Hutan Kota Langsa, Dari Flora & Fauna Hingga Wahana Permainan Seru

Hutan Kota Langsa, Dari Flora & Fauna Hingga Wahana Permainan Seru
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kolam Renang, Paya Bujok Seuleumak, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh.

Kota Langsa merupakan salah satu daerah yang masuk dalam Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pemerintah Kota Langsa berhasil mengelola sektor pariwisatanya seperti Hutan Kota Langsa atau yang juga dikenal dengan nama Hutan Lindung dengan sangat baik sehingga banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara sering berlibur ke sini.

Di tempat wisata alam ini wisatawan dapat menemukan banyak sekali flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Bahkan salah satu tanaman langka bernama Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldii yang hanya mekar setahun sekali bisa anda jumpai di hutan menakjubkan ini, selain itu masih ada sekitar 300 jenis tanaman yang hidup didalam hutan populer tersebut.

Tidak hanya tanaman saja namun ada juga beberapa spesies hewan yang bisa anda temui seperti rusa, buaya, kera, landak, ular, musang, dan iguana yang berada tepat di depan pintu masuk tempat wisata cantik ini. Kali ini kita akan sedikit melakukan review mengenai sebuah tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Hutan Lindung dari Kota Langsa.

Daya Tarik yang Dimiliki Hutan Kota Langsa

Daya Tarik Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Zetra Iez Zaputra

1. Flora dan Fauna

Daya tarik paling pertama yang dimiliki oleh Hutan Kota Langsa adalah flora dan faunanya. Di dalam tempat wisata alam tersebut terdapat sejumlah hewan yang bisa anda ajak berfoto atau memberi makan seperti rusa, buaya, kera, landak, ular, musang, dan iguana. Jangan khawatir soal insting menyerang mereka, karena semua hewan tersebut sudah dijinakkan.

Selain hewan terdapat kurang lebih 300 jenis tanaman yang juga tumbuh dan hidup di dalam kawasan Hutan Lindung ini bahkan ada beberapa diantaranya adalah pohon rindang besar. Hal tersebut membuat udara di sekitar tempat wisata hits ini menjadi sangat sejuk dan segar.

Maka dari itu, tidak heran jika ada beberapa wisatawan yang datang berkunjung bukan hanya untuk berlibur namun mereka juga ingin melakukan refreshing. Bahkan ada beberapa diantaranya yang sampai mendirikan tenda dan bermalam di tempat wisata cantik tersebut.

2. Wahana Permainan

Selain memiliki flora dan fauna sebagai daya tarik utama, tempat wisata menawan ini juga memiliki beberapa wahana permainan yang bisa anda gunakan untuk merasakan sensasi liburan yang berbeda. Wahana permainan tersebut adalah paintball, bebek dayung, motor ATV, skateboard, dan berkuda.

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi wahana permainan ekstrim maka flying fox, wall climbing, dan sepeda gantung wajib untuk dicoba. Sebelum menikmati wahana permainan ekstrim tersebut pastikan peralatan keselamatan anda sudah terpasang dengan baik agar mencegah terjadinya cedera atau kecelakaan.

3. Rumah Pohon dan Rumah Aceh Tempo Dulu

Daya tarik terakhir dari Hutan Kota Langsa adalah rumah pohon dan rumah Aceh tempo dulu yang dibangun dengan sangat unik. Sama seperti namanya rumah pohon dibangun diatas pohon dengan anak tangga yang bisa anda gunakan untuk menaikinya. Sesampainya di atas anda akan disuguhkan pemandangan yang benar-benar berbeda.

Selain itu, ada juga rumah Aceh tempo dulu yang dibangun menggunakan peralatan seadanya dan berdasarkan bentuk rumah-rumah masyarakat Aceh pada zaman dahulu. Kedua bangunan tersebut berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang memiliki hobi berfoto.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Jalan Terus

Lokasi dari Hutan Kota Langsa sendiri berada di Jl. Kolam Renang, Kota Langsa, Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sebagai patokan anda bisa menggunakan Alun-Alun Kota Langsa di Jl. WR Supratman, Kecamatan Langsa Kota sebagai titik awal.

Kemudian dari Jl. WR Supratman ambil jalur ke arah timur menuju pertigaan Jl. Jenderal Ahmad Yani atau Jl. Lintas Sumatera Medan – Banda Aceh lalu belok kiri. Terus ikuti jalan tersebut sampai anda tiba di perempatan dekat Toko Sarana Electric (kanan jalan) kemudian belok kiri menuju Jl. Cut Nyak Meutia atau Jl. Kebun Baru.

