Sumatra Selatan

10 Tempat Wisata di Musi Rawas Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan di Musi Rawas? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Musi Rawas, Sumatera Selatan. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Jika Anda tengah berlibur ke Sumatera Selatan, belum lengkap apabila Anda tidak berkunjung ke Musi Rawas. Musi Rawas adalah kabupaten yang punya banyak tempat wisata menarik untuk Anda kunjungi. Sayangnya, tidak semua objek wisata di Musi Rawas sudah ketahui traveler karena memang promosi wisata di daerah ini juga kurang, bahkan beberapa objek wisata di daerah ini juga belum diberdayakan.

Jika Anda belum mendapatkan gambaran tentang wisata di daerah ini, berikut ada 10 rekomendasi tempat wisata di Musi Rawas yang wajib untuk Anda kunjungi saat liburan.

1. Danau Aur

Danau Aur

Image Credit: Timesindonesia.co.id

Danau Aur adalah danau wisata yang terletak di Desa Sumberjaya tepatnya di Kecamatan Sumber Harta. Danau ini sudah dikelola sejak lama dan menjadi asset wisatanya Musi Rawas. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan kawasan danau.

Sementara untuk harga tiketnya sendiri, yang awalnya hanya 2 ribu rupiah sekarang menjadi 23 ribu rupiah. Kenaikan harga masuk di Danau Aur ini dikarenakan tempat ini sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk memanjakan para pengunjungnya diantaranya Perpustakaan terapung yang ada di tengah atau atau di atas permukaan air danau.

Lokasi: Sumber Jaya, Sumber Harta, Kab. Musi Rawas.

2. Danau Gegas

Danau Gegas

Image Credit: Instagram.com @musirawas_eksis

Danau satu ini terletak di Desa Sugiwaras tepatnya di Kecamatan Sukakarya. Mungkin masih banyak yang asing dengan nama danau satu ini karena memang keberadaan dari danau ini yang belum dimanfaatkan maksimal untuk jadi objek wisata. Padahal, Danau Gegas ini memiliki keindahan yang luar biasa apalagi dilihat dari atas tebing sisi bendungan. Suasana rindang yang ada di tepi danau memberikan kesan yang nyaman dan teduh dan tentunya siapa saja akan betah saat berkunjung ke tempat ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ogan Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Suro, Muara Beliti, Kab. Musi Rawas.

3. Bukit Cogong

Bukit Cogong

Image Credit: Revolusiindonesia.com

Tempat wisata satu ini terletak di kawasan cagar alam di Desa Sukakarya. Untuk bisa tiba di tempat ini hanya butuh 1 jam jika perjalanannya dari Lubuk Linggau. Jalan yang sudah beraspal tentu akan membuat pengunjung mudah mengakses tempat ini. Buat para pecinta alam juga bakal betah di kawasan ini karena memang alamnya yang masih benar-benar alami, pepohonan rindang dengan batu besar yang ada di sekelilingnya.

Bukit ini juga memiliki air terjun yang kecil dengan air yang dikeluarkan dari bebatuan besar dan ada tempat untuk beristirahat yang cukup dekat dengan air terjun. Fasilitas lain yang diberikan di tempat ini yakni warung-warung yang ada di pintu masuk. Karena fasilitas yang banyak inilah membuat Bukit Cogong menjadi tempat untuk camping serta Outbond.

Lokasi: Sukaraya, Suku Tengah Lakitan Ulu, Kab. Musi Rawas.

4. Curug Tinggi

Curug Tinggi

Image Credit: Instagram.com @sandiyanto

Di Musi Rawas ada yang namanya air terjun Curug Tinggi yang berlokasi di Desa Taba Remanik. Untuk tiba ke tempat ini Anda harus menempuh sejauh 2 km dengan menggunakan motor karena sudah ada jalan setapak yang dibuat di tempat ini.

Tempat wisata menarik ini memliki keindahan alam yang masih sangat alami dengan empat buah titik air terjun berukuran kecil dan besar. Ada yang tingginya 30 meter, 50 meter dan ada juga yang tingginya 20 meter.

Lokasi: Taba Remanik, Selangit, Kab. Musi Rawas.

5. Curug Panjang Durian Remuk

Curug Panjang Durian Remuk

Image Credit: Beligat.com

Curug Panjang Durian Remuk serting disebut Curug Panjang karena bentuk air terjunnya yang tidak tinggi seperti airterjun umumnya melainkan memanjang dan terlihat begitu eksotis. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena memang objek wisata ini mudah dijangkau serta fasilitas yang disediakan pun lengkap. Jadi di tempat ini ada parkir yang luas, kamar mandi dan juga warung yang menyuguhkan berbagai jenis makanan lezat.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Durian Remuk, Muara Beliti, Kab. Musi Rawas.

