Jam Gadang, Menara Peninggalan Sejarah & Ikon Wisata di Bukittinggi

Jam Gadang, Menara Peninggalan Sejarah & Ikon Wisata di Bukittinggi

Berkunjung ke Bukittingi terasa kurang lengkap jika belum mengabadikan ikon wisata, Jam Gadang. Momumen kebanggaan kota Tri Arga yang memiliki taman cantik dan menjadi tujuan favorit wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Jam Gadang merupakan salah satu bangunan iconic yang terkenal di Indonesia. Selain sebagai bangunan iconic, menara ini juga merupakan salah satu situs cagar budaya yang mengandung banyak nilai dan juga sejarah masa lampau yang tersimpan di dalamnya. Bangunan ini merupakan hadiah untuk Indonesia dari Ratu Wilhelmina dari Belanda.

Keunikan lain yang dapat dinikmati ialah jam itu sendiri. Bagian dalam dari jam ini ternyata memiliki mesin yang sama dengan Jam yang berada di London, yaitu Big Ben. Tentunya wisatawan banyak yang berminat datang ke destinasi ini hanya untuk melihat betapa megah dan juga simbolis dari Jam Gadang.

Di area ini Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga dan kerabat tercinta. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa informasi menarik yang dapat Anda simak sebelum memutuskan untuk mengunjungi Jam Gadang yang berada di salah satu kota yang besar di provinsi Sumatra Barat.

Daya Tarik yang Dimiliki Jam Gadang

Image Credit: Instagram.com @sadadnst

1. Sejarah Kawasan Jam Gadang

Jam yang berada di tengah Kota Bukittingi ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan rumit. Dimulai sejak dibangunnya pada tahun 1926 oleh pemerintahan Belanda, Jam Gadang telah menjadi saksi sejarah berbagai kejadian yang menimpa Bukittinggi. Sepanjang perjalanan dari jam ini, bagian atapnya telah diubah beberapa kali.

Perubahan atap ini dilakukan semata-mata untuk estetika dengan nilai yang berbeda pada setiap masanya. Bagian atap dari menara jam ini awalnya hanya bentukan bulan dan juga memiliki patung ayam jantan yang menatap ke arah Timur di pucuknya. Hal ini memiliki arti sebagai penanda bangunnya warga pada saat ayam jantan sedang berkokok.

Perubahan pertama dilakukan oleh Pemerintahan Jepang pada saat pendudukannya sebagai penjajah terlama kedua yang berada di Indonesia. Jepang merubah atap dari Jam Gadang yang khas Belanda menjadi bentuk dengan ciri khas dari Jepang, yaitu Pagoda. Dan perubahan yang terakhir dilakukan oleh Pemerintahan Indonesia mengikuti ciri khas dari atap Rumah Gadang.

Menara jam ini menjadi saksi bisu dari peperangan membela Indonesia pada tahun 1958 hingga 1961. Peperangan ini terjadi antara Tentara dengan armada PPRI yang dilakukan di area Jam Gadang ini. Banyak orang yang menjadi korban. Tidak terkecuali warga sipil yang kebetulan berada di kawasan menara bersejarah ini.

2. Bangunan Jam Gadang

Bangunan dari Jam Gadang cukup unik dan menarik untuk disimak. Pembangunan dari kawasan ini cukup memakan biaya yang fantastis. Untuk biaya pembangunannya saja, jam ini menghabiskan biaya sebesar 3.000 Gulden. Pada saat itu Gulden merupakan mata uang yang berlaku di atas Pemerintahan Belanda.

Jam Besar ini dibangun dengan ketinggian 10,5meter dan sisi sepanjang 6,5 meter. Bangunan ini berisikan mesin jam raksasa dan juga lonceng yang besar. Jam yang berada di atas menara ini berukuran 0,8 meter yang unik dengan angka IIII pada penunjukan pukul 4.

Pembangunan Jam ini diusulkan oleh Ratu Wilhemina secara langsung dan disusun oleh Arsitek Yazic Mangkuto dari Gadang. Tentunya hal ini membuat tempat ini menjadi icon kota yang penuh dengan sejarah penting di masa lampau.

