Taman Alam Lumbini, Replika Pagoda Shwedagon di Berastagi Karo

Taman Alam Lumbini, Replika Pagoda Shwedagon di Berastagi Karo
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Barusjahe, Kec. Dolat Rayat, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Taman Alam Lumbini salah satu destinasi menarik di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Taman cantik ini dikenal dengan replika pagoda yang diklaim sebagai terbesar di Indonesia. Selain Pagodanya masih banyak objek menarik yang bisa pengunjung datangi ketika mampir kesini. Ketika berlibur ke Sumatera Utara khususnya di daerah dataran tinggi Karo jangan lupa untuk mampir.

Taman indah ini punya luas kurang lebih 3 hektar yang masuk dalam kawasan Internasional Buddhist Center dan ditetapkan sebagai pusat tempat peribadatan warga yang beragama Budha di kawasan Sumatera Utara. Sehingga tidak heran bila bangunan yang ada pun mencerminkan keindahan dari Agama Budha.

Nama taman “Lumbini” diambil dari tempat kelahiran Sang Budha Sidharta Gautama. Pagoda megah merupakan replika pagoda yang ada di Myanmar dan merupakan jenis replika tertinggi nomor 2 yang ada di Kawasan Asia Tenggara. Ketika masuk ke dalamnya akan ada berbagai macam bunga yang disusun sedemikian rupa menjadi sangat cantik.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Alam Lumbini

Daya Tarik Taman Alam Lumbini
Image Credit: Instagram Erwin Dwinanto

1. Megahnya Bangunan Luar Pagoda Shwedagon

Daya tarik utama Taman Alam Lumbini adalah megahnya bangunan pagoda setinggi 42 meter yang masuk rekor Muri Indonesia sebagai bangunan pagoda tertinggi di Indonesia dan bangunan replika terbesar kedua yang ada di Asia Tenggara. Megahnya bangunan pagoda ini bisa dilihat dari seluruh bangunan yang di poles dengan warna gold.

2. Bagian Dalam Pagoda yang Menyilaukan Mata

Selain kemegahan bangunan luar pagoda yang berwarna emas, ketika masuk ke dalam bangunan pagoda wisatawan akan dibuat terkesima. Lantainya terbuat dari marmer putih, wisatawan harus melepaskan alas kaki ketika ingin masuk. Pintu masuknya sangat besar dengan hiasan patung gajah terbuat dari marmer dan masih banyak lagi ornamen yang ada.

3. Pohon Harapan

Masih di dalam bangunan Pagoda wisatawan akan menemukan sebuah pohon permohonan atau yang sering disebut dengan wishing tree. Pohon yang cukup besar ini tergantung berbagai macam doa dan harapan yang dalam tulisan tangan yang disempatkan hanya saat perayaan Gong Xi Fat Cai saja.

4. Ada Lonceng Besar

Pagoda ini memiliki keunikan di bagian luarnya yaitu adanya lonceng, adanya lonceng ini biasa ditemui di kuil Taiwan ataupun Cina. Organemen loceng ini menggunakan huruf Avalokitesvara-Kwan Im dari Cina. Pada bagian luarnya juga banyak ditemukan bendera luar sebagai penambah kesan religius.

Daya Tarik Dimiliki Taman Alam Lumbini
Image Credit: Google Maps Ronald Höfliger

5. Wisata Religi yang Tenang

Sebagai pusat peribadatan umat Budha bangunan pagoda masih bisa didatangi oleh wisatawan umum yang ingin menyaksikan keindahannya. Namun pada hari-hari besar keagamaan wilayah pagoda steril dari kunjungan. Pengujung tidak diperkenankan berisik ketika berada di dalam pagoda dan harus melepas alas kaki ketika masuk.

6. Area Taman Asri

Tidak hanya bangunan pagoda di Taman Alam Lumbini juga ada taman yang berisikan pepohonan rindang yang masih asri. Pada area kiri kanan taman wisatawan juga bisa menemukan kebun sayur. Ada juga jurang yang ada di bawah bangunan pagoda, di dalam jurang itu terdapat berbagai macam bunga dan pohon langka yang dilindungi.

7. Lanskap Alam yang Indah

Di taman alam ini setelah pengunjung keluar dari bangunan pagoda akan menemukan keindahan lanskap yang ditata sedemikian rupa dipadukan dengan Patung Biksu. Penataan lanskap ini mengikuti kontur alam aslinya. Setiap tumbuhan diberikan papan nama ilmiah, nama Indonesia dan Nama Lokalnya dalam bahasa Karo.

8. Jembatan Gantung Titi Lumbini

Setelah melewati lanskap alam, wisatawan akan menemukan jembatan gantung yang panjangnya sampai 20 meter. Jembatan ini diberi nama Jembatan Titi Lumbini atau dikenal juga dengan julukan jembatan cinta karena pada kanan kirinya ada besi yang berbentuk hati. Tinggi dari jembatan ini kurang lebih 50 meter di bagian bawahnya ada taman dan kolam.

9. Suasana Sejuk

Berwisata ke Taman Alam Lumbini pengunjung akan merasakan suasana sejuk. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Selain lokasinya yang berada di dataran tinggi, di taman alam ini juga memuat banyak pepohonan rindang yang membuat kondisinya sejuk, sangat pas dipakai untuk berjalan kaki karena tidak akan terlalu kepanasan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Alam Lumbini
Image Credit: Instagram Family the Explorer

Taman yang terletak di dataran tinggi ini berlokasi di Desa Barus Jare, masuk ke dalam Kecamatan Berastagi di Kabupaten Karo. Untuk wisatawan yang baru datang ke Provinsi Sumatera Utara dan singgah di Ibu Kotanya yaitu Kota Medan perlu melakukan perjalanan sekitar 2 jam untuk sampai ke Karo.