6. Air Terjun Tengkuyung

Air Terjun Tengkuyung

Image Credit: Wisata-air-terjun-tekuyung.blogspot.com

Meskipun berada di kawasan hutan, namun akses ke Air Terjun Tengkuyung ini cukup mudah. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini terutama yang hobby hiking atau juga trail adventure. Pesona yang ditawarkan di air terjun ini tak hanya kealamian dari sekitar air terjun tapi juga pengunjung akan merasakan hal yang menarik saat masuk ke kawasan hutan. Ada pepohonan rimbun, sungai kecil yang bisa disebrangi yang tentunya memiliki nuansa berbeda terutama bagi mereka pecinta alam.

Lokasi: Desa Pasenan, Kec. STl Ulu, Kab. Musi Rawas.

7. Sungai Rawas

Sungai Rawas

Image Credit: Mapio.net

Buat yang suka dengan rafting, baik yang masih pemula ataupun yang berpengalaman, Sungai Rawas ini sangat layak dicoba. Sungai ini punya spot rafting komplit mulai dari arusnya yang tenang dan tingkat kesulitas standar yang pas untuk pemula, sampai spot grade III untuk Anda yang punya banyak pengalaman. Tak hanya itu saja, banyak wisatawan yang datang juga karena ingin mennikmati keindahan Sungai Rawas. Anda bisa menyusuri sungai dengan perahu yang bisa disewa nanti.

Lokasi: Ngulak I, Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin.

8. Air Terjun Kati

Air Terjun Kati

Image Credit: Pinterest.com @reresatria

Air Terjun Kati terletak di tengah-tengah aliran sungai yang memiliki suasana indah dimana disekelilingnya terdapat pepohonan hijau. Banyak wisatawan yang tertarik datang ke tempat ini karena memang keindahannya yang sulit diungkap dengan kata-kata. Air Terjun Kati memiliki air yang berasal dari aliran Sungai Kati di Bukit Barisan jadi tak hanya jernih tapi suhu air disini juga dingin.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Palembang yang Paling Enak

Lokasinya sendiri di Desa Durian Remuk berbatasan langsung dengan Lubuk Linggau dan Bengkulu. Untuk bisa ke tempat ini, Anda harus memiliki jiwa petualang dikarenakan harus jalan kaki dan melewati kawasan hutan yang cukup terjal.

Lokasi: Desa Durian Remuk, Kec. Muara Beliti, Kab. Musi Rawas.

9. Gua Batu Napalicin

Gua Batu Napalicin

Image Credit: Jalanjalanyuk.com

Gua Batu Napalicin termasuk tempat wisata di Musi Rawas yang harus Anda kunjungi. Lokasinya sendiri berada di Desa Napalicin. Gua satu ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan dimana terdapat stalakmit dan stalagtit dan relief alami di dinding gua. Gua ini sendiri terletak di atas bukit dengan ketinggian 20 meter dari jalan dan memiliki empat lorong yang menjadi penghubung 4 bukit yakni Bukit Semambang, Bukit Payung, Bukit Batu dan Bukit Karang Nato.

Saat berada di dalam Gua Batu Napalicin, Anda akan disuguhi keindahan alam berselimut dengan misteri dimana sepanjang orong gua hanya diterangi sedikit dari cahaya matahari yang masuk lewat sela dinding gua. Ada juga obor di dalam gua yang dipasang di beberapa titik yang berguna untuk menerangi bagian tempat yang gelap. Anda akan merasakan tetesan air yang jatuh sesekali dari dinding atas gua serta kelelawar yang akan berterbangan nanti.

Lokasi: Desa Napalicin, Kec. Ulu Rawas, Kab. Musi Rawas.

10. Air Terjun Satan

Air Terjun Satan

Image Credit: Yandika7.blogspot.com

Destinasi wisata alam di Musi Rawas terakhir yang akan dibahas adalah Air Terjun Satan. Air terjun satu ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Kabupaten Musi Rawas dan menjadi wisata yang mendapatkan perhatian penuh dari pemda setempat baik itu infrastrukturnya ataupun fasilitas yang akan diberikan kepada para wisatawan yang hadir berkunjung.

Tentunya, hal ini dikarenakan keindahan dari air terjun yang benar-benar indah dengan ketinggian sekitar 8 meter. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Satan tak hanya dari mereka yang suka wisata petualangan tapi juga yang datang bersama keluarga pun banyak di tempat ini.

Lokasi: Desa Muara Beliti Baru, Kec. Muara Beliti, Kab. Musi Rawas.