Jam Gadang dibangun tanpa menggunakan semen dan besi. Hal ini tentunya menarik peneliti cagar budaya dan arsitektur untuk memperhatikan material yang digunakan dalam membangun icon Kota Bukittinggi yang satu ini. Campuran yang digunakan masih sederhana. Hanya dengan pasir putih, kapur dan putih telur. Walau begitu bangunan ini dapat bertahan ratusan tahun.

Daya Tarik Jam Gadang Bukittinggi
Image Credit: Instagram.com @ianpiliang

3. Air Mancur Menari

Atraksi yang satu ini cukup mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung di kala air mancur dinyalakan. Area air mancurnya cukup luas dan diberi berbagai macam lampu berwarna cerah untuk memperindah suasana di malam hari. Airnya melaju deras mengikuti irama dengan tatanan yang indah sesuai dengan program yang dimasukkan.

Air mancur ini terletak tidak jauh dari bangunan Jam Gadang. Area air mancur ini tidak dinyalakan setiap saat, melainkan hanya dinyalakan jika ada event dan pada hari Sabtu dan Minggu. Anda dapat menonton tarian air mancur ini dari dekat, ataupun dari jauh untuk melihat kombinasi pola yang indah dan juga memukau.

4. Pasar Malam

Wisatawan yang datang banyak yang berkerumun di area pasar malam. Berbagai jajanan dan juga sovenir dijual di kios-kios kecil yang tersusun dengan rapi. Area ini tidak pernah sepi pelanggan dan juga menjadi salah satu area yang dicari-cari oleh warga sekitar untuk menikmati jalan-jalan malam bersama keluarga.

5. Taman

Walaupun tidak besar, di dalam area Jam Gadang ini terdapat taman yang ditata dengan rapi berisikan tanaman kecil dan juga bunga. Ukurannya tidak besar, namun keberadaan taman ini menjadi hiasan yang cantik bagi kawasan monumen. Areanya menjadi lebih segar dan penuh bunga sehingga tidak bosan untuk dilihat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Jam Gadang

Alamat Lokasi Jam Gadang
Image Credit: Instagram.com @arie.ilyas

Jam Gadang berada tepat di tengah-tengah hiruk pikuk Kota Bukittinggi. Lokasinya berada tidak jauh dari berbagai sarana dan prasarana umum seperti terminal, bandara hingga berbagai hotel yang berada di sekitarnya. Anda dapat menggunakan google map sebagai perangkat tambahan untuk membantu navigasi hingga sampai ke kawasan wisata ini.

Untuk masuk ke dalam kawasan wisata, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Anda hanya perlu membayar retribusi parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang dibawa. Tentunya kawasan ini cocok untuk Anda yang ingin berjalan-jalan di malam hari tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Jam Gadang

Kegiatan di Jam Gadang
Image Credit: Instagram.com @mhdra18

1. Hunting Foto

Hunting foto di Jam Gadang cukup menarik. Anda dapat mengambil berbagai foto yang menarik di kawasan ini. Selain obyek yang berupa menara jam itu sendiri, Anda dapat mencoba untuk menunggu malam hari untuk mengambil foto keindahan Jam Gadang di malam hari. Cahaya lampunya yang terang membuat malam menjadi gemerlap.

Lampu-lampu yang berada di area ini juga telah disusun dengan rapi. Anda dapat melihat susunan cahaya yang membentuk bunga, pola, hingga berbagai dekorasi dari lampu yang menarik lainnya. Warnanya juga berbagai macam. Tentunya keunikan ini dapat menjadi obyek foto yang sangat menarik untuk dicari.

Selain itu, Anda juga dapat mencari momen-momen istimewa yang ada ketika air terjun menari dinyalakan. Airnya yang menari sesuai ritme dan juga warna-warna lampu yang berada dibawahnya tentunya sangat indah dan juga menarik untuk difoto.

