10 Restoran & Tempat Makan di Padang Panjang yang Paling Enak

10 Restoran & Tempat Makan di Padang Panjang yang Paling Enak

Padang Panjang memiliki kuliner dengan cita rasa yang menggugah selera yang patut Anda coba. Inilah daftar restoran dan tempat makan di Padang Panjang untuk menikmati sajian lezat.

Pernahkah Anda berkunjung ke kota Padang Panjang? Kota yang juga dijuluki sebagai Kota Serambi Mekkah ini dikenal pula dengan nama lain Mesir van Andalas (Egypte van Andalas). Kota ini cukup jauh dari Kota Padang yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Barat; namun jika Anda berkunjung dari Bukittinggi, hanya perlu 20 km untuk tiba di kota ini.

Walau luas kota Padang Panjang hanya 23 km2 dan dikategorikan sebagai kota terkecil di provinsi tersebut, bukan berarti tidak ada hal yang menarik yang bisa diulik dari kota ini – khususnya dalam urusan kuliner. Jika Anda berkunjung ke kota ini, tak perlu cemas dan bingung untuk memilih lokasi untuk bersantap.

Artikel berikut ini akan menyebutkan deretan lokasi kuliner terkenal yang patut Anda dikunjungi selama kunjungan Anda ke kota Padang Panjang. Tentunya lokasi yang akan disebutkan berikut bukan hanya rumah makan Padang, lho!

1. Rumah Makan Gumarang

Rumah Makan Gumarang
Image Credit: Google Maps (Tri Indah)

Rekomendasi lokasi kuliner yang ini cocok bagi Anda penggemar masakan Padang. Dengan ratusan ulasan positif di Google, rasanya susah untuk melewatkan restoran yang satu ini. Lokasinya ada di Kawasan Pasar Baru Padang Panjang, Padang Panjang Barat.

Masalah harga, Anda tidak perlu khawatir. Rumah Makan Gumarang ini tidak begitu memeras kantong Anda. Bisa dibilang harga makanan di sini standar, sebagaimana rumah makan Padang lainnya.

Menu yang direkomendasikan di rumah makan ini adalah rendang dan ikan gurami bakarnya. Bagi Anda penggemar makanan manis, coba katan sarikayo roti yang disajikan di rumah makan Gumarang ini. Dijamin nagih!

Lokasi: Jl. M. Syafe’i, Pasar Baru, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

2. Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur
Image Credit: Google Maps (Kenny Ghalib)

Berada di kawasan Silaing Bawah, Sate Mak Syukur juga termasuk sebagai lokasi kuliner yang sudah lama dikenal masyarakat. Menu utama yang disajikan di lokasi ini sudah tentu seirama dengan namanya, sate.

Namun, jangan harap Anda akan menemukan tipikal sate Madura di sini. Di sini Anda akan menemukan Sate Padang dengan kuah kuning dan potongan daging yang bisa dibilang besar.

Jika Anda ingin berkunjung ke rumah makan ini, usahakan untuk menghindari jam-jam makan siang karena akan sangat ramai oleh pengunjung. Untuk harga, sate Padang di lokasi ini memang terhitung lebih mahal; tapi rasa khas sate legendaris ini tetap menarik hati pengunjung untuk kembali datang dan bersantap di sini.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.250, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

3. Rumah Makan Ikan Bakar Indah Raso

Rumah Makan Ikan Bakar Indah Raso
Image Credit: Google Maps (Doni Mirawandi)

Rumah makan ini memang jadi jawara dalam mengolah ikan dan hasil laut lain jadi masakan yang maknyus, tapi bagaimana jika Anda tidak bisa makan masakan laut? Tenang, ada lauk andalan sejuta umat juga di sini: ayam. Ayam bakar juga bisa Anda pesan sebagai opsi pengganti ragam olahan ikan dan/atau hasil laut lainnya.

Selain ikan bakar yang jadi primadona di rumah makan ini, Anda harus mencicipi masakan pendamping lain. Contohnya saja gulai jengkol. Banyak sekali pengunjung yang menyarankan Anda untuk mencicipi gulai jengkol ini bahkan sebagai pengganti sambal balado yang notabene jadi rivalnya.