Taman yang telah diresmikan untuk umum pada Oktober 2020 ini memiliki rute yang harus ditempuh oleh wisatawan ketika ingin mengunjunginya. Setelah dari Medan melakukan perjalanan 2 jam ke Berastagi melanjutkan perjalanan untuk menuju Tugu Buah Jeruk yang letaknya ada di SImpang Dolat Rakyat lalu dilanjutkan lagi perjalanan ke taman.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dan juga menggunakan transportasi umum untuk sampai di Taman Alam Lumbini. Ketika menggunakan transportasi umum wisatawan perlu berjalan kaki kurang lebih 30 menit dari Simpang Dolat Rayat untuk bisa sampai ke taman, atau bisa juga menggunakan jasa ojek.

Kabar baik untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke taman alam yang cantik ini yaitu biaya atau harga tiket masuknya gratis. Wisatawan tidak akan dikenakan biaya retribusi untuk bisa melihat kemegahan pagoda, yang perlu dipersiapkan adalah donasi seikhlasnya sesuai dengan kerelaan hati karena besarnya donasi tidak ditentukan.

Selain harga tiket masuknya yang gratis, biaya parkir di Taman Alam Lumbini juga gratis, baik untuk roda dua maupun roda empat. Ketika berkunjung ke sini yang harus diperhatikan adalah ketenangan, tidak berisik dan membuat gaduh.

Jam buka taman yaitu setiap hari dari pagi sampai sore jam 09.00-17.00 wib kecuali hari besar keagamaan. Pada Hari Keagamaan Budha tempat ini akan ditutup untuk umum karena akan digunakan sebagai tempat ibadah. Karena masih aktif sebagai tempat ibadah di jam-jam tertentu akan dilakukan pembatasan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Alam Lumbini

Kegiatan di Taman Alam Lumbini
Image Credit: Instagram I’m Toni

1. Wisata Religi

Wisatawan yang beragama Budha bisa melakukan ibadah di Taman Alam Lumbini. Pengunjung bisa memanjatkan doa, membakar dupa dan lainnya. Suasana religi akan semakin terasa dengan adanya patung-patung yang Budha. Semua barang keagamaan yang ada dibawa dari Myanmar.

2. Berjalan di Area Taman

Kegiatan menarik yang bisa pengunjung lakukan bersama keluarga ketika berada di taman alam ini adalah berjalan kaki di area taman yang indah. Luas tamannya sekitar 3 hektar, tempat yang luas ini dikelola dengan baik sehingga terjaga kebersihan dan keasriannya. Ada berbagai macam bunga, pohon, patung dan hiasan menarik lainnya yang bisa dilihat.

3. Mengabadikan Taman Dengan Berfoto

Ada peraturan yang harus dipatuhi ketika berada di dalam pagoda yaitu tidak boleh memfoto dengan menggunakan kamera smartphone meskipun demikian di area luar dan taman pengunjung bisa mengabadikan momen sesukanya dengan tetap memperhatikan kesopanan. Ada banyak spot foto menarik yang bisa dipilih.

Kegiatan Menrik di Taman Alam Lumbini
Image Credit: Google Maps Leonardo

4. Bermain dan Rekreasi

Taman Alam Lumbini ini juga bisa jadikan sebagai tempat bermain dan rekreasi keluarga, karena di taman ini ada sejumlah wahana permainan seperti ayunan, perosotan, dan taman rekreasi.

5. Olahraga Dengan Alat Fitness

Jika anak-anak menghabiskan waktu bermain, orang tua bisa melakukan kegiatan menarik di taman alam ini dengan menggunakan fasilitas alat fitenss yang tersedia. Lumayan untuk membakar lemak sambil menikmati keindahan taman yang ada.

6. Meditasi Menenangkan Diri

Selain untuk tempat ibadah, Umat Budha juga menggunakan pagoda dan taman sebagai tempat untuk bermeditasi menenangkan diri dan mencari kedamaian lahir dan batin. Pengujung juga bisa melakukan meditasi sejenak di tempat ini supaya mendapatkan ketenangan diri dari kesibukan sehari-hari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Alam Rumbini
Image Credit: Instagram Hotel Indonesia Group

Meskipun tidak dipungut biaya untuk tiket masuknya tetapi pengunjung akan tetap mendapatkan sejumlah fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola Taman Alam Lumbini dengan baik. Sejumlah fasilitas penunjang ini mampu memberikan kenyamanan bagi para pengujung. Adapun fasilitas yang disediakan seperti fasilitas umum berupa toilet dan area parkir.

Ada juga fasilitas bermain untuk anak berupa area permainan dan taman rekreasi. Bagi pengujung yang suka berfoto disediakan spot-spot foto insgaramable. Nah, buat yang mau sedikit berolahraga supaya badan kembali fit ada perlataan fitness yang bisa dimanfaatkan.

Selain fasilitas di dalam taman pihak pengelola juga memikirkan kenyamanan perut pengujung dan juga keinginan untuk membawa buah tangan setelah berkunjung ke taman eksotis ini, Maka disediakanlah kios-kios kecil yang menjual aneka makanan dan minuman serta souvenir khas dan tidak ketinggalan oleh-oleh Khas dari Medan.

Itulah daya tarik wisata religi Taman Alam Lumbini yang ada di Kota Medan tepatnya di dataran tinggi Karo. Untuk wisatawan yang hendak berkunjung sebaiknya mengenakan pakaian yang sopan untuk menghormati tempat ibadah Pagoda Emas. Info biasanya pagoda akan ditutup lebih awal yaitu jam setengah 6 sore karena dipakai untuk ibadah.