Area Jam Gadang di saat sore hari juga indah. Anda dapat menangkap momen yang indah dengan suasana sore hari yang sendu. Langitnya yang berwarna kemerahan terpantul pada setiap sudut yang berada di kawasan tempat wisata. Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk mengambil foto dengan tema-tema siluet yang cukup menarik.

2. Wisata Kuliner

Wisata kuliner menjadi poin menarik dari kawasan ini. berbagai menu khas daerah Sumatra dapat Anda temukan di area ini. Lokasi penjual kuliner berada di area kios yang sudah ditata rapih. Selain makanan tradisional, Anda juga dapat menemukan snack dan juga beberapa makanan ringan untuk disantap sepanjang perjalanan Anda mengelilingi kawasan Jam Gadang.

Rasa dari hidangan yang dijajakan cukup enak dan juga menarik. Kelengkapannya membuat wisatawan pendatang dapat merasakan hidangan dari berbagai daerah yang ada di Pulau Sumatra tanpa harus jauh-jauh berkeliling terlebih dahulu.

3. Berjalan-Jalan

Mengelilingi kawasan Jam Gadang cukup menyenangkan. Selain melihat-lihat area jamnya secara langsung, Anda dapat berkeliling di sekitar kawasan untuk mampir ke lokasi-lokasi yang menarik. Area monumen ini dapat dinikmati pada siang hari maupun malam hari.

Di siang hari Anda dapat menemukan pemandangan jam yang begitu jelas dengan tamannya yang indah dengan bunga-bunga kecil yang berwarna-warni. Sementara itu ketika malam, Anda dapat menikmati lampu-lampu yang bercahaya menerangi malam yang indah.

Anda juga dapat menemukan beberapa penjaja mainan untuk anak-anak di sekitar area air mancur. Di siang hari Anda akan menemukan penjual mainan dari kayu ataupun plastik yang berbunyi. Sementara pada malam hari Anda akan menemukan beberapa mainan bercahaya yang dijual di sepanjang area air mancur.

4. Berbelanja Sovenir

Berkunjung ke destinasi wisata khas suatu daerah belum lengkap tanpa adanya sovenir cantik. Di kawasan monumen Anda dapat menemukan berbagai sovenir unik yang khas dari daerah Sumatra Selatan. Dari gantungan kunci berbentuk Jam Gadang, hingga ukir-ukiran yang menunjukkan bahwa Anda pernah berkunjung ke jam ikonik ini.

Anda dapat membeli sovenir berupa jajanan khas Sumatra Selatan yang dijual di sepanjang area kios. Berbagai hal dapat Anda cari untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh perjalanan. Tentunya Anda dapat memilih berbagai jenis dan bentuk sovenir yang unik dan juga menarik.

5. Mengikuti Festival

Lokasi Jam Gadang yang berada di tengah kota membuat area ini kerap digunakan sebagai lokasi digelarnya acara dengan skala yang cukup besar. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan acara yang menarik ini. Selain kawasannya yang luas, area ini juga menjadi jantung Kota Bukittinggi sehingga dapat dicapai oleh seluruh warga yang menghuni.

Dengan digelarnya festival, Anda juga dapat melihat air mancur yang dinyalakan khusus untuk perayaan. Tentunya hal ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke kawasan Jam Gadang, agar dapat melihat indahnya air mancur yang menari menghiasi taman di di kawasan menara jam.

Fasilitas yang Tersedia di Jam Gadang Bukittinggi

Image Credit: Instagram.com @raiyhan_ajm

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata Jam Gadang sudah cukup lengkap. Anda dapat menikmati berbagai fasilitas umum seperti toilet, musholla, bangku taman hingga berbagai utilitas umum seperti papan penunjuk arah, dan juga kebersihan area yang dijamin oleh pengelola. Tentunya hal ini dapat menunjang liburan Anda agar lebih menyenangkan.

Informasi di atas merupakan bagian kecil dari berbagai aktivitas dan juga hiburan yang dapat disajikan khusus untuk Anda sebelum berangkat ke Wisata Jam Gadang. Tentunya Anda dapat berkunjung ke kawasan ini kapan saja dari hari kerja hingga hari libur.