Lokasinya yang terletak strategis di tengah kota Padang Panjang menjadikannya rekomendasi spot kuliner baik bagi penduduk lokal dan pengunjung dari luar daerah. Untuk menghindari suasana rumah makan yang terlalu ramai, Anda bisa berkunjung di saat-saat sepi, misalnya saja di atas pukul 14.00.

Lokasi: Balai-Balai, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

4. Rumah Makan Pak Datuk

Rumah Makan Pak Datuk
Image Credit: Google Maps (Ali Gunawan)

Aksesnya yang mudah dan terletak di pinggir jalan besar membuat rumah makan ini juga ramai dikunjungi, terlebih pada saat ‘jam-jam sibuk’ rumah makan, yaitu saat makan siang. Bisa dibilang Rumah Makan Pak Datuk ini sebagai rumah makan yang cukup terkenal dan menarik perhatian. Tak hanya warga lokal, warga luar daerah pun sering berkunjung ke sini.

Menu utama yang disajikan di Rumah Makan Pak Datuk adalah masakan Minang. Menu yang dipilih banyak, sampai-sampai dapat membuat Anda kebingungan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencoba dendeng khas rumah makan ini. Gulainya, baik gulai ayam atau otak, sama-sama lumayan sering direkomendasikan oleh pengunjung rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

5. Rumah Makan Aie Badarun

Rumah Makan Aie Badarun
Image Credit: Google Maps (Naila Dwi)

Jika Anda ingin menyantap masakan khas Minang dengan suasana nyaman lesehan, Anda bisa berkunjung ke Rumah Makan Aie Badarun ini. Rumah makan ini memang kalah terkenal jika dibandingkan dengan rumah makan yang sudah disebutkan sebelumnya, namun pada hari-hari tertentu Anda bahkan harus melakukan reservasi sebelum berkunjung.

Selayaknya rumah makan Padang pada umumnya, di rumah makan ini tersedia beragam menu. Sebagai rekomendasi, coba cicipi balut baladonya. Dengan cita rasa pedas, gurih, dan sedikit manis khas masakan Minang, dijamin masakan ini membuat lidah Anda bergoyang. Lamak bana!

Lokasi: Jl. Teladan, Balai-Balai, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

6. Resto Risoles Kamboja

Resto Risoles Kamboja
Image Credit: Google Maps (Taufik Amnul Hayat)

Berlokasi di Kawasan Guguk Malintang, Padang Panjang Timur, restoran ini memang tidak terlalu besar, tapi cukup sering dikunjungi pencinta kuliner. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyajikan risoles sebagai sajian utamanya.

Risoles di spot kuliner ini memiliki isian yang berbeda-beda. Anda bisa menjumpai risoles isi jagung manis (risoles sweet corn), risoles corn mayo, bahkan hingga risoles burger. Penasaran seperti apa bentuknya? Coba saja berkunjung ke restoran ini dan rasakan keunikan rasanya.

Anda juga bisa menjumpai menu nasi dengan beragam lauk. Misalnya saja, nasi ayam bakar, nasi goreng, ragam sajian sup, dan ikan goreng.

Lokasi: Jl. H. Agus Salim No.28, Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang.

7. Pastaboy Padang Panjang

Pastaboy Padang Panjang
Image Credit: Google Maps (Trabas Suka Suka)

Di kawasan Balai-Balai, Anda juga dapat menemukan lokasi untuk makan dengan suasana yang ‘kekinian’. Restoran ini memang baru buka pada sore hari (sekitar pukul 15.30 WIB), namun jika Anda mencari lokasi makan yang buka hingga tengah malam, Pastaboy bisa jadi rujukan. Restoran ini tutup pada pukul dua pagi, kecuali hari Senin dimana restoran libur.

