Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Simalungun Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Simalungun? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Simalungun, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Ketika mendengar Sumatera Utara pasti yang terfikirkan adalah Kota Medan lengkap dengan Bika Ambonnya. Namun jangan salah, Sumatera Utara juga mempunyai Kabupaten Simalungun yang wajib masuk dalam daftar destinasi travelling anda.

Simalungun menyimpan eksotisme yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Keindahan alam dan adat istiadatnya yang masih sangat terjaga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang memilih menghabiskan waktu liburan di Simalungun.

Daerah yang memiliki makanan khas Nabinatur ini memiliki beragam jenis wisata yang bisa menjadi pilihan Anda berakhir pekan. Berikut ulasan 15 tempat wisata di Simalungun yang populer dikunjungi wisatawan.

1. Air Terjun Katasa

Air Terjun Katasa

Image Credit: Detik.com

Destinasi pertama yang wajib Anda kunjungi adalah air terjun Katasa atau juga dikenal sebagai air terjun kembar. Hal itu dikarenakan terdapat 2 buah air terjun dalam satu lokasi. Uniknya, meskipun disebut kembar kedua air terjun itu tidak berdampingan. Selain itu, di sekitar lokasi air jatuh terdapat pasir putih yang menambah eksotisme air terjun kembar ini. Wisata yang cocok sekali bagi Anda yang suka ber swafoto.

Di atas air terjun terdapat jembatan yang melintang, atau biasa disebut Titi oleh warga setempat. Jembatan itu digunakan untuk menyebrang ke desa tetangga. Air terjun ini buka hari senin sampai minggu dari pukul delapan pagi sampai dengan 5 sore. Tiket yang dikenakan cukup murah, yaitu sebesar 10 ribu rupiah perorang.

Lokasi: Tonduhan, Kec. Hatonduhan, Kab. Simalungun.

2. Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan

Image Credit: Detik.com

Simalungun mempunyai beberapa air terjun lain selain air terjun kembar, salah satunya adalah air terjun Tonduhan yang terletak di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Tonduhan, Simalungun. Untuk dapat menikmati jernihnya air terjun ini pengunjung harus menuruni anak tangga. Namun untuk yang malas turun kebawah tidak perlu bersedih, Anda dapat menikmati indahnya air terjun Tonduhan dari kejauhan.

Di sekitar lokasi air terjun terdapat tebing-tebing menjulang yang ditumbuhi pepohonan sehingga menambah keasrian dan kesejukan air terjun Tonduhan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati kesegaran air dapat berenang di kolam yang berada tepat dibawah air terjun.

Lokasi: Buntu Kode, Saribu Asih, Kec. Hatonduhan, Kab. Simalungun.

3. Kebun Teh Sidamanik

Kebun Teh Sidamanik

Image Credit: Kota-medan-sumut.blogspot.com

Tidak melulu air terjun, Simalungun juga mempunyai wisata alam pegunungan yang menyajikan hamparan luas kebun teh yang hijau menyejukkan mata. Anda dapat berjalan-jalan santai ataupun duduk-duduk santai menikmati pemandangan lanskap perkebunan teh sambil menikmati udara segar pegunungan yang membuat Anda sejenak melupakan hiruk pikuk pekerjaan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Padang Sidempuan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Pematang Purba – Parapat, Ambarisan, Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun.

4. Pemandian Alam Aek Manik

Pemandian Alam Aek Manik

Image Credit: Wartagas.com

Tidak jauh dari kebun teh Sidamanik terdapat wisata pemandian alam Aek Sidamanik. Sebenarnya pengelola tempat ini memberi nama Bah Damanik, tetapi warga sekitar lebih sering menyebutnya Aek Manik. Tidak hanya menawarkan air kolam yang jernih dan menyegarkan, pemandian ini juga memiliki pesona keindahan alam yang masih terjaga. Udara disekitar pemandian ini juga masih segar, pilihan tepat bagi Anda yang ingin melepas penat.

Pemandian ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore dengan tiket masuk sebesar 7 ribu rupiah perorang. Wisata ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak karena kolamnya tidak terlalu dalam.

Lokasi: Ambarisan, Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun.

