suka dengan raja buah ini. Padahal cita rasa dagingnya sangat menggoda. Apalagi bila sudah dibuat menjadi hidangan menarik seperti pancake durian. Banyak kota di Sumatera Utara terutama Tebing Tinggi yang menjual kue kekinian ini.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Simalungun yang Murah & Enak

Pancake durian dapat menjadi opsi untuk oleh-oleh yang menarik untuk keluarga atau orang terdekat. Cita rasa yang enak membuat Anda yang suka durian pasti akan ketagihan. Dalam proses pembuatan daging buah diambil untuk kemudian ditambahkan adonan tepung khusus. Setelah melewati proses yang lumayan panjang maka kue pun siap untuk dinikmati.

6. Jus Terong Belanda

Jus Terong Belanda
Image Credit: Tribunnews.com

Bosan dengan oleh-oleh berupa makanan, kota Tebing Tinggi juga menawarkan minuman yang menyegarkan. Minuman itu diberi nama jus terong belanda. Sesuai dari penamaan, bahan pembuatan tentu berasal dari buah terong belanda yang mana merupakan komoditi yang banyak ditemukan di kota Bukit Tinggi dan beragam kota lain di Sumatera Utara.

Meminum buah ini dijamin membuat dahaga segera terpenuhi. Lebih jauh minuman ini juga cocok dijadikan oleh-oleh. Untuk mempermudah pembeli kini telah banyak tersedia juz terong belanda yang dikemas dengan kemasan sirup. Anda dapat menemukannya di banyak toko-toko atau pusat oleh-oleh. Biasanya sirup ini banyak dipesan saat hari raya seperti hari raya Idul Fitri ataupun Natal.

7. Teri Bajak

Teri Bajak
Image Credit: Trubus.id

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh yang mampu tahan lama jangan lupa membeli teri bajak. Teri bajak merupakan makanan khas yang ada di Medan tetapi juga banyak dijual di kota Tebing Tinggi. Bahan utama tentu saja ikan teri yang kemudian diolah dengan berbagai bumbu dan sambal pedas. Harga oleh-oleh lezat ini dibanderol dengan kisaran harga 40.000 rupiah.

Membeli teri bajak menjadi pilihan tepat untuk pendamping nasi. Dari pada harus ribet memasak lauk, Anda hanya perlu menyiapkan nasi lalu mengonsumsinya dengan ikan teri ini. Cita rasa gurih dan pedas pada ikan teri yang dibaluti sambal akan membuat siapa saja yang mengonsumsinya dijamin ketagihan. Teri bajak bahkan tahan untuk beberapa Minggu sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

8. Sirup Markisa

Sirup Markisa
Image Credit: Facebook.com @susan.lai.1840

Buah markisa merupakan komoditi andalan petani di berbagai kota di Sumatera Utara. Tak ayal banyak produsen yang menciptakan berbagai olahan berbahan buah markisa. Anda dapat menemukan juz markisa di Tebing Tinggi yang menyajikan kesegaran ketika meminumnya. Juz buah ini sangat cocok di minum ketika terik panas sedang menyengat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tapanuli Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain dapat mengonsumsinya langsung saat berwisata, Anda juga dapat membeli olahan buah markisa untuk oleh-oleh. Pengunjung hanya perlu datang mengunjungi beberapa toko yang menjual sirup buah markisa. Harga dari minuman segar ini pun terjangkau sehingga Anda tak perlu ragu bila ingin membelinya. Memiliki kemasan berupa sirup juga menjadikannya lebih tahan lama.

9. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang
Image Credit: Facebook.com @sangtuacoffee

Kopi Sidikalang menjadi oleh-oleh yang wajib untuk Anda penggemar kopi. Perlu diketahui bahwa beberapa kafe di Tebing Tinggi banyak pula yang menyediakan kopi robusta Sidikalang. Daerah asli dari kopi robusta ini memang dari Sidikalang. Tak heran penamaannya pun demikian. Cita rasa kopi robusta lokal ini tak kalah dengan jenis lain yang beredar.

Selain dapat mencicipinya selama datang berkunjung ke kafe-kafe, Anda juga dapat menjadikan kopi rasa lokal ini untuk oleh-oleh. Telah tersedia kopi Sidikalang yang beredar dengan kemasan yang siap menjadi oleh-oleh wisatawan. Anda dapat menemukannya di toko-toko maupun pusat perbelanjaan yang banyak menjualnya. Harga dari tipe kopi ini juga sangatlah terjangkau.

10. Kain Ulos

Kain Ulos
Image Credit: Facebook.com @Nurul.fatimah.elf

Selain makanan dan minuman, berwisata di Tebing Tinggi juga menawarkan buah tangan yang menarik. Produk ini berupa cendera mata khas Sumatera utara. Cendera mata itu tak lain dan tak bukan ialah kain ulos. Kain ini merupakan khas dari adat Batak yang mana menawarkan desain dan motif yang menakjubkan. Keindahan kain ulos sangat tepat untuk dijadikan oleh-oleh yang berkelas.

Kain ulos memiliki bentuk seperti sebuah selendang. Hal itu membuatnya di pergunakan untuk diselempangkan di bahu atau sebagai penutup kepala. Bila Anda tertarik untuk membelinya dapat langsung datang ke berbagai tempat yang menjualnya. Harga dari tiap kain sangat variatif bergantung dengan desain motif yang dipergunakan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Tebing Tinggi yang menarik untuk dibawa pulang. Membeli oleh-oleh merupakan sebuah tindakan wajar selama berwisata di berbagai tempat. Oleh-oleh dapat dijadikan kenangan menarik pernah mengunjungi suatu tempat. Beberapa produk di atas dapat dipilih selama Anda mengunjungi Tebing Tinggi atau beragam kota lain di Sumatera Utara.