Apa saja menu yang disajikan di restoran ini? Banyak sekali, mulai dari ragam olahan kepiting hingga daging sapi lada hitam dan chicken katsu. Atau jika Anda sedang ingin masakan ‘berbau’ Western, seperti aglio olio dan carbonara, Anda bisa menjumpainya di restoran ini.

Dengan begitu beragamnya masakan untuk disajikan ke pengunjung, apakah hal tersebut akan menjadikan harga masakan di lokasi ini jadi mahal? Jangan salah, untuk menu non seafood, Anda bahkan masih dapat uang kembali setelah menyerahkan selembar lima puluh ribuan ke kasir.

Lokasi: Jl. Mr. Assa’at, Balai-Balai, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

8. RM & Restoran Pondok Indah Raya

RM & Restoran Pondok Indah Raya
Image Credit: Google Maps (Jeffry DS)

Tidak jauh dari lokasi Sate Mak Syukur, Anda bisa menjumpai RM & restoran Pondok Indah Raya. Restoran ini juga merupakan restoran yang memiliki sajian utama masakan khas Minang. Konsepnya tidak terlalu jauh berbeda dari restoran lain yang telah disebutkan sebelumya. Restoran Minang dengan lahan yang luas dan nyaman.

Dengan ruang makan yang luas, Anda bisa menghabiskan waktu bersantap bersama keluarga dengan lebih leluasa. Kebersihan juga jadi prioritas utama dari rumah makan ini. Lokasi ini memang tidak memiliki fasilitas ruang lesehan seperti RM Aie Badarun, namun dengan ruang makan yang luas, Anda tidak perlu antre dan berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

Ada banyak menu yang disajikan di rumah makan ini. Namun, jika diharuskan memilih, menu yang direkomendasikan antara lain gulai talua (gulai telur), gulai rabuang (gulai rebung), dan cancang kambing. Jadi, mau pilih yang mana, nih?

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

9. Bakso Pak Ateng

Bakso Pak Ateng
Image Credit: Google Maps (Bang Jaro)

Bakso memang bukan menu khas dari daerah Minang, tapi dengan kondisi kota Padang Panjang yang bercurah hujan tinggi dan berhawa sejuk, rasanya bakso sangat cocok jadi santapan selingan dari masakan Minang. Terlebih jika disajikan bersama segelas teh hangat.

Salah satu warung bakso yang direkomendasikan saat Anda berkunjung ke Padang Panjang adalah Bakso Pak Ateng. Di warung bakso beliau, Anda bisa mencicipi bakso telor dan bakso urat dengan harga standar (sekitar Rp15.000,00).

Jika Anda bukan penggemar bakso, Anda juga bisa menikmati mie ayam di spot kuliner ini. Memang pada umumnya pengunjung ke sini untuk mencicipi bakso, tapi apa salahnya mencicipi menu lain, betul tidak?

Lokasi: Jl. Khatib Sulaiman, Ps. Baru, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

10. Pecel Lele Om Tok

Pecel Lele Om Tok
Image Credit: Google Maps (Rada Permata Sari)

Sudah nampak jelas dari namanya bahwa lokasi ini tidak menyajikan masakan khas Minang. Dengan lokasi yang cukup strategis di kawasan Ngalau, lokasi ini sering ramai dikunjungi masyarakat terlebih saat malam hari. Warung pecel lele ini buka dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 00.00.

Lokasinya tidak begitu luas, namun terkesan nyaman dan bersih. Menu andalan dari warung ini tentu saja pecel lelenya, namun tanpa melupakan lalapan ayam goreng, nasi goreng telor, ikan bakar, dsb. Sebagai pelengkap saat bersantap, jangan lupakan sambal yang bercitarasa khas Jawa: pedas dan sedikit manis.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Ngalau, Kec. Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang.

Itulah daftar rekomendasi restoran dan tempat makan terbaik di Padang Panjang. Walau rumah makan tersebut tidak semegah restoran hotel-hotel ternama, jangan salah cita rasa terbaik biasanya tersembunyi di dapur-dapur sederhana. Kira-kira, spot kuliner mana yang akan Anda kunjungi untuk pertama kali?