5. Museum Simalungun

Museum Simalungun

Image Credit: Mistar.id

Bagi Anda yang menyukai wisata historis, Simalungun mempunyai museum yang bisa Anda kunjungi. Musium ini terletak di pusat kota Simalungun sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan. Bangunannya berbentuk rumah adat dengan hiasan ornamen-ornamen unik yang di dominasi warna merah putih dan hitam.

Bentuk rumah adat yang dimaksud sangat berbeda dari Rumah Bolon, rumah adat khas Sumatera Utara. Hal yang paling membedakan adalah bentuk atapnya, sedangkan fungsinya sama seperti Rumah Bolon. Musium ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore dan tidak dipungut biaya masuk.

Lokasi: Jl. Sudirman no.20 Pematang Siantar, Proklamasi, Kec. Siantar Barat, Kab. Simalungun.

6. Simarjarunjung

Simarjarunjung

Image Credit: Dakatour.com

Puncak Simarjarunjung merupakan destinasi wisata favorit remaja. Dari atas puncak Simarjarunjung pengunjung dapat menikmati keindahan alam Danau Toba dari rumah pohon yang sengaja disediakan oleh pengelola tempat wisata. Selain itu, tempat ini juga juga menyajikan pemandangan sunrise di pagi hari dan sunrise di sore hari. Pecinta fotografi sangat wajib mengunjungi tempat ini.

Untuk mendapatkan keseruan berwiasata, Anda dapat mengajak teman atau keluarga untuk menikmati udara segar dan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Tiket masuk yang harus dibayarkan ketika memasuki kawasan wisata bukit Simarjarunjung ini sangat terjangkau yaitu sebesar 2 ribu rupiah dan ditambah 5 ribu rupiah lagi apabila Anda ingin berselfie diatas rumah pohon.

Lokasi: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja

Image Credit: Deliserdangmall.com

Tidak hanya di Bandung, wisata air panas juga terdapat di Simalungun. Dengan menempuh perjalanan 3-4 jam Anda bisa menikmati kesegaran air panas yang dipercaya dapat menyegarkan badan sambil menikmati pemandangan indah bukit kapur. Kawasan wisata ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore. Lokasi ini juga sangat cocok bagi Anda pecinta fotografi maupun Anda yang sekedar ingin berselfie di lokasi wisata yang hits kekinian.

Lokasi: Dolok Marawa, Kec. Silau Kahean, Kab. Simalungun.

8. Tanjung Unta

Tanjung Unta

Image Credit: Triptrus.com

Hal menarik dari tempat ini adalah nama Tanjung Unta diberikan oleh bapak proklamator yaitu Muhammad Hatta saat berkunjung ke Danau Toba. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Tanjung Unta, salah satunya adalah Camping. Bagi yang senang dengan kegiatan ini, kamu bisa mendapatkan tempat untuk memasang tenda untuk berkemah dan menikmati malam penuh bintang sambil membuat api unggun di dekat tepi Danau Toba.

Berlibur ke objek wisata ini sangat cocok dilakukan bersama-sama keluarga atau satu rombongan teman untuk bergembira bersama-sama melakukan aktifitas di tempat ini dan menikmati pemandangan alam yang eksotis.

Lokasi: Jl. St. H.H. Damanik, Tambun Raya, Pamatang, Tigaras, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun.

9. Wisata Tigaras

Wisata Tigaras

Image Credit: Sumutinvest.com

Bagi Anda yang suka memancing, jangan bersedih, terdapat wisata pelabuhan yang memiliki spot memancing yang patut Anda jajal. Selain memancing Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam sambil bersantai. Di lokasi tersebut juga terdapat spot-spot foto yang sengaja disediakan untuk muda-mudi yang gemar berselfie.

Jika Anda merasa lapar disana juga tersedia warung-warung makan yang menyediakan makanan khas daerah setempat. Tempat ini buka setiap hari, namun waktu yang paling disarankan untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat weekend bersama teman atau keluarga tercinta.

Lokasi: Tigaras, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun.