Terus di jalan tersebut sampai anda tiba di pertigaan setelah Rumah Sakit Cut Meutia Medika Nusantara kemudian belok kanan dan anda akan tiba di lokasi tujuan. Panjang rute perjalanan tersebut kurang lebih sekitar 4 km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor selama 10 menit.

Untuk bisa memasuk menikmati keindahan Hutan Kota Langsa, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Selain itu, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus membayar retribusi parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 per kendaraan untuk sepeda motor sedangkan untuk mobil adalah sebesar Rp 5.000 per kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Hutan Kota Langsa

Aktivitas Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Iskandar Pasaribu

1. Berfoto

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di Hutan Lindung asal Kota Langsa ini adalah berfoto sepuasnya. Terdapat banyak sekali spot bagus bertemakan alam yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto seperti beberapa jenis tumbuhan unik salah satunya adalah Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldii.

Atau anda juga bisa berfoto dengan beberapa hewan langka yang ada di sekitar pintu masuk Hutan Kota Langsa seperti rusa, buaya, kera, landak, ular, musang, dan iguana. Selain itu ada juga beberapa spot unik seperti rumah pohon dan rumah Aceh tempo dulu. Spot-spot tersebut bisa membuat hasil foto yang anda ambil akan terlihat lebih menarik.

2. Mencoba Berbagai Wahana Permainan

Di dalam lokasi wisata alam ini terdapat beberapa wahana permainan yang bisa anda coba seperti paintball, bebek dayung, motor ATV, skateboard, dan berkuda. Wahana permainan tersebut bisa anda mainkan bersama orang terdekat anda untuk merasakan keseruan yang tak terlupakan.

Selain wahana-wahana tersebut ada juga wahana permainan ekstrim yang bisa anda coba mulai dari flying fox, wall climbing, hingga sepeda gantung. Untuk permainan yang satu ini hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa dan benar-benar berani, jadi apakah anda adalah salah satunya?

3. Mengelilingi Hutan Kota Langsa

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan di Hutan Kota Langsa yaitu mengelilingi hutan cantik tersebut. Luas dari tempat wisata alam ini sendiri kurang lebih sekitar 9 hektar dan dari lahan yang seluas itu anda akan menemukan banyak sekali flora dan fauna dengan mudah.

Selain bisa menemukan banyak jenis flora dan fauna dengan mudah, kegiatan ini juga bisa sekaligus menjadi olahraga. Kegiatan ini sangat cocok untuk mereka yang sering kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor atau bagi mereka yang sedang melatih otot-otot agar tetap prima.

4. Bersantai dan Melakukan Refreshing

Hutan merupakan salah satu lokasi yang bagus untuk bersantai dan melepaskan semua beban permasalahan (melakukan refreshing). Maka dari itu bagi anda yang sedang mengalami banyak masalah cobalah datang berkunjung ke Hutan Kota Langsa untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

Alam di tempat populer alam ini benar-benar sangat bagus untuk menenangkan hati dan pikiran karena udaranya sangat sejuk dirasakan dan segar untuk dihirup. Selain itu suara alamnya juga sangat tenang sehingga membuat hati menjadi lebih tenang, jika hati sudah tenang maka pikiran juga perlahan akan menjadi lebih rileks.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Hutan

Fasilitas Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Zetra Iez Zaputra

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa anda temui di lokasi wisata hits ini adalah area parkir kendaraan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Fasilitas tersebut cukup luas dan dapat menampung berbagai jenis kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus pariwisata.

2. Aula

Beralih ke fasilitas selanjutnya yang ada di dalam Hutan Kota Langsa adalah sebuah aula yang cukup luas berkapasitas 100 orang. Fasilitas ini dapat digunakan untuk wisatawan rombongan berkumpul dan melakukan diskusi atau pertemuan.

3. Toilet Umum

Fasilitas terakhir adalah toilet umum yang dibagi menjadi toilet umum pria dan toilet umum wanita. Tujuannya dibuat berbeda-beda seperti ini adalah untuk menjaga privasi antara lawan jenis. Kondisi fasilitas tersebut juga sangat bagus dan bersih jadi anda tidak perlu khawatir soal kebersihan.

Hutan Kota Langsa merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan masyarakat Kota Langsa. Selain menjadi tempat wisata, hutan yang berlokasi di Kecamatan Langsa Baro ini juga merupakan jantung kota yang menyumbang banyak sekali oksigen.