10. Rumah Bung Karno Parapat

Rumah Bung Karno Parapat

Image Credit: Jurnalasia.com

Simalungun juga mempunyai tempat wisata historis salah satunya adalah rumah peninggalan Bung Karno di Parapat. Keunikan rumah ini adalah arsitektur yang masih terjaga sama seperti saat ditinggali Bung Karno.

Bukti keberadaan Bung Karno terlihat dari beberapa lukisan dan perabotan rumah yang dulu dipakai oleh beliau dan beberapa diantaranya seperti ruang dan tempat tidur, kursi ukir, lukisan, foto, koleksi buku, dan lainnya masih terawat dengan baik di rumah ini. Mengunjungi rumah ini tidak dipungut biaya, pengunjung hanya perlu meminta ijin kepada penjaga.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batu Bara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Tigaraja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

11. Bukit Gundul (Bukit Sipiso-Piso)

Bukit Gundul (Bukit Sipiso-Piso)

Image Credit: Timesnowroman.wordpress.com

Jika mendengar nama Sipiso-piso mungkin yang ada dipikiran kita adalah air terjun. Namun kali ini yang akan dibahas adalah Bukit Sipiso-piso, atau biasa disebut juga bukit gundul. Warga setempat memberi julukan Bukit Gundul karena pohon-pohon hanya tumbuh diatas bukit. Tempat ini merupakan camping ground yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Selain karena lokasi wisata mudah dijangkau, pemandangan yang tersaji juga sangat indah. Hamparan luas perairan Danau Toba yang biru menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Dengan ketinggian 1900 meter di atas permukaan air laut, Anda akan dibuat terkesima dengan pemandangan samudera awan.

Lokasi: Naga Mariah, Kec. Pematang Silimahut, Kab. Simalungun.

12. Rumah Bolon Pematang Purba

Rumah Bolon Pematang Purba

Image Credit: Flickr.com @Istana Kerajaan dan Kesultanan di Indonesia

Wisata sejarah Anda akan semakin lengkap dengan mengunjungi Rumah Bolon Pematang Purba. Kawasan wisata dan peninggalan kerajaan Simalungun ini menarik dikunjungi karena suasananya masih terjaga seperti dahulu kala.

Istana yang bangun tahun 1515 di Kecamatan Purba ini merupakan tempat bagi Raja dan Puang Bolo (permaisuri), serta 11 orang selirnya atau dikenal dengan istilah nasi bolon.

Lokasi: Pematang Purba, Kec. Purba, Kab. Simalungun.

13. Martoba Waterpark

Martoba Waterpark

Image Credit: Disiantar.blogspot.com

Di Kota Simalungun Anda dapat menikmati liburan akhir pekan bersama buah hati tercinta mengunjungi wisata air di Martoba Waterpark. Dengan membayar tiket 10 ribu rupiah perorang, Anda sudah dapat bersantai sambil bermain air bersama keluarga. Wisata ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Lokasi: Jl. Pendeta J. Wismar Saragih, Tanjung Pinggir, Kec. Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar.

14. Pemandian Manigom Nauli

Pemandian Manigom Nauli

Image Credit: Jejaktrip.com

Meskipun lokasi wisata ini jauh dari pusat Kota Simalungun, namun perjalanan Anda akan terbayar lunas ketika sudah menikmati segarnya air dari mata air alami yang memancar. Airnya yang jernih dan pepohonan yang rindang menambah nyaman ketika Anda berenang atau sekedar duduk-duduk santai ditepian kolam pemandian.

Lokasi: Buntu Bartong, Tiga Dolok, Kec. Dolok Panribuan, Kab. Simalungun.

15. Pemandian Alam Sejuk Pas

Pemandian Alam Sejuk Pas

Image Credit: Lovelysimalungun.com

Pemandian yang satu ini letaknya sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 5 km dari pusat kota. Wisata ini cukup ramai karena popular dimasyarakat. Nuka setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore. Tiket yang dibayarkan juga cukup murah, yaitu 15 ribu permobil tidak dihitung perorang.

Lokasi: Dolok Hataran, Siantar, Kec. Siantar, Kab. Simalungun.

Masih banyak lagi tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi ketika travelling ke Simalungun. Semoga referensi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat mengeksplor Simalungun. Happy holiday!